Home » Ikan » Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

daftarhewan.com. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak spesies ikan air tawar. Di mana, spesies tersebut memiliki banyal jenis ikan hias.

Saat ini, jumlah spesies ikan air tawar di Indonesia mencapai sekitar 1.155 spesies. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ketiga di dunia yang mempunyai keberagaman ikan air tawar.

Dari jumlah tersebut, 440 spesies di antaranya ialah asli endemik Indonesia. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara ke empat di dunia yang memiliki spesies ikan air tawar endemik paling banyak setelah Brasil, China, dan Amerika Serikat.

Ikan Hias Asli Endemik Indonesia dan Asal Usulnya

Berikut beberapa jenis ikan hias endemik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Ikan Pelangi Kurumoi

ikan hias asli indonesia, ikan hias asli indonesia dan nama latinnya, jenis ikan hias endemik indonesia, jenis ikan hias asli indonesia

Ikan ini memiliki nama latin/ ilmiah Melanotaenia parva. Pelangi Kurumoi berasal dari Papua (Irian Jaya), tepatnya di Danau Kurumoi, Semenanjung Doberai.

2. Ikan Pelangi Mungil

berikut ini adalah ikan hias endemik indonesia yaitu, ikan hias endemik indonesia adalah, berikut ini yang merupakan ikan hias endemik indonesia adalah, salah satu ikan hias endemik di indonesia adalah, berikut yang merupakan ikan hias endemik di wilayah indonesia adalah

Ikan ini memiliki nama latin/ilmiah Melanotaenia praecox. Ikan pelangi mungil juga memiliki nama lain seperti rainbo pikok, rainbowfish neon, dan rainbowfish dwarf.

Jenis ikan hias endemik Indonesia ini merupakan spesies ikan dalam keluarga Melanotaeniidae, yang dikenal dengan sebutan rainbowfish neon. Ikan pelangi mungil ini hidup pada lembah Sungai Mamberamo.

Ikan hias yang satu ini cukup laris diperjualbelikan di pasaran.

3. Ikan Van Heurn’s rainbowfish

ikan endemik indonesia, ikan hias khas indonesia, ikan air tawar endemik indonesia, ikan hias air tawar indonesia

Ikan hias dengan nama latin/ ilmiah Melanotaenia vanheurni ini masih tergolong spesies keluarga Melanotaeniidae. Ikan ini berasal dari sungai-sungai kecil di Papua.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Sungai-sungai kecil tersebut mengalir melalui hutan hujan yang dekat dengan kaki bukit di pinggiran Dataran Mamberamo.

4. Ikan Silver Linglung

ikan hias air laut asli indonesia, ikan hias yang merupakan spesies asli indonesia adalah, sebutkan ikan hias air tawar asli indonesia, jenis ikan hias air tawar asli indonesia

Monodactylus argentus merupakan spesies ikan di keluarga Monodactylidae. Nama lainnya dikenal dengan moony perak atau moonyfish perak.

Ikan hias ini berasal dari Pasifik Barat dan Samudra Hindia, meliputi Laut Merah, Teluk Persia, dan muara di sekitarnya. Ikan hias ini diketahui juga terdapat di Pulau Bintan, Bali, Manado, Teluk Maumere, Kepulauan Raja Ampat, dan Kepulauan Mentawai.

5. Mugilogobius Adeia

ikan hias air tawar asli indonesia, sebutkan ikan hias air tawar asli indonesia, ikan hias air tawar yang merupakan spesies asli indonesia, ikan hias asli jawa, ikan hias khas indonesia, ikan hias asal indonesia

Mugilogobius adeia merupakan salah satu jenis ikan hias endemik Indonesia yang cukup langka. Ikan ini tergolong spesies ikan dalam keluarga ikan gobi (Gobiidae).

Mugilogobius adeia berasal dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Danau Matano. Ikan hias ini memiliki ciri khusus, yaitu terdapat lima garis hitam tak beraturan di sisi tubuhnya, yang diselingi dengan bintik-bintik besar tak beraturan.

6. Betta Albimarginata

ikan hias kalimantan timur, ikan hias dari kalimantan, ikan hias khas kalimantan, ikan hias asli kalimantan, ikan hias asal kalimantan, ikan hias di kalimantan timur, ikan hias air tawar asli kalimantan, ikan hias air tawar kalimantan, ikan hias yang berasal dari kalimantan, ikan hias air tawar dari kalimantan, jenis ikan hias kalimantan, ikan hias air tawar khas kalimantan, ikan hias sungai kalimantan

Ikan ini memiliki nama lain White-edged Betta. Berasal dari Sungai Sebuku, Ikan asli endemik Kalimantan Timur. Betta Albimarginaga tergolong jenis ikan cupang.

7. Betta Burdigala

ikan hias di indonesia, ekspor ikan hias indonesia, ikan hias khas indonesia, jenis ikan hias indonesia, ikan hias asal indonesia, ikan hias asli indonesia dan nama latinnya, ikan hias endemik indonesia adalah, jenis ikan hias asli indonesia, ikan hias bahasa indonesia

Betta burdigala atau nama lainnya Red Brown Dwarf Fighter ini adalah spesies endemik Kepulauan Bangka Belitung. Ikan ini merupakan penghuni rawa gambut dan tubuhnya bisa mencapai panjang 2,5 cm di dalam habitat aslinya.

8. Betta Channoides (Snakehead Betta)

ekspor ikan hias indonesia, jenis ikan hias indonesia, ikan hias asal indonesia, ikan hias endemik indonesia adalah, jenis ikan hias asli indonesia, 20 ikan hias di indonesia beserta nama latinnya, contoh ikan hias indonesia

Nama lain dari ikan ini adalah ikan cupang kepala ular, yaitu sejenis ikan cupang kelompok Albimarginata. Snakehead Betta ini merupakan ikan hias yang berasal dari Kalimantan Timur, tepatnya di lembah sungai Mahakam.

Ikan cupang Betta Channoides (Snakehead Betta) ini juga merupakan satu dari sekian Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya yang cukup populer. Kepopuleran ikan ini didukung oleh warnanya yang bagus dan menarik, serta tidak sulit untuk mendapatkannya.

9. Betta Chloropharynx

apa saja ikan hias, bagaimana prospek bisnis ikan hias di indonesia, nama ikan hias indonesia, nama ikan hias di indonesia, nama-nama ikan hias air tawar indonesia

Ikan ini masih tergolong spesies ikan cupang. Betta chloropharynx merupakan ikan hias yang berasal dari Bangka.

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

10. Cupang Api-Api

jenis ikan cupang asli indonesia, ikan cupang liar asli indonesia, habitat asli ikan cupang di indonesia, ikan cupang asli, ikan cupang indonesia, ikan cupang asli kalimantan, ikan cupang indah, ikan cupang legendaris, ikan cupang asal usul, ikan cupang terbaru, ikan cupang import, ikan cupang tertua, ikan cupang terbagus

Ikan hias ini memiliki nama latin/ilmiah Betta coccina. Ikan cupang api-api juga dikenal dengan nama Scarlet Betta dan Wine Red Betta.

Cupang api-api diketahui berasal dari beberapa daerah di Provinsi Riau dan Jambi di pulau Sumatra. Selain itu, ikan ini juga terdapat di negara bagian Johor, Malaysia.

11. Betta Dimidiata

jenis ikan cupang asli indonesia, ikan cupang liar asli indonesia, jenis ikan cupang di indonesia, sejarah ikan cupang di indonesia, ikan cupang terbagus di indonesia, ikan cupang terbaik di indonesia, ikan cupang indonesia vs thailand, ikan cupang asli indonesia, jenis ikan cupang indonesia, ikan cupang alam indonesia, ikan cupang endemik indonesia, ikan cupang di indonesia, ikan cupang asal indonesia

Ikan hias ini tergolong keluarga ikan cupang. Betta dimidiata merupakan ikan cupang yang hidup liar atau bebas di alam Pulau Kalimantan. Ikan hias ini berasal dari Pulau Kalimantan, di beberapa sungai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

12. Betta Rubra

ikan cupang indonesia vs thailand, ikan cupang asli indonesia, jenis ikan cupang indonesia, ikan cupang alam indonesia, ikan cupang endemik indonesia, ikan cupang di indonesia, ikan cupang asal indonesia, jenis ikan cupang asli indonesia, ikan cupang liar asli indonesia, jenis ikan cupang di indonesia, sejarah ikan cupang di indonesia, ikan cupang terbagus di indonesia, ikan cupang terbaik di indonesia

Betta rubra masih spesies ikan cupang, dan ikan ini termasuk ikan hias yang paling langka di dunia. Diketahui, jenis ikan hias ini berasal dari Sumatera Utara, yaitu daerah Sibolga, serta Kabupaten Aceh Singkil.

13. Boraras Brigittae (Mosquito Rasbora)

ikan hias asli indonesia, ikan hias endemik indonesia, ikan hias di indonesia, ekspor ikan hias indonesia, ikan hias khas indonesia, jenis ikan hias indonesia, ikan hias asal indonesia

Boraras brigittae merupakan salah satu jenis ikan hias endemik Indonesia yang cukup populer. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan rasbora nyamuk atau rasbora cabai.

Ikan hias air tawar ini juga memiliki nama lain yaitu Redfin Dwarf Rasbora. Rasbora nyamuk endemik di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kota Banjarmasin. Kelompok ikan ini termasuk jenis ikan yang suka bergerombol.

14. Ikan Botia Badut

ikan hias indonesia adalah, ikan hias asli indonesia, ikan hias endemik indonesia, ekspor ikan hias indonesia, ikan hias khas indonesia, jenis ikan hias indonesia, ikan hias asal indonesia, ikan hias endemik indonesia adalah, jenis ikan hias asli indonesia

Ikan botia badut (Clown loach) memiliki nama latin/ilmiah chromobotia macracanthus. Ikan ini juga dikenal dengan nama harimau botia.

Ikan botia badut atau harimau botia merupakan ikan air tawar tropis dari spesies keluarga loach botia dan merupakan anggota tunggal genus Chromobotia. Ikan ini berasal dari Sumatera, Kepulauan Borneo, dan Kepulauan Sunda Besar.

Mulanya, ikan botia badut hanya terdapat di sistem sungai Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah, seperti Kabupaten Kapuas dan Kayan.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

15. Ikan Puntang

nama ikan hias indonesia, nama ikan hias di indonesia, nama-nama ikan hias air tawar indonesia

Ikan puntang memiliki nama latin/ilmiah Brachygobius xanthozonus. Nama Lain dari ikan ini adalah Bumblebee Goby / Bumblebee fish.

Salah satu jenis ikan hias endemik Indonesia ini tergolong spesies ikan gobi air tawar. Ikan ini sebenarnya tak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan dari Thailand juga.

Jenis ikan yang hidup di air payau ini bisa tumbuh mencapai panjang 3,8 cm. Ikan puntang hidup di daerah pesisir, bagian bawah sungai, dan hutan bakau.

16. Carinotetraodon Irrubesco

nama ikan hias di indonesia, jurnal ikan hias di indonesia pdf, ikan hias yang populer di indonesia, ikan hias yang ada di indonesia, data statistik ekspor ikan hias indonesia, ikan hias terpopuler di indonesia, ikan hias yang dibudidayakan di indonesia, ikan hias yg ada di indonesia, 10 ikan hias di indonesia, ikan hias di pasaran, ikan hias yang populer

Ikan hias yang satu ini dikenal juga dengan sebutan Red-tailed Redeye Puffer. Selain itu, ia juga disebut dengan julukan ikan buntal kerdil ekor merah.

Carinotetraodon irrubesco merupakan ikan buntal air tawar yang hanya ditemukan di Sungai Sambas (Kalimantan Barat) dan Kabupaten Banyuasin (Sumatera Selatan).

17. Cyclocheilichthys Janthochir

contoh ikan hias indonesia, ikan hias dari indonesia, jenis ikan hias di indonesia, ikan hias ekspor indonesia, jenis ikan hias ekspor indonesia, jenis ikan hias endemik indonesia, ikan hias air tawar import, 10 jenis ikan hias indonesia, jumlah ikan hias di indonesia

Ikan hias endemik ini berasal dari Pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, di Sungai Kapuas Pontianak.

18. Hyalobagrus Flavus

ikan hias asal indonesia, ikan hias asli indonesia dan nama latinnya, ikan hias endemik indonesia adalah, jenis ikan hias asli indonesia, ikan hias bahasa indonesia, manfaat ikan hias bagi indonesia

Hyalobagrus Flavus merupakan spesies ikan cantik yang terdapat di sungai-sungai Kabupaten Batanghari di Jambi. Salah satu dari jenis ikan hias endemik Indonesia ini hidup di habitat air coklat yang sangat berkaitan dengan rawa gambut.

19. Oryzias Celebensis

ikan hias asli indonesia, ikan hias endemik indonesia, ikan hias di indonesia, ikan hias khas indonesia, jenis ikan hias indonesia, ikan hias endemik indonesia adalah, jenis ikan hias asli indonesia, ikan hias bahasa indonesia, ikan hias yang berasal dari indonesia

Oryzias Celebensis dikenal juga dengan sebutan Celebes Medaka. Ikan hias ini merupakan spesies ikan hias kecil cantik dari keluarga Adrianichthyidae.

Ikan ini hidup di sungai dan danau Sulawesi, serta di salah satu sungai yang ada di wilayah Timor Leste.

20. Sundadanio Axelrodi

ikan hias asli indonesia dan gambarnya

Sundadanio axelrodi ini merupakan ikan yang berasal dari Sumatera, Kepulauan Riau, Kepulauan Sunda Besar, dan Pulau Bangka.

Dari dua puluh jenis di atas, sebenarnya masih banyak jenis ikan hias air tawar dengan ukuran lebih besar dibandingkan ikan yang dituliskan dalam artikel ini. Namun, ikan-ikan ini cukup populer meski berukuran kecil.

Itulah beberapa jenis ikan hias endemik Indonesia beserta asal usulnya. Semoga bermanfaat.

error: