Ikan Salmon Hidup di Air Apa? Berikut Faktanya

Posted on

daftarhewan.com. Dimana ikan salmon hidup? Mereka hidup di air tawar dan air laut dari sungai Samudra Pasifik dan Atlantik.

Kehidupan Ikan Salmon

Ikan Salmon Hidup di Air Apa? Sebagian besar spesies adalah anadromous yang artinya mereka lahir air tawar di mana mereka menghabiskan beberapa bulan sampai beberapa tahun (tergantung spesiesnya) di sungai dan aliran sungai, sebelum bermigrasi ke laut terbuka.

Kemudian kembali lagi ke air tawar untuk bereproduksi. Salmon memiliki tubuh ramping yang biasanya berubah warna sepanjang hidup mereka.

Lalu, apakah ikan salmon hidup di perairan Indonesia? Tidak, mereka tidak ada di perairan Indonesia. Jika ada salmon di pasar yang ada Indonesia, maka itu adalah hasil impor.

Baca Juga:   Ikan Redfin, Favorit Para Pemancing

1. Bertahun-Tahun di Laut Lalu Kembali Ke Sungai Tempat Mereka Dilahirkan

Setelah hidup bertahun-tahun di laut, salmon melakukan perjalanan jauh ke tempat asal mereka untuk kembali ke sungai tempat mereka dilahirkan, untuk bertelur.

Ada banyak teori tentang bagaimana Ikan Salmon dapat melakukan hal tersebut. Beberapa teori menyatakan bahwa mereka menggunakan medan magnet bumi untuk membantu mereka menemukan jalan kembali ke sungai.

Sementara yang lain menyebutkan Ikan Salmon menggunakan indera penciuman mereka yang tajam untuk membawa mereka kembali pulang.

Perubahan serta hilangnya habitat bisa mempengaruhi kapabilitas salmon untuk dapat kembali ke sungai tempat orang tuanya berasal, yang juga menjadi ancaman bagi kelangsungan kehidupan generasi salmon di yang akan datang.

2. Salmon Mempunyai Indra Penciuman yang Tajam

Salmon Atlantik bisa mencium satu tetes aroma di wilayah yang sebanding dengan 10 kolam ukuran kolam Olimpiade!

Baca Juga:   Bolehkah Ikan Gabus Digoreng, Boleh, Ini Cara dan Resepnya!

3. Ikan Salmon Berubah Warna

ikan salmon berubah warna, warna salmon, warna salmon seperti apa, salmon warna, warna ikan salmon, salmon warna apa, warna merah salmon, warna+salmon

Salmon bisa mempunyai 3 warna berbeda selama masa hidup mereka. Sebagai contoh, lihat gambar di atas: salmon sockeye berusia remaja mempunyai warna terang serta berbintik-bintik, dan selama berjalannya waktu di tahun-tahun dewasa mereka berada di laut, warna mereka menjadi biru keperakan.

Ketika tiba saatnya bertelur, tubuh ikan salmon dewasa berubah warna menjadi merah cerah disertai kepala mereka yang warnanya berubah menjadi berwarna hijau.

3. 6 Jenis Ikan Salmon yang Berbeda Hidup di Kanada

7 jenis jika kita memasukan ikan Steelhead (Rainbow trout), yang baru-baru ini ditemukan oleh para peneliti mempunyai kedekatan hubungan dengan Salmon daripada Trout.

Spesies lainnya yaitu : Salmon Atlantik, Salmon Chum, Salmon Coho, Salmon Chinook, Salmon Sockeye dan Salmon Pink.

4. Salmon Adalah Spesies Kunci

Yang berarti mereka mempunyai dampak besar pada ekosistem.

Jika spesies kunci punah, ekosistem dapat berubah secara signifikan.

Bangkai Ikan Salmon yang membusuk mentransfer nutrisi yang berharga dari laut ke darat.

Baca Juga:   Ikan Pacu, Informasi dan Gambarnya

5. Salmon memiliki makna budaya yang sangat besar

Misalnya, di wilayah Pacific Northwest, ikan ini telah menjadi bagian signifikan di bidang ekonomi, agama, serta budaya First Nation di wilayah tersebut selama ribuan tahun.

Secara sejarah hingga hari ini, salmon telah menjadi sumber makanan pokok bagi River Basin First Nations, dan juga menjadi bagian penting dari identitas spiritual dan budaya mereka.

6. Salmon Menghadapi Banyak Ancaman

Populasi Ikan Salmon terancam oleh hilangnya habitat, penyakit, parasit, penangkapan ikan berlebihan, serta perubahan iklim.

WWF-Canada bertugas di beberapa habitat Ikan salmon utama untuk mencoba mengurangi ancaman terhadap spesies ikonik yang sangat penting ini.

7. Arti Kata Salmon

hewan yang hidup di air laut dan air tawar, hewan yang hidup di ekosistem air laut, gambar hewan yang hidup di air laut, gambar hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air halal dimakan diantaranya, contoh hewan yang hidup di habitat air adalah, binatang yang hidup di air laut, contoh hewan yang hidup di air laut, nama hewan yang hidup di air laut
Ikan Salmon, hewan yang hidup di air laut dan air tawar

Kata “salmon” dipercayai berasal dari kata Latin Salire atau Salmo, yang berarti “melompat”.

Jika kita pernah melihat salmon berjuang melawan arus deras yang kuat saat mereka menuju ke hulu sungai untuk bertelur, maka kita akan tahu bahwa ikan ini diberi nama yang tepat.