Top 15 Daftar Ikan Tercantik di Dunia

daftarhewan.com. Bumi kita ini lebih dari 70% permukaannya adalah perairan, dengan 96,5% adalah lautan. Dan itu yang menjadi tempat tinggal ribuan spesies ikan dan makhluk hidup laut lainnya. ada begitu banyak keanekaragaman di laut. banyak ikan dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna.

Ikan Tercantik di Dunia

Ini dia 15 spesies ikan cantik yang ada di perairan dunia. Masing-masing ikan berasal dari air tawar dan air laut (air asin)

1. Ikan Mandarin

ikan tercantik di dunia, ikan tercantik sedunia, ikan cantik di laut, foto ikan tercantik di dunia, foto ikan tercantik, ikan hias tercantik di dunia, ikan hiasan tercantik, ikan hias tercantik adalah, jenis ikan tercantik di dunia, jenis ikan tercantik, ikan laut tercantik, ikan laut tercantik di dunia, ikan cantik laut, ikan paling cantik

Ikan yang mempunyai julukan ‘ikan terindah di lautan’ ini berasal dari samudera Pasifik, mereka hidup di laguna dan terumbu karang dekat pantai. Di tubuhnya terdapat duri-duri beracun yang digunakannya untuk melindungi diri dari pemangsa. Ikan ini adalah salah satu dari dua spesies di dunia yang dapat menghasilkan warna biru sendiri.

2. Ikan Kepe auriga (Threadfin Butterflyfish)

ikan cantik di laut, foto ikan tercantik di dunia, foto ikan tercantik ikan hias tercantik di dunia, ikan hiasan tercantik, ikan hias tercantik adalah, jenis ikan tercantik di dunia, jenis ikan tercantik, ikan laut tercantik, ikan laut tercantik di dunia, ikan cantik laut, ikan paling cantik, ikan paling cantik di dunia

Ikan ini banyak dipelihara di rumah sebagai ikan hias. Panjangnya bisa mencapai 22-24 cm. Ia memiliki warna yang cantik. Warna putih seperti mutiara menyatu dengan warna kuning di ujung ekor sampai ke sirip punggung, ada garis hitam di bagian wajah.

Ikan ini mudah beradaptasi, dan sangat tenang, karena itu ia banyak di gemari para hobiis.

3. Ikan Cupang

ikan cupang nemo leopard, ikan cupang nemo candy, asal usul ikan cupang nemo, cupang nemo adalah, cupang nemo

ikan cupang nemo candy multycolor

Betta fish, di Indonesia ikan ini disebut Ikan Cupang. Ikan ini dibiakkan secara selektif agar memiliki warna yang cerah dan ekor yang indah. Di alam liar, ikan cupang sama sekali tidak menarik tidak seperti ikan cupang yang dibiakkan secara selektif di akuarium. Seperti ikan cupang yang ada di sawah atau kali, mereka terlihat lebih kusam dan warnanya pucat. Ikan cupang adalah ikan labirin yang berarti mereka dapat menghirup oksigen langsung dari udara.

Ia banyak dipelihara untuk dijadikan ikan aduan karena sifat mereka yang agresif. Meski begitu banyak juga orang yang memeliharanya untuk mengikuti kontes ikan, atau hanya sekedar memeliharanya.

Baca Juga:   Migrasi Ikan Salmon, Pengertian dan Tujuannya

4. Ikan Regal angelfish

ikan cantik laut, ikan cantik air laut, ikan cantik cantik, ikan cantik di laut, gambar ikan cantik dan lucu, gambar ikan cantik di laut, foto ikan cantik ,foto ikan cantik dan unik, gambar ikan cantik, ikan hiasan cantik

Panjangnya sekitar 25,4-26 cm. Di habitat aslinya ia biasa tinggal di terumbu karang atau tempat yang banyak retakan/celah. Mereka bisa hidup sendiri atau berpasangan.

Banyak yang menangkapnya menggunakan bahan kimia dan itu membuat ikan ini tidak dapat bertahan lama. Oleh sebabnya, ikan ini harus selalu di karantina sebelum di masukkan ke akuarium. Mereka agak sulit beradaptasi di lingkungan baru, tapi ikan yang masih kecil biasanya lebih mudah beradaptasi.

5. Ikan discus

aneka warna ikan discus, makanan untuk warna ikan discus, jenis dan warna ikan discus, agar warna ikan discus cerah, cara memunculkan warna ikan discus, ikan discus berubah warna, kenapa ikan discus berubah warna, ikan discus warna hitam, jenis warna ikan discus, cara menaikan warna ikan discus, cara agar warna ikan discus keluar, ikan discus warna kuning, mengeluarkan warna ikan discus, makanan ikan discus untuk warna, warna warna ikan discus

Dari depan ia terlihat sangat tipis, tapi dari samping ia berbentuk bulat agak lonjong. Mereka bisa memiliki panjang 15-16 cm. Ia juga dikenal sebagai ikan nanas. Ikan ini sangat tenang dan anggun, tak heran ia sering disebut sebagai raja ikan hias akuarium.

Mereka ditemukan di berbagai daerah di sungai Amazon, dan mereka termasuk ikan yang sangat sulit dipelihara karena mereka sulit beradaptasi pada lingkungan baru dan mereka membutuhkan kondisi air seperti di habitat aslinya. Selain itu ikan ini juga pemakan yang pemilih.

6. Ikan Capungan Ambon (Banggai cardinalfish)

ikan cantik aquarium, ikan cantik air laut, ikan cantik cantik, ikan cantik di laut, ikan cantik dan murah, ikan yang cantik di akuarium, ikan hias cantik dan murah, gambar ikan cantik dan lucu, gambar ikan cantik di laut

Ikan ini adalah ikan hias asli Indonesia, tepatnya di Kepulauan Banggai. Ikan ini termasuk hewan nokturnal yang berarti ia aktif pada malam hari. Dan siang hari ia biasanya terdapat di padang lamun, tepian karang, dan anemon laut.

Mereka termasuk hewan yang berkelompok, karena itu jika ingin memeliharanya setidaknya pelihara 8 ekor per akuarium. Selama diberi ruang yang cukup dengan banyak tempat persembunyian dan penghalang, mereka akan senang. Jika disimpan dalam ruang kecil, mereka akan gelisah karena tidak memiliki cukup ruang. Ia juga mudah beradaptasi.

7. Ikan Moorish idol

foto ikan tercantik di dunia, foto ikan tercantik, ikan tercantik hias, ikan hias tercantik di dunia, ikan hiasan tercantik, ikan hias tercantik adalah, jenis ikan tercantik di dunia, ikan laut tercantik

Mungkin ada banyak dari kalian sudah tahu ikan ini karena banyak gambarnya di internet tapi tidak tahu nama ikan ini, ikan yang memiliki panjang sekitar 22-24 cm ini bernama Moorish idol model cantik banyak diburu oleh fotografer bawah air.

Ikan cantik ini berasal dari samudera Pasifik. Mereka memiliki ciri warna vertikal hitam yang tebal dan putih dengan bercak kuning di bagian belakang tubuhnya. Mulutnya berbentuk moncong panjang berwarna oranye. Dan ia memiliki filamen panjang yang ada di ujung sirip punggung.

8. Ikan Angel Api (Flame angelfish)

ikan paling cantik di dunia, ikan yang paling cantik, ikan yang paling cantik di dunia, ikan hias air laut paling cantik, ikan yang cantik di akuarium, gambar ikan paling cantik, gambar ikan hias paling cantik

Tak heran ikan ini diberi nama flame angelfish (ikan angel api) karena warna tubuhnya bak api yang sedang membara. Berwarna merah menyala ada juga yang merah jingga dengan berberapa garis hitam juga warna biru di sirip punggung dan ekor.

Baca Juga:   Arapaima Gigas, Ikan Besar dari Amazon

Ikan ini termasuk ikan yang suka berkelompok, tapi dalam 1 kelompok hanya ada satu jantan saja. Karena saat musim kawin mereka akan berkelahi. Mereka terlahir sebagai betina, namun saat dewasa mereka bisa berubah menjadi jantan.

9. Ikan Badut

ikan tercantik di dunia, ikan tercantik sedunia, ikan tercantik di malaysia, ikan tercantik di air tawar, ikan tercantik adalah, foto ikan cantik dan unik, ikan aquarium tercantik, ikan aquarium tercantik di dunia, ikan badut

Pasti sebagian besar dari kalian tidak asing dengan ikan ini, dalam bahasa Inggris disebut Clownfish dan di Indonesia disebut juga Ikan Giru dan Ikan badut. Yap, benar dia adalah karakter utama di film yang berjudul “Finding Nemo”, dan karena film itu orang banyak menyebut ikan ini dengan sebutan ‘Nemo’. Ikan yang suka hidup di anemon laut ini berwarna oranye/kuning dengan 3 garis putih di bagian wajah badan dan ekornya dan warna hitam di bagian ujung setiap tubuhnya.

Ikan badut ini kebal terhadap racun yang ada di tubuh anemon laut. Ia juga membangun hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) bersama anemon laut, yaitu dengan anemon melindunginya jika ia akan dimangsa dan ikan badut akan menghilangkan parasit dari tubuh anemon dan memberinya makan.

Mereka termasuk hewan hermafrodit, yang akan terlahir sebagai jantan dan mereka mempunyai kemampuan mengubah kelaminnya menjadi betina saat dewasa. Itu terjadi pada saat musim kawin 2 ekor jantan akan berpasangan, dan ikan yang lebih besar biasanya akan menjadi betina.

10. Picasso triggerfish

apa arti mimpi ikan cantik, dimana ikan hidup, nama ikan cantik, nama cantik untuk ikan peliharaan, nama ikan hias cantik, nama ikan yang cantik

Ikan ini juga dikenal dengan nama ‘Humuhumu Triggerfish’. Ikan asli dari samudera Indo-Pasifik ini bentuk tubuhnya agak sedikit aneh, dan mirip karakter kartun. Jika ingin memeliharanya harus disimpan bersama ikan lain yang sama besarnya. Ikan ini juga agresif, jadi jangan menyimpan triggerfish lain dalam satu tempat.

11. Lionfish

ikan cantik beracun, Lionfish, Lion fish

Ikan yang berasal dari samudera Pasifik ini memiliki sebutan lain yaitu ‘ikan naga’, ‘ikan macan’, dan ‘ikan kalajengking’ ‘ikan lepu ayam’ atau juga disebut ‘ikan singa’. Ia memiliki panjang bisa sampai 45 cm. Tubuhnya memiliki pola loreng-loreng seperti zebra, dan sirip indahnya seperti bulu yang menarik. Ia dapat memikat ikan-ikan lain untuk mendekat, namun itu salah satu cara ia memanipulasi karena sebenarnya ia memiliki duri berbisa yang digunakan untuk memangsa dan bertahan hidup.

Baca Juga:   10 Ikan Air Tawar Terbesar, Berukuran Raksasa!

Dan jika kita terkena duri berbisanya itu kita akan mengalami mual, pusing, bahkan bisa muntah-muntah, namun begitu racunnya tidak mematikan. Ikan ini bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru dan berkembang biak dengan cepat. Dalam seminggu ia bahkan bisa menghasilkan telur sebanyak 30.000.

12. Angelfish Perancis

ikan cantik laut, ikan cantik air laut, ikan paling cantik di dunia, ikan yang paling cantik, ikan yang paling cantik di dunia, ikan hias air laut paling cantik, ikan yang cantik di akuarium, gambar ikan paling cantik, gambar ikan hias paling cantik

Ikan French angelfish berasal dari Bahama, Florida, dan Karibea ini unik. Pasalnya saat masih kecil ia memiliki garis-garis pada tubuhnya, dan saat dewasa itu akan menghilang dan berganti menjadi seperti serpihan-serpihan yang menempel pada tubuhnya.

Di alam liar mereka akan berpasangan, namun saat dipelihara di akuarium mereka berubah menjadi teritorial. Maka dari itu jika ingin memeliharanya disarankan hanya satu per akuarium.

13. Regal tang

ikan dori adalah ikan apa, ikan dori asli, ikan dori air laut, ikan dori biru, ikan dori berasal dari mana

Ikan hias air laut ini juga karakter yang ada di film “Finding Nemo” ia bernama ‘Dory’. Ikan yang membantu Marlin (ayah Nemo) menemukan anaknya ini berbentuk oval berwarna biru dengan warna kuning pada sirip dada dan ekornya. Ia juga dikenal sebagai ‘Palette Surgeonfish’, ‘Common Surgeon’, ‘Pacific Blue Tang’, dan ‘Hippo Tang’ dan ‘Leter Enam’.

14. Clown triggerfish

nama ikan paling cantik

Ikan badut yang satu ini mempunyai motif yang unik dan kita langsung dapat mengenali jika menemuinya. Warnanya yang hitam dengan bintik besar di bagian bawah tubuh dan bintik kecil berwarna kuning di bagian atas. Ada garis putih di dekat matanya dan mulutnya yang berwarna kuning.

Ikan ini mudah beradaptasi, jika ingin memeliharanya ikan ini tidak masalah jika disatukan dengan ikan lainnya.

15. Emperor Angelfish

ikan hias air laut angelfish, ikan hias air laut aquarium, angelfish air laut, ikan angelfish laut, jenis ikan angelfish laut, ikan angelfish, ikan hias air laut tercantik, makanan ikan angelfish laut, ikan angel

Ikan angelfish laut remaja

Ikan cantik ini panjangnya bisa mencapai 38-40 cm. Emperor Angelfish khususnya yang masih muda merupakan salah satu ikan terindah di dunia dan salah satu ikan hias air laut termahal, memiliki motif yang sangat indah dengan perpaduan warna yang cantik. Motif garis-garis di bagian depan sampai berbentuk lingkarang di bagian belakang (dekat ekor), dengan warna dasar hitam dan garis yang berwarna mencolok yaitu berwarna biru dan kuning. Perpaduan warna ini seperti langit saat malam hari.

Itulah rangkuman ke 15 spesies atau jenis ikan tercantik yang ada di perairan di dunia ini. Keanekaragaman dunia bawah air bukan hanya laut. Mereka memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri. Bentuk tubuh yang indah corak warna, motif yang cantik. Dan bahkan ada juga yang memiliki senjata tersembunyi.

error: