8 Jenis Spons Laut Sebagai Penghasil Bakterisida Alami

daftarhewan.com. Jenis Spons Laut. Spons laut adalah hewan air sesil (sessile), artinya mereka menempel pada permukaan bawah air dan tetap di tempatnya (tidak bergerak atau bepergian). Meskipun terdapat spesies air tawar, sebagian besar adalah spesies laut (air asin), dengan habitat mulai dari zona pasang surut hingga kedalaman melebihi 8.800 m (5,5 mil) dan mereka bukan ikan.

Spons laut merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di lautan dunia. Spons ini adalah invertebrata, yang artinya tidak memiliki tulang punggung. Spons laut dapat memiliki berbagai warna, ukuran, dan bentuk. Sangat sedikit hewan yang memakan spons, sehingga mereka dapat hidup sangat lama.

jenis jenis spons laut, spons laut adalah, gambar spons laut, spons laut, jenis jenis spons, jenis spons, spons laut contoh, deskripsi spons laut, macam spons laut, manfaat spons laut, organisme spons laut, peran spons laut, jurnal spons laut, guna spons laut

Cribrochalina dura – via : spongeguide.uncw.edu

Spons di daerah beriklim sedang hidup paling lama beberapa tahun, tetapi beberapa spesies tropis dan mungkin beberapa yang berada di laut dalam dapat hidup selama 200 tahun atau lebih. Beberapa demosponges yang mengalami kalsifikasi (pengapuran) tumbuh hanya 0,2 mm (0,0079 inci) per tahun, dan jika laju itu konstan, spesimen dengan lebar 1 m (3,3 kaki) mungkin berusia sekitar 4.500 tahun.

Apa Makanan Spons Laut?

Spons adalah pengumpan filter. Kebanyakan spons memakan partikel organik kecil yang mengambang dan plankton yang mereka saring dari air yang mengalir melalui tubuh mereka yang berpori. Makanan dikumpulkan dalam sel khusus yang disebut choanocytes dan dibawa ke sel lain oleh amoebocytes.

Klasifikasi Hewan Spons

Menurut wikipedia; Spons termasuk Kingdom Animalia (Hewan), anggota filum Porifera (berarti “pembawa-pori”) dan nama ilmiahnya pun bernama Porifera, adalah klade Metazoa (hewan) basal sebagai saudara dari Diploblas. Mereka adalah organisme multisel yang memiliki tubuh penuh dengan pori-pori dan saluran yang memungkinkan air bersirkulasi melaluinya, terdiri dari mesohyl seperti jeli yang diapit di antara dua lapisan tipis sel. Cabang zoologi yang mempelajari spons dikenal sebagai spongiologi.

Baca Juga:   7 Jenis Lumba-lumba Air Tawar yang Kian Terancam

Ada banyak macam spons yang hidup di perairan Indonesia. Beberapa diantaranya diketahui berpotensi dan berfungsi menghasilkan biotoksin yang ampuh untuk menangkal serangan penyakit bakteri pada ikan dan udang budidaya.

Spons Laut Berkembang Biak dengan Cara?

Cara Spons laut berkembang biak adalah dengan cara aseksual dan seksual. Kebanyakan porifera yang berkembang biak dengan cara seksual bersifat hermafrodit dan menghasilkan telur dan sperma pada waktu yang berbeda.

Sperma sering “disebarkan” ke kolom air. Artinya, sperma dibuat, terkonsentrasi, dan dikirim keluar melalui lubang yang terbuka, terkadang dalam massa yang begitu padat sehingga spons tampak seperti berasap.

Sperma ini kemudian ditangkap oleh spons betina dari spesies yang sama. Di dalam wanita, sperma diangkut ke telur oleh sel khusus yang disebut archaeocytes. Pembuahan terjalin di mesenkim serta zigot tumbuh jadi larva bersilia.

Beberapa spons melepaskan larvanya, sedangkan yang lain menahannya untuk beberapa waktu. Setelah larva berada di kolom air, mereka menetap dan berkembang menjadi spons remaja. Spons yang bereproduksi secara aseksual menghasilkan tunas atau, lebih sering disebut gemmules, yang merupakan paket beberapa sel dari berbagai jenis di dalam penutup pelindung. Spons air tawar dari Spongillidae sering menghasilkan gemmules sebelum musim dingin. Ini kemudian berkembang menjadi spons dewasa mulai musim semi berikutnya.

Baca Juga:   Kelinci Berkembang Biak Dengan Cara?

Macam Macam Spons Laut

Dunia perikanan Indonesia setelah Balai Penelitian Perikanan Pantai (Balitkanta) Kabupaten Maros Sulawesi Selatan menemukan bakterisida alami yang efektif menangkal penyakit bakteri, seperti yang disebabkan oleh Vibrio spp, dan Pseudomonas aeruginosa.

Bakterisida tersebut sebenarnya senyawa kimia yang terkandung dalam biotoksin (toksin alami) spons, jenis hewan berpori dari kelas Demospongiae yang menghuni daerah terumbu karang. Spons-spons berikut termasuk jenis spons yang diketahui berpotensi dan berguna sebagai sumber bakterisida alami.

Definisi dari “bakteriostatik” dan “bakterisidal” : “bakteriostatik” berarti agen mencegah pertumbuhan kuman atau bakteri (yaitu, menjaga mereka dalam fase pertumbuhan stasioner), dan “bakterisida” berarti membunuh bakteri .

1. Auletta sp.

spons laut termasuk kingdom, spons laut pdf, spons laut di indonesia, spons laut nama ilmiah, spons laut berkembang biak dengan cara, spons laut artinya apa, spons air laut, spons laut makan apa, contoh spons air laut, budidaya spons laut, spons laut contoh, gambar spons laut, spons laut disebut juga

Auletta sp.

Anggota famili Axinellidae, ordo Axinellidae ini biasanya terdapat di daerah terumbu karang pada perairan intertidal (perbatasan antara perairan bersuhu rendah dan tinggi). Bentuk tubuhnya seperti silinder kosong bercabang banyak dengan warna kuning pucat sampai kuning cerah.

Tinggi mencapai 30 cm. Spikulanya (‘organ’ berukuran sangat kecil yang menyusun jaringan tubuh) tidak terlihat jelas, tersusun dari silikat dioksida, protein, sponging, atau gabungan silicon dan spongin.

2. Callyspongia sp.

kandungan spons laut, karakteristik spons laut, spons laut manfaat, makalah spons laut, perkembangbiakan spons laut, pemanfaatan spons laut, penjelasan spons laut

Callyspongia sp.

Hewan berpori ini berwarna merah muda. Bentuknya seperti tabung silinder berlubang bulat sampai oval dengan tinggi mencapai 30 cm. Tunas baru biasanya tumbuh pada cabang besar. Seperti halnya Auletta sp., spikula spons ini juga tersusun dari silikat dioksida, protein, dan spongin, atau campuran silikat dan spongin. Anggota famili Callysponginidae, ordo Haploscleridae ini banyak dijumpai di perairan intertidal yang ditumbuhi Acrophora.

3. Callyspongia pseudoreticulata

Anggota famili Callysponginidae, ordo Haploscleridae ini dapat mencapai tinggi 50 cm. Warna tubuhnya kehitaman, berbentuk silinder kecil, dan percabangannya hanya terjadi pada bagian bawah yang melekat pada karang. Spikulanya tidak tampak jelas, tersusun dari silikat dioksida, protein, spongin, atau gabungan spongin dan silikat. Dia biasanya tumbuh di perairan intertidal yang ditumbuhi anemon.

Baca Juga:   20 Hewan yang Hidup di Tanah, dari Burung hingga Cacing

4. Cribrochalina sp.

Spons yang hidup di bagian tebing terumbu karang yang ditumbuhi Acrophora ini dapat mencapai 50 cm tingginya. Tubuhnya berbentuk silinder ganda, berkulit kasar, bercabang dua pada pangkalnya, dan berwarna putih kecokelatan. Spikulanya tampak jelas, terbuat dari spongin, silica dioksida, atau gabungan dari keduanya. Spons jenis ini termasuk famili Niphatidae, ordo Haplosclerida.

5. Plakortis nigra

Plakortis nigra termasuk dalam famili Plakinidae, ordo Homosclerophoridae.Tubuhnya berlubang bulat dengan tinggi mencapai 40 cm dan berbentuk seperti gundukan yang mempunyai banyak puncak. Warnanya hitam. Spikulanya tidak tampak jelas, tersusun dari spongin dan silica dioksida. Biasanya hidup di daerah terumbu karang berbatu.

6. Halichondria cartilaginea

Spons ini berbentuk lempengan mirip jamur kuping dengan bentuk lubang tidak beraturan. Lebarnya mencapai 35 cm. Warnanya kebiru-biruan.Hewan lunak ini tumbuh pada gundukan karang mati di daerah terumbu karang berdasar pasir. Spikula nggota famili Halichondrida ini tidak tampak jelas, tersusun dari spongin dan silica dioksida.

7. Dysidea fragilis

jenis hewan spons laut, jenis jenis spons laut, spons laut adalah, gambar spons laut, spons laut, jenis jenis spons, jenis spons, spons laut contoh, deskripsi spons laut, macam spons laut, manfaat spons laut, organisme spons laut, peran spons laut, jurnal spons laut, guna spons laut

Dysidea fragilis – via : timetoast.com

Jenis Spons Laut ini berwarna jingga kekuningan. Tinggi mencapai 30 cm. bentuknya membesar kea rah ujung dan bercabang di dekat pangkalnya.Spikulanya terajut dalam bentuk sarang tawon, tersusun dari spongin dan silica dioksida. Dysidea fragilis termasuk famili Dysideidae, ordo Dictyoceratida. Dia tumbuh di daerah tubir terumbu karang.

8. Cribrochalina dura

Crybochalina dura berbentuk silinder kecil dengan cabang banyak.Tingginya mencapai 50 cm. Hewan lunak ini berkulit halus dan berwarna kebiru-biruan. Spikula tidak tampak jelas, tersusun dari spongin dan silikat dioksida atau gabungan keduanya.Penghuni tubir terumbu karang ini termasuk famili Niphatidae, ordo Haplospongiae.

error: