Kenapa Kelinci Tidak Mau Minum?

Posted on

daftarhewan.com. Kenapa Kelinci Tidak Mau Minum, dan kenapa Kelinci Memerlukan Air? Terlepas dari apa hewan peliharaan Anda, mau itu liar atau jinak, air kebutuhan penting untuk keberlangsungan hidup mereka. Bila kelinci Anda tidak minum setiap hari, itu beresiko untuk kehidupan mereka.

Kenapa kelinci tidak mau minum?

Berikut inilah kenapa kelinci Anda harus dikasih air setiap hari dan terdehidrasi dengan baik.

1. Apa Kelinci Perlu Minum?

Selanjutnya, air minum penting untuk beberapa fungsi organik:

kenapa kelinci tidak mau minum, kenapa kelinci minum terus, kelinci butuh minum atau tidak, kelinci minum atau tidak, dimana beli tempat minum kelinci, kelinci perlu minum atau tidak, apa kelinci perlu minum, berapa harga tempat minum kelinci, berapa banyak kelinci minum, kenapa kelinci tidak boleh minum
Kelinci imut – via : imgur.com
  • Air akan membuat darah kelinci Anda mengalir dengan kecepatan dan ketebalan yang sesuai. Ini akan membuat organ kelinci Anda bekerja dengan kemampuan terbaik.
  • Air membantu saluran pencernaan dan membantu mengalihkan makanan, yang pada akhirnya mengarah ke usus dan keluarnya urin.
  • Air membantu membuang kalsium yang menumpuk dari darah kelinci. Ini akan membantu mencegah permasalahan kencing dan permasalahan kesehatan lainnya.
    Jika kelinci Anda tidak minum air, kekuatiran nomor satu ialah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

2. Alasan Kelinci Tidak Mau Minum

  • Airnya terasa atau berbau aneh: Kelinci bisa saja hewan yang rewel. Anda harus membersihkan air, serta botol atau mangkok, lalu mengisinya kembali. Temperatur air bisa jadi salah: Karena kelinci menyukai air yang sesuai temperatur lingkungan, mereka akan menampik minum air bila terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Sakit gigi: Karena gigi kelinci sensitif, mereka dapat mengalami sakit gigi saat makan dan minum. Ini perlu diperbaiki oleh seorang profesional.
    Botol atau mangkok air tidak bersih: Anda perlu membersihkan mangkuk atau botol dengan teratur. Bila kotor, kelinci Anda akan menolak air.
  • Terhidrasi dari makanan: Bila Anda memberikan Kelinci peliharaan Anda sayur hijau, mereka telah mendapatkan asupan air dari sayur. Tapi Anda mungkin berpikir, makanan kurang cukup untuk menyediakan air.
  • Sumber air lain: Kelinci Anda mungkin mempunyai sumber air lain; kemungkinan ada keran atau pipa bocor tempat mereka memperoleh hidrasi.
  • Kelinci peliharaan Anda sakit: Ada berbagai penyakit yang dapat membuat kelinci Anda menolak makanan atau air.
Baca Juga:   7 Jenis Penyakit Mata pada Kelinci dan Cara Mengatasinya

Bila kelinci Anda tidak memperoleh cukup air, mereka akan mengalami permasalahan buang air kecil dan besar, yang bakal menyebabkan penyumbatan. Ini akan cepat menyebabkan kondisi yang fatal.

Untungnya, kelinci cukup pandai untuk mengetahui jika hidrasi itu penting dan akan minum sendiri saat diperlukan. Kelinci liar condong tinggal di dekat sumber air untuk memastikan hidrasi yang stabil.

Bila kelinci tidak mau minum banyak air dari botol niple atau mangkuknya tapi terlihat baik-baik saja dan buang air kecil secara normal, maka ini umumnya kelinci memperoleh air dari sumber lain. Sumber lain dapat berbentuk mangkok air atau botol hewan peliharaan lain di dalam rumah termasuk anjing dan kucing.

Hal yang lain perlu dipertimbangkan ialah apa pola makan kelinci berubah atau Anda memberikan konsumsi makanan dengan kandungan air lebih tinggi dari sebelumnya. Bila jawabnya ya, ini mengakibatkan berkurangnya konsumsi air atau kelinci terlihat tidak mau minum.

Baca Juga:   10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan

Itu adalah beberapa alasan non-medis untuk pengurangan nyata konsumsi air bagi kelinci. Bila jawaban atas beberapa pertanyaan tersebut negatif, maka alasan yang lebih serius harus dipertimbangkan.

Dalam masalah ini, Anda dan dokter hewan Anda harus menjadi detektif. Langkah pertama adalah mengunjungi dokter hewan Anda untuk menentukan adakah kondisi medis yang terjadi.
Bila kelinci Anda memerlukan air tapi tidak meminumnya, dokter hewan akan segera menentukan apa kelinci Anda mengalami dehidrasi.

kelinci minum, kelinci tidak dikasih minum, kelinci tidak minum, kelinci minum air, bolehkah kelinci minum susu, mengapa kelinci tidak mau minum, nama tempat minum kelinci, nama alat minum kelinci, kenapa kelinci banyak minum, kenapa kelinci tidak minum

3. Rasa Air

Bila kelinci Anda mengalami dehidrasi, ada suatu hal yang menghalanginya untuk minum. Kelinci bisa rewel soal rasa airnya; bila rasanya sudah berbeda, mereka kemungkinan tidak ingin minum karena mereka tidak menyukai “rasa” airnya, meskipun tidak minum air dapat membuat mereka sakit parah. Ini mungkin menunjukkan permasalahan dengan pasokan air.

Apakah ada sesuatu yang mengubah rasa air? Apa air ini dari sumur, air kemasan, air yang disaring atau air keran yang mengandung klorin atau kaporit? Apa mangkok atau botol itu kotor atau masih dalam kondisi baru; ke-2 kondisi itu bisa menyebabkan air terasa berbeda.

Bila semua jawaban pertanyaan dari pemelihara atau peternak kelinci itu negatif, peluang penyakit gigi yang parah membuat kelinci Anda sakit untuk menggerakkan lidahnya saat minum air, khususnya dari botol air.

Baca Juga:   45 Makanan Kura Kura Peliharaan, Terbaik!

Selama kunjungan ke dokter hewan, pengecekan mulut yang tepat bisa dilakukan untuk memastikan tidak ada lesi pada jaringan lunak mulut atau lidah dan tidak ada titik dari gigi pipi yang mengusik gerakan lidah.

Kami merekomendasikan supaya Anda memeriksakan keadaan ini sesegera mungkin. Seperti semua hewan, kelinci bisa bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makanan tapi kebutuhan akan air sangat besar; kelinci bisa menjadi sangat sakit parah setelah hanya beberapa hari tidak minum air.

4. Cara Supaya Kelinci Mau Minum Air

Kadang kelinci Anda kemungkinan memerlukan dorongan untuk minum dari botol air yang Anda berikan. Ada banyak tips dan trik untuk membantu kelinci Anda minum untuk mencegah dehidrasi.

Pisang: Coba mengoleskan sedikit pisang ke niple (atau ujung botol tempat keluarnya air) untuk membantu membujuk Kelinci peliharaan Anda untuk minum. Tetapi pastikan untuk menyeka sisa pisang supaya tidak membusuk. Setelah kelinci Anda menggunakan botolnya sendiri, Anda dapat berhenti mengoleskan pisang.

Botol Logam atau Plastik: Gunakan nipple atau botol logam, umumnya lebih disukai daripada plastik. Karena kelinci mempunyai gigi yang tajam, mereka bisa merusak plastik.

Air Tawar: Anda menyediakan air bersih setiap hari dan mencuci botol dengan teratur untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

Sayur hijau: karena sayur hijau memberikan semacam hidrasi, semakin banyak Anda memberikan mereka makan, semakin baik mereka dalam hal tetap terhidrasi. Pastikan untuk membersihkan sayur Anda dan menyajikannya pada kondisi segar.