Home » Hewan Ternak » 11 Jenis Ayam Petelur Terbaik, yang Jadi Peliharaan Produktif

11 Jenis Ayam Petelur Terbaik, yang Jadi Peliharaan Produktif

daftarhewan.com. Tidak seperti memelihara kucing atau anjing, terdapat euforia yang berbeda ketika Anda memelihara ayam. Meski kurang cocok sebagai teman tidur atau bermain, namun ayam memiliki nilai lebih karena dapat menyediakan bahan pangan, berupa pasokan telur segar bagi Anda sekeluarga.

Hanya saja, Anda perlu mengetahui, bahwa terdapat berbagai jenis ayam petelur, dengan produktivitas yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Sebagai contoh, varietas Bantam Jepang atau Chabo, nyaris tidak bertelur sama sekali, sedangkan ayam betina hibrida sangat produktif dan dapat bertelur hingga lebih dari 280 telur per tahun, atau mendekati satu telur setiap hari.

Dengan kata lain, menentukan jenis ayam yang tepat untuk dipelihara, sangat penting jika Anda ingin mendapatkan telur sepanjang tahun. Apa saja jenis ayam petelur terbaik?

Berikut Jenis Ayam Petelur Unggul

1. Ayam Hibrida

ayam petelur betina, ayam petelur berapa kali sehari, ayam petelur charoen pokphand, ayam petelur disebut juga, jenis ayam petelur unggul, jenis ayam petelur unggulan, jenis ayam petelur paling unggul

Ayam hibrida, jenis ayam petelur unggul – via : flicker.com

Terdapat beragam jenis varietas hibrida, dan Golden Comet merupakan salah satu yang paling populer. Ayam petelur hibrida sengaja dikembangbiakkan untuk menghasilkan telur dalam jumlah besar, dengan kebutuhan pakan yang relatif sedikit. Karena itu, ayam hibrida terbilang sangat efisien dan membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih murah dibandingkan jenis ayam petelur lainnya. Ayam petelur ini disebut juga ayam layer petelur apkir disebut juga ayam cull.

Ciri-ciri fisik: ayam hibrida umumnya berwarna cokelat keemasan, dengan bulu ekor lembut berwarna putih.

Karakter: cenderung tangguh dan gesit, serta jarang ingin mengerami telur.

Produktivitas: sekitar 280 butir per tahun, dengan ukuran sedang dan berwarna cokelat.

2. Ayam Rhode Island Red

jenis ayam petelur, jenis ayam petelur yang bagus, macam jenis ayam petelur, jenis ayam petelur coklat, jenis ayam petelur cp, jenis ayam petelur dan cirinya, fi ayam petelur, jenis ayam petelur gambar, jenis ayam petelur layer, jenis ayam petelur lengkap, jenis pakan ayam petelur layer, macam ayam ras petelur, jenis ayam ras petelur, jenis ayam petelur paling unggul

Berasal dari Amerika, Rhode Island Red marak dikembangbiakkan dengan tujuan ganda, sebagai petelur dan pedaging. Mereka termasuk ras ayam yang paling populer, karena tangguh dan dapat menghasilkan banyak telur.

Baca Juga:   Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Lumpuh Secara Tradisional

Ciri-ciri fisik: kurang sesuai dengan nama mereka, Rhode Island Red memiliki bulu cokelat dan hitam.

Karakter: mampu menjaga diri sendiri, ramah, memiliki reputasi sebagai ayam yang tangguh.

Produktivitas: Rhode Island Red muda dapat menghasilkan 250 telur dalam kurun waktu setahun, dengan warna coklat dan berukuran sedang.

3. Ayam Leghorn

jenis ayam petelur cp, jenis ayam petelur yang bagus, jenis ayam petelur terbaik, jenis ayam petelur bagus, jenis ayam petelur yg bagus, jenis ayam petelur yang baik, jenis jenis ayam petelur beserta gambarnya, jenis ayam petelur dan ciri cirinya, jenis ayam petelur dan cirinya, jenis dan harga pakan ayam petelur, jenis jenis ayam petelur yang baik, jenis ayam petelur lengkap, jenis ayam petelur yang paling bagus, jenis ayam petelur untuk pemula

Jenis ayam petelur warna putih – via : pinterest.co.uk

Sekitar tahun 50-an hingga 60-an, ayam Leghorn menjadi terkenal karena acara TV populer, Foghorn Leghorn. Ayam Leghorn dari Italia datang ke Amerika Serikat sekitar tahun 1800-an, dan sejak saat itu, menjadi ayam peliharaan yang sempurna.

Ciri-ciri fisik: termasuk ras yang unik, dengan sekujur tubuh berwarna putih dan jengger merah yang tebal besar.

Karakter: meski dapat menjadi pilihan yang cocok untuk pemula, namun Leghorn tidak begitu jinak dan cenderung pemalu.

Produktivitas:250butirpertahun,denganwarnaputihdanberukuransedang.

4. Ayam Sussex

jenis ayam petelur dan cirinya, jenis ayam petelur gambar, jenis ayam petelur lengkap, jenis ayam petelur medium, jenis ayam petelur ringan, macam ayam ras petelur, jenis ayam ras petelur, jenis ayam ras petelur unggul, jenis ayam petelur super, macam macam warna ayam petelur, jenis ayam petelur yang paling bagus, jenis ayam petelur ada 2 yaitu, 3 jenis kandang ayam petelur, 5 jenis ayam petelur

Seperti Rhode Island Red, ayam petelur Sussex juga umumnya dipelihara atas tujuan ganda, sebagai petelur dan pedaging.

Ciri-ciri fisik: warna ayam Sussex bervariasi, hingga delapan warna berbeda, dan yang paling umum, berwarna putih dengan warna hitam di bagian bulu leher dan ekor.

Karakter: cenderung jinak dan tenang, sehingga dapat berkeliaran dengan bebas di taman, tanpa merusaknya.

Produktivitas: 250 telur per tahun, dengan warna telur yang bervariasi dari cokelat hingga krem.

5. Ayam Plymouth Rock

jenis ayam ras petelur, jenis ayam ras petelur unggul, jenis ayam petelur super, jenis strain ayam petelur, jenis telur ayam petelur, jenis tipe ayam petelur, jenis ayam unggas petelur, 10 jenis ayam petelur, jelaskan dua jenis ayam petelur, sebutkan dan jelaskan 2 jenis ayam petelur, jelaskan 3 jenis kandang ayam petelur

Bagi para pemula, Plymouth Rock dapat menjadi pilihan yang tepat dan cukup produktif, karena dapat menghasilkan telur dengan frekuensi dua hari sekali.

Ciri-ciri fisik: sebagian besar berwarna abu-abu dengan garis-garis putih yang menyelubungi tubuh mereka.

Karakter: termasuk jenis ayam yang ramah dan jinak. Namun, karena berukuran relatif besar dan aktif, mereka lebih cocok untuk dibiarkan bebas berkeliaran.

Produktivitas: sekitar 200 butir setahun, dengan ukuran kecil dan warna telur cokelat muda.

6. Ayam Ancona

jenis ayam petelur yang bagus, jenis ayam petelur warna hitam, berapa lama ayam petelur bertelur, berapa lama ayam petelur berproduksi, berapa lama ayam petelur mulai bertelur, berapa lama ayam petelur menghasilkan telur, berapa lama ayam petelur produksi, berapa lama ayam petelur bisa bertelur, berapa lama ayam petelur bisa menghasilkan telur, berapa lama ayam petelur panen, nama jenis ayam petelur

Ayam petelur kecil ini berasal dari Italia, namun kini lebih umum dijumpai di wilayah Inggris dan Amerika Serikat.

Ciri-ciri fisik: dari segi warna, Ancona terlihat mirip dengan Plymouth Rock, namun dengan ukuran yang tidak lebih dari setengahnya.

Karakter: bukan varietas yang cocok menjadi hewan peliharaan yang jinak, karena cenderung gelisah, waspada, dan cukup lincah.

Baca Juga:   Apa Saja Jenis Ayam Hias yang Sering Dibudidayakan di Indonesia?

Produktivitas: sekitar 200 telur per tahun, dengan warna putih dan ukuran yang kecil.

7. Ayam Barnevelder

apa jenis ayam petelur, berapa jenis ayam petelur, ada berapa jenis ayam petelur, nama jenis ayam petelur

Persilangan antara Landrace Belanda dan unggas hutan Asia, menghasilkan Barnevelder yang asli ke Belanda dan populer atas bulunya yang mengilap.

Ciri-ciri fisik: sebagian besar bulu Barnevelder berwarna hitam dengan ujung berwarna coklat.

Karakter: bukan penerbang yang baik, dan cocok dipelihara di area kebun.

Produktivitas: sekitar 200 telur per tahun, dengan ukuran kecil hingga sedang, dan berwarna cokelat muda.

8. Ayam Hamburg

jenis ayam petelur unggul, jenis ayam petelur putih, jenis ayam petelur yg baik, jenis ayam petelur dan ciri cirinya, jenis ayam petelur dan cirinya, jenis ayam petelur terbaik di indonesia, jenis strain ayam petelur di indonesia, jenis jenis ayam petelur dan ciri cirinya, jenis jenis ayam petelur unggul, jenis jenis ayam petelur yang baik, jenis pakan ayam petelur, jenis jenis ayam layer, jenis ayam petelur super, jenis tipe ayam petelur

Ayam petelur Hamburg ini berasal dari Jerman dan termasuk ras ayam yang paling menarik.

Ciri-ciri fisik: warna Hamburg menyerupai Dalmatian dengan bulu hitam bercorak putih. Ada pula Hamburg dengan variasi warna lainnya, yaitu hitam dengan ujung bulu berwarna emas.

Karakter: membutuhkan ruang yang luas untuk berkeliaran, karena cenderung agresif pada ruang yang kecil.

Produktivitas: sekitar 200 telur per tahun, berukuran kecil hingga sedang, dengan cangkang putih mengilap.

9. Ayam Maran

jenis ayam petelur yang unggul, jenis ayam petelur ada 2 yaitu, 2 jenis ayam petelur, jelaskan 2 jenis ayam petelur, jelaskan 2 jenis ayam petelur brainly, sebutkan 2 jenis ayam petelur, 3 jenis kandang ayam petelur, tipe ayam petelur ringan disebut dengan ayam petelur, 5 jenis ayam petelur, jenis ayam petelur cp 909

Sebagai salah satu ayam yang dipelihara dengan tujuan ganda, Maran dapat menjadi petelur atau pedaging. Maran dapat menjadi bahan pangan yang berkualitas, dan dikenal atas telurnya yang berwarna cokelat gelap.

Ciri-ciri fisik: mirip dengan Plymouth Rock, sebagian besar Maran berwarna abu-abu gelap dengan corak putih bergaris.

Karakter: tipikal induk ayam yang lembut dan tidak membutuhkan ruang yang luas untuk menjelajah. Namun, Maran tidak begitu jinak, dan bukan teman bermain yang ideal.

Produktivitas: sekitar 200 telur setahun, dengan warna telur cokelat tua yang mencolok dan berukuran sedang.

10. Ayam Buff Orpington

jenis ayam petelur unggulan, jenis ayam petelur paling unggul, jenis ayam petelur yang bagus, jenis ayam petelur terbaik, jenis ayam petelur coklat, jenis jenis ayam petelur, jenis jenis ayam petelur dan ciri cirinya, jenis jenis ayam petelur unggul, klasifikasi jenis ayam petelur, jenis ayam petelur lengkap

Terlihat memukau dengan warna keemasan, Buff Orpington yang berasal dari Kent ini, jadi favorit para pemelihara ayam.

Ciri-ciri fisik: berbulu tebal, dengan warna kuning keemasan.

Karakter: termasuk ras yang jinak, dan cocok menjadi hewan peliharaan. Buff Orpington juga dapat berinteraksi dengan manusia dan dapat dilatih untuk makan dari tangan Anda.

Produktivitas: sekitar 180 butir per tahun, dan cenderung ingin mengerami telur selama musim panas.

11. Ayam Easter Egger (Petelur Paskah)

jenis ayam petelur terbaik, jenis ayam petelur bagus, jenis ayam petelur coklat, jenis ayam petelur telurnya biru, jenis ayam petelur dengan warna coklat terbaik adalah, jenis dan harga ayam petelur, jelaskan 2 jenis ayam petelur, jenis ayam petelur hyline, jenis dan harga pakan ayam petelur, jenis strain ayam petelur di indonesia, jenis strain ayam petelur di dunia

Meski termasuk jenis hibrida, petelur paskah perlu mendapat perhatian khusus, atas sifatnya yang serba ingin tahu dan cerdas. Mereka juga populer karena menghasilkan telur dengan lapisan biru.

Baca Juga:   10 Jenis Kelinci Pedaging Unggul Beserta Gambarnya

Ciri-ciri fisik: memiliki variasi warna bulu yang beragam, cenderung cokelat, dengan corak warna lain yang tampak artistik.

Karakter: ramah, dengan spektrum temperamen yang luas, namun cenderung bersikap canggung dan kerap menjaga jarak

Produktivitas: sekitar 250 telur per tahun, dengan ukuran sedang hingga besar, dan telurnya berwarna biru kehijauan hingga biru muda yang cerah.

Cara Menjaga Produktivitas Telur

Dengan memiliki varietas ayam petelur yang produktif, tidak otomatis menjadikan Anda dapat “panen” telur dalam jumlah besar di segala kondisi. Karena, ada beragam faktor yang memengaruhi produktivitas ayam petelur, antara lain:

1. Usia

Di tahun pertama ayam bertelur, selalu menjadi masa yang terbaik. Namun, sering waktu, jumlah telur yang dihasilkan akan terus berkurang. Secara alamiah, pada usia yang lebih tua, ayam tidak bertelur sebanyak ayam yang berusia lebih muda. Sebagai gambaran, jika ayam Anda menghasilkan 250 butir di tahun pertama, maka pada tahun ketiga, ayam hanya akan menghasilkan sekitar 160 butir telur.

2. Asupan makanan

Ayam butuh sekitar 20 gram protein setiap hari untuk dapat bertelur. Implikasinya, ayam tidak akan mencapai jumlah telur yang optimal, dalam kondisi kurang protein. Maka, untuk memastikan ayam mendapat asupan protein yang cukup, beri mereka pelet yang telah terformulasikan sesuai dengan kebutuhan ayam.

3. Paparan cahaya

Untuk dapat bertelur dengan baik, ayam membutuhkan paparan sinar matahari, setidaknya 14 jam sehari. Maka, bangunlah di pagi hari, dan pastikan ayam petelur telah mendapat sinar matahari sejak matahari terbit hingga terbenam, apabila Anda tinggal di wilayah tropis.

Sementara untuk Anda yang tinggal di negara empat musim, hindari penggunaan cahaya buatan, dan biarkan ayam beristirahat selama musim dingin, agar kondisinya tetap bugar.

Ingat, ada baiknya Anda tidak memelihara ayam, hanya dengan niatan yang oportunis, ya. Jadi, jangan hanya fokus pada daging atau telur yang mereka hasilkan. Perhatikan pula kelayakan hidup dan kesejahteraan ayam petelur, untuk menjalin simbiosis mutualisme atau hubungan timbal balik yang saling menguntungkan dan harmonis, dengan segala makhluk di muka bumi.

error: