Home » Anjing » Jenis anjing yang tidak terlalu banyak berliur

Jenis anjing yang tidak terlalu banyak berliur

daftarhewan.com. Anjing banyak ngiler atau banyak mengeluarkan air liur?

Hanya beberapa ras anjing yang dikenal karena air liur yang berlebihan dan terus menerus keluar dari mulutnya. Anjing berliur berlebihan bukanlah masalah bagi sebagian orang meskipun air liur tersebut bisa menempel di pakaian, lengan, dan kaki Anda.

anjing berliur berlebihan, penyebab anjing berliur, mengapa anjing berliur, berliur

Anjing Border Collie

Jika Anda mencari ras anjing yang mengeluarkan air liur sedikit, beberapa anjing yang bisa anda pilih adalah : Dachshunds, Bichon Frises, Havaneses dan Pembroke Welsh Corgi dan lain-lain.

Mengapa anjing berliur?

Semua anjing ngiler dan mengeluarkan air liur, yang membedakannya adalah sedikit dan banyaknya. Tapi kenapa bisa begitu? Ini adalah alasan paling umum:

Penyebab anjing berliur;

1. Faktor Pencernaan

Air liur manusia mengandung zat tertentu (enzim) yang membantu mencerna makanan. Anjing tidak banyak mengunyah makanannya tetapi biasanya langsung menelannya saja. Oleh karena itu, air liur mereka tidak mengandung enzim apapun. Ini membantu untuk menelan makanan dan membiarkannya masuk ke perut.

Baca Juga:   Jenis Anjing Peliharaan yang Baik, Cocok untuk Keluarga

2. Faktor Cuaca yang Panas

Salah satu alasan mengapa anjing berliur adalah kepanasan, ketika seekor anjing yang sebelumnya tidak banyak mengeluarkan air liur tiba-tiba berliur seperti air terjun. Anjing tersebut mencoba menyesuaikan diri dengan cara demikian. Tidak jauh seperti kita manusia yang menyesuaikan diri dengan berkeringat dalam keadaan gerah dan kepanasan. Trah anjing yang tidak dapat menangani cuaca panas dengan baik (dan kemudian mulai banyak mengeluarkan ngiler) misalnya adalah: anjing Boxer, Bulldog, St.Bernards, Pugs, Schnauzers, Anjing Gunung Bernese dan Bulldog Prancis.

3. Stres

Mengunjungi dokter sama stresnya bagi kita manusia maupun anjing. Anda tahu bahwa anjing Anda benar-benar stres jika mulai ngiler saat diperiksa oleh dokter hewan. Tentu saja ini tidak akan berlangsung lama. Pikirkan baik-baik: Adakah situasi di mana anjing Anda sering mengeluarkan air liur? jika demikian, cobalah untuk menenangkan anjing Anda, atau cari tahu cara menghindari stres.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Anjing?

4. Masalah Kesehatan

Jika air liur perlahan meningkat seiring waktu, masalah gigi bisa menjadi penyebabnya. Karang gigi, misalnya, membentuk permukaan yang kasar, yang memicu air liur. Jika gigi anjing Anda berwarna coklat dan gusinya berwarna merah, Anda harus mengunjungi dokter hewan. Tapi nyatanya tidak selalu masalah gigi. Infeksi saluran pernapasan, sakit perut, dan penyakit organ juga bisa menjadi penyebabnya. Yang terbaik adalah membiarkan anjing Anda diperiksa oleh dokter hewan secara teratur.

5. Jenis Anjing

Beberapa ras anjing memiliki bibir yang lebih besar dari yang lain, misalnya St. Bernards, Dogue de Bordeaux, Newfoundlands dan English Mastiff. Maaf, namun tidak ada yang bisa Anda lakukan! karena mereka sudah bakatnya banyak berliur. ^^

Baca Juga:   Anjing Alaskan Malamute, si Tangguh yang Tahan Dingin

Bagaimana cara membuat anjing yang kita pelihara berhenti berliur?

Singkatnya: TIDAK ADA YANG BISA ANDA LAKUKAN. Jika anjing Anda sehat dan merasa baik-baik saja, maka ada kalanya air liurnya menetes. Anda tidak bisa mengajarkannya untuk tidak ngiler. Karena hal tersebut tidak mungkin. Air liur berkumpul di pipi anjing. Semakin besar bibir atau semakin terbuka, semakin banyak air liur.

Mainan yang dapat dikunyah mungkin membantu. Oke, hal tersebut merangsang air liur. Namun anjing lebih sering menelan saat mengunyah, sehingga air liur yang terkumpul tidak tumpah sekaligus.

rekomendasi anjing kecil, rekomendasi anjing penjaga, rekomendasi anjing peliharaan, rekomendasi anjing peliharaan untuk pemula, rekomendasi jenis anjing peliharaan

Anjing Dachshund

Berikut adalah rekomendasi jenis anjing yang tidak berliur secara berlebihan:

Anjing Bichon Frisé, Anjing Border Collie, Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Anjing Chihuahua, Anjing Dachshund, Anjing Havanese, Anjing Korgi Pembroke Wales (Pembroke Welsh Corgi), Anjing Papillon, Anjing Pomeranian, Anjing Poodle, Anjing Samoyed, Anjing Shiba Inu, Anjing Siberian Husky.

error: