5 Ikan Terkecil Di Dunia, Paling Kecil 7,9 mm!

daftarhewan.com. Jika mencari informasi tentang ikan terkecil di dunia, biasanya google menyarankan atau mengarahkan pencariannya ke artikel Jenis ikan hias kecil untuk akuarium. Tetapi kali ini yang kita bahas adalah jenis atau spesies ikan yang benar-benar kecil sebagai ikan terkecil di dunia. Ikan apa sajakah itu?

Ikan Paling Kecil di Dunia

1. Paedocypris progenetica

ikan paling kecil di dunia, ikan yang terkecil di dunia, ikan yang paling kecil di dunia, ikan hias terkecil, ikan hias terkecil di dunia

Paedocypris progenetica adalah spesies kecil dari ikan cyprinid yang endemik di pulau Sumatera dan Bintan, Indonesia di mana ia ditemukan di rawa gambut dan sungai-sungai kecil. Ikan ini adalah salah satu ikan terkecil yang diketahui di dunia, bersama dengan spesies lain seperti Schindleria brevipinguis, dengan betina mencapai panjang standar maksimum 10,3 mm dan jantan 9,8 mm dan spesimen dewasa terkecil yang diketahui, betina berukuran hanya 7,9 mm.

Baca Juga:   10 Ikan Air Tawar Terbesar, Berukuran Raksasa!

Ikan ini memegang rekor vertebrata terpendek yang diketahui sampai katak Paedophryne amauensis secara resmi dideskripsikan pada Januari 2012, sedangkan parasit jantan dari anglerfish Photocorynus spiniceps hanya berukuran 6,2 milimeter.

2. Leptophilypnion

Leptophilypnion adalah genus ikan kecil di keluarga Eleotridae endemik Amazon Basin di Amerika Selatan. Dengan panjang standar kurang dari 1 cm (0,4 in), mereka adalah ikan sleeper gobie terkecil dan di antara ikan terkecil. Ikan sleeper gobies Microphilypnus yang lebih besar juga ditemukan di Amazon, dan kadang-kadang muncul bersamaan dengan Leptophilypnion. Leptophilypnion yang tinggal di sungai biasanya ditemukan bawah di air yang dangkal, menggenang atau mengalir lambat di antara puing-puing lunak, serasah daun atau tanaman air.

3. Pandaka pygmaea

ikan yang terkecil di dunia, ikan yang paling kecil di dunia, ikan hias terkecil, ikan hias terkecil di dunia

Dwarf pygmy goby atau Philippine goby (Pandaka pygmaea) adalah spesies ikan tropis di subfamili Gobionellinae dari perairan payau dan kawasan bakau di Asia Tenggara.

Baca Juga:   4 Ikan yang Cepat Tumbuh Besar, Panen dan Cepat Untung

Ini adalah salah satu spesies ikan terkecil di dunia. Jantan mencapai kematangan dengan panjang standar 0,9 cm (0,35 inci) dan panjang standar dapat mencapai 1,1 cm (0,43 inci), sedangkan betina dapat tumbuh hingga panjang total 1,5 cm (0,59 inci). Ikan dewasa memiliki berat sekitar 4 miligram. Ikan ini dikenal dengan nama bia dan tabios di Filipina.

4. Trimmatom nanus

ikan terkecil di dunia, ikan paling kecil di dunia, ikan yang terkecil di dunia, ikan yang paling kecil di dunia, ikan hias terkecil, ikan hias terkecil di dunia

Trimmatom nanus, si ikan cebol atau kerdil ini adalah spesies ikan gobi laut yang berasal dari Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat. Hal ini terutama dapat ditemukan di drop-off samudra pada kedalaman dari 20 hingga 30 meter (66 hingga 98 kaki) meskipun kadang-kadang dapat ditemukan di daerah terumbu luar dan laguna pada kedalaman dari 5 hingga 35 meter (16 hingga 115 kaki) . Spesies ini bisa mencapai panjang 1 sentimeter.

Baca Juga:   Ikan Apa yang Bisa Terbang? Cari Tahu Disini!

T. nanus sampai tahun 2004 adalah ikan dan vertebrata terkecil yang diketahui. Penemuan Schindleria brevipinguis baru-baru ini (disebut stout infantfish) menurunkannya ke posisi kedua. Belakangan, penemuan Paedocypris progenetica menjatuhkan T. nanus ke posisi ketiga. Rekor vertebrata terkecil yang diketahui dipegang oleh katak Paedophryne amauensis, dijelaskan secara resmi pada Januari 2012.

5. Schindleria brevipinguis

ikan terkecil, apakah ikan terkecil, apa nama ikan terkecil di dunia, apa ikan terkecil, nama ikan terkecil di dunia, nama ikan terkecil

Schindleria brevipinguis adalah salah satu spesies ikan laut dalam famili Gobiidae dari Perciformes. Dikenal sebagai infantfish yang gagah, ia berasal dari Great Barrier Reef Australia dan Osprey Reef di Laut Coral.

S. brevipinguis adalah salah satu ikan terkecil di dunia, bersama dengan spesies seperti Paedocypris progenetica. S. brevipinguis jantan memiliki panjang standar rata-rata 7,7 mm (0,30 in), betina hamil 8,4 mm (0,33 in) dan panjang standar maksimum spesies adalah 10 mm (0,39 in).

error: