5 Ikan Konsumsi Termahal di Dunia

Daftarhewan.com. Ikan konsumsi termahal. Beberapa waktu lalu kita sempat dihebohkan berita ikan termahal di dunia. Satu ekor tuna sirip biru sudah dijual dengan harga tiga perempat juta dolar di Tokyo – harga yang nyaris 2x lipat dari rekor penjualan tahun lalu.

Tuna sirip biru, yang dihargai karena merupakan salah satu bahan pembuat sushi terbaik, pernah terjual dengan harga kurang lebih 8 miliar rupiah di lelang awal pasar ikan Tsukiji.

Penawar yang memenangkannya adalah ialah Kiyoshi Kimura, pemilik banyak restaurant sushi. Jepang ialah customer makanan laut paling besar di dunia, mengonsumsi sekitaran 80% ikan sirip biru Atlantik dan Pasifik hasil tangkapan. Tetapi, pembatasan tangkapan sudah diperketat dalam tahun-tahun ini karena kekuatiran mengenai penangkapan ikan yang terlalu berlebih.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Air Tawar Termahal 2022

Belakangan ini, kampanye supaya warga suka memakan ikan, terus-menerus dilaksanakan oleh pemerintahan. Cara tersebut sebagai usaha meningkatkan konsumsi protein, sekalian pendayagunaan sumber daya laut yang berlimpah. Support nutrisi yang bagus mempunyai tujuan untuk mengurangi resiko stunting yang sering terjadi di Indonesia.

Jadi, bagi beberapa ibu yang ingin menyuguhkan sajian terbaik untuk semua anggota keluarga, janganlah lupa membeli ikan, ya. Bandeng, ikan tongkol, ikan gurame, ikan mujair, atau salmon, sah-sah saja. Walau yang mengandung nutrisi dan harga yang lain, semuanya memiliki kandungan protein dan omega-3 yang bagus untuk perkembangan anak.

Ikan Termahal untuk Dimakan

Dan, tak perlu terlampau berambisi atau memaksakan diri untuk membeli ikan yang amat mahal. Apalagi, deretan jenis ikan yang masuk ke daftar ikan paling mahal di dunia, kelihatannya terlalu berlebih menjadi menu harian. Apa lagi, harga ikan-ikan ini dapat mencapai juta-an rupiah, bahkan sampai miliaran!

Nih, 5 ikan termahal di dunia yang terjual dengan harga tinggi:

1. Ikan Tuna Sirip Biru

ikan tuna termahal di dunia, ikan termahal di dunia untuk dimakan

ikan tuna termahal di dunia

Harga ikan tuna sirip biru atau bluefin tuna demikian mahal di pasar internasional. Karena itu, untuk menjaga keberadaan tuna sirip biru sebagai ikan konsumsi termahal, pemerintahan Jepang sudah membatasi tangkapan ikan macam ini. Umumnya, tuna sirip biru jadi komoditas yang diperebutkan oleh pemilik restaurant sushi dunia, sebagai gelaran promo restaurant mereka.

Baca Juga:   18 Hewan Termahal di Dunia, Ada yang Triliunan!

Bahkan juga, di suatu lelang, tuna sirip biru terjual sampai 8 miliar rupiah! Sementara di pasar ikan Jepang, harga ikan tuna sirip biru sekitaran 300 ribu rupiah per 200 g, atau 12,5 juta per ekor.

2. Ikan Buntal

ikan fugu termahal, ikan buntal termahal, ikan paling mahal di dunia, daging ikan termahal di dunia, ikan termahal di dunia 2023, ikan konsumsi termahal di dunia, ikan laut termahal di dunia

Ikan Fugu

Ikan Buntal yang memiliki badan gempal ini juga terkenal dengan panggilan ikan Fugu. Badannya yang unik dan bisa menggembung jadi daya tarik yang eksotik. Tetapi, perlu kemahiran dan ketrampilan khusus untuk memproses daging ikan fugu yang menjadi salah satu ikan ikan konsumsi termahal di dunia, karena mempunyai potensi mengeluarkan toksin yang beresiko.

Walau begitu, ikan Buntal biasa dibuat jadi sashimi di restaurant Jepang. Untuk menikmatinya, kamu perlu merogoh kantong cukup dalam. Karena, harga ikan fugu per 500 g saja bisa mencapai harga hampir 2 juta rupiah.

3. Ikan Todak

ikan termahal di dunia, ikan termahal di dunia 2021-2022-2023-2024-2025, ikan termahal di dunia untuk dimakan, berapa harga ikan termahal di dunia, apa itu ikan termahal di dunia, ikan termahal di dunia dan harganya, apa nama ikan termahal di dunia, nama ikan termahal di dunia, apa saja ikan termahal di dunia

Dengan struktur daging yang tebal, ikan todak pas dimakan sebagai hidangan barbeque atau steak. Populer dengan panggilan swordfish, ikan todak mempunyai moncong panjang dan kuat seperti pedang. Dengan tenaga yang besar dan badan yang berat, sehingga todak susah untuk ditangkap.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia

Lumrah saja, dengan keinginan yang makin tinggi, harga ikan todak membumbung di range 900 ribu per 24 ons. Wah, jika satu kg saja hampir empat juta rupiah.

4. Ikan Tuna Sirip Kuning

trolling for tuna, trolling for tuna speed, trolling for yellowfin tuna, trolling tuna, trolling tuna lures, trolling tuna technique, trolling yellowfin tuna, tuna trolling lures, tuna trolling rig, tuna trolling setup

Masih kerbat dengan tuna sirip biru, tuna sirip kuning yang disebut juga ikan ahi, kerap kali jadi subtitusi tuna sirip biru. Karena, walau populasi di habitatnya makin tipis, ahi relatif gampang diketemukan di pasar ikan. Dengan cita-rasa daging yang sedap, ahi cocok dibuat jadi bermacam sajian. Tetapi, sudah pasti harga lumayan mahal. Ikan ahi fresh biasa dipasarkan pada harga 2,3 juta per kg.

5. Ikan Chinook Salmon

ikan termahal di dunia untuk dimakan, ikan termahal di dunia yang bisa dimakan

Termasuk ikan yang susah ditangkap, tetapi mempunyai daging berlemak yang dipandang sangat enak, bila dibanding ikan salmon liar yang lain. Sama ukuran yang besar, ikan chinook salmon atau Wild King Salmon ini bisa dibuat jadi beragam hidangan sedap. Untuk memperolehnya, kamu perlu bayar nyaris 1 juta rupiah per 500 g.

Baca Juga:   12 Ikan Guppy Termahal di Dunia, Langka dan Cantik!

Mampu bayar dengan harga tertera di atas? Jika hanya demi perut, ke warung makan cukup sich.

error: