Kelinci Laut, Makhluk Lucu yang Ternyata Beracun

daftarhewan.com. Kita hidup di dunia yang penuh dengan hal yang indah dan sangat mempesona. Meskipun dalam kehidupan masih banyak yang belum kita ketahui khususnya dunia fauna, tentunya banyak kita telah ketahui, namun banyak juga yang belum kita ketahui.

gambar kelinci laut, klasifikasi kelinci laut, lokasi kelinci laut, kelinci laut wikipedia, kelinci laut lucu, kelinci laut, nudibranch, kelinci laut itu apa

Menemukan hal-hal baru tentang dunia kita memperluas pengetahuan kita dan membantu kita menghargai betapa indahnya dunia kita.

Makhluk dari darat, air, dan udara sungguh menakjubkan. Tentunya kita mengenal jenis kelinci pedaging dan jenis kelinci hias, tetapi ada juga lho makhluk laut yang terlihat seperti kelinci tapi hidup di bawah laut. Mari kita mengenalnya lebih baik dan mengagumi kelucuannya.

Kelinci Laut

Makhluk laut kecil yang bulat, halus, dan lucu ini sering disebut “kelinci laut“. Mereka sebenarnya adalah siput laut yang termasuk dalam kelompok moluska yang disebut nudibranch, yang diklasifikasikan sebagai spesies Jorunna parva yang pertama kali dijelaskan oleh Kikutaro Baba, seorang ahli biologi kelautan Jepang.

Baca Juga:   Pohon di Australia yang Daunnya Makanan untuk Hewan Koala

Spesies kelinci siput ini biasa terlihat di lepas pantai Jepang, Samudera Hindia, dan di perairan sekitar Filipina. Mereka sebagian besar berukuran kurang dari satu inci, atau sekitar 2,5 cm, panjangnya dan memiliki lapisan seperti bulu.

Mantel kecil ini terdiri dari batang kecil atau caryophillidia yang menutupi punggungnya. Bulu-bulu itu disusun di sekitar kenop-kenop kecil kadang-kadang berwarna hitam yang membuatnya tampak berbintik-bintik.

Dilansir dari sciencetimes.com, Dr. Craig McClain menjelaskan di Deep Sea News bahwa “telinga” kelinci laut ini adalah rhinophores, sejenis organ yang membantu siput laut merasakan bahan kimia di dalam air dan mendeteksi perubahan arus.

Rhinophores umum di nudibranch dan mereka sangat “berbulu halus” untuk memungkinkan lebih banyak area permukaan untuk penerimaan ini terjadi.

Semua nudibranch dapat menghasilkan sperma dan sel telur karena keduanya hermafrodit. Namun, mereka tidak dapat bereproduksi sendiri, karena pembuahan sendiri tidak memungkinkan dan oleh karena itu mereka membutuhkan siput lain untuk pembuahan.

Baca Juga:   10 Dinosaurus yang Lebih Ganas Dari T.Rex

Meskipun kelinci laut pada gambar di atas tampak putih, namun sering kali berwarna kuning dengan bintik hitam dan rhinophores; yang lainnya juga agak kehijauan. Perdebatan tentang apakah variasi warna yang berbeda ini mewakili spesies terpisah saat ini sedang dibahas dalam komunitas ilmiah, menurut McClain.

Pakar siput laut, Ángel Valdés dari California State Polytechnic University di Pomona, mengatakan bahwa makhluk ini hanya hidup beberapa bulan hingga satu tahun. Beruntung bagi mereka, mereka sangat-sangat beracun dan siapa pun yang memakannya pasti akan mengalami kesulitan setelahnya.

Anda bisa mengagumi dan membujuk makhluk-makhluk berbulu halus ini, tetapi tahan saja keinginan untuk menyentuh telinga kelinci laut itu.

klasifikasi kelinci laut, lokasi kelinci laut, kelinci laut wikipedia, kelinci laut lucu, kelinci laut, nudibranch, kelinci laut itu apa, gambar kelinci laut

Kelinci laut lucu

Jenis Siput Laut lainnya

Nudibranch, atau siput laut, adalah moluska gastropoda laut bertubuh lunak yang dikenal karena warna dan bentuknya yang luar biasa. Memiliki lebih dari 3.000 spesies yang dideskripsikan dan lebih banyak lagi yang belum ditemukan.

Baca Juga:   Hewan Undur-undur, Berikut Fakta Menariknya!

Makhluk ini adalah siput yang kehilangan cangkangnya setelah tahap larva dan memperoleh karakteristik baru melalui evolusi. Mereka dapat ditemukan di mana saja di dunia dan semua kedalaman air, tetapi paling sering di bagian dangkal seperti laut pasang surut dan terumbu karang.

Mereka sangat flamboyan terutama saat berada di terumbu karang karena mereka bisa menonjol sebagai peringatan bagi predator bahwa mereka adalah makhluk yang sangat beracun atau menyatu dengan karang yang cerah. Tetapi mereka juga bisa menjadi tambahan yang menarik untuk akuarium air asin dan dapat membantu menyeimbangkan tingkat alga.

Jadi, lain kali Anda berenang di atas karang atau pergi ke laut yang pasang surut, hati-hati terhadap hewan kecil tapi sangat mencolok ini.

error: