Home » Ikan Hias » Jenis Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

Jenis Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

daftarhewan.com. Apakah kamu seorang pecinta ikan? Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias, ada beberapa fakta yang perlu kamu tahu terkait kebiasaan ikan, apalagi jika kamu adalah seorang pecinta ikan pemula, maka informasi pada artikel ini akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Barangkali, kamu akan memilih jenis-jenis ikan berdasarkan daya tarik warna serta bentuk tubuhnya. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa ikan tidak cocok jika dijadikan satu dalam satu wadah. Pastinya, kamu ingin memelihara ikan yang dapat disatukan dalam satu akuarium atau kolam, sehingga ikan-ikan tersebut akan nampak memanjakan mata.

Terdapat beberapa jenis ikan hias kecil bergerombol yang sering disebut ikan komunitas. Ikan ini mempunyai warna yang sangat cantik. Tidak akan ada masalah apabila kamu ingin menjadikan mereka dalam satu wadah, asalkan ikan tersebut bukan ikan predator.

Memperhatikan karakteristik ikan sangatlah penting karena ikan sangat rentan mengalami stres, bahkan yang paling parah adalah bertarung sampai mati. Hal buruk ini bisa terjadi karena beberapa jenis ikan yang tidak suka bergerombol disatukan dalam satu tempat.

Ikan hias kecil bergerombol umumnya menyukai berenang secara berkelompok. Ikan jenis ini juga akrab disebut dengan schooling fish. Ikan yang senang bergerombol dapat berenang bersama-sama ke arah yang sama pula. Mereka dapat melakukan hal ini karena mampu berkoordinasi antara satu sama lain.

Jenis-Jenis Ikan Hias Kecil Bergerombol

Ikan tipe bergerombol bukan hanya bisa hidup di laut, tetapi juga dapat hidup di air tawar. Tentunya, ikan-ikan ini dapat pula kamu pelihara secaar mandiri di rumah. Nah, agar dapat lebih mengetahui lebih dalam mengenai jenis-jenis ikan ini, berikut kami sajikan informasinya khusus untuk kamu.

Baca Juga:   Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

1. Ikan Neon Tetra

ikan hias dan karakteristiknya,ikan hias dan keterangannya, ikan hias dan penjelasannya, ikan hias berkelompok, ikan hias yang ada di indonesia

Jenis ikan hias kecil bergerombol yang pertama adalah ikan neon tetra. Ikan ini mempunyai corak warna yang menarik dan juga berkilau. Panjang tubuhnya pun cukup mungil, yakni hanya sekitar 2,2 cm. Ikan jenis ini diyakini sebagai ikan yang mencintai perdamaian dan ketenangan.

Bukan hanya itu, ikan neon tetra juga mampu beradaptasi dengan lingkungaan baru secara cepat. Kamu jangan ragu untuk memelihara ikan ini karena cara merawatnya tergolong mudah karena tidak memerlukan cara-cara khusus yang ribet.

Para pecinta ikan hias kecil bergerombol senang memelihara ikan yang tergolong omnivora ini karena warnanya yang begitu indah dan memukau serta garis-garis biru yang ada pada seluruh tubuhnya. Ikan ini akan terlihat semakin cantik saat kondisi air sedang gelap.

2. Ikan Cardinal Tetra

ikan hias yang suka berkumpul, ikan hias yang bergerombol, ikan hias akuarium kecil yang berkelompok, apa saja ikan hias, nama dan jenis ikan hias air tawar, nama dan jenis ikan hias, nama-nama ikan hias, nama nama ikan hias

Jenis ikan ini terkenal sebagai ikan yang sangat mudah perawatannya. Jika dilihat dari fisiknya, ikan ini mempunyai bentuk yang lucu serta warna yang cantik. Cardinal tetra mempunyai tubuh yang tidak besar, yakni kurang lebih 4 cm.

Akan sangat memanjakan mata jika dapat melihat cardinal tetra berenang secara bergerombol. Oleh karena itu, jika kamu sudah memutuskan untuk membeli jenis ikan hias kecil bergerombol ini, maka lebih baik belilah dua atau lebih.

3. Ikan Platy

Perbedaan ikan platy jantan dan betina, jenis ikan hias yang mudah beranak, jenis ikan hias yg mudah beranak, macam ikan hias yang mudah beranak, ikan hias air tawar yang beranak, jenis ikan hias yang gampang beranak

Ikan platy jantan dan betina – via : kathstew

Ikan platy ialah sejenis ikan hias yang mempunyai warna variatif serta tubuh yang mungil. Jenis ikan ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat sehingga akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memelihara ikan platy dengan tujuan untuk berbisnis.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Platy pun juga termasuk jenis ikan hias kecil bergerombol yang dapat dijadikan satu dengan jenis ikan lainnya dalam satu wadah. Hal ini karena platy merupakan sejenis ikan ramah pada spesies ikan lainnya. Jika memutuskan untuk merawat ikan platy, kamu harus memperhatikan cara-cara khususnya karena ikan ini agak sulit untuk bisa bertahan hidup dengan waktu yang lama.

4. Ikan Guppy

ikan hias gampang beranak, ikan hias yang mudah beranak, ikan hias yg mudah beranak, ikan hias yang mudah beranak dalam akuarium, jenis ikan hias mudah beranak, ikan hias yang gampang beranak, ikan hias kecil yang mudah beranak

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang mempunyai banyak julukan, salah satunya adalah ikan seribu. Ikan ini merupakan jenis peranakan campuran yang dapat menghasilkan anak-anak ikan dengan warna bervariasi. Guppy memiliki corak warna yang berwarna-warni sehingga inilah daya pikat yang dihasilkan dari ikan ini. Ikan guppy juga dapat bertahan hidup di segala jenis air, maka tidak heran ikan ini begitu populer di kalangan pecinta ikan hias.

5. Ikan Zebra

ikan hias bergerombol, ikan hias yang suka berkumpul

Zebra merupakan jenis ikan hias yang sangat aktif jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Ia tipikal ikan yang sangat gesit karena mampu melewati celah dalam akuarium meskipun celahnya sempit. Ciri khas yang paling menonjol dari ikan hias kecil bergerombol yaitu pola garis pada tubuhnya yang menyerupai warna pada hewan zebra. Umumnya, warna tersebut adalah ungu, emas, perak, biru dan lain-lain yang membentang di sekujur tubuhnya.

Baca Juga:   8 Jenis Tanaman untuk Kolam Ikan

Sebagai pecinta ikan hias, kamu perlu memperhatikan penutup akuarium karena ikan ini bisa melompat cukup aktif. Maka dari itu, agar ikan zebra tetap awet bertahan hidup dan tetap berada di akuarium, perhatikanlah penutup dari akuarium ini.

6. Ikan Molly

ikan hias yg gampang beranak, ikan hias air tawar mudah beranak, ikan hias air tawar yang mudah beranak, ikan hias yang paling mudah beranak di dalam aquarium, ikan hias beranak, ikan hias yang beranak, ikan hias beranak di aquarium

Ikan hias kecil bergerombol ini mempunyai pembawaan diri yang tenang dan tidak suka mengganggu jenis ikan lain yang berada di dekatnya. Corak warna yang dimiliki oleh ikan ini tidak kalah indah dari corak warna jenis ikan hias lainnya. Molly sangat cocok dijadikan sebagai penghuni akuarium di rumah kamu. Jangan ragu untuk memelihara ikan ini karena perawatan yang perlu dilakukan sangat mudah. Harga ikan ini pun sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong kamu.

7. Ikan Pedang

ikan hias air tawar yang mudah beranak, ikan hias yang paling mudah beranak di dalam aquarium, ikan hias beranak, ikan hias yang beranak, ikan hias beranak di aquarium, jenis ikan hias yang mudah beranak, jenis ikan hias yg mudah beranak

Jenis ikan yang akan kita bahas selanjutnya yaitu ikan pedang. Ikan ini mempunyai karakteristik pecinta damai yang suka bergerombol sehingga jarang berkelahi dengan ikan lainnya. Namun, lain halnya jika ikan ini merasa terancam, tentu akan membela diri dengan melawan apapun yang mengganggunya. Tentunya, ikan pedang sangat pandai beradaptasi dengan wilayah barunya.
Tubuh ikan pedang sangat unik karena memiliki berbagai macam sirip disertai warna yang colorfull. Ikan pedang juga tergolong sebagai ikan yang mempunyai ekor serupa pedang. Sehingga tidak heran jika ikan hias kecil bergerombol ini dinamai sebagai ikan pedang.

Itulah pembahasan terkait ikan hias kecil bergerombol dan jenis-jenisnya. Kamu bisa memilih jenis ikan hias mana yang ingin kamu pelihara di rumah. Memelihara ikan hias bergerombol juga tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai ladang bisnis kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

error: