Fakta Jenis Kucing Bombay, si Hitam Pekat

daftarhewan.com. Kucing hitam pekat memiliki pesona misterius yang memikat. Bagi Anda yang kerap terpesona dengan aura magis tersebut, memelihara kucing Bombay akan menjadi pilihan yang tepat.

macam macam kucing hitam, jenis kucing warna hitam, jenis kucing bulu hitam, jenis kucing berwarna hitam, jenis jenis kucing hitam, kucing hitam pekat, ras kucing hitam, jenis kucing kuping hitam, jenis kucing muka hitam, macam macam kucing warna hitam

Tentang Kucing ras Bombay

Yuk, cari tahu selengkapnya tentang kucing Bombay, dari penjelasan berikut ini:

a. Ukuran

Sedang

b. Berat

  • Jantan: 4-5,5 kg
  • Betina: 3-4,5 kg

c. Mantel Bulu

Pendek

d. Variasi Warna

Hitam

e. Karakter dan Perilaku

Kucing Bombay memiliki temperamen yang santai, namun sangat energik. Mereka dapat menjadi hewan peliharaan yang tepat untuk apartemen yang tenang, maupun rumah yang riuh dengan keceriaan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

Mereka mengeong kepada pemiliknya dengan suara yang khas, dan amat terhibur dengan aneka mainan interaktif. Jenis Kucing Bombay kerap mencari tempat yang hangat, seperti pancaran sinar matahari dari jendela atau di balik selimut bersama pemiliknya.

Baca Juga:   Fakta Kucing Abyssinian, yang Eksotis dan Memesona

f. Masa hidup

12-16 tahun

g. Ciri fisik

kucing bombay harga, jual kucing bombay, jenis kucing bombay, beli kucing bombay, asal kucing bombay, perawatan kucing bombay, umur kucing bombay, ciri kucing bombay, ciri ciri kucing bombay, kucing jenis bombay, makanan kucing bombay, kucing ras bombay, asal kucing bombay, ciri kucing bombay

Bulu hitam legam menjadi ciri khas utama pada ras kucing Bombay, dengan warna mata kontras, mulai dari emas hingga tembaga. Namun, meski gen hitam begitu dominan, ada kalanya terlahir anakkucing hitam kecokelatan, dan beberapa asosiasi mengizinkan anak-anak kucing ini terdaftar sebagai ras kucing Bombay.

Selain mantel bulu hitam, kucing Bombay memiliki postur tubuh yang mirip kucing Burma. Hanya saja, mereka memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih panjang, dengan kaki yang lebih jenjang. Sementara bagian kepala cenderung bulat, dengan telinga tegak, lebar, dan berukuran sedang.

h. Asal muasal

Seorang peternak dari Louisville, bernama Nikki Horner,  mulai mengembangkan ras kucing Bombay, pada tahun 1950-an dengan mengawinkan kucing Burma hitam kecokelatan, dengan kucing American Shorthair hitam. Cat Fanciers Association (CFA) mengakui ras Bombay di tahun 1978, dan kini mereka teah diakui oleh semua asosiasi kucing.

Baca Juga:   Panduan Ringkas: Cara Memberi Makan Anak Kucing

Meski persilangan ras kucing Bombay dengan ras American Shorthair dan ras Burma masih memungkinkan, namun tindakan tersebut jarang dilakukan, karena terdapat perbedaan tipe tubuh di antara ras-ras kucing tersebut.

i. Perawatan Bulu

Mantel bulu kucing Bombay begitu padat, sehingga memiliki tingkat shedding yang rendah. Dengan membelai secara teratur dan menyikat tubuh mereka 1-2 kali seminggu, cukup untuk menyingkirkan bulu-bulu yang terlepas dan menjaga mantel bulu kucing Bombay tetap berkilau.

j. Kesehatan

Salah satu risiko penyakit genetik pada ras kucing Bombay, yaitu cacat kraniofasial, yang terkadang nampak pada anak kucing yang baru lahir. Namun, para peternak terus berupaya untuk menghindari pengembangbiakkan kucing Bombay yang membawa gen penyakit tersebut.

Di samping itu itu, kucing Bombay juga lebih rentan terhadap kardiomiopati hipertrofi, mata berair, dan masalah pernapasan, karena struktur wajah mereka yang cenderung rata.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ketahui Penyebabnya

k. Makanan Kucing Bombay Dewasa

Postur tubuh kucing Bombay relatif lebih padat dibandingkan sebagian besar ras kucing lainnya. Selain itu, mantel bulu hitam yang halus dan berkilai juga dapat menyembunyikan penambahan berat badan mereka.

Maka, sangat penting bagi Anda untuk memantau asupan makanan bagi kucing Bombay. Dan, jika perlu, beri mereka produk makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk mendapatkan berat badan ideal.

l. Makanan Anak Kucing

Ras kucing Bombay berkembang relatif lebih lambat dari ras lain, dan bisa jadi tidak mencapai kematangan hingga mereka berusia 2 tahun. Kendati demikian, Anda tetap perlu mendukung tumbuh kembang anak kucing Bombay, dengan produk makanan khusus anak kucing yang lengkap dan seimbang.

m. Fakta menarik

  • Ras kucing Bombay dikembangkan dengan menyerupai macan tutul hitam di India.
  • Horner menamai ras kucing Bombay dengan nama kota pelabuhan yang eksotis, tempat kucing liar ini ditemukan.
  • Ada sebagian kucing Bombay yang berwarna hitam di sekujur tubuh, termasuk pada telapak kakinya.
error: