7 Jenis Ikan Pembersih Kolam Koi Terbaik

daftarhewan.com. Meskipun benar bahwa ikan koi juga termasuk pengumpan bawah seperti ikan mas (Cyprinus carpio), mereka juga memakan alga dan serangga di kolam, tetapi jika mereka konstan berada di dasar kolam dapat menimbulkan masalah kejernihan air dan membuat air kolam menjadi kotor, terutama jika kolam tersebut memiliki dasar tanah liat atau lumpur. Meskipun spesies ikan ini mungkin memakan banyak alga kolam Anda, mereka juga membuatnya terlihat lebih kotor.

Apakah Anda ingin menambahkan ikan pemakan kotoran dan alga untuk membantu mengendalikan alga dan kotoran dalam kolam ikan hias? atau hanya ingin mengetahui beberapa ikan yang pantas Anda taruh di kolam Anda sebagai pelengkap, daftar ikan-ikan untuk kolam air tawar ini bisa jadi cocok untuk Anda!

Jenis ikan tertentu dapat membantu membersihkan kolam ikan koi dengan memakan alga dan lumut-lumutan, kumpulan organisme hijau yang terlihat seperti tumbuhan tetapi tidak memiliki akar, batang, atau daun seperti tumbuhan asli. Alga hidup dan tumbuh di air yang tergenang dan dapat dengan cepat mengambil alih seluruh kolam jika dibiarkan begitu saja. Tambahkan kombinasi yang tepat dari ikan pembersih kolam ikan koi untuk meminimalkan ganggang.

Ikan yang membersihkan kolam dengan memakan alga dan kotoran lainnya termasuk ikan pleco atau sapu-sapu, mosquitofish, Ikan selimang batu atau ikan pemakan alga Siam (Siamese alga eater) dan ikan mas rumput (grass carp).

Jenis Kotoran atau Alga Apa yang Dimakan Ikan?

Secara umum, ikan pembersih kotoran kolam dan ikan pemakan alga akan memakan alga hijau, termasuk alga karpet dan alga berserabut / rambut / tali, tetapi tidak akan memakan alga planktonik yang menyebabkan air hijau di kolam baru atau Cyanobacteria yang lebih beracun, lebih sering disebut sebagai ganggang biru-hijau.

Bagaimana cara memilih pemakan kotoran dan alga yang tepat untuk kolam Anda?

Baca Juga:   Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Ikan Koi

Untuk menentukan apakah ikan tertentu dapat bertahan dan, semoga, berkembang di kolam Anda, perlu mempertimbangkan sejumlah aspek penting dari ekosistem kolam dan penghuninya.

Lakukan sedikit pengamatan, faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kolam Anda, untuk memilih ikan pembersih ikan kolam yang tepat.

Suhu air: Mulailah dengan memikirkan suhu rata-rata kolam sepanjang tahun. Anda akan menemukan beberapa ikan lebih cocok untuk iklim yang lebih hangat dan ikan-ikan yang tidak akan bertahan hidup, sementara yang lain akan membutuhkan perawatan ekstra untuk bertahan hidup di musim dingin.

Jika Anda tinggal di daerah yang lebih hangat dengan suhu di atas 21 o C, beberapa ikan pemakan kotoran yang di rekomendasikan mungkin tidak dapat bertahan dari efek negatif suhu tinggi di kolam.

Ukuran & kedalaman kolam: Ini adalah faktor penting selanjutnya. Apakah Anda mempunyai kolam kecil, apakah bisa menampung ikan yang lebih besar saat mereka tumbuh lebih besar? Setengah dari ikan pemakan kotoran ikan lain dan alga dalam daftar ini membutuhkan minimal 3700 liter untuk hidup dan salah satunya dapat tumbuh hingga 11 cm.

Ikan & penghuni tambak lainnya: Ini adalah pertanyaan yang sangat penting untuk ditanyakan. Apakah ikan atau makhluk Anda saat ini cocok dengan pemakan alga pilihan Anda? Pemilik kejuaraan koi harus berpikir dua kali untuk menambahkan ikan apa pun yang mungkin menunjukkan agresi pada ikan berharga!

Tingkat Ph: Berapa Ph air kolam Anda? Pastikan Anda memilih pemakan alga yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini atau ikan baru Anda mungkin kesulitan.

Jenis alga apa yang ada di kolam Anda: Pertimbangkan jenis alga apa yang Anda alami, berapa banyak yang harus dibuang, dan di mana ganggang itu paling banyak berada, untuk membantu menginformasikan jenis ikan terbaik yang akan memakan alga di kolam Anda.

1. Ikan Sapu-sapu

ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias kolam tanpa filter, ikan hias kolam selain koi, ikan hias kolam dangkal, ikan hias kolam yang tidak mudah mati, ikan hias kolam yang kuat, ikan hias kolam tawar, ikan hias kolam air tawar, ikan hias kolam rumah, ikan hias cocok untuk kolam, ikan sapu-sapu di kolam

Ikan sapu-sapu bisa juga dipakai untuk pembersih kolam ikan koi

Juga dikenal sebagai lele mulut pengisap, ikan pleco atau ikan sapu-sapu biasa (Hypostomus plecostomus) adalah omnivora, memakan alga, bahan tanaman dan serangga di kolam. Ikan sapu sapu pembersih kolam ini bisa tumbuh hingga lebih dari 30 cm panjangnya dan dikenal agresif ketika dewasa, jadi pertahankan satu ikan sapu-sapu di kolam Anda untuk membantu membersihkan kotoran di dasar kolam.

Baca Juga:   Tips Membuat Kolam Ikan Koi yang Bagus, Baik dan Benar

2. Ikan Cere

ikan apa saja yang melahirkan, apa ikan yang dapat melahirkan, ikan apa yang bisa melahirkan, nama nama ikan yang melahirkan, berapa lama ikan guppy melahirkan, berapa lama ikan guppy melahirkan lagi

Ikan Cere atau dalam Bahasa Inggris disebut Mosquitofish (Gambusia affinis) adalah ikan yang memakan jentik nyamuk. Nyamuk berkembang biak di banyak badan air halaman belakang termasuk kolam. Ikan cere cocok dengan kebanyakan ikan kolam hias, tetapi mereka hidup paling harmonis dengan ikan seukurannya, karena ikan yang lebih besar terkadang memakan ikan-ikan ini. Jika ikan cere hidup dengan ikan yang lebih besar, berikan mereka banyak tempat persembunyian seperti batu dan tumbuhan atau tanaman kolam.

3. Ikan Selimang Batu

jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Ikan selimang batu atau Siamese Algae Eater (Gyrinocheilus aymonieri) adalah ikan kolam yang berasal dari Asia. Panjangnya mencapai 27 cm dan menggunakan mulutnya yang seperti pengisap untuk menghilangkan kotoran dan ganggang yang menempel pada bebatuan, tanaman dan sisi kolam. Siamese Algae Eater bisa menjadi ikan teritorial, jadi ujilah dengan ikan kolam yang berbeda untuk memeriksa kecocokannya.

4. Ikan Selimang Batang

ikan pembersih kolam koi, ikan penjernih kolam, jenis ikan pembersih kolam, ikan pembersih kotoran kolam, ikan pembersih kolam ikan, ikan pembersih lumut di kolam, pembersih dasar kolam ikan, ikan pembersih kotoran ikan, ikan pembersih air, ikan pembersih kotoran ikan lain, harga pembersih kolam ikan, ikan pembersih lumut kolam koi

Di luar Indonesia ikan ini disebut ikan Flying Fox (Epalzeorhynchos kalopterus). Ikan selimang batang yang berasal dari Asia Barat Daya, terkenal suka memakan ganggang hijau. Anda dapat menemukan ikan kecil ini melompat-lompat, menggigit alga yang tumbuh di bebatuan, tanaman, dan di tempat lain untuk merumput. Ikan ini dapat membuat ikan lain stres karena kecepatan dan energinya dan mungkin membutuhkan lebih banyak oksigen daripada ikan yang lain.

Pasangkan beberapa ikan pemakan alga ini dengan tanaman air yang indah, dan mereka akan segera membersihkan alga, dengan cara yang alami.

Temukan keseimbangan antara ikan pemakan alga dan tanaman kolam yang menghilangkan nutrisi berlebih akan membantu kolam Anda bersih berkilau dengan keindahan alami yang jernih! Penampilan Flying Fox cukup bagus, dan sebenarnya agak mirip dengan pemakan alga hebat lainnya seperti Pond Loach!

5. Ikan Ikan Mas Rumput (Grass Carp)

pembersih air kolam ikan koi, ikan pembersih kolam, ikan pembersih kotoran kolam, ikan pembersih kotoran ikan, ikan pembersih air, ikan pembersih lumut kolam koi, jenis ikan pembersih kolam

Ikan mas rumput Grass Carp (Ctenopharyngodon idella) adalah ikan pemakan yang rakus yang dapat memakan makanan 40 hingga 300 persen dari berat tubuhnya setiap hari yang berbahan dasar tanaman. Mereka makan alga tetapi bisa menjadi pemakan selektif dan lebih suka tumbuh-tumbuhan berakar seperti rumput di sisi kolam. Namun, ikan mas rumput adalah pilihan yang baik untuk pengendalian vegetasi berakar jangka panjang.

Baca Juga:   Mengenal Ikan Koi Showa Sanshoku

6. Ikan Pond Loach

jenis ikan hias yang mudah dipelihara di kolam, jenis ikan hias kolam air tawar, jenis jenis ikan hias kolam, jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Ikan Pond Loach rukun dengan Koi dan ikan mas dan mereka bisa menjadi teman yang akrab. Sebaiknya karantina ikan baru sebelum memasukkannya ke kolam utama untuk memastikan mereka sehat dan bebas penyakit. Ini adalah ikan yang sangat kuat dan dapat hidup dengan kualitas air yang buruk.

Mempunyai pasangan ikan Koi dan Pond Loach bisa menjadi cara yang bagus untuk memerangi kotoran dan alga di kolam Anda. Selain menjadi pengumpan bawah atau dasar kolam, Pond Loach dikenal suka memakan serangga dan makhluk air kecil serta jentik nyamuk.

Loach adalah ikan aktif yang akan bersembunyi dan menjelajah. Anda mungkin menemukan bahwa ikan ini akan hilang setelah dimasukkan ke kolam Anda dan tiba-tiba muncul kembali. Mereka memiliki kemampuan melompat yang kuat, jadi tambahkan penghalang dan tambahkan filter jika dia tidak mau menampakan diri.

7. Chinese High-Fin – Banded Shark (Myxocyprinus asiaticus)

jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil, jenis ikan hias yang sering dipelihara di kolam adalah

Selain memakan alga, ikan ini juga keren karena mirip seperti hiu. Chinese high fin sebenarnya adalah bagian dari family Catostomidae dalam kelompok ikan yang dikenal sebagai ikan pengisap.

Sebagian besar makanannya hanya dapat terdiri dari ganggang alami! Mereka cenderung melakukannya dengan baik dalam kelompok, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa jenis ikan ini sekaligus ke dalam kolam.

Tumbuh menjadi sekitar 11 cm, alga adalah makanan utamanya dan merupakan tambahan yang bagus untuk kolam untuk mengendalikan pertumbuhan kotoran dan alga.

Dengan sirip tinggi khas mereka yang mengingatkan pada hiu yang dikombinasikan dengan sifat jinak mereka, mereka bisa sangat menyenangkan untuk ditonton berenang di kolam.

Ikan Chinese High-Fin jelas merupakan ikan yang ramah dan dapat bersosialisasi dengan baik dengan ikan lain. Ikan ini adalah nilai tambah besar lainnya, karena tidak semua ikan rukun dengan yang lain, meskipun mereka mungkin pemakan alga yang hebat.

error: