Home » Hewan Peliharaan » Kenapa Kucing Suka Menggigit Pemiliknya?

Kenapa Kucing Suka Menggigit Pemiliknya?

dafarhewan.com. Sebagian besar orang yang memelihara kucing tahu bahwa hewan peliharaan mereka yang menggemaskan tersebut berpotensi menggigit. Sebagai pemilik, mungkin sudah terbiasa dengan gigitan anak kucing atau kucing dewasa. Mulai dari gigitan kasih sayang sampai menimbulkan luka yang cukup dalam, tindakan agresi yang tampak ini tidak menyenangkan dan seringkali membuat pemiliknya bingung.

arti kucing menggigit tangan kita, cara agar kucing berhenti menggigit, kucing suka menggigit dan mencakar, kucing mengeong dan menggigit, anak kucing suka menggigit dan mencakar, fakta kucing menggigit, kenapa kucing menggigit manusia, kucing suka menggigit tangan kita, kucing menggigit tangan kita, cara mengatasi kucing yang menggigit

Kucing menggigit pemiliknya – via : ajanimo.com

Walau mungkin terlihat seperti kucing Anda menggigit tanpa alasan jelas, tentu akan selalu ada alasan di baliknya. Kucing mungkin ingin mendapatkan perhatian Anda, mereka bisa jadi terlalu bersemangat, mereka mungkin main-main, atau mereka mungkin memiliki masalah medis yang mendasarinya.

Berikut beberapa alasan mengapa kucing menggigit tuannya :

5 Alasan Umum Mengapa Gigitan Kucing

  • Tumbuh gigi
  • Masalah kesehatan
  • Tidak Ingin Diganggu
  • Keingintahuan
  • Main-main

Karena kucing dan manusia adalah spesies yang berbeda. Kucing menggigit kita sebagai pemiliknya adalah salah satu cara mereka berkomunikasi dengan tuannya.

Tanda Kucing Ingin Menggigit Kita

Telinga: Ketika telinga maju dan “santai” dalam posisi alami, mereka cenderung penuh perhatian dan tenang. Namun, ketika telinganya mengarah ke belakang, Anda harus siap! Telinga adalah indikator yang jelas, bisa berarti mereka akan menyerang sesuatu atau menyerang Anda dengan tidak main-main.

Ekor: Kucing Anda mungkin kedinginan di pangkuan Anda dan tiba-tiba Anda melihat ekornya mulai bolak-balik meskipun tampak damai dan tenang. Ketahuilah bahwa ketika ekor mulai mengayuh (terutama jika tidak ada burung di luar atau sesuatu) kucing Anda akan bertingkah!

Baca Juga:   7 Jenis Kucing Peliharaan yang Langka

Kegelisahan: Kegelisahan ditambah dengan gerakan ekor dan telinga yang disebutkan di atas adalah indikasi lain bahwa kucing Anda mungkin akan menggigit Anda. Jika mereka ada di pangkuan Anda dan mulai bergerak sedikit, mereka mungkin ingin turun dan pergi dari pangkuan Anda. Jika ini masalahnya, biarkan mereka pergi.

Kenapa Kucing Gigit Tangan Kita?

1. Tumbuh gigi

Alasan yang pertama adalah tumbuhnya gigi. Sama seperti anak anjing, anak-anak kucing melewati masa tumbuh gigi. Gigi kucing mulai muncul pada usia 10 minggu dan tumbuh lebih banyak pada usia 6 bulan, kucing akan memiliki set gigi permanen ketika usia mereka 6-7 bulan (total 30 gigi dewasa).

Anak-anak kucing, seperti anak-anak anjing, ingin melatih dan mengetes giginya pada segala hal dan apa saja, dan jika mereka tidak memiliki ibu atau saudara kandung untuk memberi tahu mereka. Tentunya Anda sebagai pemiliknya menjadi salah satu sasaran.

Tahapan tumbuh gigi kucing termasuk di bawah ini.

Kapan Anak Kucing Giginya Tumbuh?
0-2 minggu, tanpa gigi
2-4 minggu, gigi pertama muncul
5-8 minggu, gigi bayi muncul sampai 26 gigi muncul
11 minggu, gigi bayi mulai rontok
3-4 minggu, gigi dewasa mulai muncul dalam urutan ini: gigi seri, taring, premolar, dan molar
6-7 minggu, semua 30 gigi permanen akan hadir

2. Masalah Kesehatan

Beberapa kucing mungkin mudah tersulut marah dan sakit karena kondisi medis atau kesehatan yang menjadi dasarnya. Ini berlaku untuk kucing yang lebih tua dan hal yang sama juga berlaku pada anjing. Ketika seekor hewan peliharaan sakit, mereka akan menjadi lebih defensif.

Baca Juga:   23 Nama Terbaik untuk Kucing Oren (Oranye)

Bisa jadi Anda mencoba menyentuh mereka di suatu tempat di tubuh mereka yang menyakitkan, dengan tanpa terduga ia akan berbalik menyerang atau menggigit Anda. Ini berlaku bagi kucing dewasa yang terkena rematik. Apabila kucing Anda berusia 17 tahun ke atas sebaiknya Anda mungkin berbicara dengan dokter hewan tentang beberapa obat anti-peradangan dan obat pereda sakit yang disetujui dokter hewan. Demikian pula, kanker (tumor otak) dapat menyebabkan perilaku yang tidak terduga pada hewan.

Sakit kronis memperpendek harapan hidup dalam beberapa kasus karena peradangan kronis berdampak pada kualitas hidup. Lakukan hal yang benar dan periksa. Ketika seekor binatang tidak nyaman, jangan menanganinya dengan kasar. Sebagai gantinya, Anda dapat membiarkan kucing peliharaan Anda mendatangi Anda, mungkin mereka hanya ingin duduk di pangkuan Anda! Jika hewan peliharaan Anda sakit, tindak lanjuti dengan dokter hewan dan dapatkan bantuannya dengan cepat.

3. Tidak Ingin Diganggu

Beberapa kucing hanya ingin memberi tahu Anda kapan saatnya untuk berhenti berinteraksi dan membiarkan mereka sendirian. Bayangkan jika Anda mengganggu tidur mereka karena hanya ingin bermain dengan mereka, tentunya mereka akan merasa kurang senang. Jika mereka ingin beristirahat, biarkan mereka sendiri.

4. Keingintahuan

Rasa ingin tahu membuat kucing Anda mencoba segala yang ingin mereka lakukan, termasuk menggigit Anda, mereka tidak memiliki kesadaran dan tidak tahu bahwa kulit manusia itu tipis dan rapuh serta tidak memiliki mantel bulu yang tebal. Hal ini biasanya terjadi pada kucing di bawah umur 2 tahun.

Namun, ada juga kucing yang cukup cepat belajar, bahwa menggigit dengan lembut merupakan hal wajar dalam bermain. Tetapi jika menggigit terlalu dalam membuat teman bermain mereka pergi.

Baca Juga:   15 Jenis Penyakit yang Ditularkan oleh Kucing

5. Main-main

Beberapa kucing hanya menggigit karena mereka merasa senang. Mereka mungkin melihat Anda atau seseorang dalam keluarga Anda sebagai kerabat sehingga mereka tidak ragu hingga bermain berlebihan.

mengapa kucing menggigit kita, mengapa kucing menggigit tiba tiba, penyebab kucing menggigit, kenapa kucing suka menggigit, kenapa kucing menggigit kaki, kenapa kucing menggigit terus, kenapa kucing suka menggigit jari, kenapa anak kucing suka menggigit jari, kenapa kucing peliharaan menggigit, kenapa kucing suka menggigit pemiliknya, kenapa kucing peliharaan suka menggigit, kenapa kucing suka menggigit, kenapa kucing suka menggigit tangan kita, mengapa kucing menggigit tangan kita, tanda kucing menggigit

Kucing menggigit dan mencakar – via : pets-expert.ru

Cara mengatasi kucing yang suka gigit

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Perlu diketahui bahwa gigitan kucing ternyata dapat menyebabkan infeksi yang mengerikan. Berikut ini beberapa cara supaya kucing tidak menggigit pemiliknya;

Jangan pernah menggunakan tangan untuk memberi mereka hukuman; jika mereka menggali tanaman kesayangan Anda atau melakukan suatu kesalahan, tidak disarankan untuk mendorong atau memukul mereka. Sebaiknya tidak memindahkan mereka saat keadaan suasana hati mereka sedang buruk.

Beri Mereka Mainan; Mempunyai banyak mainan di sekitar, untuk mencakar dan menggigit sangat penting supaya kucing Anda tetap senang. Terkadang perilaku menggigit juga disebabkan karena kucing Anda bosan.

Jadi, berikan mereka mainan sesuai dengan umurnya, dan jangan beri mainan yang mungkin mudah termakan dan berbahaya.

Adopsi teman bermain: Mungkin kucing atau anak kucing Anda penuh energi dan perlu teman bermain yang sesuai usia.

Cara menangani gigitan kucing

Beberapa hal yang perlu dilakukan jika Anda digigit kucing. Pertama menjauhlah dari kucing Anda dan jangan menghukum mereka. Jika Anda memukul atau menghukum mereka, justru bisa memperburuk perilaku mereka.

Perlu diketahui bahwa gigitan kucing dapat menyebabkan infeksi sistemik yang serius hingga amputasi!. Gigitan kucing menyebabkan luka tusukan serta mengandung bakteri dari air liur yang bekerja sangat baik dalam luka yang dalam.

Cuci luka gigitan dengan air dan gunakanlah sabun. Setelah itu pergilah ke perawat medis yang paling dekat dengan rumah Anda, biasanya mereka memberikan antibiotik dan beberapa saran cara merawat luka Anda.

error: