Home » Kucing » 11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

daftarhewan.com. Variasi ras dalam lingkup kucing domestik, terbilang menakjubkan. Terdapat berbagai karakteristik fisik dan perilaku unik dari masing-masing ras, yang memanjakan Anda, dengan pilihan yang beragam. Warna dan corak, hingga bentuk dan ukuran, dapat Anda tentukan sesuai preferensi pribadi.

Ingin kucing domestik besar yang nampak berwibawa, namun tetap nyaman dipeluk? Ada beberapa pilihan ras yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari yang paling populer seperti Maine Coon, hingga yang langka seperti Turkish Van.

11 Kucing Domestik Paling Besar, Tertarik Memelihara?

Tertarik menelusuri karakteristik dari masing-masing ras? Berikut ini 11 ras kucing domestik yang memiliki ukuran tubuh paling besar:

1. Kucing Siberia

kucing siberan, jenis kucing besar yang bisa dipelihara, jenis kucing besar peliharaan, kucing besar jenis apa, jenis kucing berbadan besar, jenis kucing badan besar, jenis kucing bertubuh besar

Dengan badan gempal dan sikap yang manis, kucing Siberia dapat menjadi teman sempurna untuk menemani Anda bersantai di sofa. Memangku dan memeluk kucing Siberia pun dapat memberi Anda relaksasi yang menyenangkan.

Menariknya, kucing Siberia memiliki bulu-bulu luar yang berminyak, sehingga tubuh mereka menjadi tahan air. Sering kali, ras kucing ini juga menunjukkan ketertarikan pada air.
Berat rata-rata: 4-13 kilogram.

Karakter: Mudah beradaptasi, tangkas, cerdas, dan bersahabat dengan manusia.

2. Kucing Ragamuffin

jenis kucing berbadan besar, jenis kucing badan besar, jenis kucing bertubuh besar, jenis kucing berukuran besar, jenis kucing bermata besar, jenis kucing berkepala besar, semua jenis kucing besar, jenis-jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar

Mata bulat, besar, dan ekspresif, menjadi daya tarik Ragamuffin yang paling kentara. Dengan ukuran yang setara dengan boneka beruang, serta warna yang variatif, ras kucing Ragamuffin dapat memenuhi kebutuhan selera Anda terhadap kucing berukuran besar.

Hanya saja, Ragamuffin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menjadi dewasa. Ragamuffin baru mecapai kematangan sekitar usia 4 tahun.

Berat rata-rata: 4-10 kilogram

Baca Juga:   Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan?

Karakter: Tenang, santai, dan ramah terhadap hewan peliharan lain. Ragamuffin juga dapat dilatih untuk melakukan beberapa trik, mengambil benda, hingga berjalan menggunakan tali.

3. Kucing Ragdoll

jenis kucing berukuran besar, jenis kucing bermata besar, jenis kucing berkepala besar, semua jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar, macam macam kucing besar, jenis kucing besar di dunia

Pembawaannya yang tenang, dapat membuat Anda nyaman ketika memeluk mereka. Sesuai namanya, Ragdoll bahkan sangat santai dan dapat terkulai di pangkuan Anda, laiknya boneka kucing berukuran besar.

Perlu Anda ketahui, terdapat kesamaan fitur dan genetik antara Ragdoll dan Ragamuffin, karena mereka memiliki leluhur yang sama. Namun, variasi warna Ragdoll lebih sedikit, dengan mata yang relatif lebih lonjong dan sering kali berwarna biru.

Berat rata-rata: 4-10 kilogram

Karakter: Tenang, gemar bermain, cenderung lebih senang berada di sekitar manusia, serta dapat bersahabat dengan anak-anak dan anjing.

4. Kucing Turkish Van

jenis kucing besar di dunia, spesies kucing besar di indonesia, macam jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar di dunia, gambar jenis kucing besar, hewan jenis kucing besar, jenis kucing besar indonesia, jenis kucing besar jinak, jenis jenis keluarga kucing besar

Tubuh berwarna putih, dengan corak berwarna kontras di bagian kepala dan ekor, menjadi ciri utama ras kucing Turkish Van. Namun, corak yang kontras tersebut juga cukup beragam, mulai dari tabby atau bentuk M, hingga menyerupai cangkang kura-kura.

Uniknya, Turkish Van menyukai air dan mendapat julukan “Swimming Cats” atau kucing berenang di Turki, kampung halamannya. Mereka juga terbilang langka, karena galur murni kucing ini sangat terjaga di habitat asli mereka.

Berat rata-rata: 3,5-10 kilogram

Karakter: rasa ingin tahu yang tinggi, jago melompat, atletis, cerdas, dan aktif, serta dapat menjalin ikatan yang kuat dengan pemiliknya.

5. Kucing Maine Coon

jenis kucing besar jinak, jenis jenis kucing besar di indonesia, jenis jenis keluarga kucing besar, jual kucing jenis besar, jenis jenis spesies kucing besar, jenis kucing kepala besar, jenis keluarga kucing besar, macam kucing besar, jenis kucing mata besar, macam macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar

Tidak hanya besar, Maine Coon atau Kucing Menkun juga menjadi kucing terpanjang, karena ekor mereka yang menakjubkan. Lagipula, popularitas Maine Coon bukan tanpa alasan. Mereka dapat menjadi hewan kesayangan yang ideal, karena kucing domestik besar ini memiliki sikap yang lembut, loyal, penuh kasih sayang, dan penampilan mewah dengan bulu-bulu megar yang begitu menawan.

Berat rata-rata: 4,5-9 kilogram

Karakter: Ramah anak dan anjing, suka bermain, penuh kasih sayang, dan sangat bersahabat dengan manusia.

Baca Juga:   Mengenal Nama Kucing Nabi Muhammad

6. Kucing British Shorthair

semua jenis kucing besar, jenis-jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar, macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar, berapa jenis kucing, berapa jenis kucing di dunia, tipe kucing besar, macam macam kucing besar, macam macam jenis kucing besar, macam kucing besar

Awalnya, British Shorthair dikembangbiakkan sebagai kucing penangkap tikus di area ladang dan setapak permukiman Inggris. Karena itu, mereka memiliki mata besar yang waspada dan tubuh yang kekar. Ras British Shorthair memiliki warna bulu yang variatif, namun biru keabuan menjadi tampilan klasik bagi mereka.

Berat rata-rata: 4,5-9 kilogram

Karakter: Independen dan tidak menuntut perhatian. British Shorthair cenderung pemalu, namun dapat pula bersikap hangat dan manis jika mendapat kasih sayang yang cukup. Mereka cenderung tenang, dapat mengendalikan diri, serta cukup bersahabat dengan anak-anak.

7. Kucing Bengal

macam macam jenis kucing besar, semua jenis kucing besar, jenis-jenis kucing besar, jenis jenis kucing besar, macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar, berapa jenis kucing di dunia, tipe kucing besar, macam macam kucing besar, macam kucing besar

Anda dapat mengenali kucing ras Bengal dari corak tubuh mereka yang eksotis dan menyerupai kucing hutan. Sebagian ras Bengal memiliki “glitter gene” yang membuat bulu-bulu mereka nampak berkilauan seperti terselubungi oleh embun yang membeku.

Berat rata-rata: 3-9 kilogram

Karakter: Percaya diri dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Suka terlibat dalam berbagai aktivitas manusia, gemar berkejaran, memanjat, dan eksploratif.

8. Kucing Pixiebob

jenis2 kucing besar, jenis kucing ras besar, ras kucing besar, jenis kucing tulang besar, tipe kucing besar, jenis kucing ukuran besar, jenis kucing dengan ukuran besar, jenis kucing yang besar, jenis kucing yg besar, jenis kucing peliharaan yang besar

Seperti Bengal, Pixiebob juga mempunyai aura kucing hutan, namun dengan sikap yang sangat bersahabat. Sebagian Pixiebob berpotensi mengalami kondisi polidactyl, hingga tumbuh tujuh jari pada satu kaki.

Berat rata-rata: 4-8,5 kilogram

Karakter: Aktif dan atraktif, namun penuh kasih sayang, serta bersahabat dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Seperti Ragamuffin, Pixiebob dapat dilatih untuk melakukan berbagai macam trik, mengambil benda, dan berjalan-jalan menggunakan tali.

9. Kucing Hutan Norwegia

macam macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar, jenis kucing besar dari zaman purba, jenis kucing paling besar, jenis kucing paling besar di dunia, spesies kucing paling besar, jenis kucing yang paling besar, jenis2 kucing besar ras kucing besar

Karakteristik fisik Kucing Hutan Norwegia terlihat sangat gagah, dengan mata cerah, ekor yang megar, serta tubuh kekar yang kuat. Meski sekilas terlihat liar, kucing Hutan Norwegia memiliki insting alami sebagai hewan peliharaan yang ramah.

Di Norwegia, mereka disebut Skogkatt. Kucing ini termasuk ras alami, dan tidak memiliki leluhur dari kucing-kucing besar di alam liar.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

Berat rata-rata: 4-8 kilogram

Karakter: memerlukan ketinggian untuk mengawasi teritorial, sehingga kerap memanjat. Namun, kucing ini juga dapat bersikap tenang dalam pelukan manusia, santai, tidak mudah stres, dan dapat berinteraksi dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

10. Kucing American Bobtail

jenis kucing besar jinak, jenis jenis kucing besar di indonesia, jenis jenis keluarga kucing besar, jual kucing jenis besar, jenis jenis spesies kucing besar, jenis kucing kampung besar, jenis kucing kepala besar, jenis keluarga kucing besar, macam kucing besar, jenis kucing mata besar

Penampilan American Bobtail terlihat seperti kucing hutan, namun tentu saja mereka tidak buas dan liar. Leluhur American Bobtail mencakup aneka jenis kucing domestik berukuran besar, seperti Birman, Himalaya, tabby dan Siam.

Berat rata-rata: 3,5-8 kilogram

Karakter: Aktif, cerdas, dan ramah. Mereka tergolong atraktif, dan membutuhkan porsi aktivitas yang cukup, agar tidak merasa bosan.

11. Kucing Selkirk Rex

jenis kucing flat nose, jenis kucing flat, kucing flat nose, jenis kucing flatface

Bulu-bulu keriting yang alami, membuat Selkirk Rex terlihat sangat khas dan berbeda. Namun, mereka tidak selalu memiliki bulu-bulu keriting yang sama sejak usia muda. Sebagian ras Selkirk Rex dapat kehilangan keunikannya di usia 16 minggu dan muncul kembali di usia 8-10 bulan. Gelombang pada bulu mereka juga membesar seiring pertambahan usia. Oh ya, ia juga termasuk jenis kucing flat face lho..

Berat rata-rata: 3-8 kilogram

Karakter: Ramah, santai, bersahabat, dan dapat menjalin ikatan dengan manusia.

Apakah Anda tertarik memelihara salah satu ras kucing domestik terbesar?

Yang perlu Anda ketahui, terdapat ras-ras tertentu yang membutuhkan waktu ekstra untuk dewasa, bahkan ada yang mencapai usia 5 tahun. Anda juga perlu cermat memilih ras, karena yang terpenting dari kucing domestik bukan hanya beratnya, melainkan juga proporsi yang baik dengan tinggi dan panjang badan.

Selain itu, terdapat karakteristik fisik dan perilaku dari ras kucing domestik terbesar. Pastikan Anda mencermati dan memahaminya lebih dulu, sebelum memiih ras kucing domestik yang paling tepat. Terutama, jika Anda tengah mencari hewan peliharaan baru bagi keluarga.

error: