4 Ikan Koi Terbesar di Berbagai Penjuru Dunia

daftarhewan.com. Ikan Koi Terbesar di Dunia. Bukan sekadar ikan hias biasa, sebagian orang meyakini bahwa ikan koi dapat membawa keberuntungan. Ada pula yang beranggapan bahwa ikan koi merupakan simbol atas umur yang panjang.

Menariknya, anggapan tersebut bukan tanpa alasan. Di antara spesies ikan hias, daya tahan ikan koi terbilang relatif tinggi dan memiliki masa hidup yang cukup lama.

Di luar habitat yang ideal, ikan koi dapat bertahan hidup sekitar 15 tahun. Sementara dalam lingkungan yang kondusif di Jepang, ikan koi dapat hidup hingga mencapai usia 40 tahun.

Bahkan, konon ada pula ikan koi yang mencapai ratusan tahun!

Ikan Koi Terbesar di Dunia

Atas keistimewaannya, ikan koi pun kerap memancing perhatian publik. Ada beberapa ikan koi yang sempat populer dan menjadi bahan pemberitaan. Dari mana, dan mengapa koi-koi ini dianggap spesial? Mari kita telusuri, 4 ikan koi terbesar dan paling tua di berbagai penjuru dunia:

1. Hanako

ikan koi terbesar, ikan koi terbesar di dunia, ikan mas koi terbesar, ikan koi yang terbesar di dunia, ikan mas koi terbesar di dunia, jenis ikan koi terbesar, ukuran ikan koi terbesar, ikan koi terbesar yang bagus, fakta ikan koi terbesar

Pemilik: Dr. Komei Koshihara

Lokasi: Desa Higashi-Shirakawa, Jepang

Wafat di tahun 1977, Hanako merupakan ikan koi yang paling istimewa dalam catatan sejarah karena panjang usianya yang menakjubkan. Ketika ikan koi bernama Hanako ini mati, diyakini ia telah berusia 226 tahun, dan menjadi ikan koi tertua yang pernah hidup di dunia.

Baca Juga:   13 Jenis Ikan Koi yang Bagus, Terbaik di Dunia

Kisah Hanako pertama kali terungkap ketika pemiliknya, Dr. Komei Koshihara, membuat siaran nasional di stasiun radio Nippon Hoso Kyokai, yang menyebar ke seluruh Jepang. Dr. Koshihara menjelaskan bahwa ia mewarisi Hanako dari pihak keluarga ibunya. Pada saat siaran berlangsung, Hanako berusia 215 tahun, dengan berat 7,5 kg dan panjang 70 cm.

Dr. Koshihara mengetahui usia Hanako, setelah proses verifikasi oleh Profesor Msayoshi Hiro yang bekerja di Laboratorium Ilmu Hewan dari Nagoya Women’s College. Beliau mengekstraksi dan menganalisis dua sisik Hanako, selama dua bulan. Melalui cara tersebut, Profesor Hiro dapat menghitung cincin pertumbuhan pada sisik Hanako untuk menentukan usianya.

2. Ikan Koi di Portland Japanese Garden

koi terbesar, ikan koi slayer terbesar, koi terbesar di dunia, koi slayer terbesar, ikan kumpay terbesar, ikan koi terbesar di dunia dan termahal, ikan mas kumpay terbesar, ikan koi paling besar di dunia, ikan koi paling besar, ikan koi yang paling besar, ukuran ikan koi paling besar, ikan koi terbesar dan termahal, ikan koi yang terbesar di dunia, jenis ikan koi terbesar, ikan koi terbesar di dunia

Salah satu Ikan koi slayer terbesar di Portland Japanese garden – via : japanesegarden.org

Pemilik: Portland Japanese Garden

Lokasi: Portland, Oregon

Kolam berisi sekitar 50 ekor ikan koi, menjadi salah satu fitur yang paling populer di Portland Japanese Garden. Kolam koi ini telah menjadi komponen penting di sana sejak tahun 1970-an.

Sebagai Senior Gardener di Portland Japanese Garden, Adam Hart mengatakan bahwa sebagian besar ikan koi memiliki catatan dan nama masing-masing. Hart juga menyampaikan bahwa masa hidup ikan koi di taman mereka mencapai sekitar 30 tahun.

Baca Juga:   Taisho Sanke Koi Fish, si Triwarna

Ia pun menambahkan, banyak pengunjung yang penasaran dengan ikan koi tertua di kolam tersebut. Dan, meski pihak taman tidak sepenuhnya yakin, berdasarkan foto-foto bersejarah, mereka menemukan satu ikan koi jantan yang telah eksis, setidaknya sejak tahun 1996. Jika pernyataan tersebut benar, ikan koi tersebut telah berusia hingga puluhan tahun.

3. Big Girl

ikan koi terbesar di dunia, koi terbesar, ikan koi slayer terbesar, koi terbesar di dunia, koi slayer terbesar, ikan kumpay terbesar, ikan koi terbesar di dunia dan termahal, ikan mas kumpay terbesar, ikan koi paling besar di dunia, ikan koi paling besar, ikan koi yang paling besar, ukuran ikan koi paling besar, ikan koi terbesar dan termahal

Pemilik: Geoff Lawton

Lokasi: Melksham, Wiltshire, Inggris

Tercatat sebagai ikan koi terbesar di dunia pada tahun 2007, seekor koi bernama Big Girl menjadi bahan pemberitaan. Big Girl memiliki berat sekitar 40 kg, dengan panjang tubuh mencapai 1,2 meter.

Geoff Lawton, selaku pemilik toko Rainbow Koi di Wiltshire, mendapatkan koi raksasa ini dari peternak spesialis di Jepang. Lawton mengatakan bahwa Big Girl merupakan ikan koi terbesar yang diekspor ke luar Jepang, dan menjadi ikan koi terbesar yang pernah hidup di Inggris.

Lawton memelihara Big Girl pada kolam khusus pertunjukkan di toko ikannya, dan menyatakan bahwa ia tidak berencana untuk menjual ikan koi spesial tersebut. Lawton juga menambahkan bahwa jika ia memutuskan untuk menjual Big Girl, dia tidak akan mematok kurang dari $ 40.000 atau lebih dari 550 juta rupiah.

Baca Juga:   8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

4. Big Poppa

ikan mas koi terbesar, ikan koi yang terbesar di dunia, ikan mas koi terbesar di dunia, jenis ikan koi terbesar, ukuran ikan koi terbesar, ikan koi terbesar yang bagus, fakta ikan koi terbesar

Big Poppa – via : houstonchronicle.com

Pemilik: Nelson’s Water Garden

Lokasi: Katy, Texas, Amerika Serikat

Pada tahun 2017, telah lebih dari 7 tahun, Big Poppa hidup di kolam yang berlokasi di Discovery Green Park, Houston.

Kendati demikian, keberadaan Big Poppa terbilang misterius. Pihak taman menyatakan bahwa mereka tidak tahu asal-muasal dan waktu kehadiran Big Poppa di kolam tersebut.

Selama beberapa tahun, pengunjung memang telah memperhatikan keberadaan Big Poppa dan menyadari ukurannya yang cukup besar. Namun, pada tahun 2017, akhirnya mereka mengetahui secara pasti ukuran Big Poppa yang sebenarnya, ketika pihak taman hendak memperbaiki kebocoran kolam.

Menurut Ren Mitchell, manajer pemasaran Discovery Green, ukuran Big Poppa mengejutkan banyak orang. Mitchell memperkirakan, Big Poppa memiliki panjang lebih dari 60 cm, dengan bobot lebih dari 9 kg. Selepas dikeluarkan dari kolam, Big Poppa dipindahkan ke Nelson’s Water Garden yang berada di dekat wilayah Katy, Texas.

Dengan segala kisah yang luar biasa di atas, apakah Anda mulai tertarik memelihara ikan koi? Jika Anda hendak mengadopsi koi, pastikan Anda mampu menyediakan lingkungan hidup yang terbaik dan ideal bagi mereka, ya.

Karena, hanya dengan kasih sayang, komitmen, dan tanggung jawab, kisah koi yang istimewa dapat tercipta. Selamat mencoba.

error: