Home » Hewan Peliharaan » Kenali Kelinci Peliharaan Lebih Dekat, Melalui 6 Fakta Ini!

Kenali Kelinci Peliharaan Lebih Dekat, Melalui 6 Fakta Ini!

daftarhewan.com. Penampilan lucu dan imut-imut, dengan rambut-rambut lembut yang terlihat fluffy, menjadikan kelinci sebagai salah satu hewan peliharaan paling populer di berbagai belahan dunia. Kendati demikian, memelihara kelinci tidak dapat dikatakan mudah.

Kelinci begitu rentan terhadap perubahan lingkungan. Dan, seperti hewan peliharaan lainnya, kualitas dan masa hidup kelinci, tentu sangat bergantung pada ketelatenan dan dedikasi pemiliknya, untuk mengenal, menyediakan fasilitas, dan merawat mereka.

kenapa kelinci dijadikan hewan peliharaan, mengapa kelinci dijadikan hewan peliharaan, berapa lama umur kelinci hidup, berapa lama kelinci bertahan hidup, berapa lama kelinci dapat hidup, berapa lama kelinci bisa bertahan hidup, berapa tahun kelinci bertahan hidup

Kelinci peliharaan lucu – via : cuteness.com

Maka, pahami segala konsekuensi yang perlu Anda tanggung ketika hendak memelihara kelinci. Ketahui seluk-beluk tentang kelinci peliharaan, agar Anda dapat mengenal dan memenuhi seluruh kebutuhan hidup hewan bertelinga panjang ini.

Yuk, mengenal kelinci peliharaan lebih dekat!

a. Sejarah Domestikasi Kelinci

Kelinci peliharaan yang telah mengalami domestikasi, memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelinci liar yang terkadang melintasi halaman Anda. Kelinci peliharaan memiliki nama ilmiah Oryctolagus cuniculus, sementara kelinci liar bernama ilmiah Lepus sylvaticus. Jadi, meski berasal dari keluarga yang sama, keduanya merupakan dua spesies yang berbeda.

Selama berabad-abad, kelinci dimanfaatkan sebagai makanan dan diambil rambut pada tubuhnya untuk dijadikan wool. Namun, sejak abad ke-19, kelinci mulai dirawat sebagai hewan peliharaan. Dan, pada akhir abad ke-20, kelinci telah umum menjadi kesayangan penduduk Amerika dan semakin populer sebagai hewan domestik.

Baca Juga:   Apa Itu Grooming Hewan?

Hingga saat ini, orang-orang telah mengenal berbagai karakteristik kelinci peliharaan. Masa hidup mereka pun semakin panjang, dengan perawatan yang tepat dan optimal.

b. Berapa Lama Kelinci Peliharaan Bertahan Hidup?

kelinci lucu imut, kelinci lucu dan imut, kelinci lucu sekali, kelinci lucu sedunia, kelinci lucu di dunia, kelinci lucu banget, kelinci lucu anak, gambar kelinci anggora lucu, foto kelinci anggora lucu, kelinci yang lucu banget, gambar kelinci lucu dan cantik, foto kelinci lucu dan cantik

Kelinci lucu imut

Masa Hidup Kelinci Peliharaan Berdasarkan Varietas. Menurut House Rabbit Society, masa hidup kelinci berkisar antara 8-14 tahun, dengan beberapa varietas tertentu dapat hidup lebih panjang dibandingkan varietas lainnya. Seperti yang terjadi pada anjing, varietas kelinci kerdil relatif hidup lebih lama dari varietas kelinci berukuran besar. Varietas kelinci mini dapat hidup dalam kurun waktu dua digit, sedangkan kelinci besar umumnya hanya mencapai usia satu digit.

c. Keterkaitan antara Nutrisi dan Masa Hidup Kelinci

Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kelinci peliharaan memiliki kebutuhan nutrisi yang spesifik. Bagi Anda yang tertarik memelihara kelinci, mengetahui kebutuhan nutrisi mereka menjadi sangat krusial, karena asupan yang Anda berikan dapat berpengaruh secara signifikan pada masa hidup kelinci peliharaan.

Kualitas yang baik dan ketepatan kuantitas nutrisi harian, akan menentukan kesehatan kelinci peliharaan. Agar kelinci peliharaan berumur panjang, mereka perlu mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan kandungan lain dalam porsi yang seimbang.

Setidaknya, kelinci peliharaan perlu mengonsumsi pelet khusus kelinci, rumput kering (hay), dan sayuran. Beberapa jenis buah-buahan dapat Anda berikan sebagai cemilan, namun tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu kesehatan mereka. Kesalahan yang umum terjadi, orang-orang hanya memberikan pelet dari toko hewan peliharaan, yang bisa jadi akan menyebabkan kelinci kekurangan mineral dan vitamin yang mereka butuhkan dari sayuran hijau dan segar.

Baca Juga:   10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan

d. Penyakit yang Dapat Menyerang Kelinci Peliharaan

gambar kelinci sakit, foto kelinci sakit, kelinci sakit lemas, tanda kelinci anggora sakit, ciri ciri kelinci anggora sakit, bagaimana kelinci sakit, ciri kelinci sakit, ciri2 kelinci sakit, ciri kelinci sakit dan cara mengobatinya, contoh kelinci sakit, ciri ciri kelinci sakit flu, kelinci sakit kepala, ciri ciri kelinci sakit perut

Gambar Kelinci sakit – via : mascotarey.com

Selain asupan harian, terdapat beragam faktor yang mengusik kesehatan kelinci peliharaan. Apabila Anda lengah atau tidak berhati-hati, kelinci peliharaan bisa saja terjangkit oleh beberapa penyakit dan terinfeksi oleh parasit, yang dapat memperpendek usia mereka.

Maka, sangat penting untuk menerapkan kebiasaan higiene atau kebersihan yang baik, ketika merawat kelinci peliharaan, seperti membersihkan kandang secara teratur, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang mereka. Selain itu, pemeriksaan rutin ke dokter hewan, juga dapat membantu Anda untuk menyadari potensi masalah yang terjadi pada kelinci Anda sedini mungkin.

Tindakan kebiri atau mensterilkan kelinci peliharaan, juga dapat memperpanjang masa hidup mereka. Terlebih, kelinci betina begitu rentan terhadap kanker rahim dan payudara, sementara kelinci jantan dapat mengalami kanker testis. Maka, sterilisasi pada kelinci peliharaan dapat meminimalisir risiko kanker yang dapat mengancam nyawa mereka.

e. Fasilitas untuk Mendukung Perilaku dan Pola Hidup Kelinci

Kelinci peliharaan yang menjalani hidup sepenuhnya di dalam kandang, tidak akan menjadi kelinci yang bahagia. Karena, kelinci memerlukan ruang yang lapang dan stimulasi mental.

Meski dapat hidup di dalam dan luar ruangan, kelinci peliharaan memerlukan area luas, spot untuk tidur, serta berbagai mainan dan benda-benda untuk mereka kunyah. Ketika ruang dan stimulasi yang Anda berikan tidak cukup memadai, kualitas hidup kelinci akan menurun dan tidak dapat mencapai usia yang optimal.

Baca Juga:   15 Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Gambarnya

Di samping itu, penting untuk menyediakan kandang atau rumah yang tenang untuk kelinci peliharaan. Hindarkan berbagai faktor yang dapat menyebabkan stres pada kelinci, seperti gangguan kucing, anjing, atau anak-anak. Pastikan pula, tidak ada fasilitas, sarana, atau benda yang dapat membuat kelinci kaget atau terluka, karena mereka tergolong hewan yang rentan dan sangat sensitif.

f. Kelinci Tertua di Dunia

kelinci tua, kelinci tertua, kelinci yang sudah tua, ras kelinci

Mick Kelinci tertua – via : guinnessworldrecords.com

Pasca ulang tahun yang ke-16 di tanggal 9 Februari 2019, seekor kelinci asal Berwyn, Illinois, Amerika Serikat, bernama Mick, tercatat sebagai kelinci tertua dalam Guinness World Records. Sebelumnya, kelinci mini warna abu-abu yang tinggal di Inggris, bernama Hazel, memegang rekor tersebut, dan meninggal pada usia 16 tahun. Sementara itu, sebelum Hazel, rekor kelinci tertua dimiliki oleh kelinci peliharaan lain yang dapat mencapai umur 14 tahun. Pencapaian tersebut perlu dirayakan, karena tidak banyak kelinci yang dapat menginjak usia dua digit atau belasan tahun.

Nah, Anda tentu ingin agar kelinci peliharaan dapat mencapai usia yang optimal atau melebihi masa hidup rata-rata, bukan? Maka, sebelum memutuskan untuk mengadopsi kelinci peliharaan, Anda perlu menggali ilmu sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya tentang pemeliharaan kelinci. Kenali karateristik unik pada masing-masing kelinci dan ketahui segala keperluan hidup mereka, untuk memastikan kelinci peliharaan Anda hidup sejahtera hingga akhir masa hidupnya.

error: