12 Jenis Ikan Hias untuk Aquarium Kecil

daftarhewan.com. Ikan Hias untuk Aquarium Kecil. Kita sering melihat Akuarium bowl (mangkuk) di dalam film-film kartun lawas yang populer seperti Tom & Jerrry, tetapi untuk saat ini akuarium bowl telah mendapatkan banyak saingan dari akuarium kecil dalam berbagai bentuk serta ukuran yang menarik. Bahkan di apartemen kecil atau kamar asrama perguruan tinggi atau kost-kostan sekarang dapat dihiasi dengan ikan hias dalam akuarium kecil.

Jika Anda telah berkecimpung dalam hobi akuatik selama beberapa waktu, Anda mungkin pernah mendengar pepatah “lebih besar selalu lebih baik” mengacu pada ukuran akuarium.

Seperti banyak ucapan lainnya, pasti ada beberapa kebenaran di balik ini. Semakin banyak volume air yang Anda miliki dalam ekosistem akuarium, semakin banyak ruang untuk kesalahan yang Anda miliki. Kebanyakan orang mengakui kebutuhan yang lebih besar untuk penggantian air secara teratur untuk menjaga zat kimia air yang tepat.

Namun, Anda juga harus mempertimbangkan bahwa tangki yang lebih kecil lebih rentan terhadap perubahan suhu. Anda harus menghindari menempatkannya di dekat ventilasi panas atau di dekat pintu berangin yang dapat menyebabkannya menjadi terlalu dingin. Anda juga harus mempertimbangkan panas saat memutuskan jenis lampu yang akan digunakan karena beberapa perlengkapan lampu dapat menghasilkan panas yang cukup untuk menghangatkan akuarium kecil.

Saat mempertimbangkan spesies mana yang akan dipelihara, Anda benar-benar harus mempertimbangkan ukuran dewasa dan tingkat agresi mereka. Meskipun hal ini penting untuk semua akuarium, akuarium yang lebih kecil mungkin tidak terlalu mentolelir untuk penimbunan kotoran berlebih karena ruang bagi ikan lebih sedikit. Berikut ini adalah beberapa ikan hias buat aquarium kecil :

Ikan Hias Air Tawar untuk Aquarium Kecil

1. Ikan Neon Tetra

ikan hias kecil air tawar yang bisa dicampur, ikan hias kecil air tawar tanpa oksigen, ikan hias kecil air tawar murah, ikan hias kecil air tawar bergerombol, ikan hias kecil air tawar termahal, harga ikan hias kecil air tawar, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, budidaya ikan hias kecil air tawar, neon tetra

Ikan air tawar dengan ukuran kecil ini umumnya dikenal dengan warnanya yang mempesona dan lincah. Sebagai contoh Green Neon Tetra dianggap sebagai ikan paling populer di kalangan pemelihara ikan. Ikan Neon Tetra mudah dirawat dan sering direkomendasikan sebagai salah satu ikan pertama bagi aquarist pemula. Berasal dari Amerika Selatan, Neon Tetra adalah family Characidae.

Ikan komunitas yang damai ini paling baik dipelihara di kelompok kecil dengan 3 hingga 6 anggota. Ukurannya tubuhnya rata-rata 2 sampai 2 cm dan bisa hidup sampai 10 tahun. Makanan ikan omnivora ini sebagian besar makanan seperti cacing, udang, air garam, serangga dan juga tumbuhan.

2. Ikan Cupang

cupang koi marble, cupang koi avatar, ikan cupang koi adalah, macam cupang koi, cupang koi yang bagus, cupang koi yellow base, perbedaan ikan cupang koi dan nemo, perbedaan ikan cupang koi dan fancy, cupang koi galaxy multicolor, cupang koi galaxy kontes, cupang plakat koi yellow, cupang koi yellow tiger

Cupang koi kuning (yellow base) Halfmoon plakat – via : @redeyebetta

Mayoritas aquarist pemula memilih ikan air tawar yang sedang viral dan berwarna-warni seperti ikan cupang ini karena pemeliharaannya yang tidak merepotkan, dan akuariumnya bahkan tidak memerlukan filter atau pemanas apa pun. Mereka mudah dirawat dan dapat disimpan di akuarium kecil bersama spesies ikan lain dengan aman. Ikan cupang termasuk dalam keluarga Gourami dan sangat teritorial.

Ikan cupang biasanya hidup 2 – 3 tahun, tetapi dalam beberapa kasus dapat berumur lebih panjang. Mereka tumbuh secara maksimal. Berukuran 3 inci (3 cm) bahkan ikan cupang giant bisa lebih panjang dan besar. Ikan ini membutuhkan makanan karnivora dengan protein dan serat tinggi yang terdiri dari udang air asin, bloodworm kering atau daphnia. Ikan cupang jantan adalah petarung yang sangat terkenal; oleh karena itu hanya satu cupang jantan yang harus dipelihara di setiap tangki. Baca juga : Ikan Cupang Termahal di Dunia

Baca Juga:   Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

3. Ikan Guppy

ikan guppy bahasa inggris, gambar hewan dalam bahasa inggris beserta artinya

Ikan guppy merupakan ikan akuarium tropis yang tersebar paling luas di dunia. Ini adalah salah satu spesies ikan air tawar paling terkenal untuk akuarium karena bagus, aktif, dan merupakan ikan yang berkembang biak dengan cepat dan mudah, dan tidak banyak menuntut. Ikan ini berasal dari family Poeciliidae. Umur Guppy rata-rata sekitar 2 tahun tetapi dapat mencapai 3 tahun dalam kondisi tangki yang tepat.

Suhu air yang ideal untuk ikan guppy adalah 10 – 29 derajat Celcius, tetapi suhu harus dijaga agar tetap konsisten yang dapat dicapai dengan menggunakan pendingin akuarium terbaik. Mereka memiliki tubuh memanjang dengan sisi datar sepanjang 0,6–1,4 inci untuk jantan, dan untuk betina, panjangnya 1,2–2,4 inci.

Ikan guppy mudah diberi makan dan dengan senang hati menerima serpihan, pelet, dan makanan buatan lainnya. Ikan yang damai dan bersahabat dengan teman seakuarium.

4. Ikan Platy

ikan hias yang melahirkan, ikan melahirkan, ikan melahirkan atau bertelur, jenis ikan yang melahirkan anak, ikan yang bisa melahirkan, ikan apa yang bisa melahirkan, contoh ikan yang melahirkan, jenis ikan hias yang melahirkan

Ikan platy yang kecil namun aktif sangat terkenal karena mudah merawatnya dan hadir dalam setiap warna yang dapat Anda bayangkan. Ikan dari family Poecilia memiliki sekitar 170 spesies ikan yang bervariasi dan berwarna-warni. Mereka adalah pecinta komunitas yang sangat damai dan hebat seperti bersama swordtail, ikan molly, dan ikan guppy. Mereka membawa telur di dalam tubuh dan memunculkan anak yang siap berenang yang berbentuk mirip dengan mereka.

Ukuran ikannya 2,5 – 6 cm dan betina biasanya lebih besar dari jantan. Mereka hidup sekitar 3-4 tahun. Ikan platy adalah omnivora, tetapi selain daging, mereka membutuhkan banyak makanan herbivora dan lebih disukai campuran protein yang baik dan pola makan nabati.

5. Ikan Ekor Pedang (Swordtail fish)

ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Ikan pedang atau Green Swordtail atau hanya Swordtail adalah ikan yang sangat kuat dari family Poeciliidae yang menjadikannya ikan akuarium dan aquascape yang sangat terkenal dan spesies air tawar yang sempurna untuk aquarist pemula. Mereka memiliki tubuh yang sedikit lebih besar mirip dengan bentuk platy atau guppy dengan ekstensi sirip berbentuk pedang.

Swordtail tersedia dalam berbagai variasi warna. Ukuran Swordtail mungkin cukup besar sekitar 10 – 12 cm panjangnya dan umurnya sekitar 3-5 tahun. Mereka cukup damai di alam tetapi hidup dan lebih suka berenang dalam kelompok yang longgar.

Masing-masing ikan pedang memiliki temperamennya sendiri-sendiri baik, pemalu atau agresif dan kasar. Pakan untuk ikan swordtail harus beragam yang terdiri dari makanan buatan, makanan hidup atau beku tetapi harus mengandung makanan nabati seperti serpihan makanan ikan dengan suplemen nabati.

6. Ikan Harlequin rasbora

ikan hias yang banyak dicari,nama jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil murah, jenis ikan hias kecil yang bisa dicampur, jenis ikan hias kecil yang cantik, jenis ikan hias kecil bergerombol, jenis ikan hias kecil aquascape, nama dan jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil mudah perawatan, ikan hias kecil tawar, jenis ikan hias kecil untuk aquarium

Ikan hias kecil dan luar biasa ini akan menjadi pasangan tangki yang baik untuk setiap ikan akuarium yang disebutkan di atas. Ikan ini populer di kalangan aquarists karena ukurannya yang kecil, temperamen yang baik dan selain itu, tidak banyak menuntut. Panjangnya mencapai 5 cm, dan umurnya sekitar 3-4 tahun. Ada bintik hitam di tubuhnya yang berwarna cerah yang cocok dengan namanya.

Baca Juga:   5 Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Harlequin rasbora suka berenang dan membutuhkan banyak ruang, jadi lebih baik simpan mereka di sekolah dalam tangki yang luas. Mereka sangat damai dan dapat dipelihara dengan ikan seperti tetra, gurami, dan betta selama ikan yang menjadi temannya di akuarium tidak besar dan bukan merupakan predator.

Ikan harlequein rasbora adalah ikan yang suka berkelompok, dan kelompok besar terlihat luar biasa membuat akuarium hidup dan hidup dengan gerakan anggun mereka.

7. Ikan Bolivian ram

ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias di akuarium kecil, ikan hias kecil aquarium mini, harga ikan hias aquarium kecil, ikan hias cocok untuk aquarium kecil, ikan hias yang cocok akuarium kecil, ikan hias yg cocok di aquarium kecil, ikan hias kecil akuarium, ikan hias air tawar aquarium kecil, ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, jenis ikan hias air tawar untuk aquarium kecil

Ikan Bolivian ram ini adalah pilihan yang tepat untuk tangki komunitas yang ditanam karena pemeliharaannya sangat mudah. Spesies cichlid yang damai, tenang ini cukup kuat dan hidup dengan sukses di tangki ikan standar. Anda mungkin menganggapnya sedikit lebih agresif, tetapi mereka lebih suka menakut-nakuti ikan lain daripada menyerang atau menyakitinya.

Mereka baik-baik saja hidup sebagai ikan tunggal, dan dalam kelompok berisi 6-8 spesies dari jenisnya. Ukurannya berkisar antara 5 cm hingga 12 cm. Umurnya bisa sampai 6 tahun. Mereka omnivora dan memakan semua jenis makanan hidup dan beku seperti Bloodworm, daphnia, tubifex, dan makanan buatan pabrik seperti pelet.

8. Ikan Zebra Hongkong

jenis jenis ikan hias ukuran kecil, macam2 ikan hias kecil, aneka ikan hias kecil, jenis ikan hias yang ada di indonesia, ikan hias kecil mudah perawatan, jenis ikan hias tawar kecil, jenis ikan hias ukuran kecil air tawar, ikan hias yang populer, ikan hias kecil yang bagus, jenis ikan hias yg kecil

White Cloud Mountain Minnow atau Ikan Zebra Hongkong ini adalah ikan yang ideal untuk aquarists yang baru saja mengumpulkan pengetahuan tentang pemeliharaan ikan akuarium. Ikan yang sangat kecil ini hanya berukuran 2,5-3 cm dan sama sekali tidak menuntut.

Berwarna cerah, White Cloud Mountain Minnow tidak agresif dan termasuk ikan yang mudah berkembang biak. Ia bahkan tidak menyerang anak-anaknya. Ikan ini bisa hidup sekitar 3 tahun jika Anda merawatnya dengan baik.

Ikan ini lebih suka lapisan air tengah, dan suka berenang dalam kelompok. Ikan Zebra Hongkong dapat hidup dengan baik di air dingin oleh karena itu biasanya dapat disimpan di kolam halaman oleh pecinta hewan peliharaan. Sebagai ikan predator kecil, ia memakan cacing, serangga kecil, krustasea, dan varietas zooplankton lainnya. Mereka menyukai kelompok kecil dengan minimal 6 spesies.

9. Ikan Killifish

ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang bagus untuk akuarium, jenis ikan hias untuk aquarium kecil, jenis ikan hias kecil untuk aquarium, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil air tawar murah, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis ikan hias kecil air tawar

Killifish adalah salah satu ikan akuarium air tawar dengan warna cerah dan bercorak indah. Tingkat pemeliharaan ikan-ikan ini bergantung pada mudah dan sulitnya serta bervariasi menurut spesiesnya. Mereka berwarna cerah dan memiliki umur 3 bulan sampai lima tahun.

Secara alami merupakan ikan karnivora, Killifish tumbuh hingga 2,9 cm di dalam tangki dengan minimal 70 liter. Air tangki harus 22 – 24 derajat Celcius. Pengaturan tangki sangat sederhana dengan lantai kosong, pengaturan cahaya minimal dan juga dibutuhkan filter spons.

Mereka ramping dan berbentuk tombak yang membuat mereka menjadi perenang hebat. Dengan sirip punggung dan sirip dubur yang lebih besar, Killifish adalah ikan komunitas yang baik dan berbaur dengan baik dengan spesies damai lainnya seperti tetra neon dan Rummy nose tetra.

10. Ikan pelangi (Rainbowfish)

ikan hias warna pelangi, ikan hias warna warni, nama ikan hias air tawar, nama ikan hias di indonesia

Ikan pelangi atau Rainbowfish berasal dari Papua Nugini, Indonesia, dan Australia. Mereka tumbuh subur di danau, sungai, dan rawa. Mereka berkembang dengan baik di akuarium di mana suhu air tetap 22-25 derajat Celcius.

Baca Juga:   6 Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Rainbowfish adalah ikan yang damai dan aktif dalam perilaku dan dapat dipelihara dengan baik dengan ikan tetra yang lebih besar, rasboras, danios lele, dan cichlid non-agresif lainnya. Jantan memiliki warna-warna cerah seperti pelangi dan bersaing untuk betina saat berkembang biak. Namun, pengembangbiakan ikan ini adalah merupakan tugas yang sulit.

Ikan pelangi memakan pakan serpihan warna, serpihan tropis aquean, serpihan spirulina, dan juga pakan ikan cupang. Anda harus memberi makan ikan yang bisa mereka makan dalam waktu 2 menit.

11. Ikan Cherry barb

jenis ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, ikan hias yang cocok untuk aquarium kecil, cara merawat ikan hias kecil aquarium, ikan hias yg cocok untuk aquarium kecil, ikan hias yang cocok di aquarium kecil, ikan hias aquarium sedang, ikan hias buat di aquarium, foto ikan hias aquarium, ikan kecil hias aquarium, gambar ikan hias aquarium, ikan hias aquarium tawar, ikan hias kecil tawar, jenis ikan hias aquarium kecil, ikan hias kecil untuk aquarium kecil

Ikan Cherry barb ditemukan di air tawar Sri Lanka dan daerah Barat Daya lainnya. Mereka tinggal di daerah teduh yang mengelilingi sungai dan sungai kecil. Mereka berkembang dengan nyaman di mana suhu air 23 hingga 27 derajat Celcius dengan pH 6 hingga 8. Ini adalah ikan kecil yang panjangnya 2-5 cm dan rata-rata tumbuh hingga 1,8 sentimeter.

Sementara Ikan Cherry barb jantan memiliki kombinasi warna coklat-hijau, kemerahan, dan coklat-merah, betina biasanya berwarna kuning-abu-abu dan coklat-merah. Cherry barb pada dasarnya adalah omnivora dan memiliki umur 4-5 tahun.

Mereka kebanyakan berenang di lapisan tengah dan bawah air. Meski berperilaku damai dan tenang, para jantan saling bertarung dengan menari di depan saingan mereka. Ikan cherry barb yang kecil merupakan mangsa yang mudah bagi ikan predator sehingga Anda harus memeliharanya bersama ikan komunitas lain seperti harlequin rasbora, neon tetra, betta, cardinal tetra, neon tetra, dan catfish.

12. Ikan Molly

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Ini adalah livebearer atau ikan yang mudah beranak menakjubkan yang berasal dari bagian selatan dan tengah AS. Molly dapat hidup di air asin atau air tawar dan suka tinggal di akuarium yang ditanam padat dengan pencahayaan yang baik. Mereka suka memakan alga tetapi Anda juga bisa memberi mereka makan dengan serpihan, bayam rebus atau makanan ikan lainnya yang khusus dibuat untuk mereka.

Molly dapat hidup di air tawar maupun di air asin, bergantung pada cara mereka menyesuaikan diri. Ikan ini membutuhkan akuarium yang cukup terang dengan banyak tanaman hidup. Molly tidak pernah agresif terhadap teman seakuarium lainnya.

Walaupun terdapat berbagai jenis molly, namun jenis ikan air tawar yang paling umum adalah molly bersirip kecil. Molly adalah varietas yang paling mudah berkembang biak karena mereka tidak pilih-pilih selama berkembang biak dan berkembang biak dengan molly jenis apa pun. Suhu yang disarankan untuk molly adalah 23-26 derajat Celcius. Molly dianggap perenang tingkat menengah, dan lebih baik menghias dengan tanaman yang membantunya bersembunyi.

Ikan Air Tawar sangat populer di kalangan aquarists karena sangat indah untuk dilihat sehingga meningkatkan suasana ruangan serta akuarium.

Kebanyakan aquarists ingin menambahkan ikan yang mudah dirawat dalam akuarium ikan yang kecil serta cocok dengan jenis ikan lainnya. Dalam daftar ikan air tawar terbaik yang dibahas di atas, perilaku, penampilan, preferensi makanan, dan masa hidup dibahas dengan sangat rinci. Tentukan pilihan setelah melakukan penelitian yang tepat sesuai kebutuhan akuarium mini atau akuarium kecil Anda.

error: