Tentang Ikan Red Tail Catfish si Lele Ekor Merah

daftarhewan.com. Bagi mereka yang hobi memelihara ikan hias di tanah air, Ikan Redtail Catfish ini lebih dikenal dengan sebutan Ikan Lele ekor Merah Amazon atau Lele Amerika. Tidak salah memang, karena ikan yang bernama latin Phractocephalus hemioliopterus ini asalnya memang dari Sungai Amazon.

ukuran maksimal ikan red tail catfish, tentang ikan red tail catfish, ukuran ikan red tail catfish, ikan red tail catfish, cara merawat ikan red tail catfish, makanan ikan red tail catfish, jenis ikan red tail catfish, budidaya ikan red tail catfish, cara budidaya ikan red tail catfish, cara memelihara ikan red tail catfish, cara memelihara red tail catfish, cara merawat red tail catfish, makanan red tail catfish, umpan ikan red tail catfish, obat ikan red tail catfish

Ikan Red Tail Catfish

Salah satu keistimewaan lele ekor merah ini terletak pada kombinas warna yang kontras, warna dasar tubuhnya yang hitam pekat atau hitam abu-abu disekat warna putih horizontal di sepanjang samping tubuhnya dan semakin indah dengan kombinasi warna merah pada ekornya. Karena warna merah di ekornya yang rata ini pulalah maka ia juga mempunyai nama keren redtail catfish. Dengan keindahan warna tersebut, para penggemar catfish di Amerika sampai membentuk Redtail Catfish Club.

Baca Juga:   Warna Ikan Discus Pudar, Bagaimana Agar Tetap Cerah?

Ukuran Ikan Red Tail Catfish

Di habitat aslinya, panjang tubuh lele ekor merah ini bisa mencapai 90-130 cm. Di penangkaran, ukuran maksimal ikan red tail catfish adalah 121 cm, bahkan beberapa laporan menyatakan bisa mencapai 150 cm. Sedangkan di alam liar bisa mencapai 180 cm. Meskipun mempunyai ukuran tubuh yang besar, para pencari ikan atau penduduk asli di habitatnya tidak ada yang mau memakannya. Hal tersebut disebabkan karena ikan ini mempunyai daging yang hitam, sama dengan warna tubuhnya. Menurut kepercayaan suku Indian, penduduk asli lembah Amazon, orang yang memakan daging hitam tersebut akan mendapatkan kesialan terus selama hidupnya.

Bagi para penghobi ikan hias yang lebih suka memelihara ikan kesayangannya di akuarium, ikan dengan kepala yang bisa sebesar batok kelapa dan dihiasi lukisan seperti batik ini, juga pas untuk menghiasi koleksi ikan akuariumnya. Tidak seperti catfish lainnya yang biasanya lebih suka diam di dasar akuarium, si kepala batik tergolong cukup lincah, dia suka berlenggak-lenggok dan memamerkan warna tubuhnya yang indah tersebut dari dasar akuarium sampai ke permukaan.

Baca Juga:   Ikan Anglefish Air Laut vs Air Tawar, Persamaan dan Perbedaannya

Cara Merawat Ikan Red Tail Catfish

Seperti halnya jenis lele lain, redtail juga mempunyai daya tahan tubuh yang sangat prima, tidak mudah sakit dan mati, asal oksigen cukup. Karena itu perawatannya pun sangat mudah. Air tidak perlu terlalu sering diganti. Dengan air yang kotor dan ph-nya turun pun dia akan kuat bertahan. Tetapi untuk menjaga agar kondisinya tetap prima dan keindahannya tetap terjaga, syarat idealnya sebaiknya dipenuhi. Kondisi air yang ideal adalah dengan suhu 22-26 derajat Celcius dan ph netral sampai 8.

ikan lele ekor merah, harga lele ekor merah, penyakit lele ekor merah, klasifikasi ikan lele ekor merah, apa itu lele ekor merah, harga ikan lele ekor merah, lele ekor putih, ikan red tail catfish tidak mau makan, umpan ikan redtail catfish, pakan ikan red tail catfish, jenis ikan red tail catfish, foto ikan red tail catfish, gambar ikan red tail catfish, makanan ikan red tail catfish

Redtail termasuk predator yang rakus sekali. Semua jenis ikan, tidak peduli hidup atau mati akan disantapnya. Contohnya, beberapa ekor bangkai ikan koki atau ikan maskoki diumpankan dalam kolam pun akan habis disantapnya.

Baca Juga:   Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

Ikan lele ekor merah ini,  ketika berukuran 20 cm dalam seharinya bisa menyantap habis 5 ekor ikan mas berukuran 2,5 cm.

Kalau sudah besar, ikan mas seukuran 7,5 cm pun bisa dilahapnya. Karena sifat predatornya yang rakus ini, apabila ingin memeliharanya dengan dicampur dengan ikan lain, haruslah yang sejenis atau yang sama besar dan tidak lambat.

error: