5 Ikan Hias Air Tawar Warna Hitam

daftarhewan.com. Ikan warna hitam. Hitam adalah warna yang jarang terlihat pada ikan akuarium, khususnya full hitam. Dengan warna gelap mencolok seperti bayangan menantang warna bumi dalam akuarium atau aquascape. Ikan laut hitam bahkan juga lebih menonjol antara bebatuan hidup berwarna-warni atau pasir karang yang memutih. Lihatlah beberapa ikan akuarium hitam paling indah dalam hobi ikan akuarium ini.

Ikan Akuarium Hitam untuk Akuarium Air Tawar

5 ikan hias hitam favorit untuk akuarium air tawar:

Baca Juga:   12 Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia

1. Ikan Black Molly

ikan molly kuning hitam, ikan molly hitam putih, ikan hias hitam, ikan hias warna hitam, ikan hitam, ikan warna hitam, ikan hitam hias

Black Mollies atau Ikan Molly hitam adalah salah satu ikan yang melahirkan yang biasanya tersedia di pasaran; hanya Sailfin dan Yucatan Mollies yang tumbuh lebih besar. Kebanyakan dari mereka adalah Molly Biasa (Poecilia sphenops). Namun Sailfin Mollies (Poecilia latipinna) juga tersedia dalam warna hitam.

Ikan Black Molly yang berasal dari Pantai Atlantik Amerika Utara ini memiliki warna hitam yang kaya dengan sedikit corak lain. Untungnya, mereka sangat mudah dipelihara karena Ikan Molly adalah omnivora hangat yang hampir akan makan apa saja, berupa pakan ikan.

Mereka memang memiliki tempramen damai serta pola vegetarian, jadi berikan mereka serpihan spirulina dan tanaman berdaun lembut seperti Elodea untuk dimakan bersama makanan khas ikan komunitas.

Baca Juga:   Ikan Oscar Albino, Si Agresif yang Rakus

Molly juga menyukai sentuhan garam akuarium di airnya. Faktanya, Molly bahkan dapat menyesuaikan diri dengan air asin penuh dari waktu ke waktu.

2. Ikan Hiu Hitam Ekor Merah (Red Tailed Black Shark)

ikan hitam, ikan hias hitam, ikan hias warna hitam, ikan merah hitam, ikan hitam merah, ikan warna merah hitam, ikan hitam hias

Ikan Hiu Hitam Ekor Merah (Red Tailed Black Shark)

Red Tail Black Shark”Hiu” air tawar sebenarnya bukan hiu; mereka mendapatkan namanya karena sirip runcing dan sifat aktif mereka. Dari semuanya, Hiu Hitam Ekor Merah (Red Tailed Black Shark) mungkin yang paling cantik.

Sebagai Cyprinid, itu terkait erat dengan Ikan Koki, Barbs, dan Rasboras. Dan seperti sepupu mereka, “hiu” ini menyukai materi nabati dan juga protein. Alga dan tumbuhan lunak seperti Cabomba adalah beberapa makanan favorit mereka.

Baca Juga:   20 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

Hiu Hitam Ekor Merah sangat teritorial. Selama Anda memberi mereka sebuah gua, mereka hanya akan mengejar penyusup. Mereka sering mengklaim seluruh dasar akuarium sebagai rumah mereka, kemudian menghabiskan seluruh waktu mereka mengejar ikan yang lebih kecil yang mendekati dasar.

3. Ikan Hantu (Black ghost knifefish)

ikan hitam putih, hitam putih, ikan black ghost hitam putih, ikan belang hitam putih, ikan hias hitam putih, ikan black ghost putih hitam, ikan black ghost hitam putih, ikan hias belang hitam putih, ikan black ghost warna hitam putih, black ghost warna hitam putih, black ghost putih hitam, ikan black ghost hitam putih, ikan putih hitam, ikan hias warna hitam putih

Ikan Hantu (Black ghost knifefish)

Salah satu ikan akuarium hitam yang tampak tidak biasa adalah Black Ghost Knifefish. Ikan hias asli Amerika Selatan yang diberi nama Ikan hantu ini biasanya dijual dengan panjang sekitar 15 cm. Bagaimanapun mereka dapat tumbuh menjadi besar mencapai ukuran 50 cm sebagai ikan dewasa.

Mereka juga predator nokturnal, memburu ikan dan cacing yang lebih kecil untuk dimakan di malam hari. Mereka memiliki penglihatan yang sangat buruk dan mengandalkan kemampuan mereka yang dapat menghasilkan listrik untuk berburu.

Black Ghost Knifefish menciptakan arus listrik di sekitar mereka sehingga mereka dapat “membaca” serta mendeteksi rintangan dan kontraksi otot mangsa yang terkubur atau tersembunyi. Mereka bahkan menggunakan listrik untuk berkomunikasi satu sama lain antar spesies.

Pada siang hari mereka lebih suka bersembunyi di gua atau di balik kayu apung. Jadi berikan mereka tempat persembunyian yang lebih tertutup.

4. Ikan Mas Koki Black Moor

ikan koki hitam black moor, koki ranchu hitam, ikan koki oranda hitam, ikan koki hitam putih, koki oranda hitam, ikan koki warna hitam, harga ikan koki hitam, harga ikan koki oranda hitam, ikan koki hitam berubah warna

Ikan Mas Koki Black Moor

Seperti kebanyakan jenis Ikan Koki yang fancy (mewah), Black Moor berasal dari China kuno. Mereka kemudian menyebar ke Jepang, sebelum pindah ke Eropa dan negara lain.

Tidak seperti banyak ras Ikan Mas Koki, Black Moor seringkali tetap hitam sepenuhnya hingga dewasa, dengan sedikit atau tanpa sisik oranye. Mereka biasanya berhenti tumbuh sekitar 20 cm dan dapat hidup selama beberapa puluh tahun jika dirawat dengan baik.

Namun Anda harus sangat berhati-hati dan memperhatikan dengan benar saat membuat akuarium atau aquascape untuk Ikan Koki mata teleskop (Telescope eye Goldfish) dan Coutengan (Celestial Eye) warna hitam. Mata mereka yang menonjol sangat mudah terluka oleh titik kayu apung, kerikil tajam, dan bahaya lainnya. Simpan di tangki tanpa alas untuk mencegah cedera parah.

5. Ikan Neon Tetra Hitam

neon tetra hitam

neon tetra hitam

Apakah Anda terbiasa dengan Neon Tetra berwarna cerah? Jika demikian, Black Neon mungkin sesuatu yang sedikit lebih lembut namun menarik bagi Anda! Seperti sepupu dekatnya, Black Neon Tetra berasal dari Brazil – Amerika Selatan.

Mereka membentuk kelompok ratusan individu dan menggunakan garis warna-warni mereka untuk menemukan satu sama lain di rawa air hitam yang mereka sebut rumah. Di akuarium, dengan ukuran yang biasanya kecil, tidak lebih dari 5 cm, mereka lebih menyukai air yang lembut dan sedikit asam (pH 6,0-7,0) dan suhu 23-27 derajat celcius.

Sebagai predator mikro, Black Neon Tetra yang bernama latin Hyphessobrycon herbertaxelrodi ini menyukai invertebrata kecil seperti bayi udang air asin dan cacing darah. Serpihan yang dihancurkan dan pakan butiran kecil biasanya diterima seiring waktu.

error: