Jenis Burung yang Dilindungi Beserta Gambarnya

daftarhewan.com. Burung, dari beberapa tahun ke belakang menjadi hewan peliharaan yang sangat diminati oleh masyarakat terutama di Indonesia, terkadang juga beberapa jenis burung ada yang diikut sertakan untuk mengikuti kontes kicauan yang hadiahnya tidak main-main.

Disisi lain, harga burung yang sering kontes, semakin kicauannya berkualitas dan memenangkan banyak sekali kontes maka harga burungnya pun akan terus naik hingga puluhan bahkan ratusan juta. Dengan adanya kejadian seperti itu, tidak heran bahwa sekarang banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara burung. Baik itu sebagai koleksi, budidaya bahkan untuk bisa ikut serta berbagai kontes.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa dari tahun ke tahun, banyak sekali jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah dan Negara. Bahkan burung yang biasa kita pelihara di rumah pun kini ada yang sudah masuk kedalam daftar hewan dilindungi. Maka dari itu kita harus lebih hati – hati dalam memiih burung sebagai hewan peliharaan di tahun ini.

Burung yang dilindungi 2020

Tidak banyak juga ada beberapa kasus orang – orang menyeludupkan hewan burung yang dilindungi dan di tangkap oleh pihak yang berwenang. Oleh karena itu artikel ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk menghindari hal – hal yang tidka diinginkan. Nah inilah beberapa jenis burung yang dilindungi 2020.

1. Elang-alap Shikra

burung apa saja yang dilindungi, apa saja hewan di indonesia yang dilindungi selain burung cendrawasih, burung apa yang dilindungi, nama burung yang dilindungi, burung apa saja yang dilindungi di indonesia, cara memelihara burung yang dilindungi, burung yg di lindungi di indonesia, spesies burung yang dilindungi, jenis burung yg di lindungi di indonesia

Salah satu jenis burung pemangsa yang dilindungi adalah burung alap-alap Shikra yang dimana burung pemakan daging tersebut berukuran 32 cm dan memiliki warna pucat, untuk jantan sendiri pada bagian tubuh atas terdapat warna abu – abu pucat serta bulu primer hitam kontras. Selain itu pada tenggorokannya putih dengan strip abu-abu yang samar di tengah tenggorokan, dada serta perut ada garis merah karat dan putih sempit melintang.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

Untuk betina sendiri seperti jantan namun pada punggungnya terdapat warna coklat dan abu-abu pada tenggorokkannya. Selain itu untuk yang remaja, warnanya coklat abu – abu serta bulu yang bentuknya mirip sisik berwarna merah karat. Bukan hanya itu saja pada bagian bawah terdapat garis coklat dan ada strip hitam di tengah tenggorokan.

2. Burung Kacamata Jawa/ Pleci

burung kicau dilindungi, burung dilindungi om kicau, burung kicau yang dilindungi 2018, burung kicau yang dilindungi 2020-2021-2022-2023

Burung pleci, salah satu burung kicau yang dilindungi

Jenis burung yang dilindungi 2020 salah satunya adalah burung Pleci atau kacamata jawa. Nah burung tersebut sering kali digunakan untuk kontes kicau. Untuk deskripsinya burung tersebut memiliki ukuran tubuh kurang lebih 10 sampai 11 cm, disisi lain badannya didominasi warna hijau pada bagian atas tubuh. Selain itu pada bagian dada pleci jawa sendiri warnanya kekuningan dan cirri lainnya adalah mata yang berwarna kecoklatan dan paruh serta kakinya berwarna hitam.

Salah satu hal yang membedakan pleci jawa dan pleci laut adalah dari ukuran tubuhnya yang lebih kecil serta warna pada pleci jawa jauh lebih cerah. Selain itu pleci jawa juga mempunyai kicauan yang sangat nyaring dan juga melengking.

3. Poksay Jambul Putih

burung burung yang dilindungi di indonesia, diagram berikut menyajikan 5 jenis burung yang dilindungi, contoh burung yang dilindungi, sebutkan 3 jenis burung yang dilindungi, burung kicau yang dilindungi 2020, 10 burung yang dilindungi, burung yg dilindungi di indonesia, burung yg dilindungi pemerintah, burung yang di lindungi di indonesia, burung yang di lindungi indonesia, burung yang dilindungi undang undang, burung yang termasuk dilindungi

Bulu yang dimiliki burung tersebut di dominasi dengan warna coklat dan putih. Bulu di bagian mantel sampai bagian kepalanya berwarna putih. Selain itu juga terdapat pita berbulu warna hitam di bagian telinga serta garis mata sampai pangkal paruh.

Selanjutnya dibagian sayap hingga bagian ekor, burung tersebut memiliki warna yang coklat dan pada bagian ujung bulu sekunder pun terdapat warna coklat tua. Burung ini sangat gagah sekali karena ukurannya besar dibandingkan jenis burung poksay lainnya. Selain itu paruh dan matanya pun berwarna hitam serta matanya lebar dan juga bersinar. Untuk suaranya sendiri sangat keras.

Baca Juga:   Daftar Harga Burung Macaw: Termurah hingga Paling Mahal

4. Kucica Hutan/ Murai Batu

nama nama burung yang tidak dilindungi, burung murai batu dilindungi, nama dan gambar burung yang dilindungi, daftar nama burung yang dilindungi, daftar burung yg di lindungi, daftar burung yang dilindungi di indonesia, daftar burung yang dilindungi, jenis burung yg di lindungi di indonesia, spesies burung yang dilindungi, burung apa yang dilindungi, burung apa saja yang dilindungi

Selain Pleci, Murai batu juga masuk kedalam kategori burung yang sering kali diikut sertakan pada berbagai kompetisi bahkan masuk kelas bergengsi karena kicauannya. Sehingga tidak heran bahwa burung tersebut menjadi sangat istimewa bagi para kolektor burung. Untuk harganya pun bisa dibilang fantastis dari jutaan sampai ratusan juta.

Burung ini habitat aslinya di daerah Asia seperti Indonesia. Burung ini juga bisa ditemukan di daerah seperti Kalimantan, Sebagian Pulau Jawa dan juga Sumatra. Mereka pun cenderung berada di alam yang rapat atau juga disebut hutan sekunder, disisi lain Murai Batu ini salah satu burung yang dikenal sebagai teritorial serta sangat kuat untuk mempertahankan wilayahnya.

5. Kenari Melayu

daftar burung yg di lindungi, burung yang di lindungi di indonesia, daftar burung yang dilindungi di indonesia, daftar burung yang dilindungi, jenis burung yg di lindungi di indonesia, spesies burung yang dilindungi, burung yg di lindungi di indonesia, burung yg di lindungi, data burung yg di lindungi

Burung kenari asli Indonesia yang satu ini juga kini menjadi salah satu jenis burung yang dilindungi 2020. Alasannya karena semakin ke sini burung tersebut semakin langka dan sukar di temukan di alam bebas. Bukan karena jumlahnya makin sedikit saja tapi habitatnya pun di hutan yang lebat dan kini seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali hutan-hutan yang mulai di gerus karena berbagai hal contohnya pembangunan. Maka tidak heran burung ini menjadi langka dan dilindungi oleh pemerintah.

6. Cucak Ijo (Cica-daun dahi-emas)

burung yg di lindungi, data burung yg di lindungi, daftar burung yg di lindungi, jenis burung yg di lindungi, burung yg di lindungi di indonesia, jenis burung yg di lindungi di indonesia, nama burung peliharaan, nama burung yang dilindungi, nama nama burung yang dilindungi

Terdapat 7 jenis burung Cucak Ijo yang sudah dilindungi. Salah satunya adalah Cica Daun Dahi – Emas. Nah burung yang satu ini tersebar di beberapa negara Asia Tenggara kecuali semenanjung Malaysia serta Sumatra. Nah burung tersebut umumnya terdapat di hutan perbukitan Sumatra diketinggian 750 sampai 1500 mdpl.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

Selain itu Cica Daun Dahi – Emas ini juga sering sekali mencari makanan seperti serangga dengan menjelajahi cabang – cabang pohon yang sistematis, disisi lain juga mereka sering bergabung dengan jenis burung lain sehingga masuk kelompok campuran.

7. Gelatik Jawa

burung peliharaan yang dilindungi, burung yang dilindungi di indonesia, burung yang dilindungi negara, burung yang dilindungi undang undang, burung yang di lindungi indonesia, burung yg dilindungi, burung2 yang dilindungi

Jenis burung yang dilindungi 2020 selanjutnya adalah Gelatik Jawa yang dimana burung tersebut ukuran tubuhnya kecil, selain itu panjangnya pun kurang lebih 15 cm. Disisi lain burung tersebut mempunyai kepala dengan warna hitam serta pipi putih dan memiliki paruh merah yang terbilang berukuran besar.

Namun untuk burung yang sudah dewasa memiliki bulu berwarna abu – abu, memiliki perut coklat kemerahan, lingkaran merah di sekitar matanya dan kaki yang berwarna merah muda. Perlu Anda ketahui juga bahwa baik burung jantan maupun betina itu serupa. Selain habitatnya kian lama kian hilang, juga banyak sekali penangkapan liar. Sehingga tidak heran masuk kedalam hewan yang dilindungi.

8. Jalak Putih Sayap Hitam

burung yang dilindungi beserta gambarnya, burung yang dilindungi 2020, burung yang dilindungi 2021, burung yang dilindungi 2022, burung khas papua yang dilindungi adalah, daftar burung yang dilindungi bksda 2022-2023-2024, daftar burung yang dilindungi beserta gambarnya, burung di indonesia yang dilindungi, gambar burung elang yang dilindungi, gambar burung yang dilindungi, burung yg dilindungi, burung yg di lindungi di indonesia

Burung ini adalah burung dari suku Sturnidae. Selain itu biasanya ukuran dari burung tersebut terbilang sedang dari mulai 20 sampai 25 cm, namun sangat gagah serta mereka memiliki paruh yang tajam, kuat dan juga lurus, mereka pun memiliki kaki yang panjang serta sebanding dengan tubuhnya.

Suaranya pun sangat keras. Selain itu kadang – kadang Jalak Putih Sayap Hitam ini menirukan suara burung jenis lainnya. Biasanya mereka bersarang di dalam lubang phon, sayap ekornya berwarna hitam dan seluruh tubuhnya kecuali sayap dan ekor berwarna putih.

Itulah informasi seputar jenis burung yang dilindungi 2020. Nah semoga dengan adanya hal ini bisa membuat Anda semakin tahu tentang burung yang kini tidak bisa kita pelihara.

error: