Home » Burung » Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

daftarhewan.com. Di Indonesia, ayam pheasant atau ayam pegar juga populer dengan sebutan ayam Tibet atau Ayam Kuau. Pegar digandrungi hobiis sebagai ayam hias, karena memiliki perpaduan warna dan variasi bulu yang memukau.

Namun, seperti jenis unggas lain yang punya daya tarik berupa bulu-bulu yang menawan, ada perbedaan tampilan antara pegar jantan dan pegar betina. Penampilan pegar jantan, tampak lebih menakjubkan dengan warna-warni indah dan bulu yang munjuntai. Sementara pegar betina, terlihat lebih sederhana, dengan bulu cokelat bergalur di sekujur tubuh mereka. Terlepas dari perbedaan tersebut, ayam pegar jantan dan betina sama-sama memiliki karakteristik pegar yang khas, antara lain:

  • Meski termasuk kelas aves yang memiliki sayap dan mampu terbang dari pohon ke pohon, ayam pegar lebih sering beraktivitas, serta mencari makan di tanah dan semak belukar.
  • Ada kalanya mereka bersifat agresif, terutama di musim kawin.
  • Berat ayam pegar berkisar antara 0,5-3 kg, dengan ukuran betina relatif lebih kecil dari jantan.
  • Memiliki variasi warna bulu, tergantung kondisi lingkungan yang menjadi habitat dari masing-masing jenis ayam pegar.
  • Tergolong omnivor, karena menyantap cacing, ulat, serangga, serelia, dan biji-bijian.

Di alam liar, kehidupan ayam pegar begitu rentan, karena ancaman predator dan menjadi sasaran pemburu. Bahkan, telur-telur mereka pun kerap menjadi santapan para pemangsa. Sementara di penangkaran, masa hidup ayam pegar lebih panjang dan telur-telur mereka dierami dengan menggunakan inkubator, agar tingkat penetasan menjadi lebih tinggi.

Daftar Isi :

Baca Juga:   Fungsi Ekor Pada Burung, Ternyata Epic dan Mengagumkan!

Jenis ayam pheasant dan harganya

Nah, apakah Anda berminat memelihara dan melestarikan ayam pegar? Berikut ini 12 jenis ayam pheasant atau ayam pegar yang populer di Indonesia, lengkap dengan harganya:

1. Ayam Ringneck Pheasant

jenis ayam ringneck pheasant, jenis jenis ayam pheasant, ayam pheasant harga, ayam pheasant, beli ayam pheasant, asal ayam pheasant, ayam pheasant wikipedia

Jenis ayam red ringneck pheasant

Nama ilmiah: Phasianus colchicus

Harga: 3,3 juta/pasang.

Seperti ayam pegar berjenis ringneck lainnya, red ringneck pheasant juga memiliki “kalung putih”, namun komposisi warna pada bulu mereka didominasi cokelat kemerahan, dengan sedikit gradasi ungu di bagian punggung. Sementara dari segi produktivitas, red ringneck pheasant menyamai saudara-saudaranya, dengan menghasilkan 20-30 butir telur dalam satu periode penetasan.

2. Ayam Green Ringneck Pheasant

Nama ilmiah: Phasianus colchicus

Harga: 3,7 juta/pasang

Ayam pegar biasa, umumnya memiliki bulu berwarna putih yang melingkari leher mereka, sehingga tampak menyerupai kalung. Namun, berbeda dengan pegar biasa yang dominan cokelat, warna bulu green ringneck pheasant memiliki gradasi ungu dan hijau pada bagian kepala, dada, dan punggung atas mereka.

Selain indah, green ringneck pheasant juga sangat produktif dan dapat bertelur sepanjang tahun, dengan 20-30 butir dalam satu periode. Green ringneck pheasant juga kerap menjadi alarm, ketika terdapat bahaya yang mengancam di sekitar tempat tinggal mereka.

3. Ayam Golden Pheasant

ayam golden pheasant harga, ayam golden pheasant dijual, jual ayam golden pheasant murah, ayam hias golden pheasant, asal ayam golden pheasant, harga anakan ayam golden pheasant, asal usul ayam golden pheasant, budidaya ayam golden pheasant, gambar ayam golden pheasant, cari ayam golden pheasant, jenis ayam golden pheasant, ayam pheasant jual

Jenis ayam golden pheasant

Nama ilmiah: Chrysolophus pictus

Harga: 9,3 juta/pasang

Ciri khas ayam hias golden pheasant atau ayam pegar emas terletak pada bulu berwarna keemasan pada kepala dan leher, yang dihiasi dengan corak bergaris warna cokelat tua, dan dada berwarna merah. Ayam pegar emas yang populer dengan sebutan pheasant Cina ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 90-100 cm untuk jantan, dan 60-80 cm untuk betina, dengan bobot sekitar 500 gram. Dan, biasanya, ayam pegar emas betina dapat memproduksi telur sekitar 8-12 butir.

Baca Juga:   10 Jenis Burung Kecil di Dunia yang Lucu Menggemaskan

4. Jenis Ayam Yellow Pheasant

harga ayam yellow pheasant, yellow pheasant for sale, yellow pheasant tail, yellow chinese pheasant, yellow pheasant cushion, yellow pheasant tie, yellow pheasant ayam, red and yellow pheasant, yellow pheasant bird yellow and black pheasant, yellow pheasant's eye flower, pheasant yellow fat

Jenis Ayam Yellow Pheasant

Nama ilmiah: Chrysolophus pictus mut. luteus

Harga: 9,5 juta/ pasang

Jenis yellow pheasant atau yang biasa dikenal sebagai pegar kuning, merupakan hasil mutasi dari pegar emas berdada merah. Sesuai namanya, bulu ayam pegar kuning didominasi oleh warna kuning pada kepala, dada, punggung, hingga ekornya. Variasi warna terdapat pada bagian punggung atas yang berwarna hitam, bulu kemerahan berundak pada bagian kepala, serta corak lurik pada bagian ekor.

5. Red Lady Pheasant

pheasant types pictures, pheasant types uk, pheasant types male, pheasant types of poultry, pheasant bird types, all pheasant types, pheasant different types, pheasant feather types, pheasant varieties, types of pheasant, pheasant species, pheasant species list, types of pheasant uk, types of pheasant birds, types of pheasant feathers

Nama ilmiah: Chrysolophus pictus x Chrysolophus amherstiae

Harga: 9,5 juta/pasang

Warna-warni bulu red lady pheasant terlihat sangat kontras, antara merah, putih, hitam, biru, hijau, dan kuning. Ayam pegar yang eksotik ini berasal dari persilangan antara golden pheasant dan lady amherst pheasant.

6. Lady Amherst Pheasant

lady amherst pheasant for sale, lady amherst pheasant care, lady amherst pheasant habitat, lady amherst pheasant hen, lady amherst pheasant pictures, lady amherst pheasant call, lady amherst pheasant australia, lady amherst pheasant in the wild, about lady amherst pheasant, interesting facts about lady amherst pheasant, ayam lady amherst pheasant, lady amherst pheasants for sale craigslist

Nama ilmiah: Chrysolophus amherstiae

Harga: 9,8 juta/pasang

Komposisi warna bulu lady amherst pheasant terdiri dari kombinasi merah dan hijau gelap di bagian kepala, warna hijau pada punggung dan area dada, biru pada sayap, serta corak putih yang membuatnya tampil unik dan memesona. Umumnya, kesempurnaan warna tersebut baru dicapai setelah lady amherst pheasant jantan berusia dua tahun.
Apabila Anda ingin menjumpai sejumlah besar populasi lady amherst pheasant, silakan berkunjung ke wilayah Burma Utara dan China. Mereka juga dapat Anda temui di Amerika, karena lady amherst pheasant juga cukup populer di sana.

7. Ayam Silver Pheasant

silver pheasant bird, silver pheasant facts, silver pheasant for sale, silver pheasant lifespan, silver pheasants, silver pheasant ornament, ayam silver pheasant

Nama ilmiah: Lophura nycthemera

Harga: 9,8 juta/pasang.

Jenis silver pheasant atau pegar perak kerap berkeliaran di hutan, terutama di area pegunungan, yang terletak di wilayah Asia Tenggara, serta China bagian timur dan selatan. Namun, pegar perak juga cukup populer di Hawaii dan telah hidup di berbagai wilayah AS. Dari segi tampilan, pegar perak jantan begitu memukau dengan warna monokrom bercorak garis yang terlihat sangat artistik.

Baca Juga:   Begini, Cara dan Tips Agar Perkutut Cepat Bertelur!

8. Fireback Pheasant (Sempidan Biru)

harga ayam hias pegar, ayam hias.com, ayam hias india, ayam hias masterhias, ayam hias pheasant

Nama ilmiah: Lophura ignita

Harga: 10,5 juta/pasang

Keindahan sempidan biru terletak pada jambul di kepala, bagian wajah yang berjengger, warna bulu abu-abu kebiruan, dan ekor mereka yang mencuat. Dengan tampilan yang begitu eksotik, mereka termasuk dalam jajaran ayam pegar yang dibanderol dengan harga paling mahal.

9. Khaleej Pheasant

ayam hias pheasant terbaik paling bagus yang cantik, nama ayam hias, nama nama ayam hias, nama2 ayam hias, ayam hias.com, ayam hias india, ayam hias masterhias

Khaleej Pheasant – via : birdsoftheworld.org

Nama ilmiah: Lophura leucomelanos

Harga: 13,1 juta/pasang

Khaleej pheasant terlihat begitu elegan, dengan jambul dan bulu berwarna gelap yang dihiasi oleh semburat metalik hijau kebiruan. Di alam, Khaleej Pheasant dapat Anda jumpai di area hutan dan belukar, di sekitar kaki perbukitan Himalaya, dari Pakistan hingga bagian barat Thailand.

10. Elliot Pheasant

jenis burung pheasant, gambar jenis pheasant, jenis ayam hias pheasant, jenis jenis pheasant

Elliot Pheasant

Nama ilmiah: Syrmaticus ellioti

Harga: 13,5 juta/pasang

Perpaduan warna cokelat dan putih yang tumpang tindih pada bulu Elliot pheasant terlihat begitu indah. Keunikan ayam pegar yang berasal dari China bagian tenggara ini pun dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.

11. Reeve’s Pheasant

ayam hias.com, ayam hias india, daftar ayam hias, foto ayam hias, gambar ayam hias, ayam hias jambul, ayam hias masterhias, ayam hias tercantik

Nama ilmiah: Syrmaticus reevesii

Harga: 15 juta/pasang.

Apabila Anda menyukai ayam pegar berukuran besar, Reeve’s pheasant atau pegar Reeve dapat menjadi pilihan tepat, karena bobot tubuh mereka dapat mencapai 1,2 kg. Warna bulu mereka juga terlihat sangat unik dengan kepala putih, tubuh cokelat muda bercorak, dan warna hitam di bagian mata yang tampak seperti topeng Zorro.

12. Swinhoe’s Pheasant

jenis burung pheasant, gambar jenis pheasant, jenis ayam hias pheasant, jenis jenis pheasant, ayam hias.com, ayam hias india, daftar ayam hias, foto ayam hias, gambar ayam hias, ayam hias jambul, ayam hias masterhias, ayam hias tercantik

Nama ilmiah: Lophura swinhoii

Harga: 15,5 juta/pasang

Populer dengan sebutan sempidan formosa, jenis ayam pegar yang satu ini memiliki warna bulu yang artistik dan menawan. Mahakarya alami yang merupakan hewan endemik Taiwan ini pun memiliki harga fantastis dan sepadan dengan keindahan mereka.

Tidak hanya sebatas hobi yang menyenangkan, memelihara berbagai jenis ayam pegar juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan, bukan? Jika Anda tertarik untuk menjajalnya, pelajari dulu seluk-beluk ayam pegar yang Anda pilih, dan pertimbangkan berbagai risikonya, ya. Semoga berhasil.

error: