15 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar untuk Aquarium dan Aquascape

daftarhewan.com. Ada beberapa ikan kecil yang lucu dan bentuknya imut, tetapi tetap menakjubkan yang tersedia di toko ikan hias.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang banyak sekali yang menyukai akuarium berukuran kecil berisi juga ikan-hias hias kecil air tawar. Mereka cantik, kompak, suka bergerombol dan cocok dengan harga dan situasi kehidupan yang berbeda.

Dalam artikel ini berisi rekomendasi 15 ikan hias kecil air tawar terbaik untuk akuarium atau aquascape kecil atau mini;

Tangki berukuran kecil, biasanya berisi kurang dari 75 liter air, yang disesuaikan untuk menciptakan ekosistem kecil. Mereka datang dalam berbagai jenis konfigurasi, tetapi kebanyakan orang juga menyertakan tanaman hidup di akuarium kecil mereka.

Jenis Ikan Hias Kecil Aquarium

Akuarium kecil telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Mereka disukai karena biaya yang dikeluarkan pun relatif kecil dan cukup fleksibel dan dapat disimpan di rumah atau apartemen.

Aquascape kecil pastinya berukuran kecil, tetapi masih menawarkan berbagai macam pilihan untuk dekorasi dan konfigurasi. Anda dapat membuat taman miniatur, pegunungan kecil atau hutan yang terendam, kemungkinannya tidak terbatas.

1. Chili Rasbora (Boraras Brigittae)

jenis ikan hias kecil aquarium, jenis ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis ikan hias kecil untuk aquarium, jenis ikan hias untuk aquarium kecil, jenis ikan hias kecil aquascape, ikan hias kecil untuk aquarium

Chili Rasbora (Boraras brigittae), kadang-kadang disebut rasbora nyamuk, adalah ikan kecil yang suka bergerombol asli Kalimantan – Indonesia. Tubuh mereka berwarna merah cerah dengan garis hitam warna-warni di sisi yang semakin tipis saat mendekati ekor.

Mereka aktif dan imut, salah satu ikan yang selalu melakukan sesuatu ketika Anda melihat ke akuarium.

Ukuran Ikan : 1,9 cm (0,75 inci)

Ukuran tangki minimum: 18 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu yang tepat: 20 ° -25,5 ° C

pH: 5.0-7.0

Makanan Ikan Chili Rasbora: Boraras brigittae adalah ikan karnivora, makanannya berupa pakan ikan serpihan, bayi udang air asin atau daphnia hidup atau beku.

2. Fancy Guppy (Poecilia reticulata)

ikan hias kecil aquascape, jenis ikan hias di akuarium, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar aquarium kecil, jenis ikan hias yang kuat di aquarium, ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang cocok untuk aquarium kecil

Sangat baik memelihara ikan hias kecil ini dalam kelompok yang terdiri dari enam ekor atau lebih. Semua jantan atau satu jantan dan 4 atau 5 betina.

Deskripsi: Ikan gupi fancy atau mewah tersedia dalam berbagai macam warna di pasaran. Mereka memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping. Betina memiliki warna perak yang lembut tetapi jantan memiliki ekor yang membesar dan berwarna-warni. Pada beberapa varian warna, warna memanjang di sepanjang tubuh. Ikan ini adalah jenis ikan yang mudah beranak di akuaruim.

Ukuran: 2 inci (5 cm)

Ukuran tangki minimum: 18 liter.

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: kebanyakan damai. Jantan terkadang bisa mengejar-ngejar betina.

Suhu: 21.1 ° – 27.7 ° C

pH: 7.0-8.0

Makanan: Mereka adalah omnivora – mikro pelet, makanan serpihan berkualitas tinggi, udang air garam beku atau udang mysis adalah makanan kesukaannya.

3. Galaxy rasbora (Danio margaritatus)

jenis ikan hias yang bagus di akuarium, jenis ikan hias kecil air tawar, jenis jenis ikan hias kecil aquarium, ikan hias kecil mahal, ikan hias kecil aquarium mini, jenis jenis ikan hias kecil air tawar, jenis2 ikan hias kecil air tawar, pilihan ikan hias aquarium, ikan yang cocok buat aquarium kecil

Tubuhnya berwarna biru tua dan diselimuti bintik-bintik emas, ikan cantik ini sangat pantas menjadi pilihan untuk akuarium dan aquascape. Warna emas ini juga terlihat di punggung mereka. Ikan betina memiliki pangkalan oranye terang di sirip dan ekornya.

Baca Juga:   Rainbow boesemani, Ikan Hias Warna Pelangi yang Cantik

Jantan memiliki bercak merah dan hitam yang besar di siripnya. Ikan ini sangat cantik dan imut. Rekomendasi jumlah terbaik di akuarium adalah satu jantan dan 4 betina.

Ukuran: 1 inci (2,5 cm)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: sedang

Temperamen: jantan sering betina. Sediakan banyak tempat persembunyian.

Suhu: 22,7 ° -26 ° C

pH: 6,5-7,5

Diet: Mereka adalah omnivora, makanan terbaik mereka adalah pakan ikan serpihan, pelet mikro, makanan hidup dan beku.

4. Guppy Endler (Poecilia wingei)

ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias yang bagus untuk akuarium, jenis ikan hias untuk aquarium kecil, jenis ikan hias kecil untuk aquarium, jenis ikan hias kecil akuarium, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis jenis ikan hias kecil air tawar, jenis ikan hias kecil air tawar

Rekomendasi jumlah ikan guppy endler dalam akuarium terdiri dari semua jantan atau satu jantan dengan 4 betina.

Ikan guppy endler adalah adalah ikan yang melahirkan. Mereka berkerabat dekat dengan ikan guppy dan mempunyai bentuk tubuh yang sama tetapi jantan berwarna sangat cerah sehingga terlihat seperti berkilau. Ada beberapa variasi warna yang tersedia banyak di pasaran.

Sama seperti ikan guppy, Guppy Endlers sangat cepat berkembang biak.

Ukuran: 1-1,8 inci (2,5-4,5 cm)

Ukuran tangki minimum: 18 liter

Tingkat perawatan: Termasuk ikan hias kecil yang mudah perawatannya

Temperamen: damai

Suhu: 21.1 ° – 27.7 ° C

pH: 7.0-8.0

Makanan: Mereka adalah omnivora, pelet kecil, pakan ikan serpihan, cacing darah beku, dan udang mysis adalah pilihan yang baik.

5. Gurami pygmy (Trichopsis Pumila)

ikan hias kecil air tawar murah, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis jenis ikan hias kecil air tawar, ikan buat aquarium kecil, ikan hias yang bagus untuk akuarium kecil, ikan hias yang cocok di aquarium kecil, ikan hias kecil mahal, jenis ikan hias kecil aquascape

Ikan gurami hias kecil ini disebut juga Sparkling gourami, tubuh mereka berwarna abu-abu atau krem dengan bintik-bintik merah metalik cerah dan / atau biru.

Sirip dan ekornya hampir transparan dengan deretan bintik yang lebih metalik. Mata mereka besar dan terlihat seperti metalik.

Ukuran: 1,5 inci (3,8 cm)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: sedang

Temperamen: damai

Suhu : 24,4 ° – 27,7 ° C

pH: 6.0-7.0

Makanan : Mereka adalah ikan omnivora. Spesies ini paling baik jika diberi campuran protein hewani dan makanan berbasis alga: makanan serpihan berkualitas tinggi, spirulina, pelet mikro.

6. Ikan Cupang (Betta splendens)

cupang blue rim harga, cupang blue rim yang bagus, cupang blue rim mutasi, cupang blue rim halfmoon, ikan cupang blue rim adalah, anakan ikan cupang blue rim, cara mendapatkan cupang blue rim, cara menghasilkan cupang blue rim, cara cetak cupang blue rim, ciri ikan cupang blue rim, cara perawatan cupang blue rim, ikan cupang blue rim, foto ikan cupang blue rim, gambar ikan cupang blue rim

Ikan jantan lebih senang dipelihara sendiri. Ikan cupang memiliki moncong runcing dan tubuh yang panjang menyamping. Tapi yang membedakan mereka adalah sirip memanjang yang indah dan warna-warna cerah, terutama jantan dari spesiesnya.

Banyak cupang jantan tidak bisa bermain baik dengan yang lain, jadi Anda harus mengandalkannya untuk memelihara mereka sendiri.

Ukuran: 5,7 cm (2,25 inci)

Ukuran tangki minimum: 18 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: agresif, jantan harus di simpan sendiri

Suhu: 23,8 ° -27,2 ° C

pH: 6,5-7,5

Makanan Ikan Cupang: Ikan cupang adalah karnivora dan kebanyakan memakan serangga di alam liar, jadi yang terbaik adalah memberi mereka makanan seperti kutu air, bloodworm (cacing darah) kering atau beku, atau daphnia hidup.

7. Ikan Molly (Poecilia sphenops)

ikan hias kecil aquascape, jenis ikan hias kecil untuk aquascape, jenis ikan kecil aquascape, ikan hias kecil untuk aquascape, nama dan jenis ikan hias aquarium, ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang bagus untuk aquascape, jenis ikan hias buat aquascape

Ikan Molly adalah spesies ikan hias air tawar kecil yang bagus serta mudah dirawat. Ikan Molly dapat tumbuh sepanjang 7 hingga 10 cm dan bersifat omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tumbuhan dan hewan lainnya.

Yang menarik dari makhluk air tawar ini adalah mereka melahirkan bayi mereka, tidak seperti ikan lainnya. Seperti Guppies, Molly suka berkembang biak jadi jika Anda tidak ingin banyak ikan cantik ini di akuarium Anda, pertahankan satu jenis kelamin.

Baca Juga:   10 Ikan Hias Air Laut Kecil yang Cantik

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Temperamen: Santai

Suhu: 24 ° -26,7 ° C

PH: 7.5-8.5

8. Ikan Zebra Danio (Danio rerio)

ikan yang makan nyamuk, ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan yang suka jentik nyamuk, ikan yang doyan jentik nyamuk, ikan yang suka makan nyamuk, ikan yang suka memakan jentik nyamuk, ikan yang bisa memakan jentik nyamuk, ikan anti nyamuk, ikan buat nyamuk

Ikan Zebra danio memiliki bentuk tubuh yang ramping panjang dengan sirip kecil yang membulat. Tubuh mereka berwarna perak dengan garis-garis biru metalik cerah yang membentang dari hidung ke ekor.

Ikan yang termasuk pemakan jentik nyamuk ini sangat aktif dan cocok juga dimasukkan ke dalam tangki yang cukup besar. Memelihara ikan ini harus lebih dari 5 ekor dalam akuarium.

Ukuran: 2,5 inci (6,3 cm)

Ukuran tangki minimum: 56 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 18,3 ° – 25 ° C

pH: 6,5-7,5

Makanan: Mereka adalah omnivora, makanan terbaik untuk di akuarium adalah pakan serpihan berkualitas tinggi, pelet mikro, daphnia hidup atau beku atau cacing darah.

9. Kardinal tetra (Paracheirodon axelrodi)

jenis jenis ikan hias untuk aquascape, ikan hias kecil untuk aquascape, jenis ikan hias yang kuat di aquarium, jenis ikan kecil aquascape, jenis ikan hias air tawar berukuran kecil, jenis2 ikan hias kecil air tawar, jenis ikan hias buat aquascape

Mereka melakukan adalah ikan kawanan yang hidup dalam kelompok yang terdiri dari enam ekor atau lebih. Deskripsi: Cardinal tetra terlihat sangat mirip dengan neon tetra, tetapi dengan beberapa perbedaan halus.

Mereka hampir satu inci lebih besar dari neon tetra. Kardinal memiliki panjang yang sama, bentuk tubuh kurus, dan juga memiliki garis-garis biru dan merah, tetapi garis ini memanjang ke seluruh tubuh mereka.

Mereka adalah ikan berkelompok yang damai yang suka dipelihara dalam kelompok besar. Mereka suka melesat masuk dan keluar dari tanaman tinggi.

Ukuran: 2 inci (5 cm)

Ukuran tangki minimum: 56 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 22,2 ° – 24,4 ° C

pH: 6.0-7.0

Makanan ikan kardinal tetra: Sama seperti neon tetra, mereka adalah ikan omnivora, makanan lainnya berupa pakan ikan serpihan berkualitas tinggi, pelet kecil, udang air asin dan daphnia hidup atau beku.

10. Killifish (Nothobranchius rachovii)

ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang bagus untuk akuarium, jenis ikan hias untuk aquarium kecil, jenis ikan hias kecil untuk aquarium, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil air tawar murah, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis ikan hias kecil air tawar

Ikan killifish paling baik dipelihara dengan satu jantan dan beberapa betina. Bluefin notho killifish adalah ikan yang umum disebut killifish. Di alam liar, mereka hidup di perairan kecil yang mengering setiap tahun. Ikan dewasa mati, hanya menyisakan telurnya.

Karena itu, killifish hanya hidup 1-2 tahun. Mereka adalah ikan kurus bertubuh panjang dengan warna merah cerah. Tubuhnya ditutupi dengan bintik biru metalik. Sirip dan ekornya memiliki garis-garis biru cerah, sangat mencolok.

Ukuran: 2,4 inci (6 sentimeter)

Ukuran tangki minimum: 18 liter

Tingkat perawatan: sedang

Temperamen: semi-agresif, terutama di antara pria

Suhu: 20 ° – 24 ° C

pH: 6.0-7.0

Makanan : Ikan ini termasuk predator kecil, makanan beku dan hidup seperti daphnia, bayi udang air asin, cacing darah cocok untuk diberikan dalam pemeliharaan di akuarium.

11. Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)

ikan hias kecil air tawar yang bisa dicampur, ikan hias kecil air tawar tanpa oksigen, ikan hias kecil air tawar murah, ikan hias kecil air tawar bergerombol, ikan hias kecil air tawar termahal, harga ikan hias kecil air tawar, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, budidaya ikan hias kecil air tawar, neon tetra

Ikan Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)

Ikan kecil yang suka bergerombol lainnya biasa terdiri dari enam ekor atau lebih di akuarium. Neon tetra adalah salah satu ikan terpopuler di toko atau pasar ikan hias. Mereka memiliki kepala biru cerah yang meruncing ke ekor merah yang cerah. Mereka adalah ikan panjang bertubuh kurus dengan sirip kecil.

Mereka berasal dari lembah Sungai Amazon di mana mereka berkumpul bersama dalam kelompok besar yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Mereka bisa disimpan dalam 37 liter, tetapi semakin besar tangki, semakin menarik perilakunya.

Baca Juga:   5 Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Ukuran: 3 cm (1,2 inci)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu yang tepat untuk neon tetra : 22,2 ° -24,4 ° C

pH: 6.0-7.0

Makanan Ikan Neon Tetra: makanan ikan serpihan berkualitas tinggi, pelet mikro atau bayi udang air asin.

12. Oto cat (Otocinclus macrospilus)

jenis ikan hias kecil air tawar, jenis ikan hias kecil aquarium, jenis ikan hias kecil untuk aquascape, jenis ikan hias kecil yang tidak agresif, jenis ikan hias kecil aquascape, jenis ikan hias kecil akuarium, jenis ikan hias kecil yang cantik, jenis ikan hias berukuran kecil, rekomendasi ikan hias kecil, ikan hias kecil tawar, jenis2 ikan hias kecil air tawar

Mereka akan senang jika disatukan dalam kelompok yang terdiri dari 5 ekor atau lebih.

Ikan Oto cat adalah ikan lele kerdil yang memakan alga. Mereka adalah tambahan yang bagus untuk kru pembersih tangki komunitas. Mereka sangat imut dan perilaku serta interaksinya membuat mereka menarik.

Ukuran: 2 inci (5 cm)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 22-28 ° C

pH: 6.0-7.5

Makanan: mereka adalah herbivora – wafer alga berkualitas tinggi atau potongan kecil sayuran pucat seperti brokoli dan zucchini.

13. Pygmy Cory (Corydoras pygmaeus)

jenis2 ikan hias kecil air tawar, jenis jenis ikan hias kecil air tawar, jenis ikan hias yang kuat, foto jenis ikan hias kecil, gambar jenis ikan hias kecil, nama jenis ikan hias kecil, ikan hias terkecil, jenis jenis ikan hias kecil aquarium, macam jenis ikan hias kecil macam macam ikan hias kecil

Ikan corydoras memang harus berada dalam kelompok yang terdiri dari lima atau lebih supaya mereka bahagia. Jumlah yang lebih besar membuat mereka merasa lebih aman.

Pygmy cory adalah miniatur ikan lele yang menggemaskan. Mereka adalah penghuni bawah aktif yang memiliki punggung sedikit bungkuk. Dahi mereka miring tajam hingga punuk di sirip punggung mereka.

Perilaku mereka di di dalam akuarium besar cukup lucu. Mereka bertingkah seperti sekumpulan anak-anak kecil yang hiper aktif yang di biarkan di toko permen. Baca : Ikan Corydoras Panda.

Ukuran: 3 cm (1,2 inci)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 22 ° – 26 ° C

pH: 6,4-7,4

Makanan : Mereka termasuk ikan omnivora – makanan tenggelam seperti pelet dan wafer atau pakan ikan serpihan. Mereka juga menyukai cacing darah beku.

14. Rasbora harlequin (Trigonostigma Heteromorpha)

ikan hias yang banyak dicari,nama jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil murah, jenis ikan hias kecil yang bisa dicampur, jenis ikan hias kecil yang cantik, jenis ikan hias kecil bergerombol, jenis ikan hias kecil aquascape, nama dan jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil mudah perawatan, ikan hias kecil tawar, jenis ikan hias kecil untuk aquarium

Deskripsi: Kepala, punggung dan ekor mereka berwarna merah jingga yang sangat cantik dan perut mereka berwarna perak. Di setiap sisi tubuh mereka memiliki tanda hitam berbentuk seperti corong yang membentang dari sirip punggung ke ekornya. Sangat baik jika memelihara Rasbora harlequin lebih dari 5 ekor dalam akuarium karena dapat menambah kemeriahan isi akuarium.

Ukuran: 2 inci (5 cm)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 22.2 ° – 27.2 ° C

pH: 6.0-7.5

Makanan : Mereka adalah omnivora, pakan ikan serpihan berkualitas tinggi, daphnia hidup atau beku, dan cacing darah.

15. Zebra Hongkong (Tanichthys Albonubes)

jenis jenis ikan hias ukuran kecil, macam2 ikan hias kecil, aneka ikan hias kecil, jenis ikan hias yang ada di indonesia, ikan hias kecil mudah perawatan, jenis ikan hias tawar kecil, jenis ikan hias ukuran kecil air tawar, ikan hias yang populer, ikan hias kecil yang bagus, jenis ikan hias yg kecil

Ikan zebra Hongkong disebut juga White Cloud Mountain Minnow. Termasuk ikan yang suka hidup berkelompok atau bergerombol. 6 ekor atau lebih sangat direkomendasikan mengisi akuarium.

Zebra Hongkong adalah ikan kurus bertubuh panjang. Tubuh mereka dapat bervariasi dari warna keemasan cerah hingga biru keperakan dan sirip serta ekor mereka berwarna merah cerah.

Ikan kecil ini biasanya dibiakkan sebagai ikan umpan untuk spesies yang lebih besar, tetapi mereka benar-benar indah jika dirawat dengan baik. Mereka adalah spesies air dingin yang tidak membutuhkan pemanas.

Ukuran: 2 inci (5 cm)

Ukuran tangki minimum: 37 liter

Tingkat perawatan: mudah

Temperamen: damai

Suhu: 7,2 ° -21,1 ° C

pH: 6.0-8.0

Makanan: Termasuk ikan omnivora. Dalam akuarium cocok diberikan pakan ikan serpihan, pelet mikro, daphnia hidup dan beku, bayi udang air asin dan cacing darah.

error: