12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

daftarhewan.com. Jenis Ikan Mas Koki Terbaik. Tubuh jingga menyala, menjadi ciri khas ikan mas koki, yang membuatnya tampak kontras dengan nuansa hijau akuarium. Dengan nilai estetis yang sedemikian tinggi, mereka tidak hanya cocok sebagai hewan peliharaan, melainkan juga ikan hias yang menghidupkan atmosfer ruangan.

Namun, bagi Anda yang ingin memelihara ikan mas koki, jangan hanya terpaku pada jenis yang itu-itu saja. Keluarga ikan mas koki juga terdiri dari beragam jenis, dari yang paling umum hingga yang langka. Bahkan, ada pula yang warnanya unik, dan tidak jingga menyala seperti saudara-saudaranya, lho.

Jenis Ikan Koki yang Bagus Beserta Gambar

Nah, apabila Anda tertarik untuk mengeksplorasi varietas ikan mas koki, ada dua kelompok besar yang perlu Anda ketahui, yaitu ekor tunggal dan ekor ganda. Berikut ini jenis-jenis ikan mas koki terbaik untuk dipelihara dan tips perawatannya:

Ikan Koki Ekor Tunggal

Dapat ditebak dari namanya, ikan mas ekor tunggal hanya memiliki satu ekor dan terlihat sederhana. Bentuk tubuh mereka yang ramping juga cenderung klasik, dan masih sangat mirip dengan leluhur mereka, ikan mas Prusia. Sementara itu, modifikasi dilakukan dari segi warna dan ekor yang panjang melambai pada pengembangbiakkan selektif.

1. Ikan mas biasa

jenis ikan koki terbaik, jenis ikan koki bagus, jenis jenis ikan koki beserta gambarnya, jenis ikan koki yang bagus, jenis dan ciri ikan koki, jenis ikan koki dan harganya, jenis ikan mas koki dan gambarnya, jenis ikan mas koki di indonesia

Menjadi citra yang melekat pada ikan mas, dan paling populer di pasaran, ikan mas umumnya memiliki warna oranye, kuning, atau silver. Varietas standar ini memiliki tubuh yang memanjang, ramping, dengan ekor tunggal yang pendek. Dalam kondisi ideal, ikan mas biasa dapat tumbuh besar hingga sepanjang 25 cm, dan bahkan ada pula yang dapat mencapai 48 cm.

2. Ikan mas koki shubunkin

ikan mas koki ekor panjang, foto jenis ikan koki, foto jenis ikan mas koki, gambar jenis ikan koki, jenis ikan mas koki hias, jenis jenis ikan koki dan gambarnya, jenis ikan mas koki di indonesia, ikan koki shubunkin

Masih dengan warna oranye dan silver, ikan mas shubunkin memiliki ciri khas unik berupa corak atau bercak-bercak warna oranye, putih, biru, hingga hitam. Namun, berbagai jenis shubunkin memiliki bentuk tubuh dan ekor yang  berbeda-beda. Ada American shubunkin yang hampir identik dengan ikan mas komet, London shubunkin yang lebih pendek dan mirip ikan mas biasa, serta ada pula Bristol shubunkin yang memiliki ekor panjang berbentuk hati.

3. Ikan komet

ikan komet kumpay, ikan komet slayer, ikan komet super, ikan komet jantan, ikan komet terbesar, ikan komet apa bisa besar, ikan komet aquarium, aquarium ikan komet, ikan komet cara memelihara

Termasuk jenis ikan mas ekor tunggal, ikan mas komet sekilas tampak mirip dengan ikan mas biasa, kecuali pada bagian ekor yang lebih panjang dan melambai. Umumnya, ikan mas komet berwarna oranye, kuning, dan silver, atau silver bercorak oranye. Tidak hanya tampilannya yang mirip, ikan mas komet juga dapat tumbuh sepanjang ikan mas biasa, yaitu sekitar 25 cm.

Baca Juga:   Feng Shui Memelihara Ikan Mas Koki

4. Ikan mas koki wakin

jenis ikan koki cantik, jenis ikan koki bagus, jenis ikan koki yang bagus, jenis ikan koki yg paling bagus

Ikan koki wakin – via : flickr.com/photos/hghjim

Dapat dikatakan, ikan mas wakin memiliki tampilan gabungan antara fancy dan sederhana. Ikan mas wakin berekor ganda, namun memiliki tubuh yang memanjang. Karena itu, diduga, ikan mas wakin merupakan nenek moyang dari jenis ikan mas fancy. Namun, sebagian besar sumber masih mengkategorikan ikan mas wakin sebagai ikan mas biasa, berdasarkan bentuk tubuhnya.

Seperti ikan mas biasa, varietas wakin juga dapat tumbuh lebih besar dari ukuran normal, dalam kondisi ideal. Selain itu, bentuk tubuh ikan mas wakin yang ramping, mendukung mereka untuk berenang lebih aktif dan cocok hidup di kolam, daripada akuarium dengan ukuran yang relatif terbatas.

Ikan Mas Koki Fancy

Kelompok ikan mas fancy telah mengalami pengembangbiakkan secara selektif untuk menghasilkan karakteristik fisik yang unik dan tidak dimiliki oleh ekor tunggal. Ciri khas yang paling kentara, setiap jenis ikan mas fancy memiliki ekor ganda, serta bentuk tubuh yang unik dan berbeda. Alih-alih memanjang dan ramping, ikan mas fancy bertubuh pendek dan gempal, sehingga menjadi perenang yang lebih lambat dan sensitif. Sebagian besar tidak dapat menyesuaikan diri pada suhu yang sangat rendah dan lebih cocok disimpan dalam suhu ruang. Ada baiknya Anda tidak menyatukan ikan mas fancy dengan ekor tunggal, karena mereka akan kalah bersaing dalam perebutan makanan.

5. Ikan mas koki mata balon

ikan mas koki mata balon, jual ikan koki mata balon, budidaya ikan koki mata balon, ukuran ikan koki mata balon, foto ikan koki mata balon, tentang ikan koki mata balon, cara merawat ikan koki mata balon, gambar ikan mas koki mata balon, harga ikan mas koki mata balon, jual ikan mas koki mata balon

Varietas ikan mas koki mata balon dikembangbiakkan secara selektif hingga menghasilkan ciri khas berupa kantung berisi air di bagian bawah mata. Hasilnya, tampilan ikan mas koki mata balon terbilang nyentrik dengan dua gelembung besar yang amat mengesankan. Mereka membutuhkan perawatan khusus dan akuarium yang kondusif, karena gelembung mata mereka sangat rapuh, mudah terluka, dan berpotensi menjadi infeksi. Ada baiknya, Anda tidak menggabungkan varietas mata balon dengan ikan mas lain yang cenderung gesit, karena dapat mengganggu asupan harian mereka.

6. Ikan mas koki mutiara

foto ikan koki mutiara, gambar ikan koki mutiara, gambar ikan mas koki mutiara, ikan hias koki mutiara, ikan hias mas koki mutiara, ikan ikan koki mutiara, ikan mas koki mutiara

Daya tarik utama ikan mas koki mutiara terletak pada bentuk tubuh mereka yang bundar dan memiliki sisik tebal. Meskipun unik dan menarik, Anda perlu hati-hati. Memelihara ikan mas koki mutiara memerlukan tingkat ketelatenan yang tinggi. Pantau kualitas air sesering mungkin, dan pastikan kondisi air selalu kondusif bagi kehidupan ikan. Selain itu, Anda juga perlu bersikap antisipatif, karena ikan mas koki mutiara rentan mengalami masalah gelembung renang.

7. Ikan mas koki fantail

jenis dan ciri ikan koki, jenis ikan mas koki dan gambarnya, nama2 jenis ikan koki, nama jenis ikan mas koki, jenis ikan mas koki paling mahal, jenis ikan koki yg paling bagus, jenis ikan mas koki pasaran, jenis ikan koki apa saja, semua jenis ikan mas koki, 5 jenis ikan mas koki, warna ikan mas koki, 10 jenis ikan mas koki

Dengan penampilan khas fancy, ikan mas fantail memiliki sirip dan ekor panjang yang melambai, serta bentuk tubuh yang membulat. Ikan mas fantail dapat menjadi pilihan tepat bagi para pemula, karena cenderung lebih kuat dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Ikan mas fantail juga cukup gesit, meski masih lebih lambat jika dibandingkan kelompok ekor tunggal.

8. Ikan mas koki Ryukin

jenis ikan koki ryukin, jenis ikan mas koki dan gambarnya, jenis ikan mas koki di indonesia, gambar dan jenis ikan koki, macam dan jenis ikan koki, ikan mas koki ekor panjang, foto jenis ikan koki, foto jenis ikan mas koki, gambar jenis ikan koki, jenis dan gambar ikan koki, gambar jenis ikan mas koki, jenis ikan mas koki hitam

Jika ikan mas fantail disebut-sebut sebagai versi Eropa, ikan mas Ryukin dianggap sebagai versi Timur, karena perbedaan bentuk tubuh di antara keduanya. Ketika muda, ikan mas ryukin nyaris identik dengan ikan mas fantail. Namun, ketika dewasa, ikan mas ryukin memiliki postur yang tinggi dengan punuk besar tepat di belakang kepala. Sementara itu, ekor ikan mas ryukin, bisa pendek atau panjang, tergantung varietasnya, bahkan ada yang memiliki ekor dua kali lebih panjang dari tubuhnya.

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

Ikan mas ryukin tergolong ikan mas fancy yang cukup tangguh dan mampu beradaptasi dengan suhu rendah, sehingga Anda dapat memelihara mereka di akuarium maupun kolam. Pertumbuhan punuk di punggung mereka sangat tergantung pada kualitas ikan dan faktor eksternal, seperti makanan.

9. Ikan mas koki teleskop

ikan mas koki teleskop, ikan koki mata teleskop, harga ikan mas koki teleskop, ikan mas koki mata teleskop, ikan koki telescope eye, ikan mas koki telescope eye, harga ikan mas koki telescope eye

Ikan koki teleskop – via : wordnik.com

Termasuk salah satu ikan mas fancy yang paling populer, ikan mas koki teleskop memiliki ciri khas unik berupa mata yang bulat dan menonjol. Varietas ini juga populer dengan sebutan Demekin, yang diambil dari nama Jepangnya. Ikan mas teleskop terdiri dari beragam jenis, dan black moor menjadi favorit para hobiis.

Meski tidak serapuh gelembung pada ikan mas koki mata balon, Anda tetap wajib berhati-hati dalam melindungi mata mereka. Goresan sedikit saja, dapat berakibat infeksi, bahkan kehilangan daya penglihatan. Maka, berikan pelindung di sekitar aerator atau selang, dan gunakan spons prefilter untuk mencegah insiden.

10. Ikan mas koki coutengan (Celestial Eye)

jenis ikan koki lengkap, nama jenis ikan koki, nama2 jenis ikan koki, jenis ikan koki pasaran, jenis ikan mas koki paling mahal, jenis ikan koki yg paling bagus, jenis ikan mas koki pasaran, jenis ikan mas koki terbaik, jenis warna ikan mas koki, warna ikan mas koki

Populer pula dengan sebutan ikan mas mata langit, ikan koki mata terbalik, coutengan atau celestial, varietas ikan mas ini tampil tidak biasa dengan mata yang terbalik menghadap ke atas. Sekilas, ikan mas mata terbalik mirip dengan ikan mas teleskop, namun tidak memiliki sirip punggung. Dengan mata yang terbalik, mereka tidak memiliki cakupan penglihatan yang baik, sehingga harus dilindungi dari segala potensi bahaya. Selain itu, Anda pun perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan pembagian yang adil ketika berebut makanan dengan ikan lainnya.

11. Ikan mas koki ranchu & ikan mas koki lionhead

ikan koki ranchu calico, ciri ciri ikan mas koki ranchu, foto ikan koki ranchu, ikan mas koki ranchu, ikan koki ranchu goldfish, gambar ikan koki ranchu, gambar ikan mas koki ranchu, mas koki lionhead, ikan mas koki lionhead, gambar ikan mas koki lion head, ikan mas koki lion head

Dua varietas dari kelompok ikan mas fancy nyaris identik, sehingga kerap tertukar. Mereka memiliki bentuk tubuh yang sama, dan tidak memiliki sirip punggung. Namun, pertumbuhan kepala pada lionhead lebih utuh dan menonjol dari kepala hingga pipi. Selain itu, tubuh lionhead lebih memanjang, dengan celah di pertemuan antara ekor dan punggung.

Di sisi lain, meski lionhead dan ranchu merupakan dua varietas yang berbeda, namun perawatan mereka sebagian besar sama. Tanpa sirip punggung, gerakan mereka cenderung lambat dan sulit bersaing mendapatkan makanan. Dengan begitu, akan lebih baik apabila dua varietas ini disatukan dalam satu akuarium, dan tidak bersama ikan lain yang lebih gesit.

12. Ikan mas koki oranda

ikan koki oranda kuning cantik bagus, ikan koki oranda jambul, ikan koki oranda kontes, foto ikan koki oranda, ikan mas koki oranda, gambar ikan koki oranda, gambar ikan mas koki oranda, ikan mas koki oranda jambul, ikan mas koki oranda termahal, ikan mas koki oranda rosetail, jenis ikan mas koki oranda, ternak ikan koki oranda, warna ikan koki oranda

Ikan koki oranda warna kuning yang bagus buat kontes – via : imgur.com

Secara selektif, ikan mas oranda dikembangbiakkan hingga menghasilkan tampilan unik berupa bagian atas kepala yang menggelembung, sehingga tampak seperti tudung atau surai singa. Oranda muda mirip seperti ikan mas fantail, sebelum kepala mereka tumbuh ketika dewasa. Ikan mas oranda termasuk ikan mas fancy yang relatif gesit dan tangguh. Namun, Anda perlu memerhatikan bagian kepala mereka yang harus dilindungi dari goresan atau infeksi.

Baca Juga:   Ikan Acipenser Ruthenus, si Sterlet Sturgeon

Tips Memelihara Ikan Mas Koki

Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui bahwa terdapat perbedaan karakteristik yang cukup mendasar antara ikan mas koki ekor tunggal dengan ikan mas fancy. Perbedaan tersebut berimplikasi pada penyediaan kebutuhan dan kondisi lingkungan yang berbeda pula.

Namun, yang pasti, Anda harus memerhatikan kesejahteraan hewan peliharaan, apapun jenis ikan mas koki yang Anda miliki. Berikut ini kebutuhan dasar dan tips pemeliharaan pada ikan mas ekor tunggal dan ikan mas fancy:

* Memelihara ikan mas ekor tunggal

Umumnya, ikan mas ekor tunggal mudah didapat, dengan harga yang murah, bahkan gratis sebagai hadiah ketika festival. Namun, itu tidak berarti Anda dapat melakukan praktik pemeliharaan yang sembrono.

Hindari pikiran primitif yang percaya pada mitos bahwa ikan mas dapat hidup dalam toples, mangkuk, atau vas bunga. Padahal, kenyataannya wadah yang kecil hanya akan membuat kualitas air menjadi buruk, ikan lebih stres, dan membuat mereka mati lebih cepat.

Karena itu, Anda perlu ingat bahwa semua jenis ikan butuh ruang yang layak, untuk bereksplorasi dan berenang bebas. Jadi, apabila kamu memutuskan untuk memelihara ikan mas, sediakan akuarium dengan ukuran yang pas dan kondusif bagi mereka.

Terlebih, ikan mas ekor tunggal dapat tumbuh besar, hingga mencapai 25 cm. Apabila kamu meletakkan mereka di wadah yang kecil, pertumbuhan mereka akan terhambat, sebagai respon adaptasi di lingkungan yang tidak ideal. Dan, itu bukan kabar baik. Ukuran tubuh ikan mas ekor tunggal yang kecil, menandakan kondisi tubuh yang tidak sehat dan tentu saja, mereka tidak bahagia.

Akan lebih baik, jika kamu memelihara ikan mas ekor tunggal, seperti shubunkin, wakin, komet, atau ikan mas biasa dalam kolam dengan penyaringan yang baik dan berkapasitas besar. Terutama, karena karakter mereka yang aktif, tangguh, menghasilkan limbah yang signifikan, dan berpotensi tumbuh cukup besar.

* Memelihara ikan mas fancy

Dari segi ukuran, ikan mas fancy relatif lebih kecil dari ekor tunggal. Selain itu, mereka bergerak lebih lambat dan sebagian besar varietas tidak tahan terhadap suhu rendah.

Namun, itu tidak berarti mereka boleh disimpan dalam toples, vas bunga, atau tangki kecil. Berdasarkan kesepakatan di antara para peternak, ikan mas fancy juga memerlukan akuarium besar dengan filtrasi yang baik untuk memastikan  kualitas  air tetap terjaga.

Apalagi, mereka juga menghasilkan limbah yang cukup signifikan, namun sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Artinya, Anda harus sangat teliti memeriksa kondisi akuarium, dan mengganti air dengan lebih sering.

Selain itu, pada ikan mas fancy yang memiliki karakteristik fisik yang unik seperti ikan mas mata balon, celestial, mata teleskop, dan semacamnya, Anda juga perlu mengkondisikan dekorasi dan komponen akuarium, agar bebas dari potensi bahaya.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, siapkah Anda memelihara ikan mas koki? Ingat, memelihara hewan bukan hanya sekadar untuk bersenang-senang, melainkan komitmen untuk memberikan hidup yang sejahtera bagi mereka. Jadi, sediakan ekosistem yang layak bagi ikan mas koki yang kamu pelihara, apapun jenis mereka.

error: