Home » Kucing » Jenis Kucing Persia, Karakteristik dan Ciri-Ciri Fisiknya

Jenis Kucing Persia, Karakteristik dan Ciri-Ciri Fisiknya

daftarhewan.com. Telah dikembangbiakkan selama berabad-abad, kucing Persia punya silsilah yang begitu luas.

Sesuai namanya, ras kucing ini berasal dari wilayah Persia, yang kini lebih dikenal dengan sebutan Iran. Distribusi kucing Persia mulai beranjak ke Italia pada tahun 1620, dan sejak saat itu, ras kucing Persia terus berkembang menjadi aneka varietas yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

jenis kucing paling cantik, jenis kucing yang cantik, jenis kucing rumahan cantik, macam-macam kucing yang cantik, jenis jenis kucing cantik, jenis kucing tercantik, jenis kucing lucu di indonesia, jenis kucing kucing, jenis kucing yang imut

Jenis-jenis kucing Persia yang amat beragam ini, lantas terklasifikasikan menjadi beberapa tipe dan subtipe, sesuai dengan karakteristik bulunya. Maka, apabila hendak atau tengah memelihara kucing Persia, ada baiknya Anda tahu tentang tipe-tipe kucing Persia, agar bisa lebih mengenal seluk-beluk kucing peliharaan Anda. Dan, yang terpenting, Anda pun wajib memahami tentang karakteristik fisik, kepribadian, perawatan, dan kesehatan mereka.

Jenis kucing persia beserta gambarnya

Yuk, simak selengkapnya!

A. Karakteristik fisik kucing Persia

Raut wajah kucing Persia begitu ikonik, dengan struktur yang lebar, hidung pesek, mata bundar, dan telinga kecil. Sekujur tubuh kucing Persia juga diselimuti oleh bulu-bulu panjang yang tebal dan halus, sehingga membuat kucing Persia terlihat mewah dan mencerminkan keindahan secara universal.

Baca Juga:   11 Jenis Kucing Peliharaan Berukuran Besar

Selain itu, kucing Persia juga tersedia dalam berbagai warna dan corak. Namun, kucing Persia jantan maksimal hanya memiliki perpaduan dua warna, sedangkan kucing betina dapat mecapai tiga warna.

B. Kepribadian kucing Persia

Memenuhi stereotip tentang kepribadian kucing, ras Persia gemar bermalas-malasan dan punya sikap yang sangat anggun. Namun, meski senang dimanja oleh manusia, mereka tidak begitu nyaman dipegang-pegang dalam waktu yang lama.

Sebagai kucing yang eksklusif, kucing Persia membutuhkan perhatian dan perawatan yang intensif. Kucing Persia tidak suka diabaikan, dan sangat bergantung pada manusia untuk bisa memelihara kerapihan dan keindahan bulu-bulu panjang mereka.

C. Cara merawat bulu kucing Persia

Agar kondisi bulu mereka selalu terjaga, kucing Persia harus dimandikan lebih sering dibandingkan ras kucing lain. Namun, perlakuan terhadapnya pun tidak bisa sembarangan.
Bulu-bulu kucing Persia, harus dibersihkan, disikat, dan dikeringkan dengan alat-alat dan produk khusus. Ada baiknya, perawatan kucing Persia juga ditangani oleh pihak profesional, untuk memperoleh hasil yang optimal.

Akan lebih baik, jika Anda membawa kucing Persia ke salon hewan peliharaan secara berkala, untuk grooming dan pemangkasan bulu, demi memastikan kucing Persia tetap sehat dan berpenampilan prima.

D. Cara menjaga kesehatan kucing Persia

Jadwalkan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, secara rutin ke dokter hewan. Pastikan, kucing Persia peliharaan Anda dalam kondisi bugar, serta memperoleh berbagai vaksin dan suplemen vitamin, jika diperlukan.

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Flat Face, "Flat nose" yang Menggemaskan

Anda juga perlu memberi perhatian khusus apabila kucing Persia mengalami trichobezoar, atau penumpukan bulu di saluran cerna yang bisa menyebabkan penyumbatan usus. Alih-alih bertindak tanpa pengetahuan, konsultasikan kepada dokter hewan mengenai pencegahan dan penanganan yang tepat untuk kondisi tersebut, baik dengan malt maupun parafin.

E. Jenis-jenis kucing Persia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat berbagai jenis kucing Persia, yang diklasifikasikan berdasarkan warna dan corak pada bulu mereka. Menurut CFA (Cat Fanciers’ Association), tipe-tipe kucing Persia, mencakup:

Solid (polos): terdiri atas kucing Persia putih, biru, hitam, merah, krem, cokelat, atau lilak, dengan mata berwarna tembaga terang, dan ada pula kucing Persia putih yang bermata biru atau odd-eye.

jenis kucing persia berdasarkan warna, jenis kucing persia beserta gambarnya, berbagai jenis kucing persia, jenis kucing persia dan gambarnya, semua jenis kucing persia, jenis kucing persia dan ciri cirinya

Perak dan emas: terdiri atas kucing Chincilla (putih dengan gradasi abu-abu yang menghasilkan semburat silver), silver (perak), emas, chinchilla kebiruan, silver kebiruan, dan emas bergradasi biru. Warna mata mereka umumnya berwarna hijau atau hijau-biru, dengan bingkai hitam.

jenis kucing persia asli, mengenal jenis kucing persia, jenis jenis kucing persia dan gambarnya, jenis jenis kucing persia beserta gambar, jenis jenis kucing persia dan ciri cirinya, jenis kucing persia lengkap, macam macam jenis kucing persia

Shaded and smoke (gradasi): terdiri atas corak dan shaded cameo (gradasi warna bulu putih dengan ujung yang lebih gelap), krem, torti, dan krem-biru. Termasuk pula kucing Persia dengan pola asap berwarna hitam, biru, krem, kemerahan, torti, krem-biru, cokelat, lilak, torti cokelat, dan krem-lilak, dengan mata berwarna tembaga.

Baca Juga:   20 Daftar Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada Em-eman!

berbagai jenis kucing persia, jenis kucing kitten persia, gambar dan jenis kucing persia, nama dan jenis kucing persia, jenis dan ciri kucing persia, foto jenis kucing persia, macam jenis kucing persia, jenis kucing persia beserta gambar, macam macam kucing persia dan gambarnya

Tabby: terdiri atas corak tabby klasik atau mackerel, dengan warna perak, silver kebiruan, merah, biru, coklat, krem, cameo, dan cameo krem. Kucing tabby umumnya bermata tembaga, namun tabby silver memiliki mata hijau atau hazel.

Particolor: mencakup torti, blue-krem, lilak-krem, dan torti cokelat. Kucing Persia particolor memiliki corak seperti tambalan, dengan warna mata tembaga.

Bi-color: termasuk kucing calico (kaliko) atau kucing belang tiga, smokey-putih, tabby-putih, dan kombinasi warna solid lainnya. Mata mereka berwarna tembaga, namun kucing dengan perpaduan corak tabby silver dan putih dapat memiliki mata hijau atau cokelat muda.

apa saja jenis kucing persia, bagaimana bentuk kucing persia, cara mengenali jenis kucing persia, berbagai jenis kucing persia, berapa macam jenis kucing persia, jenis kucing ras persia, mengapa jenis kucing persia banyak dipelihara orang

Himalaya: memiliki genetik kucing siam, yang umumnya berwarna putih atau cokelat kekuningan, dengan semburat warna yang lebih gelap di bagian wajah, dan mata biru.

ciri jenis kucing persia himalaya, harga dan jenis kucing persia himalaya, jenis kucing persia himalaya dan harganya, jenis kucing persia himalaya harga, macam macam kucing persia himalaya, jenis kucing himalaya persia, jenis jenis kucing persia himalaya, jenis kucing himalaya persia

Sebagai catatan, sebagian asosiasi pecinta kucing mengklasifikasikan Exotic Shorthair yang memiliki struktur wajah datar dengan bulu yang relatif lebih pendek, masih termasuk keturunan Persia. Sementara itu, Chincilla Longhair yang berhidung lebih mancung, merupakan jenis yang terpisah dari Persia.

Kendati demikian, di sisi lain, International Cat Association mengklasifikasikan kucing Persia dalam tiga kelompok besar, yaitu:

  • Tradisional, yang memiliki aneka warna kontras,
  • Sepia, dengan warna bulu yang lebih pucat,
  • Mink, yang memiliki warna bulu paling cerah.

Nah, kalau kucing Persia kesayangan Anda, termasuk tipe yang mana?

error: