Home » Hewan Ternak » Apa Saja Jenis Ayam Hias yang Sering Dibudidayakan di Indonesia?

Apa Saja Jenis Ayam Hias yang Sering Dibudidayakan di Indonesia?

daftarhewan.com. Buat kamu yang punya halaman yang cukup luas dan bingung mau dijadikan tempat apa? Sebaiknya jika kamu mempunyai hobi memelihara hewan, lebih baik halaman tersebut kamu jadikan tempat hewan peliharaan. Ini juga bisa menjadi suatu hal yang bisa menyalurkan hobi kamu dan bisa kamu jadikan bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Memelihara ayam hias adalah salah satu hewan yang bisa kamu jadikan peliharaan. Kamu juga bisa menjadikan bisnis baru buat kamu, karena ayam hias ini sangat dicari oleh banyak orang yang ada di Indonesia. Ayam hias tentunya berbeda dengan ayam potong yang sering kita konsumsi, ayam hias juga mempunyai bentuk badan yang berbeda-beda. Ayam hias juga mempunyai banyak jenis yang bisa kamu temukan dan bisa kita jadikan peliharaan kamu.

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang mencari tahu tentang jenis ayam hias apa saja yang bisa kamu pelihara, membaca artikel ini sangat tepat dan bisa menjadi solusi buat kamu, karena dalam artikel ini akan dibahas beberapa ayam hias yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan peliharaan dan juga bisa dibudidayakan, penjelasannya sebagai berikut.

Jenis – Jenis Ayam Hias

1. Ayam Hias Sumatra

ayam sumatra barat, ayam sumatra wikipedia, ayam black sumatra, ayam hutan sumatera, ayam aduan sumatra utara, ayam aduan sumatra utara disebut, ayam aduan sumatra, ayam aduan sumatera barat, jual ayam sumatra asli, ayam asli sumatera

Ayam sumatra asli – via : wikiwand.com

Ayam hias ini, ialah salah satu ayam hias yang asli dari Indonesia. Ayam yang disebut juga Ayam gallak ini berasal dari Sumatra dan berkembang di Sumatra barat. Oleh sebab itu, nama ayam ini pun disebut sebagai ayam Sumatra. Ayam ini memiliki tubuh yang gagah, dan mempunyai perawakan yang tegap. Ayam jantannya mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil dan mempunyai tenggorokan yang lebar juga mempunyai paruh yang pendek. Ayam Sumatra asli ini berwarna hitam atau abu, mempunyai telinga yang kecil berwarna hitam atau merah.

Baca Juga:   Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

2. Ayam Kate Hias

ayam kate batik, ayam kate togel, ayam kate batik harga, ayam kate warna putih, ayam kate warna unik, ayam kate hias asli, pakan ayam kate agar cepat bertelur, makanan ayam kate agar cepat bertelur, makanan ayam kate apa, cara merawat ayam kate agar cepat bertelur

Jenis ayam kate Jepang

Selanjutnya jenis ayam kate hias, ayam ini mempunyai perawakan yang kecil, unik dan berkaki pendek. Ayam ini juga mempunyai berbagai kelebihan dibanding dengan yang biasanya, salah satunya dalam keindahan bulunya, penampilan fisik, jenggernya dan tingkah lakunya pun berbeda. Ayam ini mempunyai banyak jenis diantaranya yaitu, ayam kate lokal, ayam kate batindo, ayam kate bangkok, ayam kate Jepang dan lainnya. Ayam ini berasal dari negeri jiran, yang terkenal dengan sebutan ayam serama walau pun sebenarnya berbeda ayam kate mempunyai berat 1 kilo atau 8 ons saja. Apalagi ayam betinanya yang bobotnya kurang dari 5 ons saja.

3. Ayam Hias Serama

ayam serama asli, ayam serama chicken, ayam serama cantik, ayam serama.com, gambar ayam serama cantik, ayam serama facebook pasuruan, foto ayam serama, fakta ayam serama ayam hias serama, ayam indukan serama

Jenis ayam yang satu ini, cukup banyak digemari oleh banyak orang di Indonesia. Dan alasannya cukup menarik karena, ayam ini mempunyai bentuk yang unik dan juga ukuran tubuhnya yang kecil. Kemudian ayam ini juga bisa membusungkan dadanya sehingga bisa terlihat gagah dan bentuknya akan menyerupai huruf “S”.

4. Ayam Hias Poland

ayam poland jantan, ayam poland legun, ayam poland asli, ayam poland adalah, ciri ayam poland asli, asal ayam poland, ayam ayam poland, ayam poland jantan dan betina, ciri ayam poland jantan, foto ayam poland

Nama jenis ayam hias yang sering disebut dengan ayam black poland ini, sebenarnya walau pun namanya ada embel-embel poland, tapi ayam ini bukan berasal dari polandia, sebenarnya ayam ini berkampung halaman di russia. Ayam yang satu ini ialah ayam yang mempunyai bentuk yang unik dan sering banyak disorot oleh banyak orang. Jengger ayam jantannya yang seperti tanduk atau seperti huruf v dan berwarna merah kemudian memiliki warna bulu hitam dan dibelakangnya terdapat jambul yang panjang atau biasa disebut dengan bulu mahkota, lebat dan juga kaku dan berwarna putih. Untuk jengger ayam betina tidak kelihatan karena tertutup oleh bulu mahkota yang kribo tidak sama seperti jantan.

Baca Juga:   Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

5. Ayam Cemani Jawa Tengah

ayam hias termahal di dunia, ternak ayam hias mahal, ayam hias paling mahal, ayam hias yang mahal, jenis ayam hias mahal, ayam hias harga mahal, ayam hias yang paling mahal, harga ayam hias paling mahal, ayam hias termahal

Ayam cemani, ternak ayam hias mahal

Ialah jenis ayam yang berkembang di wilayah Temanggung dan Magelang Jawa Tengah. Ayam cemani sekarang sudah tersebar di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Dikarenakan ayam ini berwarna hitam pekat, ayam ini suka disebut dengan ayam setan, ayam ini juga dipercayai mitosnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, oleh sebab itu ayam ini banyak sekali diburu oleh banyak orang untuk ritual-ritual tertentu dan mempunyai harga mahal.

6. Ayam Batik Hias

apa kelebihan dari ayam batik kanada brainly, berapa harga ayam batik itali, berapa harga ayam batik, asal ayam batik, ayam batik itali, ayam batik kanada, ayam batik emas, ayam batik polandia, ayam batik itali dan kanada, ayam batik itali asli, diarani ayam batik amarga, harga ayam batik anakan, motif batik ayam alas, asal ayam batik

Ayam batik Itali (kiri) dan ayam batik Kanada (kanan)

Jika kamu berpikir ayam ini berasal dari Indonesia, kamu salah karena walaupun ayam ini bernama ayam batik tapi sebenarnya habitatnya ada di Eropa yang kalau di Inggris disebut dengan sebrict bantam. Bulu berukir-ukir seperti batik yang bermotif sisik ikan yang rapih dan jelas. Dengan dasar warna kecoklatan dan kemerahan yang disebut dengan batik Kanada kemudian dari Italia yang berwarna dasar putih keperakan. Saat ini ayam ini tidak hanya tersebar di Indonesia, tetapi sekarang sudah tersebar diselurus belahan dunia.

Baca Juga:   12 Jenis Sapi Potong Unggulan yang Ada di Indonesia

7. Ayam Hias Bekisar

ayam bekisar merupakan ayam hasil perkawinan antara, ayam bekisar berasal dari, ayam bekisar adalah, ayam bekisar jantan, arti bekisar, ayam bekisar dan ciri cirinya ciri ayam bekisar yang bagus, ciri ayam bekisar, cari ayam bekisar, ciri ayam bekisar jantan, ayam bekisar dimanfaatkan untuk, ayam bekisar dari, tentang ayam bekisar, foto ayam bekisar jantan, filosofi ayam bekisar, foto ayam bekisar juara

Yang bisa dibudidayakan ayam hias selanjutnya ialah Ayam Bekisar hias, ayam ini adalah hewan khas dari pulau Kangean kabupaten Sumenep. Ayam ini adalah ayam kebanggaan orang Jawa Timur, ayam bekisar merupakan ayam hasil perkawinan antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung betina. Ciri khas dari ayam bekisar ini ialah bulu lehernya yang ujungnya berbentuk bulat atau lonjong. Dengan warna bulu akan lebih indah dilihat, ayam ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu, ayam bekisar putih, ayam bekisar hitam, ayam bekisar multi warna.

8. Jenis Ayam Kukuak Balenggek Hias

jenis ayam kukuak balenggek

Ialah jenis ayam hias berasal dari kabupaten Solok, Sumatra Barat. Ayam ini adalah salah satu ayam yang pandai berkokok dengan suara yang sangat merdu dan berirama bersusun-susun, dan bisa terdiri dari 6 sampai 14 kata. Kemudian ayam ini terbagi 3 macam yaitu, yungkilok gadang, ratiah, randah batu. Jenis ayam hias yang satu ini bisa kamu pelihara apalagi untuk kamu yang suka dengan ayam yang suka berkokok dan bersuara merdu untuk lebih membuat rumah kamu lebih hangat.

Nah, apakah kamu sudah tahu sekarang? Jenis ayam hias apa saja yang bisa kamu budidayakan? Ya, semoga dengan kamu membaca artikel ini, kamu bisa tahu dan memilih ayam hias mana yang cocok dan ingin kamu jadikan peliharaan atau akan kamu budidayakan. Ayam hias yang sudah kami jelaskan diatas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan kamu bisa mencarinya dengan mudah.

error: