Jenis Kucing Manx, si Bulat yang Menggemaskan

daftarhewan.com. Ketiadaan ekor menjadi ciri khas utama pada ras kucing Manx. Postur tubuh mereka yang cenderung bulat, juga membuat Manx tampak menggemaskan, meski berukuran relatif besar.

kenapa kucing ekornya pendek, tanda kucing ekor pendek

Kucing Jenis Manx

Tapi, apakah karakter dan pembawaan mereka cocok dengan Anda? Nah, berikut ini seluk-beluk dan ciri-ciri kucing Manx yang perlu Anda simak:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 4,5-6,5 kg
  • Betina: 3,5-5,5 kg

c. Tipe Bulu

  • Panjang – medium: rapat, lembut, dan halus.
  • Pendek: rapat dan mengkilap.

d. Variasi Warna

Putih, hitam, abu-abu kebiruan, jingga kemerahan, krem, ​​dan silver, dengan berbagai corak dan gradasi warna.

e. Karakter dan Perilaku

Ketika mereka tidak sedang berjaga atau berburu hewan-hewan kecil, Jenis Kucing Manx merupakan kucing yang penyayang, tenang, dan menyenangkan. Mereka suka mengikuti pemiliknya dari satu ruangan ke ruangan lain, serta meringkuk di pangkuan untuk beristirahat sejenak.

Di samping itu, kucing Manx cenderung mudah beradaptasi, dengan aktivitas baru, kehadiran manusia, dan eksistensi hewan lainnya, terutama jika mereka telah terbiasa sejak usia muda. Mereka ramah dengan orang asing, dan cukup cerdas untuk mempelajari beberapa trik.

Baca Juga:   Daftar Nama Kucing Korea Beserta Artinya

Menariknya, kucing Manx juga dapat menjadi teman perjalanan yang luar biasa, karena mereka suka mengendarai mobil, dan gemar bermain air. Bahkan, mereka juga dapat dilatih untuk membuka pintu dan menyalakan keran.

Yang perlu Anda ingat, sebagai kucing yang berorientasi pada manusia, Manx akan membutuhkan banyak perhatian. Maka, alokasikan waktu yang cukup untuk membersamai mereka, karena Manx tidak suka dibiarkan sendirian selama berjam-jam.

f. Ciri Fisik Kucing Manx

Ras kucing Manx hadir dalam berbagai warna dan corak, mulai dari polos,tabby, hingga calico. Kendati demikian, spot warna (seperti kucing Siam), cokelat solid, dan lavender tidak diakui dan tidak boleh mengikuti kontes sebagai Manx.

kucing jenis manx, kucing ras manx, jenis kucing manx, kucing manx harga, ciri ciri kucing manx, anak kucing manx, bayi kucing manx, ciri kucing manx

Meski umumnya, ras kucing Manx dikenal tidak memiliki ekor, namun tidak semua Manx terlahir tanpa ekor. Beberapa kucing Manx memiliki ekor dengan panjang normal (longy), dan ada pula yang berekor sangat pendek atau bundel (stumpy).

Dan, Manx yang tidak berekor disebut rumpy. Kucing Manx rumpy yang memiliki tonjolan di ujung tulang belakangnya, disebut riser.

Selain panjang ekor yang bervariasi, postur tubuh seluruh kucing Manx cenderung bulat. Mereka memiliki kepala bundar, dengan mata besar, tubuh kekar, dada lebar, dan punggung membulat. Kaki depan kucing Manx relatif lebih pendek dari kaki belakang, sehingga membuat tubuh bagian belakangnya lebih tinggi dari bahu.

Baca Juga:   Kucing Japanese Bobtail, Si Ekor Bundel Asal Jepang

Terdapat dua tipe bulu ras kucing Manx, yaitu panjang dan pendek. Manx berekor panjang mendapat sebutan Cymric oleh beberapa asosiasi kucing.

g. Masa Hidup

8-14 tahun.

h. Perawatan Bulu

Kucing Manx mengalami kerontokan bulu, terutama selama musim semi dan musim gugur. Maka, lakukan penyikatan secara teratur untuk menyingkirkan bulu-bulu yang terlepas.

i. Kesehatan

Secara umum, Manx tergolong ras yang sehat. Namun, mereka juga berpotensi mengalami beberapa penyakit dan kondisi tertentu, antara lain:

  • Arthritis tulang ekor pada Manx
  • Distrofi kornea, yang dapat berkembang pada usia sekitar 4 bulan
  • Sindrom Manx, berupa kumpulan kelainan, yang meliputi tulang belakang pendek, gangguan saluran kemih, serta sulit buang air besar dan pencernaan. Sindrom ini memengaruhi sekitar 20% populasi kucing Manx dan muncul sekitar usia 4 bulan.
  • Meski tidak memiliki ekor atau berekor sangat pendek, riser dan stumpy masih memiliki ujung saraf, yang dapat membuat area tersebut menjadi sangat sensitif.

j. Makanan Kucing Dewasa

Kucing Manx dewasa membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, untuk menjaga kesehatan dan mendukung keaktifannya. Pada beberapa kasus, Anda juga perlu menyediakan makanan kucing dengan formulasi khusus untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca Juga:   15 Jenis Penyakit yang Ditularkan oleh Kucing

k. Makanan Anak Kucing

Berbeda dengan sebagian besar ras kucing lainnya, Manx baru mencapai kematangan seutuhnya sekitar usia 5 tahun. Namun, mereka membutuhkan makanan khusus anak kucing hanya pada tahun pertama atau lebih. Setelah itu, Manx dapat beralih ke makanan kucing dewasa yang lengkap dan seimbang untuk semua tahap kehidupan.

l. Asal muasal Kucing Manx

Meski asal-usul ras kucing Manx tidak sepenuhnya diketahui, mereka telah tercatat pada tahun 1750 atau lebih. Diperkirakan, Manx berasal dari Isle of Man yang terletak di perairan Inggris. Atau, bisa jadi terdapat kucing tanpa ekor yang menumpang kapal ke pulau tersebut, dan menyebarkan genetiknya di sana.

Atas dugaan tersebut, wilayah kepulauan ini populer dengan kucing tak berekor. Manx menjadi salah satu ras kucing yang tampil pada beberapa kontes pertama yang terselenggara di Britania Raya, dan diakui oleh Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1906. Namun, Manx baru mendapat pengakuan The International Cat Association (TICA) di tahun 1979, dan kini telah diakui oleh berbagai asosiasi.

m. Fakta Menarik Kucing Manx

  • Manx merupakan satu-satunya ras kucing yang dikembangbiakkan tanpa ekor.
  • Kondisi tubuh kucing Manx yang tanpa ekor disebabkan oleh mutasi genetik, yang lantas diperkuat oleh isolasi dan perkawinan sedarah.
  • Hanya Manx rumpy dan riser yang diizinkan tampil dalam arena kontes.
error: