Home » Ikan » Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan atau Dikonsumsi

Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan atau Dikonsumsi

daftarhewan.com. Kenali berbagai jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi agar sehat! Ada banyak makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Semua makanan yang terlihat di depan mata habis dalam sekali lahap terutama dalam keadaan lapar. Apa saja yang ada di meja makan habis dalam sekejap.

Salah satu makanan yang paling sering kita konsumsi adalah daging. Entah daging sapi, daging ayam atau daging ikan. Yang pasti adalah nyaman dan sesuai dengan selera. Tentu saja, yang paling banyak laris di pasaran adalah daging ikan. Banyak orangtua yang membeli daging ikan agar anaknya lebih bergizi dan juga ikan dipercaya dapat membuat seseorang jauh lebih pintar.

Namun, sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia terlalu banyak. Memang, sebenarnya segala sesuatu yang berlebihan memang tidak menunjang kesehatan atau hal baik dalam apapun. Kamu pasti akan dapat kerugian jika melakukan atau mengonsumsi sesuatu terlalu berlebihan.

Sangat disayangkan, karena tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis ikan yang tidak dapat dikonsumsi. Mungkin saja, ikan-ikan berbahaya ini masih dijual di pasar karena para pedagang tidak tau. Masih banyak orangtua yang tidak begitu mengenal ikan dengan baik dan membelinya tanpa rasa curiga.

Jenis-jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi

Ada berbagai zat yang terkandung dalam jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi yang tidak ketahui. Bisa saja merupakan zat yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Tentu saja, karena memiliki banyak zat yang baik untuk tubuh dan otak serta tulang. Pastinya ada juga yang berbahaya atau mungkin disebabkan oleh manusia pula kebahayaannya.

Baca Juga:   Ikan yang Bisa Dicampur dengan Ikan Cupang

1. Ikan Lemadang (Mahi-mahi)

ikan yang dilarang dimakan, gambar ikan yang tidak boleh dimakan, ikan yang beracun jika dimakan, jenis ikan yang tidak boleh dimakan, 6 jenis ikan yang sebaiknya tidak dimakan, ikan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol, ikan yang tidak boleh dimakan dalam pantang, ikan yang tidak bisa dimakan, ikan yang dilarang dimakan ibu hamil

Ikan yang satu ini punya nama lain yang jauh lebih familiar bagi kita semua. Nama lain dari ikan ini adalah ikan mahi-mahi. Ikan ini sering kali dimakan oleh penikmat ikan, terutama di dekat pantai atau toko dan restoran seafood.

Jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi ini berada di dekat kita selama ini. Berhati-hatilah saat memakan ikan yang satu ini, berdasarkan penelitian kamu akan keracunan jika mengonsumsi ikan ini dalam jumlah yang banyak. Tidak terlalu bahaya, kamu akan mengalami alergi karena kandungan racun dari asam amino karena bakteri pecah.

2. Ikan Hiu

Meskipun, ikan yang satu ini tidak mudah didapatkan oleh para nelayan. Tetap saja, ada saatnya bagi hiu untuk berakhir di meja dagangan di dalam pasar. Ikan ini memang mempunyai harga yang jauh lebih mahal daripada ikan lainnya dan mendapat kepercayaan sebagai pemilik minyak ikan terbaik.

Namun, ternyata ia adalah bagian dari jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi karena dapat menyebabkan bahaya yang besar. Bukan hanya sekadar alergi saja, kamu bisa saja mengalami kebutaan. Mungkin juga megalami hilangnya koordinasi pada sistem saraf bahkan kamu bisa saja meninggal dunia.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan merkuri pada ikan. Namun, semakin besar ukuran ikan yang ada, maka semakin besar pula kandungan merkuri di dalamnya. Berdasarkan penelitian, merkuri yang ada pada hiu jumlahnya di atas jumlah normal yang seharusnya pada ikan.

Baca Juga:   Waspadai, 8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

3. Ikan Todak (Ikan Padang)

ikan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes, ikan yang tidak boleh dimakan ibu hamil, ikan yang tidak boleh dimakan, ikan yang tidak boleh dimakan dalam pantang, ikan yang tidak boleh dimakan ketika mengandung, ikan yang tidak bisa dimakan, ikan yang tidak boleh dimakan semasa pantang, ikan yang tidak boleh dimakan ketika hamil, ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Bukan ikan dalam restoran nasi padang yang dimaksud, jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi ini adalah ikan yang punya nama lain atau sebutan ikan todak. Ukurannya juga besar, sehingga kandungan merkuri yang ada dalam dirinya juga berada dalam kategori tinggi.

4. Ikan Gindara (Escolar)

ikan yang tidak boleh dimakan, ikan yang tidak boleh dimakan dalam pantang, ikan yang tidak bisa dimakan, ikan yang dilarang dimakan, gambar ikan yang tidak boleh dimakan, ikan yang beracun jika dimakan, jenis ikan yang tidak boleh dimakan, 6 jenis ikan yang sebaiknya tidak dimakan, ikan laut yang tidak boleh dimakan, ikan laut yang tidak bisa dimakan, ikan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol

Ikan yang satu ini mungkin sering kamu konsumsi dan nikmati karena mempunyai rasa yang sangat lezat. Sedih rasanya mendengar bahwa ikan ini bukan ikan yang sehat, padahal punya rasa yang tidak tertandingi. Sebutan untuk ikan ini adalah ikan Escolar yang warnanya sedikit hitam keabu-abuan seperti warna ikan pada umumnya.

Jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi yang satu ini disebabkan kandungan yang berada di dalam tubuhnya memberikan bahaya bagi kesehatan usus. Para penikmat ikan gindara ini bisa saja mengalami diare saat menikmati jenis ikan ini dalam jumlah yang cukup banyak. Kamu hanya dapat makan maksimal sebanyak enam ons saja.

Mengenali ciri-ciri jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi

Tentu saja, setelah mengenali beberapa jenis atau bagian ikan yang memberikan dampak atau efek berbahaya saat dimakan. Kamu juga harus tau langkah yang tepat untuk menghindari ikan berbahaya saat sedang membeli ikan. Perhatikan dengan baik ciri ikan yang aman.

Pertama, cara mengenal jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi adalah dengan melihat tekstur dari matanya. Jika tekstur mata ikan sudah pudar dan juga mengeluarkan kerut, sebaiknya hindari membeli ikan ini. Namun, kadang kala, warna matanya diganti dengan mata yang palsu.

Baca Juga:   Migrasi Ikan Salmon, Pengertian dan Tujuannya

Jadi, kamu juga harus memperhatikan warna yang ada pada insangnya. Jika ikan masih layak dikonsumsi maka biasanya warnanya adalah cokelat kelabu. Kemudian, mengeluarkan bau asam yang pekat dan juga lendir yang cukup keruh. Warna dari ikan juga dapat menjadi poin utama, ingatlah untuk mengenali beberapa jenis ikan, biasanya yang berwarna hitam bukan merupakan ikan yang segar dan sehat.

Kenali juga jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi melalui ukuran dari ikan itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan bahwa semakin besar ukuran dari ikan tersebut, maka kandungan seperti merkuri yang berbahaya pada ikan tersebut juga semakin besar angkanya. Merkuri adalah zat yang sangat berbahaya dan tidak boleh terlalu dikonsumsi karena dapat menyebabkan kematian kepada seseorang.

Cobalah mencium bau dari ikan yang akan kamu beli, jika mempunyai bau yang asam dan tidak mengenakkan. Kamu sudah sebaiknya melupakan daging ikan tersebut, apalagi jika ikannya mempunyai warna merah di sekitar tubuhnya. Kamu dapat menekan warna merah tersebut, jika warnyanya tetap sama dan tidak hilang, maka itu sudah tidak layak dikonsumsi.

Kemudian, jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi juga dapat kamu lihat melalui sisiknya. Sesuatu yang rapuh dan mudah lepas adalah sesuatu yang rusak. Begitu juga halnya dengan sisik ikan. Apalagi jika perutnya sudah pecah, segera hindari ikan karena merupakan jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi.

error: