Home » Ikan Hias » Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

daftarhewan.com. Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka. Ada berbagai jenis ikan hias yang ada di pasaran di masa kini. Bukan hanya berasal dari laut, ikan tersebut rupanya juga berasal dari air tawar. Di antara berbagai macam ikan tersebut, terdapat ikan-ikan dengan bentuk tubuh dan warna yang sangat tidak biasa. Meskipun begitu, ikan-ikan tersebut masih cocok untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan.

Apalagi bagi kamu yang sangat ingin memperindah ruangan dengan memberikan nuansa air di dalamnya. Tentu memelihara ikan hias adalah pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa ada berbagai macam ikan hias yang unik namun bisa untuk dipelihara. Keunikan tersebut juga karena ikan-ikan ini berhabitat di air tawar. Penasaran seperti apa jenis-jenis ikan tersebut? Simak ulasannya s ebagai berikut:

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

1. Ikan Pelangi (Rainbowfish)

ikan hias air tawar langka di indonesia, jenis ikan hias air tawar langka, jual ikan hias air tawar langka, ikan hias air tawar yang langka, ikan hias air tawar kecil langka, ikan hias air tawar paling langka, harga ikan hias air tawar langka, ikan hias air tawar unik dan langka, ikan hias tawar langka

Ikan pelangi, salah satu ikan hias air tawar langka di Indonesia

Layaknya nama yang disematkan pada ikan ini, rainbowfish mempunyai corak warna bagaikan pelangi pada tubuhnya. Inilah yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh ikan rainbowfish yang tentu tidak dimiliki oleh ikan-ikan lainnya. Jenis ikan hias air tawar yang langka ini dapat kamu temui di Australia dan juga di Indonesia. Jika kamu ingin mendapatkan ikan ini di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Papua atau Sulawesi karena habitat mereka ada di sana.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

Rainbowfish adalah ikan asli dari Papua yang sangat populer di kalangan para peminat ikan hias. Hal ini karena corak warna yang dihasilkan sangat cantik dan memukau setiap mata yang memandangnya. Bukan hanya itu, ikan pelangi banyak diminati karena jumlahnya yang semakin berkurang sehingga bisa dibilang ikan ini mulai langka di Indonesia.

2. Ikan Sumatra (Sumatra Barb / Tiger Barb)

jenis ikan hias air tawar langka, jual ikan hias air tawar langka, ikan hias air tawar yang langka, ikan hias air tawar kecil langka, ikan hias air tawar paling langka, harga ikan hias air tawar langka, ikan hias air tawar unik dan langka, ikan hias tawar langka

Jenis ikan hias air tawar langka yang akan kita bahas selanjtunya adalah ikan Sumatra Barb. Ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu tiger barb, sedangkan nama ilmiahnya adalah Puntigrus Tetrazona. Sesuai dengan namanya, ikan ini berhabitat asli di Sumatra, namun selain itu juga berhabitat di pulau tetangga, yakni Kalimantan.

Sumatra barb adalah jenis ikan hias yang mempunyai corak warna yang cantik, apalagi saat bergerombol dengan sesama jenisnya. Corak yang dimiliki oleh Sumatra barb yaitu empat garis berwarna hitam yang hampir mirip dengan corak loreng pada harimau. Inilah yang menjadi alasan mengapa ikan ini dinamai dengan Sumatra barb. Selain itu, hal yang menambah daya tarik dari ikan hias ini adalah warna oranye yang terletak di ujung siripnya.

3. Ikan Black Ghost

ikan hias langka air tawar, ikan hias air tawar belang, ikan hias air tawar jinak, ikan hias air tawar aneh, ikan hias air tawar unik, jenis ikan hias air tawar yang langka, ikan hias air tawar terlaris, ikan hias di air tawar, ikan hias air tawar yg bagus, ikan hias yang jarang dipelihara

Ikan yang habitat aslinya berasal dari Amerika Selatan ini juga mendiami Sungai Amazon. Nama ilmiah dari Black Ghost yakni Apteronotus albifrons. Jenis ikan hias air tawar langka ini mempunyai fisik yang sangat tidak biasa karena terdapat gelambir pada bagian tubuhnya. Meskipun begitu, hal ini sama sekali tidak mengurangi keindahan pada ikan black ghost karena warna yang dimiliki ikan hias air tawar langka ini sangat cantik dan elegan. Warna hitam sangat dominan pada tubuh ikan ini, namun warna lain juga menghiasi tubuh ikan black ghost, yakni terletak pada ekornya.

Baca Juga:   Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

Maka tidak heran jika nama dari ikan ini black ghost karena hal ini sesuai dengan tampilan fisiknya. Black ghost adalah ikan yang sangat ramai diperbincangkan oleh para pecinta ikan hias karena ikan ini sangat unik dan tergolong langka. Black ghost adalah jenis ikan hias yang sangat aktif di malam hari, sedangkan di siang hari cenderung lebih pasif.

Jenis ikan hias air tawar langka ini mempunyai pembawaan yang tenang dan cinta perdamaian sehingga tidak akan masalah jika kamu menggabungkannya dengan jenis ikan lain di dalam satu wadah. Tentunya, ikan yang menjadi temannya adalah ikan yang bukan pemangsa dan galak. Keunikan lain yang dimiliki oleh black ghost terletak pada kemampuannya yang dapat memproduksi sengatan listrik, meskipun dengan jumlah yang minim.

3. Ikan Kuhli Loach

ikan yang bisa dicampur cupang, ikan yang bisa dicampur dengan cupang, ikan yang bisa dicampur dengan ikan cupang, ikan yang cocok dengan ikan cupang, ikan yang bisa di satukan dengan ikan cupang

Ikan hias air tawar berikutnya yang akan kita ulas adalah ikan kuhli loach. Ikan ini bentuknya agak memanjang sehingga sering disebut hampir mirip dengan hewan belut. kuhli loach berhabitat asal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Thailand. Ikan ini juga termasuk ke dalam golongan ikan populer karena kemampuan mahirnya dalam memakan alga. Kita semua tentu tahu bahwa alga merupakan sesuatu yang mampu melunturkan keindahan akuarium. Selain itu ikan ini cocok disatukan dengan ikan cupang.

4. Ikan buntal air tawar (Dwarf Pufferfish)

ikan hias air tawar paling langka, jenis ikan hias air tawar langka,ikan hias air tawar yang langka, ikan hias air tawar kecil langka, ikan buntal air tawar apakah beracun, ikan buntal air tawar hias, ikan buntal air tawar di aquarium, ikan buntal air tawar aquascape, ikan buntal air tawar beracun atau tidak

Ikan hias air tawar kecil langka Green Spotted Puffer Fish

Meskipun mempunyai nama yang agak sulit dilafalkan, namun nyatanya ikan hias air tawar kecil langka ini merupakan jenis ikan hias air tawar langka yang begitu lucu. Pasalnya, ikan ini mempunyai bentuk tubuh layaknya ikan buntal yang kerdil sehingga membuatnya semakin terlihat imut. Dwarf pufferfish adalah ikan yang berhabitat asli di negara india namun saat ini sudah tersebar hampir di seluruh belahan dunia.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Dwarf pufferfish mempunyai mata yang agak besar sehingga membuatnya semakin terlihat cantik meskipun bertubuh kerdil. Namun, sayangnya ikan ini adalah jenis ikan hias yang lebih suka menyendiri. Apalagi ikan ini tergolong sebagai ikan predator, sehingga kurang cocok jika dijadikan satu dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium.

Meskipun berada dalam akuarium sendirian, hal ini tidak akan mengurangi keindahan dan keunikan yang terpancar dari jenis ikan hias air tawar langka ini. Kelebihan lain dari ikan dwarf pufferfish yakni tergolong sebagai jenis ikan yang cukup pintar dan aktif. Ikan ini akan bereaksi mendekat apabila kamu menghampirinya untuk memberi makan.

5. Ikan Neon Tetra

ikan hias dan karakteristiknya,ikan hias dan keterangannya, ikan hias dan penjelasannya, ikan hias berkelompok, ikan hias yang ada di indonesia

Ikan ini begitu indah sehingga seperti memancarkan sinar layaknya namanya. Neon tetra sangat cocok jika dijadikan sebagai penghias akuarium. Neon tetra mempunyai tubuh yang sangat mungil serta corak warna yang dominan merah dan biru metalik melekat di tubuhnya.

Ikan hias ini tergolong senang bergerombol sehingga akan lebih baik jika kamu memelihara jenis ikan ini lebih dari dua. Apalagi jika ikan ini berenang secara bergerombol di akuarium yang kamu miliki, tentu akan sangat indah dipandang mata. Ikan ini adalah jenis ikan yang unik sehingga tidak heran jika neon tetra sering diikutsertakan dalam seni aquascape.

Itulah penjelasan terkait jenis ikan hias air tawar langka yang harus kamu ketahui. Apalagi jika kamu adalah seorang pecinta ikan hias, tentu artikel ini akan sangat memberi wawasan baru untuk kamu. Semoga bermanfaat.

error: