10 Jenis Ikan Hias Kolam Air Tawar Terbaik

daftarhewan.com. Jenis Ikan Hias Kolam. Dimanapun Anda Anda tinggal, bisa jadi Anda menginginkan mempunyai kolam ikan hias yang indah disertai ikan-ikan yang cantik. Baik kolam ikan minimalis atau kolam ikan yang besar, meskipun biasanya ikan di kolam ikan besar merupakan ikan budidaya untuk dikonsumsi.

Ada cukup banyak jenis ikan yang dapat dipelihara di kolam luar ruangan (outdoor). Anda harus tahu jenis ikan hias kolam air tawar yang tahan banting, artinya apakah ikan-ikan tersebut dapat menahan musim dingin dan musim panas berdasarkan iklim tempat Anda tinggal, perhatikan juga tingkat pemeliharaan ikan. Apakah ikan hias tersebut mudah dipelihara di kolam ataukah cukup sulit dan akan merepotkan Anda, apalagi jika Anda adalah seorang pemula.

Hal ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu spesies ikan untuk memastikan kesehatan ikan dan kolam Anda. Selain itu, beberapa ikan mungkin rukun atau damai dan bisa disatukan dengan ikan lainnya, dan spesies lain mungkin suka berantem atau memakan ikan yang lebih kecil.

Macam Macam Ikan Hias Kolam

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa semua ikan memiliki persyaratan yang berbeda, jadi Anda harus memastikan bahwa pertama, ikan yang Anda inginkan benar-benar dapat bertahan di kolam ikan hias luar ruangan, dan kedua, akan dapat menangani kondisi apa pun yang Anda miliki (suhu air, tingkat keasaman atau pH, suhu udara sekitar, makanan, tingkat nutrisi, dll). Di bawah ini Anda akan menemukan daftar ikan hias untuk hampir semua kolam di luar ruangan.

1. Ikan Koi

jenis ikan hias yang mudah dipelihara di kolam, jenis ikan hias kolam air tawar, jenis jenis ikan hias kolam, jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Salah satu spesies ikan hias untuk kolam yang paling populer, ikan koi biasanya berukuran maksimal 30 cm hingga 90 cm tergantung pada varietas yang tepat dan memiliki keragaman warna dan pola yang menakjubkan salah satunya ikan koi kohaku yang indah.

Ada lebih dari 100 subspesies koi yang dikenali berbeda dalam 13 kelas resmi, yang berarti ada koi di luar sana untuk hampir semua orang. Mereka cukup toleran terhadap perubahan suhu selama tidak terjadi terlalu cepat, karena pada ikan apa pun hal ini dapat menyebabkan stres, syok, atau bahkan kematian.

Suhu air yang tepat untuk ikan koi antara 15 hingga 25 ° C sangat cocok untuk kehidupan kolam di luar ruangan dan pH berkisar antara 7,5 hingga 8 berfungsi paling baik untuk menjaganya tetap kuat dan sehat. Anda harus memiliki kolam yang lebih besar, setidaknya sedalam satu meter, jika Anda berencana memiliki salah satu ikan ini di kolam Anda.

Baca Juga:   Ikan Oscar Albino, Si Agresif yang Rakus

2. Ikan Mas Hias

ikan hias kolam yang kuat, jenis ikan hias yang dibudidayakan di kolam, jenis ikan hias air tawar untuk kolam, jenis ikan hias untuk kolam kecil, sebutkan 2 jenis kolam untuk budidaya ikan hias air tawar, 3 jenis ikan hias, 5 jenis ikan hias

Sejarah awalnya ikan mas biasa ini didomestikasi dari ikan mas Asia di Cina lebih dari 1.000 tahun yang lalu, ikan mas hias cukup bervariasi tersedia dalam berbagai warna dan jumlah pilihan yang cukup besar tergantung pada spesiesnya untuk menghiasi kolam hias Anda, beberapa mungkin hanya tumbuh hingga beberapa inci saat dewasa, sementara spesies lain dapat tumbuh hingga 30 cm.

Anda dapat dengan mudah memilih spesies mana saja yang paling sesuai dengan ukuran kolam Anda. Mereka umumnya cukup ramah, bergaul dengan ikan apa saja di kolam, tetapi itu tidak berarti semuanya akan cocok dengan mereka, varietas yang lebih kecil cenderung dapat dimakan oleh ikan predator. Ikan mas tumbuh paling baik dalam kisaran suhu 20 hingga 22 ° C dan pH  sekitar 7,2 hingga 7,6.

3. Ikan Mas Koki Fancy

macam macam ikan hias kolam, jenis cat kolam ikan hias, jenis ikan hias yang mudah dipelihara di kolam, jenis ikan hias kolam air tawar, jenis jenis ikan hias kolam, jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Meskipun ikan mas hias biasa cenderung energik, dan suka berenang dengan cepat, ikan mas koki mewah (fancy) biasanya lambat, dan tidak dapat bersaing dengan ikan lain untuk mendapatkan makanan. Oleh karena itu, ikan mas hias biasa dan ikan mas koki tidak boleh dipelihara bersama, dan ikan mas koki juga tidak boleh dipelihara dengan berbagai jenis ikan yang lebih liar atau cepat serta memakanan makanan yang sama seperti ikan mas koki.

Ikan mas koki adalah jenis ikan hias untuk kolam minimalis, tersedia dalam banyak varietas dan banyak dicari karena bentuknya yang unik, yang benar-benar dapat menambah kesan eksotis yang berbeda pada kolam ikan hias manapun. Sebagian besar ikan mas koki bisa hidup di suhu rata-rata 20 hingga 23 ° C, meskipun ada banyak jenis yang memiliki persyaratan yang sedikit berbeda. Fantail (yang memiliki sirip ekor bercabang), misalnya, paling sehat pada suhu antara 21 dan 26 ° C, sedangkan ikan mas koki lionhead paling baik beradaptasi dengan suhu paling rendah 18 ° C.

Selain itu, mereka masing-masing memiliki temperamen yang berbeda, jadi diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum Anda memilih varietas. Sebagian besar dapat disimpan di kolam luar ruangan selama suhu dan persyaratan pH terpenuhi, tetapi mungkin perlu dibawa ke dalam ruangan atau di simpan dalam akaurium selama musim dingin jika suhu udara dan air sekitar turun terlalu rendah.

Baca Juga:   Ikan Molly Balon dan Cara Mereka Melahirkan

4. Ikan Sapu-sapu

ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias kolam tanpa filter, ikan hias kolam selain koi, ikan hias kolam dangkal, ikan hias kolam yang tidak mudah mati, ikan hias kolam yang kuat, ikan hias kolam tawar, ikan hias kolam air tawar, ikan hias kolam rumah, ikan hias cocok untuk kolam, ikan sapu-sapu di kolam

Ikan Sapu-sapu atau Plecos, yang merupakan pemakan alga luar biasa yang merupakan ikan yang santai dan damai, rukun dengan spesies ikan lainnya, mereka adalah ikan air hangat. Karena itu, mereka membutuhkan suhu air yang berkisar antara 22 hingga 30 ° C.

Ikan sapu sapu pembersih kolam umumnya bisa mencapai panjang sekitar 30 – 60 cm tergantung spesies, sedangkan  bristlenose pleco hanya sekitar 10 cm, jadi persyaratan ukuran kolam tergantung pada spesies yang Anda pilih.

Mereka tumbuh dengan baik di kolam luar ruangan, dengan satu pengecualian – mereka berasal dari Amerika Selatan, jadi jika suhu air Anda turun di bawah 10 ° C selama lebih dari satu atau dua hari, mereka harus dipindah ke dalam ruangan atau kemungkinan besar mereka akan mati.

5. Ikan Selimang batu

jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Ikan selimang batu atau Pemakan alga siam, seperti yang tersirat dari namanya dalam Bahasa Inggris Siamese algae eaters, sangat baik dalam mengonsumsi alga (yang membuatnya sangat diminati oleh banyak penghobi kolam).

Mereka juga cukup lincah, dan karenanya tidak boleh ditempatkan dengan spesies ikan yang lebih jinak seperti ikan mas koki, karena ikan ini dapat membuat ikan koki stres dengan sifat semangat mereka. Mereka biasanya tumbuh hingga 15 cm panjangnya, dan tumbuh paling baik di perairan yang bersuhu 21 hingga 26 ° C, perlu dibawa ke dalam ruangan jika suhu turun jauh di bawah ini untuk waktu yang lama, seperti selama musim dingin.

6. Pond loach (Misgurnus anguillicaudatus)

jenis ikan hias yang mudah dipelihara di kolam, jenis ikan hias kolam air tawar, jenis jenis ikan hias kolam, jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam, jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil

Pond loach juga dikenal sebagai weather loach, cukup toleran terhadap perubahan suhu, mampu menahan suhu air mulai dari 4,5 – 25 ° C, yang berarti bahwa mereka umumnya dapat tinggal di kolam luar ruangan bahkan selama musim dingin tanpa ada masalah.

Anda pasti ingin mendapatkan lebih dari satu, karena mereka cukup sosial dan menikmati tinggal dalam kelompok kecil dengan jenis mereka sendiri. Selain itu, mereka tumbuh hingga 30 cm dan tidak pilih-pilih makanan, mengonsumsi alga, serangga, sayuran, dan pelet pakan ikan tanpa keluhan.

7. Ikan Molly

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Meskipun sering dipelihara di akuarium, ikan molly dan ikan guppy dapat tumbuh subur di kolam luar ruangan. Kedua spesies tersebut kemungkinan besar perlu dibawa ke dalam ruangan selama musim dingin, karena ikan molly membutuhkan air dengan suhu di atas 23 ° C dan ikan guppy membutuhkan air di atas 10 ° C.

Baca Juga:   20 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

8. Ikan Guppy

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias paling cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, ikan hias yang gampang berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang cepat beranak, ikan hias cepat berkembang biak, ikan hias yg mudah berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak

Keduanya, baik ikan guppy dan ikan molly mudah dan langsung dapat dipelihara, termasuk ikan hias yang cepat berkembang biak. Jika dalam sudah terlalu banyak anak-anak atau keturunan mereka, mereka juga dapat digunakan sebagai sumber makanan jika Anda memiliki kolam terpisah untuk hewan peliharaan lain seperti kura-kura katak dan sejenisnya.

9. High-Fin Banded Shark (Myxocyprinus asiaticus)

jenis ikan hias untuk kolam minimalis, jenis ikan hias kolam kecil, jenis ikan hias yang sering dipelihara di kolam adalah

Dikenal dengan beberapa nama antara lain; batfish karena penampilannya yang gelap, hampir seperti kelelawar, hiu pita sirip tinggi Tiongkok, Chinese high fin (Chinese high-fin banded shark) adalah pemakan alga yang suka mengisap. Mereka sangat damai dan santai, cocok dengan hampir semua ikan lainnya, termasuk koi, ikan mas, guppy, dan ikan sapu-sapu.

Mereka paling bahagia saat tinggal di kelompik kecil yang terdiri dari 3 ekor atau lebih dari spesies mereka sendiri, meskipun akan baik-baik saja bila mereka sendiri, mereka membutuhkan air dingin antara 13-24 ° C (dengan banyak tempat persembunyian).

Ini berarti mereka dapat tinggal di kolam luar ruangan bahkan selama musim dingin, selama Anda menjaga air Anda tetap hangat di atas kisaran minimum. Pola warna mereka cukup mencolok, dan meskipun mereka dapat tumbuh hingga 1 meter panjangnya, mereka membutuhkan beberapa tahun untuk mencapai ukuran tersebut, karena makanan utama mereka adalah alga.

10. Ikan Sturgeon

ikan hias kolam yang kuat, macam macam ikan hias kolam, jenis ikan hias yang mudah dipelihara di kolam, jenis ikan hias kolam air tawar, jenis jenis ikan hias kolam, jenis ikan hias untuk kolam, jenis ikan hias untuk di kolam, jenis ikan hias di kolam, jenis ikan hias yang cocok di kolam

Jenis Ikan Hias Kolam selanjutnya adalah Sturgeon yang direkomendasikan untuk kolam ikan hias yang berukuran besar bahkan varietas terkecil, sterlet sturgeon, tumbuh hingga satu meter, sedangkan yang terbesar, beluga sturgeon, dapat tumbuh hingga berukuran panjang 7,2 m dan berat 1.571 kg.

Jangan memelihara sturgeon jika Anda tidak memiliki kolam besar atau yang berbentuk danau miniatur. Sturgeon mulai berevolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu, dan karenanya sangat tangguh (bagaimanapun juga, mereka adalah dinosaurus hidup!).

Sementara kisaran suhu mereka bergantung pada spesies yang tepat, umumnya selama Anda menjaga suhu di atas titik beku dan di bawah 22 ° C, mereka seharusnya baik-baik saja.

Mereka lebih menyukai kolam yang redup dipenuhi pohon di sekitarnya, karena di alam liar mereka cenderung berada di dasar badan air, karena itu mereka membutuhkan banyak tempat persembunyian untuk melindungi diri dari kecerahan dan panas matahari yang berlebihan. Mereka juga membutuhkan pakan sturgeon berkualitas tinggi dengan lebih dari 40% protein kasar menurut beratnya untuk pertumbuhan dan kesehatan terbaik.

error: