Kenapa Anjing Setia Pada Manusia?

daftarhewan.com. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu ciri anjing peliharaan yang paling utama adalah kesetiaannya. Kesetiaan ini bisa menjadi luar biasa dan sangat penting, sehingga sering dikutip sebagai contoh dari apa yang dapat dipelajari manusia dari anjing.

Tapi selain pelajaran hidup, dari mana asal kesetiaan anjing Anda? Tentunya Anda memberi mereka makan dan bermain dengan mereka dan memiliki rasa cinta yang mendalam untuk anjing peliharaan Anda, tetapi apakah itu sepenuhnya menjelaskan kedalaman emosi yang mereka miliki untuk Anda?

kenapa anjing lebih setia daripada kucing, kenapa anjing setia pada manusia, kenapa anjing hewan paling setia, kenapa anjing bisa setia mengapa anjing setia, anjing setia, kenapa anjing sangat setia, kenapa anjing itu setia, mengapa anjing setia kepada tuannya, mengapa anjing setia pada manusia, kenapa setiap memelihara anjing selalu mati

Di dalam artikel ini, kita akan membahas tentang anjing yang setia, kenapa anjing lebih setia daripada kucing? dan kapan kesetiaan itu perlu dibatasi.

Apakah Anjing Benar-Benar Setia?

Konsep anjing yang setia telah banyak ditampilkan di media seperti film dan iklan saat ini, sehingga Anda bertanya-tanya, apakah anjing benar-benar setia?

Memang benar adanya, kisah-kisah nyata anjing yang menunggu tuan atau pemiliknya tanpa henti dalam waktu yang lama, lalu sangat bergembira menyambut mereka bertahun-tahun kemudian, hal tersebut memang tidak dibuat-buat.

Bisa Anda buktikan pada anjing peliharaan Anda sendiri, yang sangat bergembira ketika Anda pulang kerja dan menyapa seolah-olah mereka tidak melihat Anda selama berminggu-minggu. Lalu apakah itu bukan kesetiaan?

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Anjing?

Apa Penyebab Anjing Setia pada Manusia?

Ada beberapa teori tentang asal usul kesetiaan anjing peliharaan Anda dan mengapa itu terjadi. Di sini kita menjelajahi beberapa penjelasan untuk kesetiaan anjing, dari yang sederhana hingga yang menarik.

Penjelasan sederhana: Anda memberi mereka makanan

Penjelasan paling sederhana untuk kesetiaan anjing Anda adalah Anda memberi mereka makanan dan tempat berlindung. Anjing Anda berterima kasih kepada Anda atas hal-hal penting dalam hidup yang Anda berikan dan juga setia kepada Anda sebagai timbal balik.

Dasar ilmiah untuk ini: Anjing peliharaan adalah keturunan serigala, yang pernah dijinakkan oleh manusia dengan tempat berlindung dan makanan. Sebagai balasannya biasanya mereka bertindak sebagai anjing penjaga. Hubungan timbal balik ini tetap ada dalam gen anjing Anda dan kesetiaan mereka adalah produk sampingannya.

Tentu saja, ini berarti anjing yang setia memuja siapa pun yang memberi mereka makan. Hal tersebut juga sebagian besar benar, karena anjing cenderung tumbuh lebih terikat pada anggota keluarga yang memberi mereka makanan. Tapi itu bukan satu-satunya penjelasan, kenapa anjing setia pada manusia.

Psikologi Anjing : Anjing adalah hewan yang suka hidup berkelompok

Anjing juga merupakan hewan yang hidup dalam kebersamaan dalam kawanan atau kelompok dan ingin memiliki teman. Mereka sangat mirip dengan manusia dalam hal ini. Untuk anjing setia Anda, keluarga Anda adalah kawanan mereka dan mereka telah mengadopsi Anda sebagai milik mereka.

Baca Juga:   7 Jenis Anjing Pemburu Babi Terhebat di Dunia

Loyalitas dalam satu kelompok sangat penting. Untuk bertahan hidup di alam liar, anggotanya harus bekerja sama untuk mengatasi bahaya. Mempercayai, bekerja sama. Mengutamakan kepentingan kelompok adalah bagian alami dari bertahan hidup mereka.

Itu akan menjelaskan mengapa anjing sering membahayakan nyawanya sendiri untuk melindungi pemiliknya; insting tersebut telah mewajibkan mereka melakukan hal tersebut.

Tapi itu tidak bisa menjelaskan semuanya. Bagaimanapun, anjing Anda masih mencintai Anda ketika Anda kembali dari liburan panjang dan Anda belum memberinya makan selama waktu itu. Dan bagaimana dengan Hachito, anjing setia sampai mati, yang biasa menyapa pemiliknya setiap hari di stasiun kereta setelah bekerja – dan terus menunggunya selama sembilan tahun setelah pemiliknya meninggal? Baik insting kebersamaan maupun hubungan timbal balik tidak dapat menjelaskannya. Tapi mungkin ada hal lain.

Menurut purina.com. Pada tahun 2005, ScienceDirect mengadakan eksperimen tentang perilaku anjing. Di mana anjing diberi aroma pemiliknya, aroma orang asing, dan aroma makanan.

Pemindaian otak diambil dari anjing saat mereka mendekati setiap aroma atau bau. Studi tersebut berhipotesis bahwa bau sangat penting bagi anjing, itu akan menjadi cara terbaik untuk memahami cara kerja otak anjing.

Anjing tidak hanya bereaksi lebih kuat terhadap aroma pemiliknya, bagian otak yang terkait dengan kenikmatan dan emosi positif menjadi lebih hidup saat diberi aroma pemiliknya. Anjing setia Anda memang mengenali Anda. Pola yang sama pada manusia biasanya dikaitkan dengan cinta.

Baca Juga:   50 Jenis Anjing Peliharaan di Dunia, Keterangan dan Gambarnya

Dalam eksperimen lain, seekor anjing diizinkan untuk melihat orang asing bersikap kasar kepada pemiliknya. Ketika anjing itu kemudian diizinkan untuk berinteraksi dengan orang asing dan pemiliknya, anjing itu secara aktif menggonggong pada orang asing tersebut. Jika itu bukan kesetiaan, kita tidak tahu apa.

Tentu saja, penting untuk diingat bahwa hubungan yang Anda bangun dengan anjing Anda bergantung pada Anda dan anjing Anda. Tidak ada cetak biru apa pun tentang seperti apa bentuk anjing yang setia. Beberapa anjing lebih setia tergantung rasnya daripada anjing lain.

Menekan kesetiaan anjing

Terkadang Anda mungkin perlu mendorong anjing yang setia untuk lebih mandiri. Jika anjing Anda terlalu terikat dengan Anda dan menyebabkan Anda jauh dari anggota keluarga Anda yang lain, ini dapat menyebabkan masalah – terutama jika anjing Anda menggeram dan menggonggong ketika mereka merasa Anda dalam bahaya atau tidak diperlakukan dengan baik.

Kesetiaan seperti itu juga bisa berarti anjing Anda terlalu dekat dengan Anda dan akan menjadi stres jika Anda tidak berada di sekitarnya.

Hal ini tidaklah baik, anjing Anda harus bisa merasa menjadi milik semua anggota keluarga Anda lainnnya. Ambil langkah untuk mencoba dan memperbaikinya sesegera mungkin dengan memastikan bahwa setiap orang di dalam rumah terlibat dengan perawatan anjing, hal itu akan membuat anjing dan seisi rumah lebih bahagia.

error: