Home » Ikan Hias » 8 Jenis Tanaman untuk Kolam Ikan

8 Jenis Tanaman untuk Kolam Ikan

daftarhewan.com. Memiliki hobi memelihara berbagai jenis ikan kolam merupakan suatu hal yang umum. Dan membangun kolam ikan di halaman rumah adalah solusi yang biasa mereka lakukan. Kehadiran kolam ini tak hanya sebagai hobi belaka, namun banyak manfaatnya bagi rumah. Ia bisa membuat rumah tambah menarik dan sejuk.

Para penghobi juga bisa bebas bermain-main dengan segala jenis ikan tawar atau ikan hias yang ada. Namun untuk memiliki kolam ikan pun kita harus berani bertanggung jawab selama mempunyainya, dalam artian dapat merawatnya dengan sebaik mungkin. Kolam dan ikan, keduanya harus sama-sama diperhatikan. Sehingga ikan dan kolamnya selalu dalam kondisi yang baik.

Untuk ikan, penghobi bisa mengatur air agar selalu dalam kualitas baik dan kuantitasnya pas, serta teratus memberikan makanan ikan. Kemudian bagi kolamnya, selain membuat tampilannya menjadi indah juga harus terawat kebersihannya. Solusi untuk mendapatkan keindahan dan kebersihan tersebut dapat dilakukan dengan meletakkan jenis tanaman untuk kolam ikan.

Tanaman untuk kolam ini memiliki beragam jenis. Dan secara keseluruhan, menambahkan berbagai tanaman tersebut bisa membantu membantu menyerap racun dalam kolam, ikan berkembang biak dengan baik, hingga menambah oksigen. Langsung saja, berikut jenis-jenisnya yang dapat kamu ketahui.

1. Lotus/ Seroja

jenis tanaman air untuk kolam ikan, tanaman untuk kolam ikan hias, tanaman yang baik untuk kolam ikan, tanaman yang bagus untuk kolam ikan, tanaman air yang bagus untuk kolam ikan

Tanaman Lotus/ Tanaman Bunga Seroja

Jenis tanaman untuk kolam ikan yang dapat kamu cermati adalah lotus yang sudah cukup sering didengar dan dimiliki setiap orang. Ketika menambahkan jenis tanaman ini, maka sebuah keputusan yang bagus. Karena ia memiliki aroma wangi dan bisa membuat bersih air di kolam. Bukan hanya itu, bunganya yang indah juga bisa menonjolkan estetika dari kolamnya.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Sekilas, water lily ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan teratai. Daunnya yang lebar juga berbetuk bulat, dan dilapisi lilin. Akan tetapi titik perbedaannya adalah jenis bunga yang dimiliki. Pemilik kolam juga dapat memilih warna bunganya, mulai dari merah jambu, putih, kuning, merah, bahkan ungu. Dengan warna-warna indah tersebut, dijamin bisa membuat kolam ikan sangat menarik mata.

2. Nymphaea/ Teratai

tanaman air untuk kolam ikan, tanaman yang baik untuk kolam ikan, jenis tanaman untuk kolam ikan, tanaman untuk kolam ikan koi, tanaman untuk kolam ikan nila, tanaman untuk kolam ikan hias, tanaman untuk kolam ikan mini, tanaman untuk di kolam ikan, tanaman buat kolam ikan, tumbuhan untuk kolam ikan

Karena tadi sudah sedikit dibahas mengenai kesamaan dan perbedaan teratai dengan lotus, maka di sini akan dibuka lebih jelas. Ya, teratai ini masuk dalam jenis tanaman untuk kolam ikan yang dapat membuat bersih dan tampilan estetik. Tanaman ini pun cukup populer dan banyak digunakan oleh mereka yang memiliki kolam ikan, sehingga kita tidak cukup familiar dengannya.

Tanaman yang dapat mengambang di atas air ini memiliki bentuk bunga yang indah dengan ukuran beragam mulai 45-90 cm. Selain itu, memiliki warna yang beragam sehingga pengguna bisa memilih jenis warna yang disukainya. Ia juga dilengkapi dengan daun yang lebar serta berguna membantu menyaring air agar selalu jernih dan bersih.

3. Tanaman Eceng Gondok

tanaman untuk kolam ikan mini, tanaman air untuk kolam ikan, tanaman untuk di kolam ikan, tanaman untuk kolam ikan koi, tanaman air untuk kolam ikan hias, jenis tanaman air untuk kolam ikan, tanaman yang bagus untuk kolam ikan koi

Masih banyak jenis tanaman untuk kolam ikan, dan selanjutnya adalah eceng gondok. Tanaman yang banyak disebut sebagai gulma ini pun efektif jika ditempatkan dalam kolam, pasalnya ia dapat membantu membersihkan air tersebut.

Baca Juga:   Cara Merawat Ikan Hias Angelfish Air Tawar

Eceng gondok ini juga sudah tak asing didengar karena cukup banyak digunakan. Ciri khas yang dimilikinya adalah, ia memiliki pertumbuhan yang cepat jika dibandingkan dengan tanaman air lainnya. Maka dari itu, pemilik harus cukup sering memerhatikannya. Jika ia telah tumbuh semakin besar, maka bisa segera diganti dengan yang kecil atau baru. Alasannya, semakin besar eceng gondok bertumbuh, ia bisa memakan lebih banyak tempat serta oksigen dalam kolam tersebut.

4. Tanaman Kala Lili

tanaman untuk di kolam ikan, tanaman yang baik untuk kolam ikan, tanaman yang bagus untuk kolam ikan, tanaman kolam ikan minimalis, tanaman hias kolam ikan minimalis, tumbuhan untuk kolam koi, tanaman untuk kolam koi, tanaman buat kolam ikan, tanaman hias buat kolam ikan

Selanjutnya ada kaka lili yang termasuk dalam kumpulan jenis tanaman untuk kolam ikan. Keunikan yang dimilikinya adalah memiliki aroma yang lembut dan tentunya berguna untuk membuat air kolam agar tetap terjaga kebersihannya. Ia juga memiliki sensitivitas tinggi,karena bisa tumbuh tinggi jika kekurangan sinar matahari.Tujuannya yaitu mengikuti cahaya matahari agar intensitas yang diterimanya bisa disesuaikan sendiri.

Penasaran dengan bentuknya? Sekilas siapa pun yang memandangnya bisa menganggap bahwa ia terbuat dari lilin. Selain itu memiliki bentuk layaknya sebuah corong dengan warna putih, serta dilengkapi dengan putik yang berwarna kuning terang. Pemilik bisa membayangkan sendiri bagaimana indahnya jika ia diletakkan di kolamnya, karena memiliki perpaduan warna bunga yang indah dan menawan.

5. Ganggeng/ Ganggang Rantai

tanaman air yang bagus untuk kolam ikan, tanaman air untuk kolam ikan hias, jenis tanaman air untuk kolam ikan, jual tanaman air untuk kolam ikan, tanaman yang bagus untuk kolam ikan koi, tanaman yang baik untuk kolam ikan, tanaman yang bagus untuk kolam ikan, air kolam ikan bagus untuk tanaman, tumbuhan untuk kolam ikan, tanaman yang cocok untuk kolam ikan, tanaman yang cocok untuk kolam ikan koi

Jenis tanaman air untuk kolam ikan

Salah satu jenis tanaman untuk kolam ikan selanjutnya ini sedikit berbeda. Ganggang rantai atau dalam bahasa Inggris disebut hornwort ini memiliki fungsi lain sebagai penambah kadar oksigen dalam kolam, sehingga pemilik tak perlu kahwatir jika ikan-ikan kehilangan banyak oksigen. Selain itu ia juga berguna untuk membuat air tetap dalam keadaan bersih.

Baca Juga:   Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Soal keindahannya tak perlu dikhawatirkan, ia memilik nuansa asri yang cocok untuk sebuah kolam. Dan ciri khas dari ganggang rantai ini, dapat digunakan sebagai tempat perlindungan diri bagi ikan kecil yang merasa bahaya dari ikan besar.

6. Tanaman Pisang Air

tanaman yang bagus untuk kolam ikan, tanaman air yang bagus untuk kolam ikan, tanaman air untuk filter kolam ikan, jenis tanaman hias untuk kolam ikan, tanaman kolam ikan minimalis, tanaman hias kolam ikan minimalis, tanaman hias untuk kolam ikan koi, jenis tanaman untuk kolam ikan, jenis tanaman air untuk kolam ikan, jual tanaman air untuk kolam ikan, tanaman yang baik untuk kolam ikan

Jenis tanaman untuk kolam ikanini juga memiliki keunggulan sebagai penjernih air. Pisang air memiliki bentuk ciri khas seperti pohon pisang yang biasa kita lihat. Akan tetpai ukuran yang dimilikinya ini tentu lebih kecil sehingga dapat mengambang dalam air kolam.

Selain itu, bentuk daunnya pun sedikit mirip dengan daun talas. Namun ini pun sebuah kelebihan baginya sehingga dapat membuat kondisi dalam kolam lebih teduh ketika terkena sinar matahari langsung. Biasanya ukuran yang dimiliki tanaman ini bisa mencapai hingga 1,5 meter.

7. Apu-Apu (Kiambang)

tanaman apu apu untuk kolam ikan, manfaat tanaman apu apu untuk kolam ikan, manfaat tanaman air apu apu untuk kolam ikan, tumbuhan untuk kolam koi, tanaman untuk kolam koi

Selanjutnya ada jenis tanaman untuk kolam ikanyang memiliki bentuk cukup unik. Ia memiliki akar berwarna putih serta daun hijau dengan tekstur permukaan yang berbulu layaknya beludru. Walaupun terlihat seperti dedaunan yang mengambang, ia memiliki bentuk yang indah jika diletakkan dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, tanaman ini tidak perlu ada perawatan khusus.. Sehingga pemilik tak akan repot.

8. Papirus

tanaman di atas kolam ikan, tanaman di sekitar kolam ikan, tanaman air kolam ikan hias, tanaman hias untuk pinggir kolam ikan, jenis tanaman hias untuk kolam ikan, tumbuhan untuk kolam ikan koi, manfaat tanaman apu apu untuk kolam ikan, manfaat tanaman air apu apu untuk kolam ikan, tumbuhan untuk kolam koi, tanaman untuk kolam koi

Terakhir ada tanaman kolam ikan yang hidup dan tumbuh secara berkelompok. Keunikannya dibawa dari bentuk batang segitiga dan bisa tumbuh hingga 1 meter atau lebih. Meskipun tinggi menjulang, ia bisa mengambang di atas air. Dan di ujungnya memiliki bunga yang terlihat seperti daun atau rumput berwarna hijau.

Itulah dia berbagai jenis tanaman untuk kolam ikanyang fungsional sebagai penjernih air dan estetika dari segi tampilannya.

error: