Home » Hewan Peliharaan » 15 Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Gambarnya

15 Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Gambarnya

daftarhewan.com. Memelihara kelinci dapat menjadi aktivitas yang positif dan menyenangkan. Karena, tidak hanya memiliki penampilan yang bikin gemas, kelinci juga sangat aktif dan atraktif. Anda dapat berlarian bersama kelinci-kelinci hias peliharaan, atau sekadar duduk mengamati mereka berkeliaran di halaman.

Lagipula, kelinci juga bisa menjadi sahabat yang baik untuk anak-anak. Terdapat lebih dari 60 ras kelinci dengan karakteristik fisik dan sifat yang berbeda-beda, sehingga dapat Anda pilih sesuai preferensi.

Tapi, bagaimana cara memilih kelinci yang tepat di antara puluhan ras jenis kelinci yang ada? Tentu saja, Anda perlu menyisihkan waktu untuk mengenali karakter dari masing-masing ras kelinci peliharaan, sebelum memutuskan untuk mengadopsi salah satunya.

Dan, untuk mempermudah Anda memilih kelinci terbaik, cermati lebih dulu ras-ras kelinci peliharaan yang paling populer. Ketahui kualitas dan keunikan mereka, lantas tentukan pilihan sesuai selera Anda.

Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Mudah Dipelihara

Berikut ini 15 jenis jenis kelinci hias peliharaan terfavorit yang bisa menjadi kandidat hewan kesayangan Anda:

1. Kelinci Lionhead

jenis kelinci hias dan namanya, nama dan jenis kelinci anggora, gambar dan jenis kelinci anggora, jenis gambar kelinci hias, jenis kelinci hias dan harganya, jenis kelinci anggora import, jenis kelinci anggora lion, macam macam kelinci hias, jenis kelinci hias terbaik, jenis kelinci anggora termahal

jenis kelinci anggora lion

Keunikan kelinci anggora lionhead terletak pada rambut-rambut megar di bagian kepala, yang menyerupai surai singa. Kendati demikian, ukuran tubuh kelinci lionhead tidak begitu besar, dengan berat sekitar 1,7 kilogram saja. Mereka memiliki variasi warna yang beragam, serta karakter yang ramah dan bersahabat. Kelinci lionhead juga menjadi pilihan tepat bagi para hobiis yang gemar mengikuti kontes hewan peliharaan.

Baca Juga:   Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

2. Kelinci kerdil Belanda

jenis kelinci hias yang mudah dipelihara, jenis kelinci hias termahal, jenis kelinci hias mini dan harganya, jenis kelinci hias yang jinak, jenis kelinci hias murah, jenis kelinci hias adalah, jenis kelinci hias anggora, jenis jenis kelinci anggora anakan, apa jenis kelinci hias, jenis kelinci hias yang bagus

Kecil, namun sangat energik. Netherland dwarf atau kelinci kerdil Belanda in beratnya hanya sekitar 1,25 kilogram, dengan telinga pendek dan berbagai variasi warna. Meski terlihat imut-imut, Anda perlu berhati-hati. Dengan ukuran dan tingkat energi yang tinggi, kelinci jenis ini ada kalanya menjadi cukup agresif. Maka, tenukan pilihan dengan baik, jika Anda menginginkan kelinci kerdil Belanda sebagai hewan kontes atau peliharaan, terutama bagi anak-anak.

3. Kelinci Belanda

beberapa jenis kelinci hias, jenis jenis kelinci hias, jenis-jenis kelinci hias, jenis kelinci hias dan harga, jenis kelinci hias dan gambarnya, jenis kelinci hias dan namanya, macam-macam kelinci hias dan harganya, jenis kelinci anggora dan harganya, jenis kelinci anggora di indonesia, foto jenis kelinci hias

Ciri khas kelinci Belanda (Dutch Rabbit) terletak pada kombinasi warna putih dan warna lainnya, dengan pola yang menarik. Berat kelinci Belanda sekitar 2 kilogram, dengan postur tubuh pendek, padat, dan telinga yang tegak. Secara umum, mereka tergolong jinak, dan dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai hewan peliharaan dan primadona di arena pertunjukan.

4. Kelinci Holland Lop

jenis kelinci hias yang bagus, foto jenis kelinci hias, jenis gambar kelinci hias, jenis kelinci hias jinak, jenis jenis kelinci hias di indonesia, sebutkan jenis-jenis kelinci hias, jenis kelinci hias kecil, jenis kelinci hias lucu, nama jenis kelinci hias, jenis kelinci hias untuk pemula

Jenis kelinci Holland Lop

Kelinci Holland Lop atau lop Belanda memiliki postur unik, yang pendek, kekar, dan cenderung mirip dengan Bulldog. Mereka juga memiliki telinga pendek yang menjuntai ke bawah, dan menyaru dengan rambut-rambut tebal di bagian kepala. Umumnya, berat kelinci Holland lop hanya sekitar 1,75 kilogram, dengan berbagai varian warna. Keunikan dan karakter yang bersahabat, membuat kelinci ini dapat menjadi hewan peliharaan dan bintang kontes yang memesona.

5. Kelinci English Lop

kelinci telinga kebawah, jenis kelinci telinga panjang, kenapa telinga kelinci panjang, kenapa kelinci telinganya panjang, mengapa telinga kelinci panjang, mengapa kelinci memiliki telinga yang panjang

Anda dapat langsung mengenali kelinci English lop atau lop Inggris melalui telinganya yang sangat panjang dan menjuntai ke bawah, hingga53-81 cm dari ujung ke ujung. Mereka memiliki kepribadian yang tenang dan bersahabat, sehingga cocok menjadi hewan peliharaan, sekaligus hewan kontes yang unik. Kelinci English lop berukuran medium, dengan berat dewasa sekitar 6 kilogram.

6. Kelinci French Lop

nama jenis kelinci hias, jenis kelinci hias untuk pemula, macam macam kelinci hias, jenis kelinci hias terbaik, jenis kelinci anggora termahal, jenis kelinci anggora terbesar, kelinci hias jenis ternak, sejenis kelinci, 20 jenis kelinci hias, jenis2 kelinci hias

Berukuran medium, French lop atau lop Prancis memiliki berat sekitar 7 kilogram. Varietas ini memiliki karakter yang tenang, manis, dan cerdas, sehingga dapat menjadi hewan peliharaan dan bintang kontes yang sempurna. Penampilan mereka pun menarik dengan tubuh yang gempal dan telinga yang menjuntai ke bawah.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

7. Kelinci Fuzzy Lop Amerika

kelinci fuzzy lop amerika, fuzzy lop rabbit, fuzzy lop rabbits, fuzzy lop kelinci, fuzzy american lop, kelinci fuzzy lop adalah, ciri fuzzy lop asli, fuzzy lop bunny, american fuzzy lop breed standard, kelinci fuzzy holland lop, jenis fuzzy lop

Kelinci hias jenis fuzzy lop

Seperti varietas kelinci lopl ainnya, American fuzzylop juga mempunya itelinga yang menangkup dan menjuntai. Perilaku mereka begitu aktif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan sangat mudah bergaul. Kualitas-kualitas tersebut menjadikan American fuzzy lop sebaga hewan peliharaan yang menyenangkan. Terlebih, mereka juga tersedia dalam berbagai warna, dengan ukuran tubuh yang mungil, sekitar 1,75 kilogram.

Namun, ada yang perlu Anda cermati jika memutuskan untuk memelihara mereka. Anda perlu lebih telaten merawat rambut-rambut panjang kelinci American fuzzylop, agar tidak kusut dan kasar. Lakukan penyisiran secara rutin, dan jika perlu, bawa mereka ke salon hewan peliharaan secara berkala.

8. Kelinci Beveren

harga dan jenis kelinci hias, foto jenis kelinci hias, jenis gambar kelinci hias, jenis kelinci hias lucu, jenis kelinci anggora termahal, jenis kelinci anggora terbesar, kelinci hias jenis ternak sejenis kelinci, 20 jenis kelinci hias, jenis2 kelinci hias

Meskipun sangat energik dan memiliki rasa ingin yang tinggi, kelinci beveren termasuk kelinci yang lembut dan jinak. Mereka dapat menjadi hewan pertunjukan yang memukau, sekaligus peliharaan yang baik bagi para remaja dan orang dewasa. Terdapat variasi warna kemerahan, putih, dan kebiruan, dengan berat sekitar 6 kilogram.

9. Kelinci Mini Rex

jenis kelinci hias mini, jenis kelinci hias yang mudah dipelihara, jenis kelinci hias yang jinak, jenis kelinci hias adalah, apa jenis kelinci hias, jenis kelinci hias yang bagus, beberapa jenis kelinci hias, jenis jenis kelinci hias, jenis-jenis kelinci hias

Jenis kelinci hias mini rex

Tampilan kelinci jenis mini rex begitu menarik dengan rambut-rambut halus berkilau, dan bentuk tubuh yang kecil dan gempal, sekitar 2,5 kilogram. Sebagian besar, kelinci mini rexdapat bersikap tenang dan bersahabat, namun tidak semuanya demikian. Karena itu, Anda perlu cermat jika memilih kelinci ini sebagai hewan peliharaan untuk anak-anak.

10. Kelinci Polandia

jenis kelinci hias adalah, apa jenis kelinci hias, jenis kelinci hias yang bagus, beberapa jenis kelinci hias, jenis jenis kelinci hias, jenis-jenis kelinci hias, jenis kelinci putih, jenis kelinci hias lucu, nama jenis kelinci hias, macam macam kelinci hias, jenis kelinci hias terbaik

Hanya memiliki berat sekitar 1-1,5 kilogram, kelinci Polandia (Polish rabbit) dikenal atas ukuran tubuhnya yang relatif mungil, sehingga cocok untuk tinggal di ruang terbatas. Varietas yang mendapat julukan “Aristokrat” ini, tersedia dalam 7 warna, polos dan bercorak. Umumnya, kelinci Polandia bersikap tenang dan ramah, serta dapat menjadi hewan peliharaan yang sempurna, sekaligus bagian menarik dari sebuah kontes.

Baca Juga:   10 Jenis Hewan Peliharaan yang Lucu untuk Anda

11. Kelinci Continental Giant

apa jenis kelinci hias, berapa jenis kelinci, jenis kelinci hias di indonesia, jenis kelinci hasil persilangan, nama jenis kelinci hias

Karakteristik fisik kelinci continental giant sangat bervariasi, tergantung asal Negara masing-masing. Namun, secara umum, kelinci conintental giant merupakan varietas kelinci terbesar, yang dapat tumbuh hingga mencapai berat 9-11 kilogram dan terdiri dari 8 varian warna. Mereka juga popular atas telinganya yang besar dan tegak.

Kelinci continental giant memiliki kecerdasan luar biasa, terutama jika banyak berinteraksi dengan manusia. Karena itu, mereka sangat disukai sebagai hewan peliharaan, dan populer diarena pertunjukan.

12. Kelinci Flemish Giant

Sebutan “flemish giant”, menggambarkan ukuran tubuh mereka yang relatif lebih besar dibandingkan varietas kelinci lainnya. Berat kelinci jenis flemish giant bisa mencapai 8 kilogram, dengan 7 variasi warna. Mereka digandrungi sebagai hewan peliharaan dan kontes, karena karakter mereka yang begitu tenang, santai, dan ramah pada manusia.

13. Kelinci Amerika

jenis kelinci hias murah, jenis jenis kelinci anggora anakan, apa jenis kelinci hias, beberapa jenis kelinci hias, jenis jenis kelinci hias, jenis-jenis kelinci hias

Jenis kelinci Amerika (American standard rabbit) kini sudah tergolong langka. Hanya tersedia dalam warna putih dan kebiruan, sebelumnya mereka disebut “German Blue Vienna”, yang lantas diganti menjadi “American Blue”, dan sekarang populer dengan sebutan “The American Standard”. Ras kelinci yang satu ini memiliki postur tubuh yang gagah, dengan berat sekitar 5-6 kilogram. Kendati demikian, karakter mereka sangat baik dan tenang, serta dapat menjadi hewan peliharaan yang ramah bagi pemula mupun pemilik kelinci yang sudah berpengalaman.

14. Kelinci Sable Amerika

jenis kelinci hias dan harga, jenis kelinci hias dan gambarnya, jenis kelinci hias dan pedaging, jenis kelinci hias dan namanya, gambar dan jenis kelinci anggora, foto jenis kelinci hias, jenis gambar kelinci hias, harga jenis kelinci hias, jenis kelinci hias di indonesia

Mudah bergaul, ramah, dan energik, merupakan kriteria yang menarik dari kelinci sable Amerika. Namun, tidak hanya itu, mereka juga memiliki warna yang indah, dan mudah dipelihara. Ukuran tubuh kelinci sable Amerika tergolong medium, dengan berat sekitar 4-4,5 kilogram.

15. Kelinci California

jenis jenis kelinci pedaging beserta gambarnya, jenis kelinci pedaging yang bagus, jenis kelinci pedaging paling besar, jenis kelinci pedaging yg bagus, jenis kelinci pedaging dan hias, jenis kelinci pedaging dan harga, jenis jenis kelinci daging

Populer sebagai kelinci pedaging, kelinci California tergolong jinak dan dapat pula menjadi hewan peliharaan. Keunikan kelinci California terletak pada tubuh putih mereka, yang dihiasi warna gelap di bagian telinga, hidung, ekor, dan kaki. Kelinci California berukuran sedang, dengan berat sekitar 5-6 kilogram.

error: