Ikan Redfin, Favorit Para Pemancing

Posted on

daftarhewan.com. Ikan Redfin perch (P. fluviatilis), yang dikenal sebagai English perch, adalah ikan air tawar berukuran sedang yang berasal dari Eropa utara. Pertama kali diperkenalkan ke Australia pada tahun 1860-an sebagai ikan pancingan.

Redfin perch sekarang tersebar luas di seluruh bagian yang lebih sejuk di New South Wales, Australian Capital Territory, Victoria, Tasmania, Australia Selatan bagian tenggara, dan sudut barat daya Australia Barat. Karena pembudidayaan yang sangat sukses, mereka diketahui memiliki populasi yang terlalu banyak.

ikan redfin, ikan hias redfin, makanan ikan redfin, ikan redfin besar, jenis ikan redfin, budidaya ikan redfin, ikan redfin paling besar, ukuran ikan redfin dewasa, ukuran maksimal ikan redfin, apakah ikan redfin predator, ikan redfin makan apa, pakan ikan redfin
Ikan Redfin

Ikan Redfin

Meskipun Redfin perch adalah ikan olahraga memancing yang populer bagi beberapa pemancing karena kualitas dan ketahanan bertarung mereka ketika dipancing. Mereka juga predator rakus ikan lain dan invertebrata.

1. Ciri-Ciri Ikan Redfin

Mereka akan tumbuh lebih dari 60 cm dan 10 kg, namun di perairan barat daya lebih sering terlihat kurang dari 40 cm dan 1-2 kg.

Mereka adalah ikan bertubuh dalam, dengan ekor yang sedikit bercabang dan dua sirip punggung yang terpisah.

Baca Juga:   22 Jenis Makanan Ikan Gurame Biar Cepat Besar

Mereka memiliki lima atau lebih garis tebal hitam vertikal yang khas di sepanjang tubuh mereka, dan bercak hitam di bagian belakang sirip punggung pertama. Warna tubuh bervariasi dari hijau zaitun ke abu-abu di bagian belakang, memudar ke kehijauan atau keperakan di sisi dan keputihan di perut.

Mereka diberi nama untuk sirip perut dan dubur yang berwarna kemerahan hingga oranye.

2. Distribusi

Diperkenalkan di barat daya Australia pada tahun 1890-an untuk rekreasi memancing, mereka adalah spesies eksotis pertama yang dibawa ke barat daya.

Sejak itu mereka telah disebar di banyak sungai dan bendungan barat daya, dan sekarang termasuk di antara spesies eksotis yang paling tersebar luas dan bisa dibilang salah satu predator paling rakus dari spesies asli, yang siap memakan ikan dan udang karang hingga setengah panjang tubuhnya. Mereka tidak diizinkan untuk dikembalikan ke air sungai jika ditangkap.

3. Habitat

Mereka diketahui terjadi di banyak sungai dan aliran barat daya, toleran terhadap berbagai habitat dan kondisi kualitas air.

Mereka tampaknya lebih menyukai aliran dan sungai yang tenang atau mengalir lambat, dengan perlindungan kompleks yang besar (misalnya puing-puing kayu yang terendam, dan batu), tetapi juga akan tumbuh dengan baik di bendungan (kemungkinan diberikan pasokan mangsa yang siap, terutama lobster air tawar asli).

Baca Juga:   15 Daun untuk Pakan Ikan Mas, Lele dan Lain-lain

4. Makanan Ikan Redfin

Redfin hinggap adalah karnivora dan memakan berbagai macam makanan mulai dari invertebrata kecil (seperti krustasea, cacing, moluska dan larva serangga) hingga ikan. Mereka diketahui berburu ikan baik secara soliter (dengan menyergap atau mengintai mangsanya) atau dalam kelompok yang terorganisir.

Secara berkelompok, mereka menggiring kawanan ikan kecil sampai dikepung atau dijepit di tepian; beberapa dari redfin kemudian mengejar ke dalam kawanan sementara mayoritas bertahan dan memangsa ikan yang melarikan diri.

Sekelompok sirip merah juga menggunakan metode serupa yang dikenal sebagai “pemukulan”, di mana mereka mengeluarkan serangga dan ikan kecil dari gulma atau tempat berlindung lainnya ke perairan terbuka, di mana mereka menjadi mangsa yang mudah. Metode semacam itu memberi mereka reputasi sebagai pemangsa yang rakus.

5. Reproduksi

Redfin biasanya bertelur di akhir musim dingin dan musim semi, ketika mereka bertelur beberapa ratus ribu telur di pita agar-agar di antara vegetasi air, batang kayu yang terendam, atau area terlindung lainnya.

Baca Juga:   Teknik Trolling Ketika Mancing Ikan Tuna

Massa telur tidak enak untuk kebanyakan ikan lain dan karenanya umumnya dilindungi dari predasi. Telur berkembang dan menetas dalam waktu sekitar satu minggu, dan ikan muda membantu mencegah pemangsaan. Bertengger sirip merah biasanya memakan waktu 2-6 tahun untuk mencapai kematangan seksual, tetapi beberapa telah ditemukan matang secara reproduktif pada usia 1 tahun.

6. Perbedaan Redfin Perch dan Ikan Redfin Shark

ikan redfin, ikan redfin makan apa, apakah ikan redfin galak, apakah ikan redfin predator, apakah ikan redfin bisa hidup tanpa aerator, apa makanan ikan redfin

Ikan air tawar Redfin Shark atau Hiu Ekor Merah adalah ikan air tawar yang menarik perhatian kami sejak lama. Penampilan mereka yang sederhana namun mencolok adalah sesuatu yang tidak sering kita lihat.

Hiu Ekor Merah (Epalzeorhynchos bicolor) adalah ikan air tawar yang ditemukan di Thailand. Ia sering disebut dengan nama lain seperti Ikan Redfin, Hiu Ekor Merah, Hiu Hitam Ekor Merah, Hiu Ekor Api, dan Hiu Rel Merah Minnow.

Populasi Hiu Ekor Merah yang sangat padat di Bueng Boraphet, yang merupakan danau air tawar terbesar dan daerah rawa di bagian tengah Thailand. Ada sejumlah sungai yang mengalir keluar dari badan air ini di mana Anda juga bisa menemukan spesies ini.