7 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur

Posted on

daftarhewan.com. Kenapa Kucing Suka Tidur. Bukan rahasia lagi jika di dunia kucing, beristirahat cukup ialah prioritas utama. Tetapi tepatnya berapa lama kucing tidur, dan kenapa kucing tidur berlama-lama? Rupanya, kucing benar-benar senang tidur karena itu ada dalam gen mereka.

Kenapa Kucing Suka Tidur?

Kucing memperlihatkan banyak sikap aneh, seperti mencakar kursi atau sofa, sembunyi di beberapa tempat kecil dan nongkrong di kotak pasir, yang semua dimotivasi oleh perasaan mereka (misalnya, kebutuhan akan kenyamanan dan keamanan).

Banyak tidur merupakan aktivitas bawaan, termasuk juga dalam kategori ini. Mau itu tidur di kaki Anda, di perut, di dada, di perut, di lantai, bahkan di kamar mandi sekalipun.

foto kucing tidur di pohon pisang, kenapa kucing suka tidur, kucing selalu tidur, kenapa kucing suka tidur di kamar mandi, kenapa kucing suka tidur di kotak pasir, kucing suka tidur di kotak pasir, mengapa kucing suka tidur, kenapa kucing suka tidur di dekat kita, kenapa kucing suka tidur dekat kita, kenapa kucing suka di kamar mandi, kucing hobi tidur, kucing suka tidur, kucing suka tidur di lantai, kucing suka tidur di kaki, kucing suka tidur di dada, kenapa kucing suka tidur di litter box, kucing suka tidur di perut
Foto kucing tidur lucu – via : imgur.com

Namun, bila diperhatikan, mereka bisa bergerak aktif di mana saja 12 sampai 16 jam dalam satu hari.

1. Nokturnal

Salah satunya alasan kucing banyak tidur pada siang hari karena mungkin ia bangun pada malam hari untuk memburu tikus. Nenek moyang kucing, atau Kucing purba memiliki sifat nokturnal atau krepuskular (aktif pada sore dan pagi hari).

Baca Juga:   Kucing Tidur Berapa Jam dalam Sehari?

Umumnya kucing peliharaan mempunyai agenda seperti kita, tidur nyaris sepanjang malam dan bergaul dengan kita pada siang hari. Tetapi kucing Anda kemungkinan menjaga karakter leluhurnya, bertindak selaku pemangsa pada malam hari, dan tidur pada siang hari.

2. Menghemat Energi

Kucing ialah predator. Seperti banyak pemangsa yang lain, mereka menghemat energi dengan istirahat atau tidur, menghemat waktu saat mereka akan lakukan pemburuan. Transisi tidur atau memburu ini tak perlu dicemaskan oleh pemilik kucing.

3. Mata Tertutup Tetapi Tetap Waspada

Tidak semua tidur adalah tidur pulas. Kadang-kadang kucing hanya menekan tombol jeda dan mengambil napas pendek “tidur siang kucing”. Mata kucing kemungkinan tertutup sebagian atau bahkan juga sepenuhnya tertutup, tapi telinga atau ekornya mungkin bergerak sesekali. Kemungkinan ia mendengarkan lingkungan, dan tidak tidur sama sekali, Cuma leyeh-leyeh.

4. Bosan

Saat tidak ada yang bisa dilakukan, kadang-kadang hewan lebih banyak tidur. Ada beberapa cara untuk memperkaya kegiatan kucing untuk kurangi kebosanan. Misalkan, Anda dapat membuat catio (ruangan luar yang aman untuk kucing Anda) atau rak panjat.

Baca Juga:   40 Gambar Kucing Tidur, Lucu Banget!

Tawarkan anak kucing baru atau kucing dewasa Anda tiga macam mainan yang berbeda setiap hari. Lihat apa yang ia mainkan dan beli jenis mainan itu dengan style atau warna yang berbeda. Dengan menemukan preferensinya dan membeli tipe mainan itu, Anda akan membantu menghilangkan kebosanan.

5. Kucing Anda Mungkin Tertekan

Bersembunyi dan menjadi kurang aktif adalah hal yang digunakan kucing saat mereka takut atau stres. Bila kucing Anda bersembunyi dari keluarga, hanya terlibat dengan satu anggota keluarga, sembunyi saat ada petir atau menjadi cemas saat Anda pergi, dia kemungkinan benar-benar depresi. Tidur lebih banyak kemungkinan sebagai langkah untuk menghilangkan depresi.

6. Sakit atau Tidak Nyaman

Kucing bersembunyi dan kurang aktif saat mereka sakit atau mungkin tidak enak badan. Bila kucing Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah tempat tidur atau di atas lemari, kemungkinan dia kesakitan atau mungkin tidak nyaman.

Bila kucing Anda kelebihan berat badan, dia kemungkinan tidak dapat banyak bergerak dan mungkin istirahat karena sakit untuk digerakkan. Obesitas pada kucing ialah permasalahan serius yang bisa mengakibatkan rasa sakit saat bergerak atau penyakit endokrin yang memerlukan perawatan seumur hidup.

Baca Juga:   10 Jenis Kucing yang Gemuk

Bila Anda tidak bisa dengan mudah meraba atau merasakan tulang rusuk kucing Anda, buatlah janji dengan dokter hewan perawatan primer untuk menilai kesehatannya secara keseluruhan.

7. Hanya Perlu Tidur Lebih Banyak

Tidur membantu Kucing dan Anda, untuk memulihkan tenaga. Tidur yang tepat penting untuk sistem ketahanan dan kesehatan secara keseluruhan. Kucing, tidak seperti manusia, tampaknya tahu jika tidur pada dasarnya berharga dan menginvestasikan waktu untuk mengisi ulang. Kucing Anda kemungkinan tidak banyak tidur, bisa jadi Anda yang mungkin tidur terlalu sedikit.

Tidur dan istirahat sampai 20 jam sehari adalah normal untuk kucing Anda. Bila ia merasa baik, hidupnya enjoy, dan dia sehat, biarkan saja. Kemungkinan Anda bisa menggunakan waktu tersebut, untuk tidur siang juga.

Comments are closed.