Home » Kucing » 7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

daftarhewan.com. Ras kucing Persia, British Shorthair, dan kucing Siam, telah lama populer, bahkan di luar kalangan pecinta kucing. Ras-ras unik seperti Bengal, Sphynx, dan Maine Coon, bahkan mulai menjadi bahan perbincangan, seiring dengan tenarnya para influencer di dunia hewan.

Namun, pernahkah Anda mendengar ras Sokoke, Minskin, dan Korat?

Bagi masyarakat umum, ras-ras kucing tersebut nyaris tak pernah terlintas dalam pikiran. Eksitensi mereka tidak memperoleh publisitas yang cukup, karena mereka terbilang sebagai ras-ras kucing paling langka di dunia.

7 Ras Kucing Paling Langka yang Sungguh Istimewa

Wah, apa saja ras-ras kucing istimewa yang termasuk dalam golongan ini? Berikut ini 7 kucing paling langka di dunia:

1. Kucing Ragamuffin

jenis kucing langka di dunia, jenis kucing langkah, jenis kucing langka di indonesia, jenis kucing langka dan mahal, jenis kucing langka indonesia, macam macam kucing langka, jenis kucing kampung langka

Termasuk ras milenial, Ragamuffin baru saja diperkenalkan pada tahun 2003. Mereka sering kali dianggap sebagai Ragdoll karena memiliki mata besar dan tajam, serta bulu-bulu panjang yang lembut.

Kendati kurang tepat, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Dalam diri Ragamuffin, memang terdapat genetik kucing jalanan dan Ragdoll, yang sudah lebih dulu populer.
Menariknya, upaya dan biaya pemeliharaan Ragamuffin terbilang ringan, karena bulu-bulu panjang mereka tidak mudah kusut atau mengalami kerontokan.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Flat Face, "Flat nose" yang Menggemaskan

Mereka juga bertubuh kuat dan besar, serta bersahabat dengan manusia. Namun, kabar buruknya, saat ini Ragamuffin masih tergolong ras kucing yang langka dan tidak mudah ditemukan.

2. Kucing Sokoke

jenis kucing paling langka di dunia, jenis jenis kucing langka, ras kucing langka, kucing langka di indonesia, jenis kucing paling langka, jenis kucing tutul

Sekilas, ras Sokoke mirip dengan Bengal, karena dihiasi corak artistik berwarna kecokelatan di sekujur tubuh mereka. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, corak tubuh Sokoke punya keunikan tersendiri, dengan garis-garis melengkung yang menyerupai motif kayu.

Berbeda dengan Bengal yang atraktif, kucing eksotis yang berasal dari Kenya ini berkarakter tenang dan santai. Di wilayah asalnya, Sokoke menjadi kucing liar yang kerap berkeliaran di sepanjang pantai.

3. Kucing Burmilla

jenis kucing terbagus, jenis kucing rumahan langka, kucing langka indonesia, jenis kucing yang langka, 3 jenis kucing, 5 jenis kucing, jenis kucing bagus, jenis jenis kucing di indonesia, mungkin ada

Terlihat begitu glamor dengan bulu putih yang berkilau keperakan, Burmilla juga memiliki mata indah bergaris hitam, laiknya menggunakan eyeliner. Sesuai singkatan namanya, Burmilla merupakan hasil persilangan antara Burmese dan kucing Persia Chincilla, yang dikembangbiakkan di Inggris. Burmilla cukup populer di wilayah Britania Raya, dan tidak begitu dikenal di Indonesia.

Baca Juga:   10 Nama Kucing Islami yang Bagus Beserta Artinya

4. Kucing Turkish Van

berapa jenis kucing, jenis kucing langka di indonesia, jenis jenis kucing langka, kucing langka di indonesia, nama jenis kucing, nama jenis jenis kucing

Bulu-bulu panjang berwana putih, dengan corak kontras di bagian kepala dan ekor, menjadi ciri khas yang paling kentara dari Turkish Van. Namun, bukan hanya tentang penampilan. Turkish Van termasuk kucing istimewa, karena mereka menyukai air dan sering kali berenang di sungai.

Sesuai namanya, kucing luar biasa ini berasal dari Turki Timur di wilayah Lake Van. Mereka telah dikembangbiakkan sejak tahun 1800-an, dan tergolong langka karena pemerintah Turki sangat menjaga galur murni Turkish Van di negaranya.

5. Kucing Minskin

kucing langkah, kucing langka dan mahal, kucing langka yang hampir punah, kucing langka di dunia, kucing langka yang bisa dipelihara, bulu kucing langka, jenis kucing langka dan mahal, foto kucing langka, gambar kucing langka, jenis kucing langka, macam macam kucing langka

Kucing Sphynx telah banyak mendapat perhatian publik karena tubuh yang tanpa bulu. Sementara kucing Munchkin, dianggap lucu dan istimewa karena empat kakinya yang pendek-pendek. Lantas, bagaimana jika keduanya digabungkan?

Voila! Jadilah Minskin, kucing tanpa bulu, dengan kaki yang pendek-pendek. Perpaduan ini masih sangat langka, meski kita tentu sudah dapat menebak asal-usul genetik pembentuk sosok Minskin yang eksentrik.

6. Kucing LaPerm

kucing paling langka, kucing paling langka di dunia, kucing peliharaan langka, kucing ras langka, kucing ter langka, kucing terlangka langka, 7 kucing langka, kucing yang langka, kucing yg langka, warna kucing yang langka

Indukan awal kucing LaPerm merupakan kucing ladang domestik bernama Curly. Mewarisi genetik bulu-bulu lembut dan bergelombang laiknya pudel, LaPerm berkembang menjadi ras kucing yang unik dan istimewa. Mereka juga sangat bersahabat dengan manusia, dan memiliki warna bulu yang variatif.

Baca Juga:   Apa Manfaat Memelihara Kucing?

7. Kucing Korat

jenis kucing langka di dunia, jenis kucing langkah, macam macam kucing langka, jenis kucing kampung langka, jenis kucing paling langka di dunia, jenis jenis kucing langka, ras kucing langka, kucing langka di indonesia, jenis kucing paling langka

Penampilan kucing Korat terlihat sangat elegan, dengan warna abu-abu mengkilap, dihiasi semburat perak atau kebiruan. Dalam sejarah kuno, ras kucing Korat menghuni biara-biara di Kerajaan Siam pada abad ke-14. Kucing Korat menempati posisi yang tinggi, dan hanya diperuntukkan bagi para pejabat Thailand atau perwakilan asing yang mendapat kehormatan.

Apakah kamu tertarik memelihara salah satu ras kucing langka di atas?

Sayang sekali, tidak semudah itu. Mereka dianggap langka, karena hanya 2-4% saja orang yang memiliki keturunan dari ras kucing tersebut.

Jadi, mereka bukan hanya sekadar ras kucing dengan label harga yang mahal, melainkan juga entitas yang sangat penting bagi para pecinta kucing di muka bumi. Dan, jika Anda menjadi salah satu pemiliknya, maka Anda juga turut bertanggung jawab terhadap kelestarian ras kucing langka tersebut. Nah, apakah Anda siap dengan konsekuensinya?

error: