Home » Kucing » Jenis Kucing Calico, Si Belang Tiga Berpenampilan Menarik

Jenis Kucing Calico, Si Belang Tiga Berpenampilan Menarik

daftarhewan.com. Ketika mendengar nama kucing kaliko, sebagian besar orang akan menganggapnya sebagai salah satu galur atau ras kucing tertentu. Padahal, sama seperti kucing tabby atau cangkang penyu, kucing calico / kucing kaliko a.k.a kucing belacu bukanlah tentang genetika, melainkan corak dan warna.

macam macam jenis kucing calico, kucing calico adalah, kucing jenis calico, kucing calico betina, apa itu kucing calico, persilangan kucing calico, kucing calico persia, jenis kucing persia calico, kucing calico, kelebihan kucing calico, nama kucing jenis calico, kucing calico itu apa, warna kucing calico, apa itu jenis kucing calico

Kucing Calico adalah?

Kucing calico merupakan sebutan bagi kucing domestik tiga warna atau belang tiga. Umumnya, kucing caliko memiliki warna jingga-hitam-putih yang kontras, sehingga nampak sangat eye-catching.

Apakah Anda juga salah satu pengagum kucing calico? Jika hendak memelihara mereka, pahami dulu seluk-beluk tentang kucing calico, berikut ini:

A. Bagaimana warna kucing calico terbentuk?

Bukan berasal dari galur atau ras tertentu, warna kucing calico merupakan anomali yang terbentuk secara natural. Variasi unik ini bawaan dari genetik yang dikenal dengan sebutan Mosaic Expression, dan terdapat pula pada kucing bercorak cangkang penyu.

Pengetahuan tentang kromosom pada kucing calico, mulai diketahui sejak para peneliti mempelajari genetika kucing calico di tahun 1940-an. Murray Barr dan E.G. Bertram, mengamati bahwa terdapat bagian gelap berbentuk stik dalam inti sel saraf kucing betina, yang tidak ada pada kucing jantan.

Baca Juga:   Penyakit Kucing Buang Air Besar Berdarah

Bagian gelap ini ditetapkan sebagai kromosom X pada tahun 1959 oleh ahli biologi sel asal Jepang, bernama Susumu Ohno. Pada tahun 1961, Mary Lyon mengusulkan konsep inaktivasi salah satu kromosom X, yang lantas berpengaruh pada pola warna di tubuh tikus percobaan.

Menurut Meowingtons, seekor kucing membutuhkan dua kromosom X untuk menampilkan pola calico tiga warna. Implikasinya, jika kucing memiliki sepasang kromosom XX, maka ia akan menjadi kucing betina. Sedangkan, kucing jantan dengan pasangan kromosom XY, hampir tidak ada yang menampilkan warna calico.

B. Jenis Warna Kucing Calico

Dan, berdasarkan syarat genetik tersebut, kucing calico bisa saja berasal dari berbagai ras kucing.

Menurut All About Cats, berikut ini 3 jenis kucing calico berdasarkan tipikal warnanya :

  • Dilute: memiliki tiga warna berbeda, dengan intensitas warna yang lembut dan kurang kontras, seperti pewarnaan cat air.
  • Tortoiseshell: perpaduan tiga warna solid, dengan batas-batas yang random, acak, dan berbaur di beberapa bagian. Warna torti biasanya didominasi oleh warna jingga atau hitam.
  • Patched Tabby: terdiri dari tiga warna, dengan sebagian pola tabby pada warna jingga tau hitam.
Baca Juga:   Daftar Nama-nama Kucing Korea dan Artinya

macam macam jenis kucing calico, jenis warna kucing calico, apa itu jenis kucing calico, nama kucing jenis calico, kucing jenis calico, warna kucing calico, apa itu kucing calico, persilangan kucing calico, kucing calico adalah, kucing calico, jenis jenis kucing calico, kucing calico betina, kucing calico harga, sifat kucing calico karakter kucing calico, kucing calico persia, jenis kucing persia calico

C. Bagaimana kepribadian, masa hidup, dan masalah kesehatan pada kucing calico?

Secara umum, masa hidup kucing berkisar antara 12-16 tahun. Dalam kondisi ideal, angka tersebut berlaku pula untuk kucing calico. Dan, sama seperti kucing lainnya, mereka memiliki kepribadian yang independen dan cenderung usil, namun juga punya sisi yang lembut, setia, dan penuh kasih sayang.

Dengan kata lain, Mosaic Expression yang memengaruhi pewarnaan kucing calico, tidak berdampak secara langsung pada temperamen dan harapan hidup mereka. Maka, akan lebih akurat jika Anda mencermati poin-poin tersebut berdasarkan bawaan dari ras kucing.

Hanya saja, keunikan kucing caliko bukan berarti tanpa masalah. Ada pula kondisi langka pada kucing calico, yang dapat berdampak cukup signifikan. Meski sangat jarang terjadi, ada kucing calico yang terlahir jantan, sehingga memiliki kromosom yang janggal. Akibatnya, mereka akan steril dan menjalani masa hidup yang cenderung lebih pendek dari kucing lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kucing calico jantan tidak memiliki masalah kesehatan yang spesifik, dan memerlukan perawatan yang sama seperti kucing biasa. Kendati demikian, Anda tetap wajib mengunjungi dokter hewan secara rutin, untuk mendeteksi gangguan kesehatan, yang bisa saja terjadi pada segala jenis kucing, baik jantan maupun betina.

kucing calico adalah, sifat kucing calico betina, contoh kucing calico, yang dimaksud kucing calico, fakta kucing calico jantan, foto kucing calico, fakta tentang kucing calico, gambar kucing calico, kucing calico indonesia, jenis kucing calico, keistimewaan kucing calico, karakter kucing calico, kelebihan kucing calico, keistimewaan kucing calico jantan, persilangan kucing kaliko, sifat kucing calico, seputar kucing calico, info tentang kucing calico, kucing kaliko umumnya, umur kucing calico, kucing warna calico, jenis warna kucing calico, kucing 3 warna calico

Kucing Calico unik via : thesprucepets.com

D. Apakah kucing calico dapat berasal dari ras apapun?

Hampir seluruh ras kucing dapat menampilkan pola warna calico. Namun, terdapat pengecualian bagi ras tertentu, seperti Siam atau Himalaya, serta galur murni yang hanya menghasilkan warna solid, seperti Bombay, Russian Blue, dan British Shorthair.

Baca Juga:   Daftar Nama Kucing Lucu untuk Jantan dan Betina

Artinya, Anda dapat menemukan kucing calico, pada ras Persia, Manx, Maine Coon, hingga Scottish Fold. Calico pun menjadi corak yang paling populer pada ras Bobtail Jepang.

E. Bagaimana posisi kucing calico dalam peradaban manusia?

Sejak lama, kucing calico kerap menjadi bagian dari budaya, antara lain:

Pada akhir abad ke-19, terdapat puisi anak-anak karya Eugene Fields, yang berjudul “The Duel”, menampilkan “the gingham pup and the calico cat” .

Pada bulan Oktober 2001, negara bagian Maryland secara resmi mencanangkan kucing calico sebagai “Kucing Kebangsaan”, karena memiliki tiga warna yang identik dengan Maryland. Kucing calico juga memiliki persamaan warna dengan Oriole Baltimore sebagai burung kebangsaan Maryland, dan kupu-kupu Checkerspot sebagai serangga kebangsaan.

Dalam cerita rakyat dari berbagai budaya, kucing calico dipercaya dapat membawa keberuntungan. Bahkan, di Amerika Serikat, ada yang menyebut kucing calico sebagai kucing uang. Sementara di Jepang, figur Maneki-Neko menampilkan kucing calico, sebagai pembawa keberuntungan.

error: