Kenapa Kucing Menjilati Tangan dan Muka Tuannya?

daftarhewan.com. Apakah Anda sering melihat kucing menjilati tubuhnya sendiri? kegiatan ini bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Untuk tetap bersih, mempunyai bulu sebanyak itu tentunya membutuhkan kerja keras. Menghilangkan kotoran yang terkumpul sepanjang hari atau menghilangkan simpul dari bulunya, kucing menggunakan lidahnya yang telah disesuaikan secara khusus untuk menjaga kebersihan.

kucing suka menjilati tubuhnya sendiri karena brainly, mengapa kucing suka menjilati tubuhnya sendiri kucing suka menjilati tubuhnya sendiri karena brainly, mengapa kucing suka menjilati tubuhnya sendiri brainly, kucing menjilati tangan tuannya, kucing menjilati dinding, kucing menjilati dan menggigit tangan tuannya, maksud kucing menjilat tuannya, arti kucing suka menjilat muka kita, kucing sering menjilat tangan kita, kucing suka menjilati tubuhnya sendiri karena brainly

Namun, terkadang ritual pembersihan ini tidak berhenti pada tubuh sendiri. Tetapi kebiasaan menjilati kucing tersebut dilakukan bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk kucing lainnya. Jika Anda memiliki beberapa kucing di rumah, Anda mungkin melihat mereka mulai merawat bulu dan menjilatinya satu sama lain, meskipun tidak ada alasan yang jelas untuk itu.

Kenapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sendiri dan Tangan Tuannya

a. Mengapa kucing menjilat tubuhnya?

Alasan kucing menjilat dirinya sendiri. Sebelum kita menjawab mengapa kucing menjilat satu sama lain, mari kita perjelas alasan mengapa mereka menjilat diri sendiri. Sebagian besar waktu yang dihabiskan untuk menjilati kucing adalah melakukan ritual perawatannya dirinya sendiri.

Membersihkan bulu mereka biasanya dilakukan pada waktu yang berbeda dalam satu hari. Misalnya, kucing mungkin membersihkan dirinya sendiri setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan serta baunya. Ini adalah perilaku yang wajar dan diwarisi dari orang tua mereka.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Suka Menggigit Pemiliknya?

Alasan lain kenapa kucing menjilati badannya adalah karena kurangnya kelenjar keringat. Seperti banyak mamalia, kelenjar keringat yang hanya terletak di telapak kaki mereka. Inilah sebabnya, saat cuaca sangat panas, mereka tidak dapat mengandalkan area kecil di tubuh mereka untuk mengatur suhu. Di sinilah peran kegiatan menjilat tersebut.

Hal itu dilakukan dengan meninggalkan jejak air liur saat menjilat diri sendiri. Saat salvia atau air liur ini menguap karena panas, kucing akan merasa sejuk.

Selain itu, menjilat sebenarnya adalah salah satu bentuk relaksasi. Jika kucing Anda sedang gelisah, stres, atau sedang tidak enak badan, mereka akan menjilat dirinya sendiri untuk mendapatkan kenyamanan. Tindakan tersebut membuat mereka rileks dan kemungkinan memunculkan perasaan sebagai ibu sebagai anak kucing.

Jilat ini biasanya dilakukan pada bagian samping tubuh atau bahkan dengan menjilati cakarnya lalu mengusap kepala dan moncongnya. Namun, sebagai pemelihara kucing atau kucing owner harus berhati-hati. Kegiatan menjilat tersebut jika berlebihan bisa menjadi tanda bahwa stres ini terlalu berlebihan dan ada masalah fisik atau mental yang harus diwaspadai.

Baca Juga:   Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ketahui Penyebabnya

b. Apa Arti Kucing Menjilat Tangan Kita?

Kucing dari keluarga yang sama saling menjilati. Kucing saling menjilat untuk memperkuat ikatan mereka dalam keluarga yang sama. Tetapi hal tersebut tidak selalu harus bersama saudara sedarah, mungkin termasuk Anda sebagai tuannya, karena kucing terkadang suka menjilati tangan dan muka tuannya.

Jilatan tidak hanya berfungsi sebagai tanda kasih sayang dan kekeluargaan. Mereka juga menanamkan aroma akrab satu sama lain yang mengidentifikasi bahwa mereka sebagai anggota keluarga dan membedakan mereka dari kucing luar yang berpotensi mengancam.

Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan mengapa kucing menjilat tangan kita? Nah, kabar baiknya makna dijilat kucing adalah hal tersebut berarti mereka menganggap Anda sebagai salah satu keluarganya! Itulah arti dan maksud kenapa kucing suka menjilat tuannya.

kucing menjilati tangan tuannya, kucing menjilati dinding, kucing menjilati dan menggigit tangan tuannya, maksud kucing menjilat tuannya, arti kucing suka menjilat muka kita, kucing sering menjilat tangan kita, kucing suka menjilati tubuhnya sendiri karena brainly

Kucing menjilati pemiliknya

c. Kucing Saling Menjilati Kucing Lain untuk Perlindungan

Ketika Anda membawa kucing baru ke rumah tentunya bukanlah keputusan yang mudah. Selalu ada ketakutan bagaimana kucing yang sudah tinggal lama di sana akan bereaksi. Dalam kasus ini, tidak semua kucing menerima kedatangan anggota keluarga baru dengan cara yang sama. Beberapa kucing mungkin bermasalah dan sulit bersosialisasi dengan kucing baru. Namun, bisa jadi akan lebih cepat santai dan hangat dengan teman baru. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengetahui cara memperkenalkan kucing baru ke dalam sebuah keluarga.

Baca Juga:   Ketahui, 10 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Terus

Kucing baru yang tiba di lingkungan domestik mungkin merasa tidak percaya atau bahkan takut karena berada di wilayah kucing lain. Jika ini terjadi, kucing yang sudah tinggal di sana mungkin mulai mencium dan menjilat pendatang baru, mengambil posisi protektif.

Ini adalah bentuk penyambutan yang merupakan pertanda sangat positif jika Anda ingin memiliki lebih dari satu kucing yang tinggal bersama. Dengan gerakan ini, mereka tidak hanya menularkan rasa ketenangan, tetapi juga membawa mereka pada pengawasan di rumah baru mereka.

d. Mengapa Kucing Menjilat Anaknya?

Kucing dewasa biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menjilati anak kucingnya. Mereka melakukannya untuk mengidentifikasi mereka sebagai anggota keluarga mereka serta memperingatkan kucing lain bahwa anak kucing ini adalah bagian dari wilayah mereka. Hal tersebut berarti mereka akan melindungi mereka dari apa pun yang mencoba menyakitinya.

Faktanya, jika induk kucing tidak cukup menjilat kucingnya, hal itu dapat menyebabkan perubahan bau yang bahkan dapat menyebabkan penolakan. Induk kucing akan menolak anak kucingnya jika ia tampak asing atau sedang sakit. Menjilat memperkuat ikatan yang diperlukan, yang jika tidak dilakukan bisa menimbulkan masalah.

error: