Jenis Kucing Somali, Berbulu Indah Mirip Rubah

daftarhewan.com. Meski diduga muncul karena ketidak sengajaan, ras kucing Somali tetap tampil menawan. Mereka menunjukkan pesona eksotis yang mirip ras kucing Abbysinia, namun dengan bulu yang lebih panjang. Di samping itu, kucing Somali memiliki telinga besar dan ekor megar, yang membuat mereka terlihat seperti rubah.

ras kucing somali, kucing mirip rubah, kucing somali harga, kucing somali di indonesia, jual kucing somali, kucing persia somali, kucing somalia, jenis kucing somali, harga kucing somali

Tapi, bukan sekadar fisik yang rupawan. Kucing Somali juga mempunyai kecerdasan yang mengagumkan, lho.

Ras Kucing Somali

Berikut ini fakta penting tentang ras kucing Somali:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

  • Jantan: 5-6 kilogram
  • Betina: 3-5 kilogram
Baca Juga:   Kucing Maine Coon Asli, Si Besar yang Ramah

c. Tipe Bulu

Sedang, halus dan lembut.

d. Variasi Warna

Ruddy, merah, biru, cokelat kekuningan.

e. Karakteristik Fisik dan Perilaku

Sekilas, jenis kucing Somali tampak seperti rubah dengan ekor megar, telinga besar, dan corak pointilis yang dramatis. Mereka menyukai perhatian,penuh kasih sayang, suka bermain, dan kerap menunjukkan sikap yang antusias.

Kucing Somali juga mudah beradaptasi terhadap kehadiran orang asing dan lingkungan baru. Kucing yang sangat cerdas ini, bahkan bisa membuka lemari dan mengambil mainannya sendiri.

f. Asal muasal

Meski bernama kucing Somali, mereka bukan berasal dari Somalia. Ras kucing ini sebenarnya merupakan kucing Abyssinia dengan bulu panjang yang dihasilkan dari gen resesif. Karena itulah, peternak Abyssinia awalnya tidak senang ketika anak kucing berbulu panjang ini muncul dalam kloter kelahiran.

Baca Juga:   Jenis Kucing Caracal, Kucing Eksotis dari Alam Liar

Diperkirakan, kucing Somali muncul ketika kucing berbulu panjang terlibat dalam pengembangbiakkan yang dilakukan oleh peternak Inggris pasca Perang Dunia II. Namun, bisa jadi pula mereka muncul karena mutasi genetik.

error: