Home » Ikan » Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

daftarhewan.com. Ikan Mas Koki Cepat Mati?. Ikan koki atau mas koki dikenal sebagai ikan hias yang unik, indah, dan berharga. Namun mereka juga memiliki reputasi sebagai peliharaan yang mudah mati atau berumur pendek. Kematiannya bahkan bisa merambat ke ikan-ikan lain dengan cukup cepat.

Namun alasan kematian mereka tidak harus selalu tentang kondisi yang menjadi tanggung jawab pemiliknya. Kadang-kadang ikan kokinya sendiri memang sudah bermasalah ketika baru sampai rumah. Sehingga para pemilik ikan ini tidak seharusnya larut dalam rasa bersalah dan frustrasi, apalagi jika mereka sudah berusaha keras merawatnya.

penyebab ikan koki mati mendadak, apa penyebab ikan koki mati, penyebab ikan mas koki mati di akuarium, kenapa ikan koki cepat mati, mengapa ikan koki cepat mati, penyebab ikan koki cepat mati, kenapa ikan mas koki cepat mati, penyebab ikan mas koki cepat mati,mengapa ikan mas koki cepat mati , kenapa ikan koki mutiara cepat mati, kenapa ikan koki gampang mati

Selain itu, banyak ikan mas koki istimewa yang mengalami hibridisasi berat. Bentuknya mirip telur dan siripnya berlebihan. Sehingga mereka pun rentan terhadap berbagai gangguan, misalnya seperti masalah kantung renang. Koki jenis ini pun tidak cocok bagi amatiran atau yang kurang berpengalaman.

Berikut ini 7 Penyebab Umum Kenapa Ikan Koki Mati :

1. Kualitas Air yang Buruk

Buruknya kualitas air kerap menjadi dalang di balik tewasnya ikan koki. Banyak pemilik yang kurang memerhatikan parameter air yang ideal bagi ikan ini. Biasanya ikan akan baik-baik saja ketika pertama kali menambahkan air. Namun begitu anda memberikan makanan, ikan akan mulai menghasilkan kotoran. Dengan demikian, kandungan ammonia di dalam air mulai eksis. Jika tidak segera ditangani, kandungan berbahaya tersebut akan terus bertambah dan mengancam jiwa para ikan.

Baca Juga:   Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Parahnya, ammonia tidak bisa anda lihat atau cium. Namun zat toksik tersebut bisa membakar ikan, sehingga kerap memunculkan noda hitam. Ammonia juga merusak insang. Tandanya terlihat dari sirip yang menampakkan garis berdarah. Ikan seperti dibunuh secara mendadak atau pelan. Lamanya ikan bertahan tergantung seberapa kuat kondisi ikan itu.

Filter atau penyaringan berkesinambungan akan membantu meminimalisir ammonia. Bila perlu, anda bisa rutin mengecek apakah air akuarium mengandung amonia atau tidak. Kemudian anda mesti peka terhadap dosisnya. Selain itu, waspada juga terhadap nitrit yang sama-sama bisa berpengaruh buruk.

2. Tuberkulosis Ikan

Ada study yang menyebutkan, kalau 63% kematian ikan yang sering sulit dijelaskan, yaitu karena adanya infeksi bakteri TB. Biasanya masalah ini begitu merajalela sejak di pet shop atau tempat penjualan ikan.

Ikan yang menjadi kandidat kuat sebagai penderita TB yaitu ikan yang berada dalam ruangan sempit dan konsisinya tertekan. Gejala penyakitnya sendiri biasanya tidak spesifik. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya anda membeli ikan mas koki di tempat yang berani menjamin kesehatannya.

Baca Juga:   Migrasi Ikan Salmon, Pengertian dan Tujuannya

3. Overfeeding atau Makan Berlebihan

Sesayang apa pun anda terhadap ikan mas koki, alangkah bijaknya untuk tidak ‘memanjakan’ mereka dengan makanan. Kelebihan makan bisa menyebabkan kelebihan kotoran. Sedangkan kelebihan kotoran bisa mengundang amonia, yang jelas-jelas beracun bagi ikan. Jadi sebaiknya anda disiplin memberi makanan pada mereka.

4. Infeksi Bakteri Lain

Bakteri baik identik dengan filter air. Bakteri jahat pun tidak kalah eksis. Mereka menunggu momen yang pas ketika para ikan dalam kondisi lemah, sakit, stres, atau terluka. bakteri ini bisa menjadi penyebab infeksi internal dan eksternal.

Bakteri eksternal biasanya menimbulkan berbagai macam penyakit. Gejala yang biasanya ditimbulkan yaitu mulut membusuk, sirip membusuk, atau penyakit maag. Sedangkan infeksi bakteri internal biasanya mendatangkan sakit gembur-gembur atau septikemia, di mana pembuluh darah merah pada ekornya berdarah.

kenapa ikan koki cepat mati,kenapa ikan koki mudah mati, kenapa ikan koki sering mati, mengapa ikan koki cepat mati, kenapa ikan koki tiba tiba mati, mengapa ikan koki mudah mati, ikan mas koki mati mendadak, ikan koki mati mendadak, ikan koki cepat mati, ikan mas koki cepat mati, mengapa ikan mas koki mudah mati, ikan koki mati terus

Ikan koki mati – via : imgur.com

5. Infeksi Parasit

Alasan lain yang mesti anda perhatikan, yaitu infeksi parasit. Bahkan penyebab ini sering membuat pemilik ikan mas koki kebingungan, sebab ikan kesayangan mereka bisa mati mendadak. Mayoritas mas koki dari toko atau tempat penjualan ikan sudah membawa parasit, baik internal maupun eksternal. Beberapa bisa terlihat, seperti kutu. Beberapa juga tidak terlihat oleh mata telanjang.

Keberadaan parasit ini lama-lama membuat ikan stres, sebab mereka terus mengunyah dan merusak jaringan. Semakin lama, parasitnya semakin meningkat. Sedangkan ikan semakin lemas karena sudah terlalu lama melawan. Jika parasitnya cepat ditemukan, anda bisa segera mengatasinya. Namun jika kurang peka terhadap parasit tersebut, kematian ikan tinggal menunggu waktu.

Baca Juga:   Waspadai, 8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

6. Stres karena Ekspedisi

Setelah 12 jam ketika membawa ikan mas koki pulang, ia tiba-tiba mati. Anda tentu curiga, jangan-jangan ikan ini memang stres karena ekspedisi atau pengiriman. Sebab mereka bisa saja sudah benar-benar lelah ketika sampai di pet store.

Mereka juga bisa saja terkontaminasi racun dalam bungkusnya. Belum lagi jika mereka mesti berdesakan dulu dengan ikan lain, yang bisa saja penyakitan. Ikan yang lebih kecil cenderung rentan mati karena tekanan atau stres. Anda pun mesti jeli memilih ikan yang sehat dan kuat sebelum menempatkannya di akuarium rumah.

7. Alasan Lain

Selain alasan di atas, ada beberapa penyebab yang mesti anda waspadai juga, yaitu sebagai berikut:

  • Adanya batu yang menyumbat mulut ikan
  • Kekurangan oksigen
  • Temperaturnya ekstrem
  • Terpengaruh obat-obatan
  • Makanan yang sudah basi
  • Adanya zat kimiawi yang membuat air terkontaminasi
  • Stroke atau serangan jantung ikan.

Sebelum memutuskan untuk membeli dan memelihara ikan mas koki, sebaiknya anda memang memperkaya wawasan dulu seputar ikan spesial ini. Penyebab ikan koki mati. #RD

error: