Home » Kucing » 10 Jenis Kucing yang Penampilannya Paling Cantik

10 Jenis Kucing yang Penampilannya Paling Cantik

daftarhewan.com. Setiap ras kucing memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Bagi pecinta kucing, ras murni maupun campuran, sama-sama menarik dan patut disayangi sepenuh hati.

Sehingga, menunjuk beberapa ras sebagai kucing tercantik atau terbaik, hanya akan mendiskreditkan pesona kucing-kucing lainnya.

Namun, bukankah selalu ada stereotip atau standar sosial?

Meski keindahan bisa jadi perihal yang sangat subjektif, ada sebagian ras kucing yang umumnya selalu mengundang kekaguman, bahkan di luar lingkup pecinta kucing. Ras-ras ini memiliki karakteristik fisik yang tidak biasa, sehingga tampak menakjubkan bagi banyak orang.

Macam macam Kucing Cantik

Apa saja ras-ras kucing dengan tampilan yang paling cantik memukau? Check this out!

1. Kucing Persia

jenis kucing paling cantik, jenis kucing yang cantik, jenis kucing rumahan cantik, macam-macam kucing yang cantik, jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing lucu di indonesia, jenis kucing kucing, jenis kucing yang imut

Ras Persia kerap dianggap sebagai ikon dari keindahan dan keanggunan. Pesona mereka begitu kuat, dengan mata besar yang jernih, ekspresi yang tenang, serta bulu panjang yang megar dan lembut.

Pada tahun 1800-an, ras Persia dianggap berharga di Inggris karena tubuh yang gempal dan bulu-bulu panjang yang mengagumkan. Dari masa ke masa, ras kucing Persia menjadi hewan peliharaan yang mendapat privilese lebih dari ras lainnya. Mereka dimanja dan disayangi, karena bernilai tinggi dan menunjukkan suatu kemewahan.

2. Kucing Angora (Turkish Angora)

jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing lucu di indonesia, jenis kucing kucing, jenis kucing yang imut, jenis kucing terindah, jenis kucing bagus, jenis kucing dan foto, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, 10 jenis kucing, jenis kucing favorit, jenis kucing paling jinak, jenis kucing terbagus, beberapa jenis kucing

Penampilan Turkish Angora tampak elegan, karena bulu-bulu tubuh yang lembut dan lebih tebal di bagian leher, ekor panjang dan megar, serta telinga yang berumbai. Di samping itu, Turkish Angora juga melalui sejarah dan proses yang cukup panjang, sebelum terbentuk menjadi ras yang valid dan diakui.

Baca Juga:   11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

Awalnya, kucing berbulu panjang dari Persia dan Armenia, datang ke Eropa pada abad ke-16. Gambaran mengenai ras ini terdapat dalam Buffon’s Histoure Naturell tahun 1756, dengan wujud yang persis seperti sekarang. Jenis kucing tersebut pun berkembang di Amerika Serikat sekitar tahun 1700-an.

Ketika itu, Persia dan Angora masih dikembangbiakkan bersama. Namun, pada tahun 1900-an, pemerintah Turki membentuk program pengembangbiakkan di Kebun Binatang Ankara, yang bertujuan untuk melestarikan Angora putih. Penduduk Amerika pun membeli ras kucing ini secara langsung dari kebun binatang pada tahun 1960-an, dan Turkish Angora pun semakin populer dari masa ke masa.

3. Kucing Birman

apa saja jenis kucing, apa saja jenis jenis kucing, jenis jenis kucing cantik, berapa jenis kucing, berbagai jenis kucing, berapa jenis kucing di dunia, nama jenis kucing, nama jenis kucing di indonesia, nama jenis jenis kucing, nama-nama jenis kucing, nama nama jenis kucing, jenis kucing peliharaan yang pintar, jenis kucing peliharaan besar, jenis kucing yg pintar

Bulu-bulu megar yang lembut seperti kapas dan mata biru yang memesona, membuat ras Birman atau Birma tampak mewah, dengan kecantikan yang universal. Umumnya, Birman terlahir dengan warna putih, lantas berkembang dengan aneka gradasi warna, mulai dari abu-abu, cokelat, lilak, kemerahan dan krem. Terlebih, ekspresi Birman juga begitu manis dan elegan. Mereka menampilkan keanggunan yang tidak kalah menawan dari ras Persia yang lebih populer.

4. Kucing Siam

jenis kucing paling cantik, jenis kucing yang cantik, jenis kucing terindah, jenis kucing bagus, jenis kucing unik, jenis kucing terimut, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, jenis kucing paling populer

Proporsi tubuh yang ideal, menjadi kekuatan utama bagi kucing Siam. Namun, kucing Siam terlihat menarik di mata dunia, karena memiliki ciri artistik berupa warna wajah yang cenderung lebih gelap.

Ras kucing ini bertindak menjadi penjaga istana pada masa Siam Kuno, yang kini kita kenal sebagai Thailand. Pada tahun 1871, Seal Point Siamese tampil di National Crystal Palace Show pertama di Inggris, dan menuai sensasi di tengah masyarakat yang sudah terbiasa dengan stereotip penampilan British Shorthair.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Flat Face, "Flat nose" yang Menggemaskan

5. Kucing Ocicat

jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing terindah, jenis kucing dan foto, jenis jenis kucing yang cantik, jenis jenis kucing imut, jenis-jenis kucing peliharaan, jenis kucing terbagus, beberapa jenis kucing

Corak khas kucing hutan pada Ocicat, sesungguhnya terbentuk melalui hasil persilangan yang cukup mengejutkan. Pada tahun 1964, kawin silang antara kucing Siam dan Abyssinia, diharapkan akan menghasilkan ras kucing bercorak tabby pada wajahnya. Namun, anak kucing yang diberi nama Tonga tersebut justru memiliki corak tutul keemasan pada tubuhnya.

Dan, setelah pengembangbiakkan selama 23 tahun, dengan penambahan genetik American Shorthair yang memberikan warna silver, terbentuk ras kucing Ocicat yang lantas menerima gelar dari CFA Championship pada tahun 1987. Mereka memiliki tubuh yang atletis, dengan corak klasik yang memukau.

6. Kucing Bombay

macam macam kucing hitam, jenis kucing warna hitam, jenis kucing bulu hitam, jenis kucing berwarna hitam, jenis jenis kucing hitam, kucing hitam pekat, ras kucing hitam, jenis kucing kuping hitam, jenis kucing muka hitam, macam macam kucing warna hitam

Seperti Ocicat, ras kucing Bombay juga memiliki penampilan yang menyerupai kucing hutan. Terbentuknya Bombay berawal dari keinginan seorang peternak di tahun 1958, yang mendambakan sosok kucing seperti Black Panther a.k.a macan kumbang.

Bombay merupakan hasil persilangan antara ras kucing Burma dengan American Shorthair berwarna hitam. Pengembangbiakkan tersebut membentuk Bombay menjadi kucing hitam, dengan mata tembaga kekuningan, dan tubuh kekar yang memberi mereka aura Black Panther, dalam ukuran yang lebih kecil.

7. Kucing Cornish Rex

jenis kucing mungil,jenis jenis kucing peliharaan kecil, jenis kucing kepala kecil, jenis kucing yang kecil, jenis kucing yang selalu kecil, jenis kucing yang ukurannya kecil, jenis jenis kucing kitten

Bulu tubuh yang bergelombang, membuat Cornish Rex tampak unik dan berbeda dari ras lainnya. Mereka juga terlihat aktif, karena memiliki tubuh yang ramping, berkaki panjang, dan atletis.

Persona kelincahan tersebut juga ditunjang oleh raut wajah yang terbentuk dari rahang tinggi, hidung menonjol, mata oval, dan telinga yang besar. Singkat kata, penampilan Cornish Rex yang nyentrik dan jenaka ini menciptakan daya tarik dan pesona tersendiri, terutama dalam kontes hewan peliharaan.

8. Kucing Russian Blue

macam macam kucing cantik, jenis kucing paling cantik, jenis kucing yang cantik, jenis kucing rumahan cantik, macam-macam kucing yang cantik, jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing unik, jenis kucing paling imut, jenis kucing terimut, jenis kucing dan foto

Bulu berwarna biru keabuan dengan semburat silver, memberikan kesan mewah pada penampilan Russian Blue. Mereka juga nampak elegan dengan tubuh yang ramping, kekar, dan proporsional. Warna mata hijau zamrud pun nampak mencolok dan menambah daya tarik pada ras kucing ini.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

Masih seiring dengan namanya, Russian Blue berasal dari Rusia Utara. Mereka sempat nyaris punah di Inggris pasca Perang Dunia II. Namun, di akhir 1960-an, peternak Amerika mengimpor kucing dari Skandinavia dan melakukan pengembangbiakkan selama 30 tahun, hingga akhirnya berhasil mendapatkan penampilan khas Russian Blue. Ras ini pun bertahan, dan populer atas kecerdasan dan karakternya yang menyenangkan.

9. Kucing Abisinia

jenis kucing tercantik di dunia, jenis kucing paling cantik, jenis kucing terimut, jenis kucing blasteran, 10 kucing tercantik di dunia, kucing tercantik sedunia, kucing tercantik di dunia, jenis kucing didunia, jenis kucing eksotis, jenis kucing tercerdas, jenis jenis kucing cantik, kucing tercantik dunia, jenis kucing terindah, jenis kucing rumahan cantik, jenis kucing yang cantik, macam-macam kucing yang cantik

Termasuk salah satu ras kucing tertua di dunia, Abyssinia memiliki tampilan antik dengan bulu-bulu halus dan bertekstur. Sosok Abyssinia juga makin mengagumkan, karena punya mata yang besar dan ekspresif, serta corak yang indah beraksen kasar laiknya lukisan pointilis.

Di samping itu, ras Abyssinia memiliki variasi warna bulu yang menarik, mulai dari keemasan, merah, hingga biru keabu-abuan. Mereka tampil energik dengan postur tubuh yang ramping dan berotot, serta ekspresi wajah yang waspada dan rasa ingin tahu yang tinggi. Secara naluri, mereka lebih senang diajak bermain, alih-alih duduk manis di pangkuan Anda.

10. Kucing Maine Coon

jenis kucing besar jinak, jenis jenis kucing besar di indonesia, jenis jenis keluarga kucing besar, jual kucing jenis besar, jenis jenis spesies kucing besar, jenis kucing kepala besar, jenis keluarga kucing besar, macam kucing besar, jenis kucing mata besar, macam macam jenis kucing besar, nama jenis kucing besar

Ukuran tubuh yang relatif besar, berbalut bulu-bulu panjang yang variatif, membuat Maine Coon tidak pernah gagal menuai kekaguman. Terlebih, bobot Maine Coon dapat mencapai 10-15 kilogram, dengan postur tubuh yang kokoh dan ekor megar.

Bahkan, tidak sekadar menawan, fitur tubuh Maine Coon juga fungsional. Karakteristik fisik Maine Coon mencerminkan asal-muasalnya sebagai kucing ladang di New England.

Setiap lapisan bulu pada tubuhnya berfungsi sebagai pelindung dari gempuran cuaca, dan bulu ekornya yang tebal dapat menambah kehangatan ketika mereka meringkuk untuk beristirahat.

error: