12 Jenis Bunglon, Apa Ada yang Beracun?

daftarhewan.com. Jenis bunglon peliharaan. Memelihara hewan peliharaan yang mainstream seperti kucing, anjing atau hamster, mungkin bisa saja terasa biasa-biasa saja. Anda ingin mencoba memelihara hewan lain, seperti reptil misalnya?

Bisa saja bunglon menjadi alternatif. Hewan dengan nama ilmiah atau nama latin Chamaeleonidae, sudah populer menjadi hewan peliharaan. Baca juga : Makanan Bunglon

Ada bermacam macam bunglon (Chameleon) atau Londok yang dijualbelikan serta pas jadi hewan peliharaan. Bunglon jadi menarik untuk beberapa orang nyentrik, karena mereka adalah hewan yang bisa beradaptasi dengan merubah warna.

Tetapi, saat sebelum membawa bunglon ke rumah, kamu harus ketahui jika tiap tipe bunglon perlu perawatan khusus yang penting disamakan dengan karakter masing-masing.

Jenis Bunglon beracun?

Faktanya ketika artikel ini dimuat, tidak ada spesies atau jenis bunglon beracun yang diketahui meracuni hewan lain ketika mereka dimangsa dan tidak ada bunglon yang mampu memberikan racun kepada pemangsa potensial melalui gigitan atau ludah apa pun dengan cara yang sama, katakanlah ular berbisa.

Bunglon berkembang biak dengan cara?

Cara Bunglon Berkembang Biak atau Bereproduksi. Kebanyakan bunglon adalah ovipar, dengan beberapa ovovivipar. Spesies ovipar bertelur tiga sampai enam minggu setelah kopulasi atau perkawinan. Betina akan menggali lubang dengan kedalaman 10 – 30 cm , dalamnya tergantung pada spesiesnya, lalu mereka menyimpan telur-telur tersebut.

Baca Juga:   5 Jenis Ular Sawah yang Berbisa dan Tidak Berbisa

Jenis-Jenis Bunglon

Yok, berkenalan dahulu dengan bermacam jenis bunglon, berikut:

1. Bunglon Carpet

jenis- jenis bunglon, Bunglon Carpet, Carpet Chameleon

Harga: 1 juta – 2 juta rupiah

Kamu bisa menemui bunglon carpet di daerah Madagaskar. Mereka mempunyai ukuran yang prima sebagai bunglon piaraan, sekitaran 12,5-20 cm. Umumnya, bunglon carpet memiliki warna hijau disertai warba kuning, dengan varian biru pada area mata serta kaki.

2. Bunglon Fischer

macam bunglon, macam-macam bunglon, fischer's chameleon, Bunglon Fischer

Harga: 800 ribu rupiah.

Dengan 2 tanduknya, bunglon fischer hadir dengan penampilan yang benar-benar unik. Kawin silang antara bunglon bertanduk dua memang sudah hal yang umum jika bunglon tersebut menginginkannya, termasuk jenis bunglon Usambara timur, Bunglon Usambara Barat, Bunglon Usambara Vosseler dan bunglon Kilimanjaro.

3. Bunglon Flap neck

nama latin bunglon, Flap-necked chameleon, Jenis bunglon flap-neck

Harga: 600 ribu rupiah.

Afrika khususnya Afrika Selatan menjadi habitat alami untuk bunglon flapneck. Panggilan itu mengarah pada bagian seperti sirip pada leher mereka yang bisa melintang yang berguna menakuti beberapa predator.

4. Bunglon Graceful

jenis jenis bunglon, Bunglon Graceful, Graceful chameleon

Harga: 500 ribu rupiah.

Komunitas besar bunglon graceful hidup di wilayah Afrika sub-Sahara, dari Senegal sampai Ethiopia. Mereka terbilang lumayan panjang, sekitaran 30 – 37,5 cm, dan mempunyai beragam warna menarik ciri khas bunglon.

5. Bunglon Hutan

bunglon hutan, forest chameleon, jenis bunglon di indonesia, jenis jenis bunglon di indonesia, jenis bunglon indonesia, jenis bunglon lokal, binatang jenis bunglon lokal, macam jenis bunglon indonesia, jenis bunglon yang ada di indonesia

Bunglon dengan nama latin Gonocephalus chamaeleontinus merupakan bunglon asli dari Indonesia. Ia biasa hidup di hutan hujan tropis terutama di kepulauan Sumatera serta Kalimantan.

Baca Juga:   Makanan Kelomang, Habitat dan Fakta Unik Lainnya

Bunglon dewasa mempunyai panjang tubuh sekitaran 25 cm. tetapi jika dipiara di dalam rumah ia dapat mengalami perkembangan mencapai 30 cm.. Corak warna bisa menjadi cara untuk membedakan bunglon hutan jantan dan betina, tubuh betina mempunyai corak hijau kecokelatan kebalikannya pejantan memiliki corak cokelat kebiruan.

6. Bunglon Jackson

Jackson chameleon, types of chameleons, types of chameleon

Bunglon Jackson – via : sdzwildlifeexplorers.org

Harga: 600 – 750 ribu rupiah.

Termasuk yang terkenal di toko hewan peliharaan. Disamping perawatan yang tidak terlalu sulit, bunglon jackson mempunyai tanduk yang unik dan warna hijau ceria yang membuat mereka digemari beberapa pehobi reptil. Mereka dapat berganti warna jadi gelap atau kebiruan, untuk memperlihatkan agresivitas ketika berasa terancam.

7. Bunglon Meller

Bunglon Meller, jenis bunglon di indonesia, jenis bunglon peliharaan gambar dan harganya

Harga: 1,5 – 2 juta rupiah.

Memiliki ukuran besar, sekitaran 60 cm, bunglon Meller menjadi piaraan yang epik dan eksotis. Bunglon Meller sering disebutkan bunglon tanduk karena mempunyai tanduk kecil di moncong mereka.

8. Bunglon Panther

warna bunglong, Bunglon Panther, harga bunglon, bunglon berubah warna, jenis bunglon beracun, cara bunglon beradaptasi, bunglon adalah, bunglon panther, bunglon besar, bunglon pohon, cara merawat bunglon

Harga: Tiga juta rupiah

Beragam warna elok dan masa hidup sekitaran 5—7 tahun, menjadi alasan saat mengambil kocek cukup dalam untuk menyunting bunglon panther. Reptil asal Madagaskar ini mempunyai ragam warna yang mengagumkan, dimulai dari hijau, merah, kuning, orange, dan biru.

9. Bunglon Parson

bunglon, apakah bunglon bisa berubah warna, macam bunglon, apa saja bunglon, dimana tempat bunglon, makna kata bunglon pada cerita tersebut adalah, dimana bunglon tinggal

Harga: 26 juta rupiah.

Pastilah ada argumen kuat dibalik harga bunglon Parson yang jauh melampaui kawan-kawannya. Rupanya, bunglon parson sebagai spesies bunglon paling besar di dunia dengan panjang sekitaran 65 cm. Bunglon ini termasuk langka dan akan susah kamu temui di beberapa toko hewan peliharaan.

Baca Juga:   Panduan Lengkap: Cara Memelihara Ball Python

10. Bunglon Pygmy

bunglon kecil, jenis bunglon kecil, Bunglon Pygmy, Pygmy chameleon

Harga: 500 ribu rupiah.

Biasanya, saat memelihara bunglon, kamu cuman bisa simpan satu ekor bunglon pada sebuah kandang. Nah, bunglon pigmy berlainan. Sama ukuran yang super imut, cuman sekitaran 2,5 – 7,5 cm, bunglon kerdil ini bisa berbagi ruangan dengan kombinasi 1 jantan dan 2 betina. Tetapi, sangat sayang, periode hidup mereka tidak terlalu panjang, hanya di sekitar 1- 3 tahun.

11. Bunglon Senegal

apakah ada jenis bunglon beracun, Bunglon Senegal

Harga: 400 ribu rupiah.

Afrika Barat menjadi asal bunglon Senegal. Tetapi, bunglon yang memiliki ukuran sekitaran 15 – 20 cm ini sudah melanglang buana sebagai hewan peliharaan yang terkenal di berbagai wilayah dunia.

12. Bunglon Yaman (Veiled Chameleons)

macam bunglon, gambar-gambar bunglon, gambar bunglon, jenis bunglon beracun, jenis makanan bunglon, macam macam warna cat bunglon, jenis bunglon di indonesia, macam macam bunglon, macam macam warna bunglon, jenis bunglon jawa, jenis2 bunglon, jenis bunglon liar

Gambar Bunglon Yaman (Veiled Chameleons)

Harga: Rp. 650.000,-

Dapat disebutkan, bunglon Yaman bercadar adalah bintang bunglon dan tertera satu diantara yang paling laris di kelompok pehobi reptil. Konversi corak bunglon bercadar, mencakup hijau muda dan kuning, dengan warna merah atau coklat tua di beberapa area tubuh. Disaat terasa tidak aman, bunglon ini akan memperlihatkan bercak atau bintik gelap ibarat intimidasi untuk lawannya.

Bunglon ini adalah reptil yang datang dari daerah Arab Saudi dan Yaman. Tubuhnya bisa mengalami perkembangan menggapai 6, 1 cm. dan dapat hidup sampai lima tahun lamanya. Tipe bunglon ini menyenangi hidup pada suhu 26, 6 derajat Celcius di siang hari dengan kelembapan 70%.

Jadi, bunglon mana yang akan kamu pilih sebagai hewan peliharaan?

error: