Home » Hewan Ternak » Jenis Sapi Potong Lokal Asli Indonesia

Jenis Sapi Potong Lokal Asli Indonesia

daftarhewan.com. Apa Saja Jenis Sapi di Indonesia? Sapi merupakan hewan yang termasuk golongan bovinae. Sapi merupakan hewan yang memiliki begitu banyak peminat sebab dengan memelihara sapi sangat memiliki banyak manfaat yang akan Anda rasakan apabila Anda memutuskan untuk memelihara hewan yang satu ini. Selain itu hewan ini juga dapat dijinakkan dan sangat mudah diarahkan sehingga sangat baik dipelihara.

Manfaat yang dapat Anda rasakan apabila Anda memelihara sapi adalah Anda dapat menggunakan sapi sebagai alat penggerak pembajakan sawah Anda, selain itu sapi juga memiliki susu yang banyak digunakan diberbagai lini selain dapat dikonsumsi pribadi juga dapat dijual, bukan hanya susunya sapi juga memiliki daging yang pastinya dapat di konsumsi masyarakat umum sehingga tidak ada ruginya.

Tidak hanya itu apabila Anda menyembeli sapi peliharaan Anda maka tulang dari sapi juga dapat Anda jual dan mendapatkan keuntungan sebab tulang sapi memiliki sumsum yang sangat nikmat yang dapat diolah menjadi makanan yang nimat, tidak hanya itu kulit sapi pun dapat dijadikan uang sebab kulit sapi banyak dicari untuk dijadikan gendang dan tentunya harganya sangatlah mahal dan tidak sembarangan.

Selain itu tingkat pencarian hewan sapi setiap tahunnya semakin meningkat sebab umat muslim setiap tahunnya menggunakan hewan sapi sebagai hewan kurban, termasuk di Indonesia sehinggga sangat berpeluang untuk memelihara hewan sapi kemudian dijual hidup ataupun setelah dipotong. Lantas apa saja jenis sapi potong lokal asli Indonesia yang dapat Anda temukan dan memiliki banyak peminat dan bersaing dengan sapi lain.

Memang sapi saat ini telah menjadi salah satu komuditas yang paling unggul di beberapa wilayah di dunia termasuk di Indonesia sehingga Indonesia juga harus memiliki jenis sapi yang dapat bersaing dengan jenis sapi lain yang berasal dari negara-negara lain yang ada di seluruh dunia. Berikut ini beberapa jenis sapi yang ada di Indonesia.

Jenis sapi lokal asli Indonesia

1. Sapi Bali

jenis sapi asli indonesia adalah, jenis sapi lokal asli indonesia, jenis sapi potong asli indonesia, jenis sapi asli di indonesia, jenis jenis sapi asli indonesia

Gambar sapi Bali jantan

Sapi yang pertama adalah sapi bali, dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak bahwa sapi ini merupakan sapi yang berasal dari pulau bali. Jenis sapi yang satu ini memiliki ciri khas yang berada pada bulu sapi ini sebab apabila sapinya masih kecil maka bulunya masih berwarna merah sawi matang atau masih merah bata, dan bulu pada sapi dewasa betina juga akan tetap berwarna seperti itu seterusnya.

Tetapi jenis sapi di Indonesia ini apabila berjenis kelamin jantan maka apabila telah tumbuh dewasa maka bulu dari sapi ini akan berubah menjadi kehitam-hitaman  secara alami sehingga dapat dikenali dengan mudah sapi yang berjenis kelamin jantan dan sapi yang berjenis kelamin betina. Tidak hanya dilihat dari bulunya saja tetapi cara mengenali sapi bali ini dapat dilihat dari perpaduan warna kakinya.

Pada kaki sapi bali terdapat warna putih pada beberapa bagian tertentu, seperti pada keempat kakinya akan terdapat warna putih dimulai dari sendu tarsus dan carpus ke bagian bawah akan berwarna putih. Sedangkan apabila dilihat dari bentuk dan postur tubuhya, jenis sapi ini tidak terlalu gemuk dan memiliki postur yang tegap dan lumayan tinggi sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk membajak sawah selain untuk dijual.

perbedaan sapi bali jantan dan betina, harga sapi bali betina, gambar sapi bali betina, ternak sapi bali betina, cara memelihara sapi bali betina, cara merawat sapi bali betina, gambar sapi bali jantan dan betina, perbedaan sapi bali jantan dan betina, ciri-ciri sapi bali jantan dan betina

Gambar sapi bali betina

Saat ini salah satu jenis sapi di Insonesia ini yakni sapi lokal bali ini telah dapat Anda jumpai diberbagai provinsi yang ada di Indonesia sebab sapi ini mengalami beberapa persebaran yang mulanya hanya tersebar ke lombok yang kemudian pada abad berikutnya jenis sapi bali ini mengalami persebaran ke sulawesi selatan yang sejak dari situlah sapi jenis ini mulai menyebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Baca Juga:   Daftar Ayam Hias Termahal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Sapi bali memang telah dimanfaatkan oleh masyarakat bali untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat baik digunakan sebagai hewan karapan sawah, juga kotoran sapi digunakan sebagai pupuk organik, tidak hanya itu sapi bali juga banyak digunakan sebagai hewan atraksi agrowisata di bali tentunya.

2. Sapi Potong Madura

Jenis sapi di Indonesia berikutnya adalah sapi potong yang berasal dari Madura, walaupun sapi potong tetapi sapi berjenis kelamin jantan tetap akan dipekerjakan sebagai sapi karapan sawah. Jenis sapi ini merupakan jenis sapi lokal yang merupakan sapi yang asli Indonesia. Alasan mengapa jenis sapi ini dinamai sapi madura adalah karena sapi ini awalnya banyak terdapat dipulau madura, walaupun saat ini sudah banyak di seluruh jawa timur.

jenis sapi potong indonesia, jenis sapi asli indonesia adalah, jenis sapi potong asli indonesia, jenis sapi asli di indonesia, jenis sapi potong di indonesia, jenis jenis sapi asli indonesia, 7 jenis sapi di indonesia, ada berapa jenis sapi di indonesia, jenis sapi di indonesia

Gambar sapi Madura

Jangan salah walaupun jenis sapi ini merupakan sapi lokal tetapi Anda perlu mengetahui bahwa sapi ini pada awalnya terbentuk melalui persilangan antara hewan banteng dan bos indicus atau lebih dikenal dengan sapi zebu. Sehingga secara genetik hewan ini mempunyai sifat yang dapat mentolerir cuaca atau iklim indonesia yang panas dan dapat bertahan walau dilingkungan marginal serta tahan dari serangan-serangan caplak.

Karakter dari jenis sapi di Indonesia  yang satu ini sangatlah beragam sehinga sangat sulit untuk dibedakan apabila sedang berada dikerumunan jenis sapi yang lain. Sapi ini memiliki bentuk tubuh yang kecil, kakinya yang pendek namun kuat, sedangkan dari bulunya sendiri sapi ini berwarna merah bata yang hampir kekuning-kuningan tetapi pada bagian perut dan paha bagian dalam malah berwarna putih. Tanduk dari sapi ini sangatlah khas.

Baca Juga:   Jenis dan Bentuk Desain Kandang Ayam Sederhana

Tidak hanya itu sapi ini yang memiliki ciri-ciri atau postur tubuh yang mirip dengan sapi bali tetapi hewan ini mempunai punuk pada tubuhnya walaupun tubuh dari sapi ini kecil. Bila Anda yang berniat memelihara sapi maka Anda dapat mencoba memelihara jenis yang satu ini sebab Anda akan mendapatkan beberapa keunggulan apabila memelihara sapi madura ini sebagai pilihan Anda.

Salah satu jenis sapi di Indonesia  ini mempunyai beberapa keunggulan, yakni hewan ini sangat mudah untuk dipelihara, sangat gampang berbiak dimana saja, hewan ini juga sangat tahan terhadap berbagai penyakit, tidak harus diberian pangan dengan kualitas yang tinggi sebab sapi madura ini jga tahan terhadap pangan kualitas rendah.

3. Sapi PO

jenis sapi asli indonesia adalah, jenis sapi lokal asli indonesia, jenis sapi potong asli indonesia, jenis sapi asli di indonesia, jenis sapi potong di indonesia, jenis jenis sapi asli indonesia, 7 jenis sapi di indonesia, ada berapa jenis sapi di indonesia

Gambar sapi PO

Sapi berikutnya yang dapat Anda temukan di Indonesia adalah sapi po yang merupakan peranakan sapi ongole, sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi sumba ongole jantan dan sapi betina lokal yang berada di jawa yang memiliki bulu berwarna putih. Namun pada saat ini sapi jenis ini sudah sangat jarang ditemukan.

Jenis sapi di Indonesia ini memiliki ciri-ciri tubuh yang berwarna putih keabu-abuan, sapi jenis ini dikenal sabagai sapi yang dapat dikonsumsi dan dapat dijadikan sapi pekerja. Selain itu jenis sapi yang satu ini mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat mumpuni bahkan dilingkungan yang sangat berbeda sekalipun.

Bila Anda ingin memelihara sapi dan dijadikan induk dari sapi maka jenis sapi yang satu ini sangat cocok untuk Anda pilih sebab sapi po ini memiliki tenaga yang kuat dan kondisi tubuh yang kembali normal dengan cepat setelah melahirkan.

Beberapa jenis sapi di Indonesia tersebut dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang memilik niat untuk memelihara ataupun berbisnis di dunia peternakan terkhusus sapi.

error: