Kenapa Burung Bisa Terbang? Sedangkan Manusia Tidak

daftarhewan.com, Tidak peduli seberapa banyak kita mengepakkan tangan, gravitasi membuat kita sebagai manusia tetap tertarik ke Bumi. Tetapi ketika burung menggunakan ototnya yang kuat untuk mulai mengepakkan sayapnya, sesuatu yang menakjubkan terjadi dan itulah alasan kenapa burung bisa terbang.

mengapa burung bisa terbang, mengapa kenapa burung bisa terbang, alasan mengapa burung dapat terbang di udara, alasan mengapa burung bisa terbang, kenapa burung bisa terbang sayapnya, kenapa burung bisa terbang teka teki, penyebab burung bisa terbang, kenapa burung bisa terbang ya, apakah semua burung bisa terbang, kenapa burung bisa terbang

  • Burung bisa terbang karena mereka memiliki tulang berlubang yang sangat ringan dan kuat.
  • Bulu mereka ringan dan bentuk sayapnya sempurna untuk mengudara.
  • Paru-paru mereka hebat dalam mendapatkan oksigen dan sangat efisien, sehingga mereka dapat terbang dalam jarak yang sangat jauh tanpa merasa lelah.
  • Mereka banyak makan, makanan berenergi tinggi.

Jika Kamu melihat lebih dekat pada sayap burung dari samping ketika terbang, Kamu akan melihat bahwa sayap itu melengkung. Jika Kamu mengikuti sepanjang tepinya, Kamu akan melihatnya lebih besar di satu ujung daripada ujung lainnya. Bentuk seluruh sayap, dan bahkan beberapa bulu individu, membantu memungkinkan burung untuk terbang.

Udara mengalir di atas dan di bawah sayap. Udara bergerak lebih cepat di atas sayap dan lebih lambat di bawah sayap. Tekanan di bagian atas sayap kurang dari tekanan di bawah sayap. Ini menciptakan gaya yang disebut gaya angkat dan itulah yang membuat burung tetap melayang di udara.

Baca Juga:   9 Fakta Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Kamu benar-benar dapat melihat peningkatan kinerja menggunakan selembar kertas sederhana. Pegang selembar kertas di depan Kamu dan hembuskan aliran udara melintasi satu sisi. Kamu dapat menggunakan selembar kertas untuk membantu memotong aliran udara. Ini serupa dengan apa yang terjadi ketika udara mengalir di atas dan di bawah sayap burung untuk menciptakan gaya angkat.

Saat burung menggunakan ototnya untuk mengepakkan sayap, mereka menciptakan gaya lain yang disebut gaya dorong. Gaya ini membantu mereka bergerak maju. Itu juga yang membuat udara bergerak di atas sayap mereka untuk menciptakan gaya angkat.

Seekor burung bisa terbang karena lebar sayap dan kekuatan otot sayap seimbang dengan ukuran tubuhnya. Ia memiliki kerangka yang ringan dengan tulang berongga, yang memberi beban lebih kecil pada sayapnya. Seekor burung juga memiliki kantung udara yang terhubung ke paru-parunya, yang membuatnya semakin ringan dan memungkinkan udara mengalir dengan mudah melalui paru-parunya selama penerbangan.

Di sisi lain, kalkulasi rasio antara ukuran dan kekuatan manusia mengungkapkan bahwa spesies kita tidak akan pernah bisa terbang tanpa bantuan. Saat organisme tumbuh, bobotnya meningkat lebih cepat daripada kekuatannya. Jadi, rata-rata manusia dewasa membutuhkan lebar sayap setidaknya 6,7 ​​meter untuk terbang. Perhitungan ini bahkan tidak memperhitungkan bahwa sayap-sayap ini sendiri terlalu berat untuk berfungsi.

Baca Juga:   Mengapa Nyamuk Bisa Berjalan Di Atas Air?

Dilansir dari celebrateurbanbirds.org, Kim Bostwick, seorang ilmuwan di Cornell Lab of Ornithology menjelaskan:

“Pernahkah kamu mempraktekan menggerakkan telapak tanganmu yang terbuka di air yang deras? Benda yang lebar dan datar, seperti tangan Anda, sulit untuk bergerak cepat di air.” Rasanya seperti air mendorong kembali ke arah Anda.

Atau pernahkah Anda meletakkan tangan Anda di luar jendela saat di dalam mobil dan merasakan udara menerjangnya? Anda bisa melihat-lihat tangan Anda naik turun tertiup angin. Dalam kedua kasus, Anda bisa merasakan air atau udara mendorong telapak tangan Anda yang rata. Tetapi jika Anda memutar tangan ke samping, Anda dapat menyelipkan tangan Anda ke dalam air atau udara dengan mudah, bukan?”

“Ketika burung sedang terbang, sayapnya datar sehingga udara di sekitarnya mudah mengalir ke arah hewan itu terbang (seperti tangan Anda memotong air atau udara). Namun, sesuatu yang istimewa dan rumit terjadi di sini. Saat udara mengalir di atas sayap, udara mengalir lebih cepat di atas daripada di bagian bawah karena sayap sedikit melengkung di atas.

Baca Juga:   Burung Branjangan, si Gacor yang Terbang Vertikal

Artinya akan lebih banyak udara di sisi bawah, karena udara bergerak lebih lambat. Ketika ada lebih banyak udara di bagian bawah yang mengarah ke dorongan dan karena dorongan terjadi pada bagian sayap yang lebar dan datar, dorongan ini mengangkat hewan. Jadi sayap burung mengiris di udara ke arah depan dan didorong ke atas dari bawah; hasil akhirnya adalah burung pun bisa terbang!”

Kenapa ayam tidak bisa terbang?

Ternyata tidak semua burung dapat terbang, banyak spesies burung yang tidak bisa terbang juga lho. Contohnya Ayam, Ayam mungkin memiliki sayap dan bulu halus, tetapi mereka adalah penerbang yang cukup suram, sering terbang di udara hanya beberapa meter sebelum mendarat.

Alasan penerbangan mereka yang buruk bukanlah retoris seperti mengapa mereka menyeberang jalan. Sebaliknya, ayam adalah penerbang yang mengerikan karena sayapnya terlalu kecil dan otot terbangnya terlalu besar dan berat, sehingga sulit bagi mereka untuk lepas landas.

error: