Kecoa Madagaskar dan Makanan Kesukaannya

Posted on

daftarhewan.com. Kecoa Madagaskar yang mendesis, bernama ilmiah Gromphadorhina portentosa dan dalam Bahasa Inggris disebut Madagascar hissing cockroach, hanya berasal dari pulau Madagaskar.

Madagaskar, berada di laut lepas timur Afrika. Mempunyai cuaca tropis sampai subtropis yang memberikan dukungan fauna yang sangat bermacam, termasuk beberapa serangga terbesar di dunia.

Di Madagaskar, serangga ini terutama sebagai sumber makanan untuk hewan yang lebih besar seperti lemur, burung, dan kadal.

kecoa madagaskar, harga kecoa madagaskar, kecoa madagaskar harga, jual kecoa madagaskar, makanan kecoa madagaskar, manfaat kecoa madagaskar, kecoa madagaskar untuk apa, kecoa madagaskar goreng, kandang kecoa madagaskar, kecoa madagaskar bisa dimakan, apakah kecoa madagaskar berbahaya, ternak kecoa madagaskar, budidaya kecoa madagaskar, gambar kecoa madagaskar, kecoa madagaskar ternak, makan kecoa madagaskar

Penyebaran di penjuru dunia terbatas pada laboratorium, ruangan kelas, toko hewan piaraan, dan sebagai hewan peliharaan di rumah pemeliharanya. Ukuran besar dan relatif jinak dari spesies ini membuatnya jadi hewan serangga peliharaan yang ideal.

Kecoa Madagaskar

Kecoa ini memiliki warna coklat mengkilat dan berbentuk lonjong, tanpa sayap dan memiliki sepasang antena.

Kecoa jantan mempunyai dua tuberkel besar (tonjolan) di atas dorsal prothorax. Beberapa orang menduga tuberkel ini sama dengan mata; tetapi, kepala sebenarnya berada di bawah area ini dan diproteksi oleh pelindung berat prothorax.

Kecoa Madagaskar betina mempunyai benjolan ini; tetapi, mereka tidak begitu mencolok dan agak halus. Ke-2 jenis kelamin mempunyai spirakel perut kedua yang dimodifikasi (aliran pernapasan di sisi tubuh).

Kecoa Madagaskar jantan dan betina, kecoa madagaskar untuk apa, kecoa madagaskar goreng, kandang kecoa madagaskar, kecoa madagaskar bisa dimakan, apakah kecoa madagaskar berbahaya, ternak kecoa madagaskar, budidaya kecoa madagaskar, gambar kecoa madagaskar, kecoa madagaskar ternak, makan kecoa madagaskar

Dengan memaksa udara melalui spirakel ini, mereka dapat menghasilkan suara mendesis saat kawin, berkelahi atau ketika mereka terganggu. Kecoak ini dilengkapi dengan bantalan khusus di kaki mereka yang memungkinkan mereka memanjat sebagian besar permukaan, termasuk kaca.

Kecoa Madagaskar ini adalah salah satu spesies kecoak ovovivipar yang langka, menghasilkan telur yang menetas di dalam tubuh betina.

Baca Juga:   12 Cara Mengusir Kecoa di Rumah Selamanya!

Hal ini menunjukkan bahwa betina melahirkan anak yang masih hidup. Setelah pembuahan, telur benar-benar diinkubasi oleh betina dalam kantong induk khusus di dalam tubuhnya.

Masa kehamilan di bawah kondisi laboratorium adalah sekitar 60 hari. Betina mendorong nimfa keluar dari tubuhnya setelah mereka menetas.

1. Berapa Lama Kecoa Madagaskar Hidup?

Kecoa menunjukkan metamorfosis bertahap (perkembangan sebagai telur, nimfa dan akhirnya dewasa), di mana nimfa yang belum matang terlihat mirip dengan yang dewasa tetapi lebih kecil. Nimfa mengalami enam molts (enam tahapan instar nimfa). Dibutuhkan hampir 5 sampai 7 bulan bagi kecoa ini untuk menjadi dewasa secara seksual. Mereka dapat hidup 2 sampai 5 tahun.

Mirip dengan kecoa pada umumnya, Kecoa Madagaskar bersifat fototaktik negatif (bergerak menjauh dari cahaya) dan oleh karena itu, aktif di malam hari.

Mereka juga omnivora (makan apa saja), tetapi sangat tertarik pada selai kacang, pisang, dan jeruk. Ketika hidup berkoloni, spesies ini menunjukkan hierarki sosial yang pasti.

Jantan akan membangun dan mempertahankan wilayah di atas batu atau struktur serupa lainnya selama beberapa bulan. Dia akan meninggalkannya hanya untuk waktu yang singkat untuk mendapatkan makanan dan air. Baca Juga : Kaki Seribu Terbesar

Betina suka berteman (membentuk kelompok betina) dan nyaris tidak pernah berkelahi, baik di antara mereka sendiri atau dengan jantan. Betina dan nimfa diperbolehkan di area yang dipertahankan yang mungkin menampung beberapa betina dewasa dan bermacam-macam nimfa berbagai ukuran, tetapi hanya dengan satu jantan.

Ketika seekor jantan mengganggu wilayah jantan tetangga, perkelahian akan terjadi. Satu jantan akan berusaha untuk mendorong yang lain keluar dari wilayahnya. Selama pertempuran, banyak gerakan dan desisan akan terjadi. Perilaku kawin Kecoa Madagaskar juga rumit dan melibatkan postur dan desis oleh jantan untuk menarik betina.

Baca Juga:   Ngengat, Apa Mereka Berbahaya?

2. Lingkungan hidup

Kecoa Madagaskar relatif mudah dirawat dan menjadi hewan peliharaan yang sangat baik. Pemilik harus memelihara hewan peliharaan mereka di area yang menyediakan lingkungan yang gelap, lembab, dan terpencil.

Seringkali koloni laboratorium dipelihara di tempat sampah yang besar dan gelap, dengan pembagi kardus atau jaring kawat untuk menambah area permukaan ekstra untuk dipanjat kecoa. Ahli entomologi yang bekerja dengan kecoak biasanya menyimpannya di akuarium kaca atau plastik (seperti hamster).

Serpihan kayu, gambut lembab atau lumut sphagnum dapat disediakan sebagai jenis tempat tidur yang dapat mereka gali untuk bersembunyi dari cahaya. Batu atau tabung kecil dapat ditambahkan agar kecoak memiliki wilayah untuk dipertahankan.

Penutup layar atau jenis penutup lain yang aman untuk sangkar diperlukan. Kaki khusus mereka memungkinkan dapat memanjat permukaan apa pun, jadi penting untuk memastikan kandang tertutup rapat.

kandang kecoa madagaskar, kandang serangga
Kandang Kecoa Madagaskar – via : carolina.com

Pastikan untuk menyediakan ventilasi yang memadai untuk hewan peliharaan Anda dan jangan biarkan media (lingkungan hidup) mengering secara berlebihan.

Kadang-kadang semprotan media dengan air akan memberikan kelembaban yang tepat untuk kandang kecoa. Kandang harus ditempatkan di lokasi yang hangat (72 F hingga 76 F) atau 22 derajat – 24 derajat celsius. Suhu yang lebih tinggi 31 derajat celcius lebih baik dan akan meningkatkan aktivitas dan pembiakan, sedangkan suhu yang lebih rendah (21 derajat celcius atau lebih rendah) membuat mereka lamban dan tidak aktif.

Jangan menyimpan kecoak ini pada suhu lebih rendah dari 65 derajat Fahrenheit (15 derajat celcius). Suhu tinggi di habitat aslinya sering melebihi 100 F (37 derajat celcius), dan Kecoa madagaskar tumbuh subur di lingkungan yang hangat.

Baca Juga:   Kecoa Putih, Pertanda Apa?

3. Makanan Kecoa Madagaskar

Kecoa Madagaskar adalah pemakan oportunistik, sering memanfaatkan buah matang yang jatuh ke lantai hutan hujan di Madagaskar. Buah ini akan memberikan banyak kelembapan yang dibutuhkan untuk mereka. Namun, mereka kadang-kadang meminum embun dari tanaman di sekitarnya.

Kecoa Madagaskar peliharaan menikmati berbagai macam makanan termasuk makanan kering, makanan olahan untuk anjing, kucing, pakan ikan, pakan ayam, monyet dan tikus.

Suplemen diet dengan buah-buahan dan sayuran, termasuk irisan jeruk, kulit pisang, wortel, apel, anggur, kulit ubi jalar dan irisan kentang.

Gunakan potongan-potongan kecil (satu inci persegi atau kurang) dan beri makan makanan lembab dengan hemat, karena konsentrasi gas fermentasi yang tinggi berbahaya.

Bahkan koloni Kecoa Madagaskar di Oklahoma State University tumbuh subur dengan diet atau makanan yang stabil berupa makanan anjing kering dan air.

Koloni ini telah dipelihara selama lebih dari enam belas tahun, dengan banyak generasi sukses dibesarkan, diternak sampai dibudidayakan.

4. Harga Kecoa Madagaskar

Untuk harga di beberapa toko hewan peliharaan baik online maupun offline, Anda bisa membeli dan mendapatkan Kecoa Madagaskar dengan harga Rp. 10.000 untuk satu pasang indukan.

5. Apa Kecoa Madagaskar Bisa Dimakan?

Ya, Anda dapat makan kecoa berukuran besar ini! Berbalik dengan kepercayaan populer, kecoak sebetulnya dapat menjadi serangga yang paling bersih dan lezat dimakan, terlebih bila mereka diberi makan buah dan sayur segar.

Menurut edibug.wordpress.com, mereka dapat dikonsumsi dengan dipanggang, digoreng, ditumis, atau direbus. Kecoa Madagaskar mempunyai rasa dan struktur seperti ayam yang berminyak.

One thought on “Kecoa Madagaskar dan Makanan Kesukaannya

Comments are closed.