12 Ikan Hias Teman Pendamping Ikan Louhan

daftarhewan.com. Ikan teman pendamping Louhan. Cantik tetapi mempunyai sifat kasar, Flowerhorn Cichlid atau Ikan Louhan adalah ikan paling menonjol dalam hobi ikan hias.

Tetapi mereka populer dengan karakter teritorial dan kecondongan sifat agresifnya. Ini membuat  sebuah tantangan untuk mendapatkan pendamping atau teman ikan louhan dalam akuarium. Tetapi Anda tak perlu memelihara louhan sendirian selamanya.

Ikan yang cocok dengan Louhan

Gabungan beberapa warna ceria, skema marking yang tidak biasa, dan formasi badan yang unik memberikan jenis ikan ini performa ikan tropis yang tidak ada bandingannya.

Sebagai keunikan louhan ialah sikap agresif dan kuat mereka. Ini khususnya berlaku pada louhan jantan. Oleh karenanya, penting untuk berencana lebih dulu spesies ikan yang mana akan digabung dalam akuarium louhan. Baca Juga : Tentang Penyakit Ikan Louhan.

Bila digabungkan dengan ikan memiliki ukuran sama atau bahkan juga yang sedikit lebih besar ukurannya, tidak ada perselisihan antara mereka. Tetapi, louhan harus didampingi oleh tipe ikan yang mempunyai temperamen sama, agresif, atau semi-agresif.

1. Acara Cichlid

ikan louhan bisa digabung, ikan yang bisa digabung dengan louhan, ikan yg bisa digabung dengan louhan

Ikan Acara Biru (Blue Acara)

Karena acara cichlid atau blue acara (Acara biru) memiliki sifat teritorial dan semi-agresif, mereka tidak memberikan ampun terhadap ikan yang lebih kecil. Lambat atau cepat, mereka akan memburunya, sehingga lebih bagus Anda menambahnya dengan ikan yang memiliki ukuran sama. Ada beberapa warna acara yang dapat diputuskan, terhitung hitam, coklat, biru, hijau, dan abu-abu.

Badan acara yang unik tertutupi dengan kombinasi bintik, titik-titik, serta garis-garis. Garis-garisnya dapat berupa horisontal atau lateral bergantung pada spesiesnya. Ikan ini tidak begitu bergantung pada kualitas air, yang membuat mereka gampang untuk hidup dengan nyaman.

Dalam akuarium harus ada tempat terbuka besar hingga ikan acara dapat berenang bebas. Bebatuan, akar, dan hiasan yang lain harus ditempatkan di samping. Mereka kadang akan mencari tempat persembunyian ketika mereka selesai berenang disekitaran.

2. Ikan Kakaktua merah (Blood-red Parrot Cichlid)

ikan yang bisa hidup dengan louhan, ikan yang cocok dengan ikan louhan, ikan yang bisa dicampur dengan louhan, ikan yang cocok digabung dengan louhan

Ikan Kakaktua merah (Blood-red Parrot Cichlid)

Ikan parrot adalah ras ikan yang suka berdamai yang direferensikan untuk temani atau pendamping ikan louhan. Dengan warna merah ceria, badan pendek, dan kepala yang serupa paruh burung, mereka ialah tambahan unik untuk akuarium pada komunitas mana saja.

Dengan tatapan kosong dan mulutnya yang terbuka, blood-red parrot seakan selalu tampak kaget. Karena gigi ikan ini berkembang jauh dalam mulutnya, mereka tidak mempunyai langkah untuk menyerang ikan yang lain. Mereka condong menubruk ikan lain di akuarium dan pergi.

Blood-red parrot bisa makan makanan daging dan nabati seandainya pas dengan mulut imut mereka. Penting untuk pemiliknya untuk meyakinkan ikan ini betul-betul telah makan. Karena begitu susah untuk mereka berkompetisi memperoleh makanan dengan mulutnya yang kecil dan memiliki bentuk yang tidak biasa.

Baca Juga:   15 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar untuk Aquarium dan Aquascape

3. Ikan Gurami

ikan gurami akuarium, ikan yang bisa disatukan dengan louhan, ikan yang cocok digabung dengan louhan, ikan yang bisa hidup dengan louhan, ikan yg cocok dengan louhan, ikan yang bisa dicampur dengan

Sama sesuai namanya, giant gourami atau gurami adalah tipe ikan besar yang perlu dipiara di akuarium dengan ukuran besar. Mereka bukan hanya besar, tapi juga bisa makan lebih banyak diperbandingkan dengan ikan akuarium umumnya. Bagus sekali untuk mengikuti bagaimana performa ikan ini berkembang bersamaan pertambahan umur.

Saat remaja, mereka mempunyai kepala datar yang perlahan-lahan beralih menjadi lebam dengan bibir besar dan dagu tebal ketika mereka semakin bertambah tua. Betina gampang diperbedakan sebab bibirnya lebih tebal. Gurami besar remaja umumnya memiliki warna kombinasi perak biru, kuning keemasan, dan perak.

Bersamaan pertambahan umur, mereka jadi lebih gelap, perlahan-lahan beralih menjadi abu-abu gelap. Dianjurkan untuk memasukkan cuma satu giant gourami ke akuarium karena salah satu ikan yang tidak dapat mereka bolehkan hadirnya ialah spesies mereka sendiri. Sepanjang akuariumnya lumayan besar, ikan ini tidak agresif pada ikan lain.

4. Green Terror

ikan arwana disatukan dengan ikan lain contohnya green terror, ikan arwana disatukan dengan ikan lain, ikan yang bisa di gabung dengan arwana, ikan arwana dicampur, ikan arwana dicampur louhan, ikan yang cocok sama arwana, ikan yang cocok untuk menemani arwana

Ikan hias air tawar bernama green terror yang berwarna-warni sama kasarnya dengan ikan louhan, oleh karena itu cocok menjadi ikan teman pendamping louhan. Yang terpenting untuk ikan ini ialah kualitas air. Menjaga air masih tetap bersih, mereka bisa hidup di akuarium dengan nyaman. Mereka bisa diketemukan di habitat alami mereka di Peru dan Ekuador sesudah pertama kalinya diketemukan di sana di tahun 1860.

Green terror cichlid senang berenang dalam akuarium, berkeliaran di semua dekorasi dan bermain dengan kerikil. Oleh karenanya, mereka menduduki sebagian besar daerah akuarium dan mereka tidak mau terganggu oleh ikan lain. Namun mereka juga ikan yang cocok sebagai pendamping Arwana.

Mereka cuma mentolerir ikan yang memiliki ukuran sama. Ikan yang lebih kecil biasanya akan dibunuh atau dimakan oleh mereka, khususnya sepanjang musim pemijahan. Mereka jadi lebih buas bersamaan pertambahan umur. Ikan ini akan baik saja jika mempunyai ruangan yang cukup buat berenang bebas serta dekorasi yang lumayan besar. Green terror kerap senang sembunyi dari sinar terang walau mereka tidak sensitif cahaya.

5. Ikan pacu

ikan hias teman arwana, teman ikan arwana kecil, teman ikan arwana silver, ikan yg cocok untuk teman arwana, ikan yang bisa hidup dengan arwana

Ikan Pacu – via : nippyfish.net

Ikan pacu ialah tipe yang lain, terlihat tidak biasa yang menjadi tambahan yang baik untuk akuarium ikan Anda. Mereka datang dari sungai-sungai Amerika Selatan dan ada beberapa spesies ikan pacu untuk ditentukan. Yang membuat mereka spesial ialah mereka mempunyai gigi yang serupa dengan gigi kita, manusia.

Gigi ikan pacu tidak begitu tajam, tetapi mereka tidak sangsi menggigit siapa saja yang membuat mereka merasakan ancaman. Karena daging ikan pacu sedap, mereka cukup terkenal di dunia makanan. Makanan dengan bahan daging ikan pacu adalah sajian yang terbanyak diminta di teritori Amerika Selatan.

Ikan pacu yang hidup di komunitasnya bisa menggapai berat 25 kg, yang dagingnya dagingnya semakin banyak. Mereka benar-benar semangat untuk lakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan bila diperlukan. Tidak seperti piranha yang karnivora dan mempunyai gigi yang lebih tajam, ikan pacu ialah pemakan tumbuhan dan daging.

Baca Juga:   Tentang Ikan Red Tail Catfish si Lele Ekor Merah

6. Ikan Sapu-sapu

ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias kolam tanpa filter, ikan hias kolam selain koi, ikan hias kolam dangkal, ikan hias kolam yang tidak mudah mati, ikan hias kolam yang kuat, ikan hias kolam tawar, ikan hias kolam air tawar, ikan hias kolam rumah, ikan hias cocok untuk kolam, ikan sapu-sapu di kolam

Pleco biasa atau ikan sapu-sapu adalah ikan yang ramah dan bisa ditaruh di akuarium bersama dengan louhan. Kedatangan spesies lain betul-betul tidak mengusik mereka, dan sepanjang pleco mempunyai ukuran yang serupa dengan ikan agresif yang lain, mereka tidak terserang. Tetapi pleco kuasai daerahnya sendiri bila ada ikan lain dari keluarga yang serupa.

Mereka cukup pasif pada siang hari, memakai batu dan dekor untuk sembunyi. Ini ialah tipe ikan yang aktif di kegelapan atau saat malam datang di habitat aslinya. Bahkan juga saat mereka aktif, mereka umumnya berenang di dasar akuarium dengan lamban. Mereka memakan ganggang saat bergerak, oleh karena itu ikan ini disebut sebagai ikan pembersih kolam ikan dan akuarium.

7. Ikan Marinir (Jaguar Cichlid)

ikan yang bisa disatukan dengan louhan, ikan yang cocok digabung dengan louhan, ikan yang bisa hidup dengan louhan, ikan yg cocok dengan louhan, ikan yang bisa dicampur dengan

Ikan Marinir (Jaguar Cichlid) – via : acuariofiliamadrid.org

Jaguar cichlid menjadi tambahan yang baik untuk akuarium apa saja seandainya digabung dengan rekan yang tepat. Mereka mempunyai temperamen yang paling agresif dan sebagai predator yang jangan diacuhkan. Jaguar cichlid sebagai ikan yang lumayan besar untuk dipiara hingga memerlukan akuarium besar juga, agar hidup secara baik.

Mereka mempunyai bercak-bercak hitam kecil di semua badannya dengan background perak yang beralih menjadi emas kekuningan disekitaran kepalanya. Ada pula bercak-bercak hitam vertikal yang semakin besar yang berdekatan keduanya, diawali di dekat mata serta berakhir di ekornya; cukup serupa dengan performa jaguar asli.

Salah satu langkah untuk menambah jaguar cichlid dengan memasukkan ikan agresif yang lain di akuarium. Mereka tentu tidak menyerang ikan besar yang lain. Penting untuk menghindari penempatan tanaman ke akuarium karena mereka akan mencabiknya dalam sekejap. Dekor besar dan padat lebih direferensikan.

8. Midas cichlid (Amphilophus citrinellus)

ikan yang cocok dengan ikan louhan, ikan yang bisa dicampur dengan louhan, ikan yang cocok digabung dengan louhan, ikan yg bisa dicampur dengan louhan, ikan pendamping louhan, ikan yang cocok untuk teman louhan

Midas cichlid (Amphilophus citrinellus)

Midas cichlid bertubuh berupa oval dan dahi mencolok serupa louhan. Betina umumnya mempunyai jenong yang lebih kecil di kepalanya yang membuat gampang diperbedakan dari pejantan. Kenyataannya, tonjolan di kepala betina cuman ada pada musim kawin di komunitas aslinya. Tetapi dalam akuarium tonjolan itu selalu ada. Untungnya, hal ini tidak mempunyai dampak negatif pada ikan.

Midas memiliki sifat omnivora dan mereka condong makan ikan yang lebih kecil juga. Karenanya, dianjurkan untuk menyatukan mereka dengan rekan akuarium yang ukuran hampir serupa.

Warna oranye ceria dengan gabungan kuning dan putih membuat tipe ikan cichlid ini bagus sekali dan diakui di kelompok pencinta ikan hias. Midas sebagai tipe yang penting pada proses pengembangan louhan. Mereka memerlukan akuarium besar untuk hidupnya nyaman. Mereka cuma bisa menjadi agresif saat ikan lain menyerang daerah mereka.

9. Oscar Cichlid

ikan yang bisa digabung arwana, apakah ikan arwana bisa digabung, ikan yang bisa digabung dengan arwana, ikan yang bisa dicampur arwana, ikan yang bisa dicampur dengan ikan arwana, ikan arwana disatukan dengan ikan lain, ikan yang bisa di gabung dengan arwana, ikan arwana dicampur, ikan arwana dicampur louhan, ikan yang cocok sama arwana, ikan yang cocok untuk menemani arwana

Ikan Oscar Cichlid

Oscar ialah tipe ikan teman pendamping louhan yang dapat berenang dengan anggun selama seharian selama tidak mereka jumpai ikan yang lebih kecil di akuarium. Saat itu terjadi, oscar langsung akan jadi agresif dan menyantap mangsanya. Karenanya oscar semestinya tidak digabung di akuarium bersama ikan kecil.

Baca Juga:   Royal Gramma Fish, Ikan Laut yang Cantik

Ikan oscar harus mempunyai daerahnya sendiri; oleh karena itu dibutuhkan ruangan yang cukup buat berenang sendiri. Mereka jadi benar-benar agresif sepanjang fase kawin, yang memiliki arti mereka akan menyerang ikan yang lain menghambat mereka. Baca juga : Ikan Oscar Albino.

Oscar ialah ikan yang susah bersahabat dengan ikan lain. Mereka ialah omnivora, sehingga gampang untuk dikasih makan. Argumen khusus orang menyenangi tipe ini ialah memiliki bentuk yang unik dan kombinasi berwarna. Sudah pasti, skema sikap dan personalitas mereka menarik sepanjang mereka hidup pada keadaan yang tepat.

10. Silver Arwana

ikan yang cocok sama arwana, ikan yang cocok dengan arwana, ikan yang bisa disatukan dengan arwana, ikan yang cocok dengan ikan arwana, ikan arwana digabung, ikan pendamping arwana, ikan yang bisa digabung arwana, apakah ikan arwana bisa digabung, ikan yang bisa digabung dengan arwana, ikan yang bisa dicampur arwana, ikan yang bisa dicampur dengan ikan arwana, ikan arwana disatukan dengan ikan lain, ikan yang bisa di gabung dengan arwana, ikan arwana dicampur, ikan yang cocok untuk menemani arwana

Silver Arwana & Peacock bass

Walau arwana silver tidak terlampau agresif, mereka populer dengan kekuatan berburunya yang menarik. Mereka cukup besar dan bisa dikenal melalui rahang yang tak biasa serta mulut rata ke arah atas. Tiap sisik yang menutupi badannya seperti terlihat bak mutiara perak yang berkilau.

Saat remaja, sisik ini umumnya memiliki warna biru. Walau arwana silver kemungkinan kelihatan kurus saat disaksikan dari samping, itu karena bentuknya yang panjang dan sisiknya yang mengkilat. Mereka sesungguhnya cukup gempal, khususnya betina. Baca juga : Penyakit Arwana.

Arwana silver ialah tipe ikan yang dapat takut dengan pergerakan cepat dalam atau di luar akuarium. Bahkan juga hal simpel seperti menghidupkan lampu bisa mengagetkan mereka. Sebagian besar dari mereka kelihatan berenang di dekat permukaan air. Bila mereka berasa akuariumnya terlampau kecil, mereka bisa coba melonjak keluar.

11. Texas Cichlid

ikan yang cocok untuk teman louhan, ikan yang bisa dicampur dengan ikan louhan, ikan louhan dicampur, ikan yang cocok dengan louhan, ikan louhan bisa digabung, ikan louhan disatukan dengan ikan lain

Texas Cichlid – via : tfhmagazine.com

Texas cichlid ialah opsi yang mengagumkan untuk tiap fans ikan hias karena beberapa warna ceria dan skema yang unik. Ikan ini benar-benar agresif dan akan menjaga daerahnya sendiri dengan penuh semangat, tetapi tetap benar-benar terkenal karena penampilannya yang unik.

Bila merawat Texas cichlid, Anda tidak perlu cemas dengan temperatur air karena ikan ini bisa menyesuaikan dengan akuarium ikan hangat dan dingin. Karakter intinya ialah badan datar, berupa oval, mulut besar dan protrusif, dan bercak-bercak biru dan hijau jelas pada background coklat gelap yang menutupi semua badannya.

Ini ialah ikan omnivora yang makan makanan apa saja yang bisa ditemukan. Tetapi ikan ini condong mendatangkan banyak kotoran organik dibanding ikan hias biasa, yang membuat pemiliknya mesti rajin-rajin membersihkan akuariumnya. Texas cichlid harus digabungkan dengan rekan akuarium pilihan, bila tidak mereka menjadi agresif.

12. Wolf Cichlid

ikan yg bisa digabung dengan louhan, ikan yang bisa hidup dengan louhan, ikan yang cocok dengan ikan louhan, ikan yang bisa dicampur dengan louhan, ikan yang cocok digabung dengan louhan, ikan yg bisa dicampur dengan louhan, ikan pendamping louhan, ikan yang cocok untuk teman louhan

Wolf Cichlid

Wolf cichlid adalah spesies ikan paling agresif yang bisa menjadi ikan teman pendamping louhan. Sedikit tipe ikan yang bisa hidup di akuarium yang serupa dengannya. Hal yang membuat jadi alternatif yang baik ialah skema badan dan berwarna yang memikat.

Wolf cichlid mempunyai mulut besar dengan bibir tebal dan dahi mencolok. Mereka umumnya bertubuh bertitik unik dengan background perak atau keemasan. Ada warna hijau dan merah disekitaran kepalanya, sementara sirip dan ekornya mempunyai warna hijau dan biru.

Benar-benar gampang untuk membandingkan wolf cichlid jantan dan betina karena betina nyaris seutuhnya warna kuning. Satu diantara ciri-ciri khusus dari tipe ini ialah mereka senang bermain dengan dekorasi yang dicintainya. Mereka akan makan makanan apa saja yang dipersiapkan untuk ikan karnivora air tawar.

error: