Home » Anjing » Karakteristik dan Dasar Pemeliharaan Alaskan Malamute

Karakteristik dan Dasar Pemeliharaan Alaskan Malamute

daftarhewan.com. Alaskan Malamute termasuk salah satu ras anjing peliharaan tertua di dunia, yang awalnya dikembangbiakkan sebagai anjing pekerja. Karena itulah, mereka bertubuh kekar dan kuat, berstamina tinggi, serta memiliki ketahanan yang baik.

Alaskan Malamute juga tergolong anjing yang cerdas dan mandiri, serta perlu rutin berolahraga untuk menyalurkan energi mereka yang besar. Secara fisik, Anjing Alaskan Malamute tampak menyerupai serigala, sehingga kerap memainkan peran sebagai serigala di berbagai film.

cara merawat alaskan malamute, cara memelihara alaskan malamute, cara merawat alaskan malamute puppies, cara pelihara alaskan malamute, cara perawatan alaskan malamute, cara mengurus alaskan malamute, cara merawat anjing alaskan malamute, cara memelihara anjing alaskan malamute, cara merawat bulu anjing alaskan malamute

Dengan segala kelebihan tersebut, Alaskan Malamute menjadi sangat atraktif dan menyenangkan. Mereka selalu siap menerima tantangan baru dan tidak akan pernah membuat Anda bosan.
Namun, ras anjing ini bukan pilihan tepat untuk pemelihara anjing yang tidak berpengalaman. Karakter Alaskan Malamute cenderung keras kepala dan independen, sehingga cukup sulit untuk ditangani. Kendati demikian, mereka juga penuh kasih sayang, setia, elegan, dan bersahabat.

Cara Merawat dan Memelihara Anjing Alaskan Malamute

Dengan masa hidup sekitar 12-16 tahun, Alaskan Malamute dapat menjadi teman yang sempurna bagi Anda yang sudah mahir menangani perilaku anjing. Yang terpenting, Anda telah memahami poin-poin penting tentang karakteristik dan pemeliharaan Alaskan Malamute, berikut ini :

A. Pelatihan Anjing

Alaskan Malamute yang tidak terlatih, dapat menjadi cukup merepotkan, terutama karena kekuatan dan ukuran mereka yang relatif besar. Lagipula, kecerdasan Alaskan Malamute perlu mendapat stimulasi yang tepat, dengan pelatihan di usia muda. Mereka juga akan membutuhkan latihan kepatuhan sejak kecil, karena saat mereka bertambah tua, Alaskan Malamute akan cenderung lebih sulit untuk diatur.

B. Karakteristik dan Perawatan Tubuh Alaskan Malamute

Warna rambut Alaskan Malamute sangat bervariasi. Terdapat Alaskan Malamute dengan warna abu-abu muda, kemerahan, cokelat, hingga hitam. Sementara wajah mereka berwarna putih dengan corak unik di bagian kepala, sesuai warna pada tubuhnya.

Baca Juga:   15 Jenis Anjing yang Paling Setia Pada Pemiliknya

Dan, yang paling penting untuk Anda cermati, lapisan rambut terluar pada tubuh Alaskan Malamute terasa kesat, kasar, dan sangat padat. Karena itulah, mereka dapat bertahan dalam cuaca dingin yang ekstrem. Karakteristik tersebut juga membuat mereka sangat rentan dalam cuaca terik dan sinar matahari yang menyengat.

Terlebih, ada pula lapisan rambut bagian dalam yang menyerupai wol dan cenderung berminyak. Alaskan Malamute juga merontokkan lapisan rambut mereka dua kali dalam setahun.
Dengan kata lain, Anda perlu ketelatenan ekstra untuk merawat kebersihan dan kesehatan rambut Alaskan Malamute. Ada baiknya, Anda juga memangkas kuku mereka dua atau tiga kali sebulan untuk mengoptimalkan kebersihan tubuhnya.

C. Kesehatan dan Potensi Penyakit

Alaskan Malamute relatif bugar dan tidak mudah sakit. Namun, mereka bisa saja mengalami suatu masalah kesehatan yang kronis.  Maka, ketika Anda membeli atau mengadopsi Alaskan Malamute, pastikan Anda telah menerima sertifikat atau melakukan pemeriksaan kesehatan secara komperhesif. Beberapa gangguan kesehatan yang umum terjadi pada Alaskan Malamute, antara lain katarak, displasia panggul, displasia siku, hemeralopia, dan sebagainya.

Baca Juga:   Tentang Anjing Siberian Husky dan Perawatannya

D. Nutrisi

Porsi makanan harian yang direkomendasikan untuk Alaskan Malamute, yaitu sekitar 4-5 cangkir makanan kering berkualitas terbaik, yang dibagi dalam dua kali pemberian makan. Namun, jumlah konsumsi harian juga tergantung pada tingkat energi, postur tubuh, ukuran, dan kondisi metabolisme anjing kesayangan Anda. Membuat jadwal pemberian makan sebanyak dua kali sehari, merupakan opsi yang sempurna untuk mengoptimalkan kesehatan Alaskan Malamute, alih-alih menyediakan makanan sepanjang hari.

E. Kesimpulan

Tingkah laku Alaskan Malamute yang atraktif dan energetik, sangat cocok bagi Anda yang ingin lebih banyak bergerak dan berolahraga. Loyalitas dan masa hidup mereka yang cukup panjang, juga dapat membuat hidup Anda lebih ceria selama bertahun-tahun mendatang. Namun, pertimbangkan pula setiap aspek perawatan dan karakteristik Alaskan Malamute yang hendak Anda adopsi, agar proses pemeliharaan lebih optimal.

error: