Home » Hewan Peliharaan » Contoh Kandang Kelinci Sederhana, yang Bisa Anda Buat Sendiri

Contoh Kandang Kelinci Sederhana, yang Bisa Anda Buat Sendiri

daftarhewan.com. Salah satu binatang peliharaan ini memiliki rupa yang lucu dan menggemaskan, sebab itu banyak kalangan yang menyukainya dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah. seperti halnya binatang peliharaan, kelinci mesti dirawat dan dijaga dengan baik dan benar.

Apabila Anda mau memelihara maupun beternak kelinci di rumah Anda, maka Anda harus mempunyai tempat yang cukup untuk membuat kandanga tikus Belanda atau kelinci. Sehingga kelinci Anda dapat hidup dengan aman karena jauh dari para pemangsa. Untuk itu, pada artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat kandang kelinci sendiri dengan mudah dan bagus.

kandang kelinci kayu murah, kandang kelinci dari kayu, kandang kelinci dari kayu sederhana, kandang kelinci dari kayu dan kawat, kandang kelinci kawat, kandang kelinci bahan kayu, buat kandang kelinci dari kayu, bikin kandang kelinci dari kayu, contoh kandang kelinci dari kayu, gambar kandang kelinci dari kayu, model kandang kelinci dari kayu, desain kandang kelinci kayu, ukuran kandang kelinci dari kayu

Kandang kelinci sederhana dari kayu

Penasaran tahapan pembuatannya? Simak terus artikel ini sampai selesai!

Begini cara membuat kandang kelinci sendiri yang bersih dan mudah

Kadang ini dapat Anda buat memakai bahan material seperti besi, kayu, kawat, maupun bambu. Pilihan yang murah dan mudah tentu dengan bahan bambu, bahkan Anda bisa mendapatkannya gratis bila terdapat bambu yang tumbuh di sekitar rumah Anda. Sedangkan untuk tinggi, luas, dan lebar kandang, mesti sesuai model kandang yang akan dibuat dengan jumlah kelinci yang dipelihara atau yang diternakkan.

Misalnya Anda ingin membuat kandang dengan model individual, agar tidak terlalu banyak dana yang keluar, kandang dibuat luas supaya dapat diberi sekat sehingga memuat banyak kelinci secara tersendiri. Jika Anda mempunyai dua atau tiga ekor kelinci, lebih baik Anda membuat kandang dengan ukuran standar.

Baca Juga:   Hewan Unggas (Fowl): Klasifikasi, Karakteristik, dan Contoh Spesies

Untuk ukuran standar kandang kelinci memiliki lebar 75 cm, tinggi 40 cm dan luas 120 cm. jika Anda tak ingin memasang atap atau terbuka maka tinggi kandang baiknya 80 cm, dengan begitu kelinci Anda tak bisa loncat keluar. Ukuran kandang dengan tinggi 50 cm, luas 180 cm, dan lebar 75 cm, bisa dibuat untuk Anda yang memiliki banyak kelinci. Tinggi kandang dapat dilebihkan kalau Anda tak membuat atap atau ingin dibuat bertingkat.

Selanjutnya akan mengulas cara membuat kandang kelinci dengan mudah. Perhatikan seluruh tahapannya hingga akhir.

Menyiapkan bahan dan peralatan dan membuat kandang hewan kuping panjang

Terdapat beberapa peralatan serta bahan yang Anda perlukan bila Anda ingin membuat sendiri kandang kelinci. Mungkin Anda akan membutuhkan bahan yang lebih banyak kalau Anda ingin menghasilkan kandang dengan varian agar tampak kandang lebih menarik. Berikut adalah peralatan dan bahan yang Anda butuhkan, antara lain.

Asbes untuk atap, bambu untuk alas kandang, paku besar dan kecil. kayu untuk kerangka, kawat untuk bagian ujung kandang, engsel untuk pintu, dan tempat kotoran serta obeng, palu, dan gergaji.

a. Proses pembuatan kandang

Tahap awal pembuatan kandang dimulai dari dengan membuat kerangkanya lebih dulu, yakni dengan kayu, bangun kandang sesuai ukuran untuk tinggi, luas, dan lebar yang tentunya telah disesuaikan pada jumlah kelinci yang Anda miliki. Jika kerangka Anda rasa sudah pas, lanjut ke langkah berikutnya yaitu membuat dinding dengan bambu ataupun kayu.

Jika sudah jadi dindingnya, Anda bisa melanjutkan dengan membuat alas kandang menggunakan bambu. Untuk bagian alas ini jangan terlalu rapat Anda menempatkan bambu tersebut, hal ini dilakukan agar kotoran kelinci dapat dengan mudah turun atau jatuh ke tanah maupun tempat kotoran yang sudah Anda buat.

Tahap berikutnya, yakni buat pintu kandang kelinci dengan ukuran tinggi 20 cm sementara lebarnya 15 cm. Tak lupa untuk membuat tempat persembunyian atau kamar di dalam kandang. Jadi untuk ukuran luas serta lebarnya bisa antara 30 atau 40 cm. Pada bagian akhir, Anda tinggal membuatkan atap kandang, di sini Anda dapat memasang atap dengan terpal, genting, maupun asbes.

Baca Juga:   15 Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Gambarnya

b. Lokasi kandang kelinci yang baik

Hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan yaitu menempatkan kandang tersebut pada lokasi yang sangat tepat. Akan lebih baik jika Anda menempatan kandangnya di luar rumah, sebab kelinci ini mesti terkena cahaya matahari pagi tiap harinya. Selain itu, kandang tersebut dapat steril dari kuman-kuman melalui sinar matahari pagi ini.

Walaupun harus disinari matahari tetapi tetap upayakan kandang tersebut berada di tempat yang sejuk dan nyaman bagi kelinci Anda. Misalnya di bawah pohon yang rindang maupun tempat teduh lainnya. Sekiranya membuat kelinci Anda nyaman.

Contoh rancangan kandang kelinci yang dapat Anda tiru

Setelah Anda tahu dan paham bagaimana membuat sendiri kandang standar untuk kelinci yang baik, selanjutnhya Anda dapat mempelajari beberapa inspirasi rancangan kandang tikus Belanda yang unik dan menarik untuk Anda adaptasikan di rumah Anda. Simak ulasan desainnya satu per satu.

1. Kandang Kelinci dari kayu

membuat kandang kelinci sederhana,membuat kandang kelinci dari kayu, membuat kandang kelinci sendiri, alat dan bahan membuat kandang kelinci, cara membuat kandang kelinci, buat kandang kelinci dari kayu, ukuran membuat kandang kelinci

Rumah kelinci dari kayu ini banyak yang menggemari serta mudah dibuat, sebab kandang ini sangat fleksibel untuk dibuat dengan desain apapun. Outdoor rabbit cage ini umumnya banyak ditemui pada tempat-tempat rekreasi. Selain sehat, dengan pemilihan bahan dan desain yang tepat bentuk kandang kayu sangat memikat mata.

Kelinci peliharaan Anda akan tinggal dan bermain di dalam rumah kelinci sederhana dari bahan kayu ini. Dengan dasar cara membuat kandang untuk kelinci yang diurai sebelumnya, Anda juga dapat memiliki kandang kayu dengan desain unik dan menarik di rumah Anda.

Baca Juga:   Ayam Pegar: Klasifikasi, Karakteristik, dan Penjelasan Lainnya

2. Kandang Kelinci dari bambu

kandang kelinci dari bambu, kandang kelinci dari bambu sederhana, kandang kelinci dari bambu dan kawat, kandang kelinci full bambu, kandang kelinci pakai bambu, desain kandang kelinci bambu, kandang kelinci anggora dari bambu, alas kandang kelinci dari bambu, kandang kelinci bertingkat dari bambu, bikin kandang kelinci dari bambu, bentuk kandang kelinci dari bambu, gambar kandang kelinci dari bambu, model kandang kelinci dari bambu, foto kandang kelinci dari bambu

Apabila disekitar rumah Anda terdapat bambu tak ada salahnya Anda mencoba membuat kandang kelinci Anda dari bahan tersebut. Asalkan Anda memilih bambu yang benar dan merancang rumah kelinci ini dengan unik dan sederhana, tentu tampilannya akan sangat menarik, tentunya dengan mengikuti cara standar pembuatan kandang untuk kelinci di atas Anda dapat membuat kandang bambu yang cantik dan kokoh.

3. Kandang Kelinci modern

desain kandang kelinci modern, kandang ternak kelinci modern, model kandang kelinci modern, gambar kandang kelinci modern, ukuran kandang kelinci modern, harga kandang kelinci modern, kandang kelinci minimalis, kandang kelinci mewah, kandang kelinci besi, kandang kelinci susun,kandang kelinci pedaging modern, kandang kelinci second, video kandang kelinci

Bila Anda ingin membuat rumah kelinci dengan konsep modern, maka kandang lebih fokus pada efisiensi kandang tersebut, di mana rumah kelinci ini lebih umum untuk kelinci ternak. Bentuknya cukup dibuat sederhana saja, hal yang terpenting adalah fungsinya yang memang diperuntukan kelinci ternak bukan untuk kandang hewan kelinci peliharaan di rumah Anda.

4. Kandang Kelinci bertingkat

desain kandang kelinci modern, kandang ternak kelinci modern, model kandang kelinci modern, gambar kandang kelinci modern, ukuran kandang kelinci modern, kandang kelinci susun, kandang kelinci pedaging modern, kandang kelinci second

Jika Anda mempunyai kelinci yang lumayan banyak namun lokasi tak memungkinkan untuk membuat kandang yang luas, maka Anda dapat membuat rumah untuk kelinci Anda dengan tingkat. Bila Anda memiliki masalah tersebut Anda bisa menggunakan cara ini. Adapun hal-hal yang mesti diperhatikan di sini sekat atara bagian atas dan bawah mesti dibuat miring agar kotoran tak jatuh dikandang bawah, atau Anda bisa membuat penampung kotoran di sana.

Kandang bertingkat ini pun cocok kalau Anda ingin kelinci dipisah-pisah berdasarkan bentuknya secara individual. Jadi Anda buat berjajar kandang kelinci dengan memberikan sekat tiap kotak kandang, sehingga kelinci yang satu dan lainnya tidak tercampur. Tiap tempat kelinci ini juaga dibuatkan ruangan untuk tempat sembunyi kelinci.

Demikian ulasan perihal pembuatan kandang kelinci, mulai dari bahan yang perlu Anda siapkan, proses pembuatannya, bahkan Anda dapat menciptakan desain yang menarik untuk kelinci peliharaan Anda di rumah. dan kesemua hal ini dapat Anda buat sendiri di rumah.

error: