12 Jenis Kupu-Kupu Cantik di Dunia

daftarhewan.com. Jenis Kupu-Kupu Cantik di Dunia. Serangga ini sering diabadikan dalam gambar, photo ataupun lukisan. Tidak hanya karena manfaatnya yang membantu penyerbukan tanaman, tetapi juga karena menampilkan warna-warna sayap yang indah di pandang mata. Ya, mereka adalah kupu-kupu.

Daftar Isi :

Baca Juga:   Ada Semut Hitam Besar? Berikut Cara Mengusirnya

Jenis Kupu-Kupu Cantik di Dunia

Ingin tahu lebih banyak tentang kupu-kupu cantik dan paling indah di dunia? Berikut adalah 12 jenis kupu-kupu tercantik yang bisa Anda lihat di alam liar:

1. Kupu-Kupu Sayap Panjang Zebra

kupu kupu cantik, gambar kupu kupu cantik, kupu-kupu cantik, warna kupu kupu yg cantik, warna kupu kupu yang cantik, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar kupu-kupu yang cantik, kupu kupu yang cantik, warna kupu kupu cantik, kupu-kupu yang cantik

Zebra Longwing Butterfly – via : inaturalist.org

Ini adalah spesies yang ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah sampai ke Texas selatan dan Florida di Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, zebra kupu-kupu sayap panjang memiliki warna hitam dengan garis-garis seperti zebra dalam warna kuning muda. Mereka memiliki lebar sayap antara 7,2-10 cm dan bagian bawah sayap berwarna lebih terang daripada bagian atas.

Kupu-kupu yang dalam Bahasa Inggris disebut Zebra Longwing Butterfly ini memiliki makanan yang tidak biasa yang terdiri dari serbuk sari, yang membuat tubuh mereka beracun bagi predator.

2. Kupu-Kupu Ulysses

warna kupu kupu yg cantik, kupu kupu cantik dan indah, kupu kupu paling cantik, jenis kupu kupu cantik, kupu2 tercantik, kupu kupu tercantik sedunia

Kupu-Kupu Ulysses

Kupu-kupu Ulysses adalah kupu-kupu yang cukup besar dengan lebar sayap 14 cm (5,5 inci). Sisi atas sayap mereka memiliki warna biru yang indah dan bagian bawahnya berwarna hitam dan coklat.

Kupu-kupu cantik ini mendiami hutan hujan tropis di Australia, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

3. Kupu-kupu Merak Pansy

warna kupu kupu yg cantik, gambar kupu kupu yg cantik, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar bunga dan kupu kupu cantik, foto kupu kupu indah, gambar kupu kupu cantik dan bunga, foto kupu kupu cantik, sketsa gambar kupu kupu cantik dan indah, wallpaper kupu kupu indah, gambar wallpaper kupu kupu cantik, gambar gambar kupu kupu cantik, contoh gambar kupu kupu cantik

Peacock Pansy Butterfly ditemukan di Kamboja dan Asia Selatan. Sisi atas sayap memiliki warna oranye-kuning dengan tepi cokelat, bintik mata yang mencolok, dan garis rusuk. Kupu-kupu dewasa memiliki lebar sayap 5,4-6,2 cm (2,1-2,4 inci).

Fakta yang mengganggu tentang Kupu-kupu Merak Pansy adalah bahwa bagian bawah sayap berubah seiring musim. Selama musim kemarau warnanya sebagian besar berwarna coklat, tetapi selama musim hujan mereka mendapatkan bintik mata dan garis tambahan.

4. Emerald Swallowtail

jenis jenis kupu kupu, jenis kupu kupu beracun, macam macam kupu kupu, spesies kupu kupu, kupu kupu langka dan terindah, jenis kupu kupu langka, jenis kupu kupu besar, macam kupu kupu, macam macam warna kupu kupu, jenis kupu kupu coklat, jenis kupu kupu terindah di dunia, kupu kupu jenis, jenis kupu kupu cantik

Ini tidak diragukan lagi salah satu kupu-kupu terindah di dunia. Berasal dari Asia, Kupu-kupu merak zamrud memiliki lebar sayap 8-10 cm (3,1-3,9 inci) dengan warna hijau tua hingga hitam dengan pita logam hijau zamrud.

Bagian bawah Emerald Swallowtail Butterfly (Kupu-kupu merak zamrud) berwarna hitam dengan bintik-bintik oranye, putih, dan biru di sepanjang tepi sayap belakangnya.

Spesies ini dapat dilihat di Burma, Kalimantan, Sumatera, Indonesia (Pulau Nias dan Simeulue), Filipina (Palawan, Balabac, Basilan, Cuyo, Busuanga dan Dumaran).

5. Kupu-Kupu Delapan Puluh Delapan

gambar kupu kupu cantik, contoh gambar kupu-kupu, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar kupu kupu cantik dan bunga, gambar kupu kupu cantik asli, kupu kupu 88, kupu kupu delapan puluh delapan

Kupu-kupu delapan puluh delapan bernama ilmiah Diaethria clymena adalah spesies asli hutan tropis basah di Amerika Tengah dan Selatan. Serangga ini mendapatkan namanya dari tanda di bagian bawah sayap yang menguraikan nomor “88”.

Sisi atas berwarna coklat tua dengan pita hijau kebiruan metalik di sayap depan.

6. Kupu-kupu Raja

kupu kupu raja, monarch butterfly, kupu kupu, kupu kupu yang lucu, kupu kupu cantik, kupu kupu mengalami metamorfosis, dimana kupu kupu hidup jelaskan, kupu kupu adalah

Kupu-kupu raja yang disebut Dalam Bahasa Inggris sebagai Monarch butterfly dikenali dari bagian atas sayapnya yang berwarna oranye dengan urat hitam dan bintik-bintik putih. Bagian bawahnya terlihat sangat mirip, tetapi warnanya lebih cokelat daripada oranye.

Lebar sayap berkisar antara 8,9-10,2 cm (3,5-4 in) dan dapat mencapai kecepatan terbang 9 km/jam (5,5 mph).

Di Amerika, kupu-kupu raja ditemukan dari Kanada selatan sampai ke Amerika Selatan bagian utara. Ini juga ditemukan di Bermuda, Kepulauan Cook, Hawaii, Kuba, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru, Papua Nugini, Selandia Baru, Australia, Azores dan Madeira di Portugal, Kepulauan Canary di Spanyol, Gibraltar, Filipina, dan Afrika Utara.

7. Kupu-Kupu Daun Mati

kamuflase kupu-kupu, kupu kupu daun mati, kupu kupu menyerupai daun

Kupu-kupu daun mati mungkin adalah salah satu kupu-kupu paling menarik di dunia. Ini ditemukan di iklim tropis di Asia dari India hingga Jepang.

Yang membuat kupu-kupu ini begitu menarik adalah terlihat seperti daun kering ketika sayapnya tertutup, yang mereka gunakan sebagai kamuflase. Bagian atas sayap terlihat sangat berbeda dengan warna hitam, biru dan kuning cerah.

Negara yang paling umum untuk melihat kupu-kupu yang indah ini adalah di India, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Bhutan, Cina selatan, Thailand, Laos, Taiwan, dan Vietnam.

8. Kupu-Kupu Burung Hantu Hutan Raksasa

Kupu-Kupu Burung Hantu Hutan Raksasa

Kupu-kupu burung hantu (Forest Giant Owl Butterfly) dikenal dengan bintik matanya yang besar di sayapnya, yang terlihat seperti mata burung hantu. Mereka adalah kupu-kupu yang cukup besar dan dapat tumbuh dengan lebar sayap hingga 20 cm.

Mereka ditemukan di hutan hujan dan hutan sekunder di Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

9. Kupu-kupu Biru Morphos

gambar kupu kupu cantik, kupu-kupu cantik, warna kupu kupu yg cantik, warna kupu kupu yang cantik, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar kupu-kupu yang cantik, kupu-kupu kecil, mewarnai kupu kupu cantik, kupu kupu warna warni, kupu kupu yang cantik, warna kupu kupu cantik, kupu-kupu yang cantik

Morpho biru dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu kupu-kupu terindah, kupu-kupu cantik di dunia, dan itu karena warna biru cerahnya di bagian atas sayapnya. Bagian bawah sayap morpho biru terlihat berbeda dengan warna coklat dan bintik mata.

Spesies ini paling sering ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, serta di Meksiko.

10. Kupu-Kupu Sayap Burung Goliat

gambar kupu kupu, photo kupu-kupu, foto kupu kupu indah, warna kupu kupu indah, untuk menjadi kupu kupu yang indah, kupu kupu cantik dan indah, warna kupu kupu yang indah

Salah satu kupu-kupu terindah di dunia adalah kupu-kupu sayap burung Goliath (Goliath Birdwing Butterfly). Ini ditemukan di New Guinea dan merupakan kupu-kupu terbesar kedua di dunia dengan lebar sayap hingga 28 cm.

Jantan dan betina terlihat berbeda satu sama lain. Jantan memiliki sayap berwarna hitam, hijau dan kuning, sedangkan betina memiliki warna coklat tua dengan tanda kuning pada sayap belakangnya.

11. Kupu-kupu sayap kaca (Glasswing butterfly)

kupu kupu paling cantik, kupu kupu sayap transparan

Kupu-kupu ini dikenal dengan sayap transparannya yang unik yang membantu mereka berkamuflase di alam. Kupu-kupu cantik ini paling sering ditemukan di hutan hujan tropis Amerika Selatan Tengah dan utara.

Sayapnya mungkin terlihat sangat halus, tetapi sebenarnya bisa membawa hingga 40 kali beratnya sendiri. Jadi itu jauh lebih kuat daripada yang terlihat.

12. Sunset Moth

gambar kupu kupu cantik asli, kupu kupu cantik dan unik, warna kupu kupu yg cantik, gambar kupu kupu yg cantik, gambar kupu kupu cantik dan indah, gambar bunga dan kupu kupu cantik, foto kupu kupu indah, gambar kupu kupu cantik dan bunga, foto kupu kupu cantik

Ngengat ini dianggap kupu-kupu cantik yang merupakan hewan endemik Madagaskar. Ditemukan di sebagian besar pulau, dan waktu terbaik untuk melihatnya adalah antara bulan Maret dan Agustus.

Mereka memiliki lebar sayap 7-9 cm (2,8-3,5 inci), tetapi terkadang dapat tumbuh hingga 11 cm (4,3 inci). Ini sangat mirip dengan kupu-kupu Swallowtail, terutama di bagian ekor dan sayapnya yang berwarna-warni. Itu sebabnya ia sering dipercaya sebagai kupu-kupu.

Ngengat matahari terbenam (Sunset Moth) memiliki warna hitam yang indah dengan tanda merah, biru, dan hijau.

error: