Home » Anjing » Jenis Anjing Peliharaan yang Baik, Cocok untuk Keluarga

Jenis Anjing Peliharaan yang Baik, Cocok untuk Keluarga

daftarhewan.com. Rumah anda terasa sepi karena anggota keluarga sibuk masing-masing dengan pekerjaannya di luar rumah? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa contoh hewan peliharaan yang baik untuk teman main di rumah.

Hewan peliharaan dikenal sebagai hewan yang baik dan mudah di ajak jalan-jalan ke luar rumah di sekitaran komplek. Hewan peliharaan harusnya memiliki perilaku yang baik dan tidak galak kepada majikannya. Beberapa jenis hewan yang bisa di pelihara di rumah adalah kucing, anjing, ikan, ayam, kelinci dan masih banyak lagi. Tapi, beberapa orang lebih suka dengan hewan yang lucu-lucu. Kucing dan anjing kerap kali menjadi pilihan beberapa orang.

Anda ingin memelihara jenis anjing peliharaan yang baik, berikut ini adalah tipsnya :

  • Periksa hewan peliharaan secara teratur

Jika anda memelihara hewan seperti kucing dan anjing, anda perlu memeriksakan kondisi kesehatannya secara tertatur ke klinik khusus hewan peliharaan. Pemeriksaan secara rutin ini meminimalkan resiko terjadinya sesuatu yang tidakdiinginkan. Jika hewan mengalami suatu kondisi sakit tertentu, hal ini akan segera dengan cepat untuk di deteksi.

  • Sisir bulu-bulunya

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing biasanya memiliki bulu yang mudah rontok dan menempel pada sofa. Sebaiknya anda perlu menyisir bulu-bulu hewan tersebut secra teratur.

  • Bersihkan badan hewan

Kondisi hewan peliharaan itu sangat penting. Anda harus membersihkan badan hewan pelihahraan secara rutin minimal 2 kali dalam satu bulan. Anda bisa memandikan hewan peliharaan secara langsung dengan air mengalir.

  • Memberi alas tidur

Alas tidur untuk hewan peliharaan juga termasuk hal yang penting. Agar hewan menjadi nyaman tinggal di rumah, anda perlu memberi alas tidur untuk hewan tersebut agar badannya terasa hangat saat tidur di malam hari.

  • Memberi makan dengan teratur
Baca Juga:   Makanan Anjing Agar Cepat Gemuk

jenis anjing peliharaan yang baik itu sama layaknya dengan mahkluk hidup lain, hewan peliharaan membutuhkan makanan yang baik dan teratur agar kondisi kesehatannya terjaga dan tetap fit. Biasanya hewan peliharaan yang sedang lapar akan menjadi jauh lebih galak dan menakutkan.

  • Melatih hewan peliharaan

Melatih hewan peliharaan biasnya berguna untuk memberi tahu apa yang boleh atau tidak dilakukan oleh hewan tersebut. Seperti melatihnya untuk makan dan buang hajat pada tempat yang telah disediakan.

  • Sediakan kandang yang baik dan nyaman

Kandang merupakan tempat tinggal yang di tempati oleh hewan peliharaan. Kandang yang bersih akan membuat nyaman hewan tersebut untuk tinggal. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan hewan peliharaan. Semakin bersih kandangnya, bisa dipastikan kondidi jenis anjing peliharaan yang baik juga akan semakin sehat.

  • Cukupi asupan air

Hewan peliharaan sudah makan, pasti ia perlu minum agar makanan dapat meluncur lancar ke organ pencernaanya kan? Hewan peliharaan perlu cukup persediaan air yang bersih. Pastikan anda selalu mengecek persediaan air setiap hari ya.

Anjing peliharaan yang baik

Jenis hewan peliharaan yang baik untuk tinggal di rumah. Beberapa orang mungkin sangat menyukai anjing dan kucing untuk dipelihara di rumah sebagai teman saat kondisi sepi dan sendiri. Ada banyak sekali jenis hewan peliharaan di penjuru dunia ini, tapi berikut adalah beberapa jenis anjing yang baik untuk dipelihara :

Baca Juga:   Jenis anjing yang tidak terlalu banyak berliur

1. Anjing beagle

anjing peliharaan yang baik, jenis anjing peliharaan yg baik, anjing yang baik, anjing peliharaan di rumah, anjing peliharaan yang bagus

Anjing ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, telinganya panjang, warna tubuhnya biasanya yaitu coklat, hitam dan abu-abu.

2. Anjing chihuahua

jenis anjing yang cocok untuk anak kecil, jenis anjing kecil yang mudah dipelihara, nama dan jenis anjing kecil, jenis jenis anjing kecil peliharaan, jenis anjing hias kecil, jenis anjing hias mini, nama jenis anjing kecil, jenis jenis anjing kecil

Anjing ini masih memilki ukuran tubuh yang kecil. Anjing ini lain daripada dengan jenis anjing pada umumnya. postur tubuh, rambut yang tipis, dan telinga yang unik shingga anjing ini biasa digunakan dalam kontes kecantikan.

3. Anjing maltese

anjing untuk rumah kecil, jenis anjing untuk rumah kecil, anjing rumahan, anjing rumah, anjing rumahan yang lucu, anjing rumah terbaik, anjing rumah kecil, anjing rumah yang baik, anjing yang cocok untuk rumah kecil

Anjing Maltese – via : dogtime.com

Anjing ini juga masih masuk dalam rangkaian anjing yang kecil. Tapi jangan salah, rambut pada anjing ini sangat lebat dan tebal. Anjing ini sngat terlihat lucu, sehingga hampir mirip dengan boneka anjing. Berbanding lurus dengan kecantikannya, anjing ini memerlukan perawatan yang ekstra karena rentan alergi dan rentan terhadap kondisi kesehatannya.

4. Anjing pomeranian

anjing rumahan yang lucu, jenis anjing rumahan, harga anjing rumahan, makanan anjing rumahan, tipe anjing rumahan, ternak anjing rumahan, resep makanan anjing rumahan, anjing rumahan murah, gambar anjing rumahan

Anjing ini juga masuk dalam kategori anjing bertubuh mungil. jenis anjing peliharaan yang baik ini juga biasanya digunakan dalam kontes kecantikan. Saat dihias pun anjing ini ditambah dengan aksesoris yang lucu sehingga mnambah keimutan anjing jenis ini.

5. Anjing shih tzu

anjing lucu banget, anjing lucu adalah, anjing lucu jenis apa, anjing lucu bulu lebat, anjing lucu dan pintar, anjing lucu dan kecil, anjing lucu dan imut, anjing lucu dan namanya, anjing lucu di dunia, daftar anjing lucu

Ini adalah anjing yang brasal dari tiongkok. Ia memiliki rambut yang lebat pada bagian dada, serta moncong yang seperti singa. Anjing ini cocok dipelihara di rumah anda karena memiliki sifat yang baik dan mudah untuk diajak bermain-main.

6. Anjing pekingese

jenis anjing yang lucu, jenis anjing yang kecil, jenis anjing yang bagus, jenis anjing yang bersahabat dengan manusia, jenis anjing yang banyak dipelihara

Anjing ini juga masih berasal dari tiongkok. Memiliki tubuh yang mungil dan rambut yang lebat. Anjing ini sedikit keras kepala dan sulit untuk diajari. Tapi jangan khawatir, anjing ini tetap asyik dipelihara di rumah sebagai teman bermain.

7. Anjing akita

jenis anjing yang lucu, jenis anjing yang kecil, jenis anjing akita, jenis anjing yang bagus, jenis anjing yang banyak dipelihara, jenis anjing yang bisa dipelihara

Anjing jenis ini dikenal sangat setia, sampai-sampai kisahnya diabadikan dalam sejarah tenang dunia dan kehidupan seorang anjing dengan majikannya.

Baca Juga:   5 Jenis Anjing Kecil yang Tidak Tumbuh Besar

8. Anjing Shiba inu

jenis anjing yang setia, jenis anjing yang lucu, jenis anjing yang terkenal, jenis anjing yang murah, jenis anjing yang kecil, jenis anjing yang pintar, jenis anjing yang mudah dirawat, jenis anjing yang tidak galak, jenis anjing yang ada di dunia, jenis anjing yang bagus,jenis anjing yang banyak dipelihara

Jenis anjing peliharaan yang baik ini berasal dari jepang. Ini merupakan salah satu anjing populer di negara asalnya. Ukurannya tidak terlalu besar, sedagkan sifatnya yaitu agresif. Anjing ini bisa membantu untuk berburu tikus, tapi anjing ini juga tidak terlalu galak kepada kucing.

9. Anjing Golden retriever

anjing yang paling bagus, anjing apa yang bagus untuk dipelihara, apa nama anjing yang bagus, anjing apa yang paling bagus, apa nama anjing yang paling bagus

Anjing ini cukup populer karena sering masuk dalam film-film keren. Meski memiliki tubuh yang besar, anjing ini masih dapat dikatakan ramah dan penyayang.

10. Anjing alaskan malamute

cara merawat alaskan malamute, cara memelihara alaskan malamute, cara merawat alaskan malamute puppies, cara pelihara alaskan malamute, cara perawatan alaskan malamute, cara mengurus alaskan malamute, cara merawat anjing alaskan malamute, cara memelihara anjing alaskan malamute, cara merawat bulu anjing alaskan malamute

Anjing ini bisa dikatakan mirip dengan serigala. Anjing alaskan malamute ini adalah salah satu jenis anjing yang cerdas dan mandiri.

Dari beberapa jenis anjing peliharaan di atas, anda bisa memilih mana yang memiliki karakteristik yang cocok dengan anda. Apakah hewan yang mungil dan lucu atau hewan peliharaan yang besar dan mandiri? Semua pilihan tergantung dengan kemauan dan keputusan anda sendiri.

Memelihara hewan apapun itu dibolehkan saja, tetapi perlu diperhatikan kebersihannya. Jauhkan hewan peliharaan dari area ibadah, tempat makan dan kamar tidur. Sebaiknya sediakan area khusus untuk bermain hewan peliharaan tersebut. Apalagi sebagai muslim, kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting saat kita beribadah kepada Alloh SWT.

Ada baiknya jika ruangan untuk hewan peliharaan ini memiliki area yang terpisah dari rumah utama, kandang hewan peliharaan bisa di tempatkan di luar rumah yang masih tertutup dan teduh agar hewan merasa nyaman dan aman.

Semoga beberapa tips ini bisa diaplikasikan dan mungkin berguna bagi anda yang ingin memelihara jenis anjing peliharaan yang baik.

error: